web analytics

7 Cara Menangkal Covid-19 Varian Baru, Sangat Mudah!

clockSabtu, 17 Juli 2021 08:05 WIB userRedaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 7 Cara Menangkal Covid-19 Varian Baru, Sangat Mudah!, Cara Menangkal COVID-19,Cara Menangkal Covid-19 Varian Baru,kasus baru Covid-19,virus corona varian baru,Varian Baru Virus Corona,Cara mencegah Varian baru virus corona

[Ilustrasi] Varian baru virus corona yaitu Alpha, Beta, Delta, Eta, serta Kappa dilaporkan sudah menyebar di 14 provinsi di Indonesia. Varian Alpha, Beta, dan Delta sendiri masuk dalam kategori Variant of Concern, yakni yang sudah terbukti membawa kerugian pada masyarakat global. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Varian baru virus corona yaitu Alpha, Beta, Delta, Eta, serta Kappa dilaporkan sudah menyebar di 14 provinsi di Indonesia. Varian Alpha, Beta, dan Delta sendiri masuk dalam kategori Variant of Concern, yakni yang sudah terbukti membawa kerugian pada masyarakat global.

Varian delta tersebar luas dan telah terdeteksi di lebih dari 80 negara sejauh ini, menurut WHO. Di Inggris, puluhan ribu kasus telah terdeteksi, dan jumlah tertinggi varian delta.

Temuan virus corona varian baru ini diperkirakan akan menyebabkan lonjakan besar dalam kasus baru Covid-19 di berbagai negara. Hal ini tentunya berefek pada penuhnya rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya, serta tenaga kesehatan yang bertumbangan.

Dengan beberapa mutasi Covid-19 yang sekarang beredar, para ahli mengatakan perlu ekstra hati-hati. Masyarakat pun perlu melipatgandakan dan benar-benar berkomitmen untuk mengambil tindakan pencegahan demi melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari Covid-19 varian baru.

Dikutip dari Himedik.com -- Jaringan Ayobandung.com, bawah ini adalah beberapa cara kecil namun penting untuk pencegahan Covid-19 varian baru bagi diri sendiri dan orang lain, dirangkum dari SELF.

1. Pakai Masker dobel

Masker wajah adalah tameng utama sebagai pencegahan Covid-19. Masker memberikan penghalang fisik yang dapat membantu mencegah Anda menghirup tetesan pernapasan orang lain sekaligus mencegah menyebarkan tetesan pernapasan Anda sendiri.

Masker yang paling efektif untuk melindungi kita dari Covid-19 adalah respirator N95 dan KN95, namun lebih disarankan dipakai oleh tenaga kesehatan. Untuk masyarakat umum, masker paling efektif berikutnya adalah masker bedah tiga lapis, disusul masker kain dua dan tiga lapis.

Tentunya mengenakan masker yang pas di wajah (mampu menutupi hidung hingga dagu) tetapi tetap nyaman sangat penting, serta masker kain dengan lebih banyak lapisan akan memberikan perlindungan lebih.

Tapi karena mutasi virus yang semakin menular, sangat disarankan untuk memakai masker dobel saat berada di luar rumah. Pemakaian masker dobel yang benar bukanlah masker medis ditambah dengan memakai masker medis lagi. Namun menggunakan masker medis kemudian di atasnya dilapisi dengan masker kain.

2. Segera vaksinasi jika memungkinkan

Vaksin Covid-19 sudah terbukti efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus corona serta mengalami gejala parah. Vaksin ini bekerja dengan cara membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

Pemerintah Indonesia sendiri telah resmi mengumumkan tujuh jenis vaksin Covid-19 yang digunakan, yakni vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan vaksin PT Bio Farma.

Beberapa yang sudah digunakan dalam vaksinasi hingga saat ini di antaranya Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna.

Tak perlu memilih atau menunggu vaksin tertentu, segera lakukan vaksinasi apabila kuotanya masih tersedia. Semakin banyak orang yang divaksin, herd immunity akan segera terbentuk.

