web analytics

BI Jabar Gelar Road To Fesyar 2021 Jawa Barat

clockRabu, 21 Juli 2021 12:01 WIB userRedaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Finansial, BI Jabar Gelar Road To Fesyar 2021 Jawa Barat, Road To Fesyar 2021 Jawa Barat,Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto,Kpw BI Jabar,Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat

Logo Bank Indonesia. (Ist)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat menyelenggarakan rangkaian Road To Fesyar (RTF) 2021 Jabar dengan disaksikan para anggota Komisi XI dapil Jabar, Rabu, 21 Juli 2021. Acara ini bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, OJK, Perbankan, Hebitren, MES, BAZNAS, KNEKS, ISEI Jabar dan stakeholder terkait lainnya.

Rangkaian acara dengan tema “Sinergi (Korporatisasi, Digitalisasi, dan Wakaf produktif) untuk Pemulihan Ekonomi Jawa Barat” ini secara resmi dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto.

Hadir pula menyaksikan peresmian acara secara virtual, jajaran Anggota Komisi XI DPR-RI daerah pemilihan Jawa Barat, Kepala Bank Indonesia Cirebon Bakti Artanta dan Kepala Bank Indonesia Tasikmalaya Darjana.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi Jawa Barat, khususnya melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Road To Fesyar 2021 Jawa Barat diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut mulai 21 hingga 23 Juli 2021 dalam bentuk rangkaian acara bersambung yang diawali dengan pembukaan di Bandung, kemudian di Tasikmalaya, dan ditutup di Cirebon.

Sejalan dengan tema acara, rangkaian Road to Fesyar 2021 Jawa Barat menampilkan berbagai inisiatif program strategis Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat yaitu launching Ikatan Hiji Santri Inovasi (IKHSANI) - Hebitren Jabar; business matching UMKM dengan lembaga keuangan, buyer, termasuk modern market; penyerahan sertifikasi halal; dan wakaf produktif sebagai alternatif solusi pembiayaan di saat pandemi.

Rangkaian acara juga menampilkan “Ruang Riung Syariah” sebagai forum diskusi berbagai topik penting implementasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah seperti korporatisasi, digitalisasi, halal value chain dan wakaf produktif.

Selain itu dilakukan pula upaya mendukung keberlangsungan  usaha UMKM dengan menampilkan showcasing produk UMKM secara virtual yang produknya dapat dibeli melalui www.roadtofesyarjabar.karyakreatifjawabarat.com.

Rangkaian Road to Fesyar 2021 Jawa Barat dilaksanakan sebagai langkah menuju pekan Festival Ekonomi dan  Keuangan Syariah (Fesyar) Regional Jawa yang akan dilaksanakan di Surabaya pada bulan September mendatang.

Rangkaian Road to Fesyar 2021 Jawa Barat memiliki posisi penting pada Fesyar Regional Jawa, mengingat potensi dan geliat ekonomi keuangan dan syariah yang besar di wilayah Jawa Barat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, dalam sambutannya menyampaikan, Bank Indonesia memiliki komitmen untuk berkontribusi mengembangkan ekonomi syariah sebagai alternatif sumber pertumbuhan ekonomi baru yang mendukung ketahanan ekonomi, penguatan pasar keuangan, dan inklusi keuangan secara keseluruhan bersama ekonomi konvensional.

Hal ini diwujudkan dengan menyusun blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang berlandaskan pada tiga fokus strategi utama bersama pemerintah, yakni: (1) pilar penguatan ekonomi syariah; (2) pilar pendalaman pasar keuangan syariah; dan (3) pilar riset, asesmen, dan edukasi ekonomi dan keuangan syariah. Bank Indonesia berkontribusi sebagai bagian dari akselerator, inisiator dan regulator (AIR) bersama otoritas lainnya.

Sejalan dengan blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tersebut, Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Herawanto menuturkan Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, baik kantor koordinator Bandung maupun kantor Cirebon dan Tasikmalaya terus mengimplementasikan berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan peran ekonomi dan keuangan syariah sebagai alternatif gaya hidup yang bersifat inklusif dan universal sesuai dengan prinsip Rahmatan Lil' Alamin, rahmat bagi semesta alam baik manusia, makhluk lainnya, maupun bumi dan segala isinya.

Dalam pelaksanaannya, baik di masa normal maupun terutama di masa pemulihan ekonomi saat ini, seluruh kantor Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari dengan pemerintah daerah, dengan para anggota Komisi XI DPR sampai dengan para pegiat di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Berbagai program strategis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat antara lain pengembangan kemandirian ekonomi Pondok Pesantren dan UMKM syariah melalui program korporatisasi IHSANI - Hebitren Jabar, pengembangan halal value chain, pengembangan Industri Kreatif Halal (IKRA), dan peningkatan edukasi, penelitian dan literasi ekonomi keuangan syariah, serta  penguatan sinergi serta kolaborasi program dengan stakeholders di wilayah kerja.

Herawanto menambahkan hingga saat ini, telah terdapat 65 pondok pesantren mitra Bank Indonesia di Jawa Barat berkolaborasi dengan dinas pemerintah provinsi dan daerah yang tersebar di Jawa Barat dengan mengusung adopsi dan optimalisasi konsep digital and integrated farming.