3. Sering mencuci tangan

Pencegahan Covid-19 selanjutnya adalah tetap menerapkan kebiasaan mencuci tangan. Sebab droplets dan partikel aeroso yang menyebarkan Covid-19 juga bisa mendarat di permukaan benda.

Meski para ahli mengatakan cara penularan ini bukanlah yang utama, tetap penting untuk melakukan langkah preventif. Cucilah tangan terutama pada waktu seperti sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, dan setelah dari kamar mandi.

Selalu bawa hand sanitizer ke mana pun Anda pergi untuk mengantisipasi jika tidak ada akses cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

4. Hindari kumpul dan jalan-jalan tidak perlu

Salah satu cara terpenting untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan mengurangi jumlah waktu nongkrong dengan orang di luar rumah Anda. Itu bisa termasuk teman, sahabat, rekan kerja, keluarga jauh dan lainnya.

Intinya, hindari dulu berkumpul dengan sejumlah kecil orang maupun dalam kerumunan yang lebih besar.

Kerumunan itu menimbulkan risiko karena memiliki lebih banyak orang di satu area membuat seseorang lebih mungkin terkena Covid-19. Dan jika menyebar, lebih banyak orang berisiko terkena infeksi. Virus ini juga lebih mungkin menyebar di antara orang-orang yang berada dalam jarak dekat.

Jika terpaksa harus bertemu orang lain di luar rumah, selalu kenakan masker dan hindari kontak fisik dengan jaga jarak.

5. Menjaga jarak

Para ahli sepakat bahwa penyebaran utama virus corona Covid-19 adalah melalui transmisi droplet. Hal ini terjadi ketika seseorang yang terinfeksi virus tersebut batuk, bersin, berbicara, atau berteriak, yang menyebabkan mereka mengeluarkan tetesan pernapasan yang dapat mengandung virus.

Orang lain yang ada di dekatnya kemudian dapat menghirup tetesan, atau tetesan itu dapat mendarat di mata, hidung, atau mulut lalu menginfeksi mereka.

Dengan menjaga jarak setidaknya 6 kaki atau 2 meter, mengurangi kemungkinan droplet pernapasan yang mengandung virus akan mengenai Anda, begitupun sebaliknya.

6. Perhatikan ventilasi yang baik

Dalam beberapa kasus, Covid-19 juga dapat menyebar melalui airborne, yang berarti partikel kecil mengandung virus dapat bertahan di udara atau bergerak lebih jauh dari enam kaki. Penularan melalui udara kemungkinan besar terjadi ketika orang berinteraksi di dalam ruangan, tanpa masker, setidaknya selama 15 menit.

Sehingga, memiliki ventilasi yang baik mengurangi kemungkinan terjadinya penularan droplet dan airborne. Anda dapat meningkatkan akses aliran udara dengan membuka jendela (bahkan pintu jika memungkinkan), berinteraksi di luar ruangan, atau menggunakan kipas angin serta sistem penyaringan udara di dalam ruangan.

7. Tes segera saat mengalami gejala Covid-19

CDC merekomendasikan bahwa Anda harus melakukan tes Covid-19 jika memiliki gejala, baru saja kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi, dan melakukan kegiatan berisiko, seperti bepergian, menghadiri pertemuan-pertemuan besar, atau berada di dalam ruangan di mana tidak bisa jaga jarak.

Namun penting untuk diingat bahwa meskipun hasil tes setelahnya negatif, Anda tidak boleh menyepelekan 6 hal di atas dalam upaya pencegahan Covid-19.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Petroleum Jelly dan Segudang Manfaat Baik untuk Kulit

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:45 WIB

Petrolatum atau petroleum jelly merupakan produk yang terbuat dari campuran wax dan mineral oil.

Gaya Hidup - Sehat, Petroleum Jelly dan Segudang Manfaat Baik untuk Kulit, Petroleum Jelly,Manfaat Baik,Kulit,petrolatum,pelembab bibir,Mengatasi kulit kasar,mengatasi ruam

Tenang! 5 Efek Samping Vaksin Covid Ini Lumrah Terjadi

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:46 WIB

Salah satu penyebabnya ialah rasa takut yang menghantui masyarakat akan efek samping vaksin covid yang akan terjadi nant...