Di sini dilakukan implementasi digitalisasi melalui penerapan proses teknologi secara end-to-end mulai dari sistem Internet of Things (IoT) dalam produksi hingga pemasaran onboarding di dalam e-marketplace termasuk penyelesaian transaksi pembayarannya menggunakan QRIS.

Selain itu, tentu semua didorong untuk semakin menggunakan jasa digital banking yang telah banyak disediakan oleh industri perbankan.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia di Jawa Barat yang telah secara konsisten bersinergi dengan Pemerintah, OJK, perbankan dan berbagai stakeholder terkait dengan upaya mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat.

Pelaksanaan Road to Fesyar 2021 Jawa Barat diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada kita semua bahwa ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat sudah semakin luas jangkauan manfaatnya, semakin besar ekosistem yang terbentuk, semakin beragam model bisnis yang mengusung nilai keadilan bagi masyarakat, dan tak lupa pula peran teknologi yang mengakselerasi seluruh prosesnya.

Ekonomi dan Keuangan Syariah dapat membantu menopang optimisme bahkan mendorong pemulihan ekonomi dengan nilai-nilai solidaritas sosial, adil, kolaborasi, serta kesetaraan yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu, mari bersama kita dukung dan dorong perkembangan ekonomi syariah melalui dukungan terhadap Road to Fesyar 2021 Jawa Barat sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi Jawa Barat di masa pandemi, dan mendoronng akselerasi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik pasca pandemi.

Melalui penyelenggaraan Road to Fesyar 2021 Jawa Barat, kita perkuat sinergi dan kolaborasi untuk mendukung penguatan ekonomi dan keuangan syariah Jawa Barat sebagai Rahmatan lil Alamin yang inklusif.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Kembangkan Cashless Society, bank bjb Gandeng Baznas Jabar dan Grab

Finansial Sabtu, 31 Juli 2021 | 12:09 WIB

bank bjb terus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder guna meningkatkan digitalisasi keuangan melalui lmplementasi QR...

Bisnis - Finansial, Kembangkan Cashless Society,  bank bjb Gandeng Baznas Jabar dan Grab, bank bjb,Cashless Society bank bjb,bjb Digital Payment,paradigma cashless

bank bjb Dorong Investasi Pasar Modal di Jawa Barat Melalui bjb Sekuri...

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 19:29 WIB

Sebagai Perusahaan Efek Daerah (PED) pertama di Indonesia, bjb Sekuritas saat ini tengah terus melebarkan sayap dengan m...

Bisnis - Finansial, bank bjb Dorong Investasi Pasar Modal di Jawa Barat Melalui bjb Sekuritas, bank bjb,bjb Sekuritas,Pasar Modal,perusahaan efek daerah (PED)

KPP Madya Bandung Inisiasi Program Penyediaan Sukarelawan Plasma Darah...

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 18:24 WIB

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota...

Bisnis - Finansial, KPP Madya Bandung Inisiasi Program Penyediaan Sukarelawan Plasma Darah Konvalesen, KPP Madya Bandung,Kanwil DJP Jawa Barat I,plasma darah konvalesen,PMI Kota Bandung

Dukung Terciptanya Herd Immunity, OJK dan Bank Indonesia Gelar Vaksina...

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 18:05 WIB

OJK dan Bank Indonesia menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi untuk masyarakat Jawa Barat, termasuk keluarga besar Industri J...

Bisnis - Finansial, Dukung Terciptanya Herd Immunity, OJK dan Bank Indonesia Gelar Vaksinasi Masyarakat Jawa Barat, Kantor Regional 2 Jawa Barat Otoritas Jasa Keuangan (OJK),Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat,Gebyar Vaksinasi

Triwulan II 2021, Pertumbuhan Kredit bank bjb Capai 6,8%

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 13:45 WIB

Meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan sektor kredit dengan baik p...

Bisnis - Finansial, Triwulan II 2021, Pertumbuhan Kredit bank bjb Capai 6,8%, bank bjb,Pertumbuhan Kredit bank bjb,pertumbuhan kredit sektor UMKM,pembiayaan KPR FLPP

Harga Emas Antam di Bandung 30 Juli 2021

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 10:17 WIB

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) berada di angka Rp953.000 per gram pada Jumat, 30 Juli 2021 naik Rp8.000 da...

Bisnis - Finansial, Harga Emas Antam di Bandung 30 Juli 2021, Harga emas Antam,Harga emas Antam hari ini,Emas Antam Hari Ini,emas antam,Harga Emas,Harga Emas Hari ini

Triwulan II 2021, Laba bank bjb Tumbuh 14,4%

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 10:08 WIB

Meski masih berada di dalam situasi pandemi Covid-19, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)...

Bisnis - Finansial, Triwulan II 2021, Laba bank bjb Tumbuh 14,4%, bank bjb,Dirut bank bjb,Laba bank bjb,perolehan laba bank bjb

Sehat Finansial dengan Tabungan bjb Tandamata SiMUDA dan Berjangka

Finansial Jumat, 30 Juli 2021 | 10:03 WIB

Bank bjb kembali menggelar bjb talks pada Rabu, 28 Juli 2021. Tema yang diangkat kali ini adalah Sehat Finansial Saat Pa...

Bisnis - Finansial, Sehat Finansial dengan Tabungan bjb Tandamata SiMUDA dan Berjangka, bank bjb,bjb talks,program bank bjb,event bank bjb
dewanpers
arrow-up