Gaya Hidup - Sehat, Tenang! 5 Efek Samping Vaksin Covid Ini Lumrah Terjadi, efek samping vaksin Covid-19,efek samping vaksinasi,Vaksin Covid-19,Vaksinasi Covid-19

8 Manfaat Joging bagi Kesehatan, Jarang Diketahui!

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:00 WIB

Kegiatan joging termasuk olahraga yang tidak terlalu membebani tubuh dan menguras energi yang banyak.

Gaya Hidup - Sehat, 8 Manfaat Joging bagi Kesehatan, Jarang Diketahui!, Manfaat Joging,Kesehatan,Olahraga,joging,kesehatan jantung,Mengurangi Stres,Kekuatan Tulang,Melatih Otot,Mengurangi Penuaan,Kekebalan Tubuh

Kolesterol, Hipertensi, hingga Diabetes Minggat dengan Kacang Ini, Mud...

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Kacang kapri menjadi salah satu jenis kacang yang banyak diolah sebagai masakan. Selain lezat, kacang ini ternyata menye...

Gaya Hidup - Sehat, Kolesterol, Hipertensi, hingga Diabetes Minggat dengan Kacang Ini, Mudah Diolah!, Kacang Kapri,Manfaat Kacang Kapri,Khasiat Kacang Kapri,Nutrisi Kacang Kapri,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,obat hipertensi,obat alami hipertensi,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,makanan penderita kolesterol,Makanan penderita diabetes

Kolesterol hingga Diabates Musnah dengan Mi Ini, Aman Dikunsumsi Rutin...

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:23 WIB

Mi soba adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari buckwheat Jepang atau sejenis biji-bijian bernama latin Fagopyrum...

Gaya Hidup - Sehat, Kolesterol hingga Diabates Musnah dengan Mi Ini, Aman Dikunsumsi Rutin!, Mi soba,Manfaat Mi soba,Khasiat Mi soba,Nutrisi Mi soba,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,makanan penderita kolesterol,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,Makanan penderita diabetes

Kolesterol, Diabetes, hingga Kanker Musnah dengan Makan Ini, Jarang Di...

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 12:18 WIB

Pernahkah tebersit dalam benak Anda untuk makan hidangan dari kaktus? Tumbuhan yang biasa dijadikan tanaman hias ini ter...

Gaya Hidup - Sehat, Kolesterol, Diabetes, hingga Kanker Musnah dengan Makan Ini, Jarang Diketahui!, Kaktus,Manfaat Kaktus,Khasiat Kaktus,Nutrisi Kaktus,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,Obat Kanker,Obat Alami Kanker,Tips mengkonsumsi Kaktus

Simak! Ini Cara Mengatasi Keracunan Jengkol Menurut Dokter

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:42 WIB

Selama ini jengkol memang dianggap bisa mengangkat nafsu makan. Namun, makan jengkol berisiko karena jengkol mengandung...

Gaya Hidup - Sehat, Simak! Ini Cara Mengatasi Keracunan Jengkol Menurut Dokter, jengkolan,cara mengobati jengkolan,tips mengobati jengkolan,Keracunan Jengkol,Cara Mengobati Keracunan Jengkol,Cara Menyembuhkan Keracunan Jengkol,Mengatasi Keracunan Jengkol

Diabetes Kabur dengan Tanaman Ini, Jarang Diketahui!

Sehat Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:28 WIB

Tanaman putri malu telah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk membantu mengatasi diabetes.

Gaya Hidup - Sehat, Diabetes Kabur dengan Tanaman Ini, Jarang Diketahui!, Tanaman Putri Malu,Manfaat Tanaman Putri Malu,Khasiat Tanaman Putri Malu,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,herbal obat diabetes,tanaman obat diabetes
dewanpers
arrow-up