web analytics

Tahapan Mudah Penggunaan WA Web

clockKamis, 8 Juli 2021 09:25 WIB userRedaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Gadget, Tahapan Mudah Penggunaan WA Web, wa web,WhatsApp,cara mudah gunakan wa web,WhatsApp Web

WhatsApp. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Bagi Anda yang hidup di era teknologi saat ini, tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya aplikasi WhatsApp atau yang biasa disebut WA. Tahukah Anda? WhatsApp kini bisa digunakan pada perangkat desktop atau laptop dengan menggunakan fitur WA Web.

Di lansir liga-indonesia.id, fitur ini merupakan fitur kemudahan yang dikeluarkan oleh WhatsApp, sebagai aplikasi yang saat ini digunakan oleh hampir semua orang di belahan dunia. Adanya fitur ini juga bisa membantu pengguna yang mungkin tidak bisa menggunakan mobile phone nya terus menerus untuk membuka WA.

Cara Mudah Buka WA Web di Laptop Dengan Android

Sebelum membahas tahapan dalam membuka atau memakai WhatsApp web di laptop, Anda perlu memastikan laptop sudah terhubung dengan internet. Selain itu pastikan juga Anda sudah memiliki akun WhatsApp yang sudah aktif digunakan pada perangkat Android. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Browser

Ada banyak jenis browser, agar lebih mudah Anda bisa gunakan browser chrome. Hubungkan browser dengan jaringan internet, sehingga bisa digunakan untuk membuka link web WhatsApp.

  1. Membuka Link Web WhatsApp

Setelah dipastikan terhubung dengan internet, maka selanjutnya Anda bisa membuka link web WhatsApp yakni https://web.whatsapp.com. Saat link dibuka, Anda akan melihat ada tampilan barcode. Setelah itu, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan:

  • Membuka aplikasi WA yang sudah aktif pada perangkat hp android.
  • Cari fitur titik vertikal yang ada tiga. Tepatnya ada di pojok kanan atas.
  • Cari menu WhatsApp web yang ada dalam titik tiga tersebut.
  • WhatsApp dalam hp akan menampilkan scan barcode berupa kamera.
  • Arahkan kamera pada barcode yang ada pada laptop. Tunggu hingga tampilan laptop berubah menjadi beranda WhatsApp web.
  1. Logout

Jika WhatsApp dirasa sudah tidak digunakan, sebaiknya lakukan logout. Cara logout sendiri, bisa dilakukan dengan dua pilihan cara. Anda bisa logout dari web WhatsApp yang ada di laptop, juga bisa logout dari perangkat android. Cukup cari fitur dengan tulisan logout.

Cara Buka Web WhatsApp di Laptop Dengan iPhone

Selain bisa dibuka menggunakan perangkat android ke laptop, web WhatsApp ternyata juga bisa dibuka dengan perangkat iPhone ke laptop. Caranya juga cukup mudah, hampir sama dengan cara membuka menggunakan android. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Pada iPhone

Pastikan iPhone Anda telah terpasang dengan aplikasi WhatsApp yang sudah aktif digunakan.

  1. Buka Browser

Setelah memastikan aplikasi pada iPhone telah terpasang, bukalah browser menggunakan laptop. Pada browser yang telah dibuka, carilah alamat web WhatsApp yakni https://web.whatsapp.com.

  1. Memindah Barcode

Saat membuka alamat web WhatsApp, secara otomatis laptop Anda akan menampilkan kode barcode. Buka kembali perangkat android Anda, cari pengaturan pada aplikasi. Pada menu pengaturan, carilah fitur web WhatsApp.

Klik dan tunggu hingga ada tampilan kamera untuk scan barcode. Arahkan kamera barcode pada laptop yang sudah tertera kode barcode web WhatsApp. Proses akan berjalan sebentar, kemudian akan tampil riwayat chat WA pada layar laptop Anda.

  1. Proses Logout

Setelah masuk aplikasi web WhatsApp, pastikan Anda melakukan logout agar akun tetap aman digunakan. Proses logout bisa dilakukan via web, bisa juga dikeluarkan dari pengaturan yang ada di perangkat iPhone Anda.

Tutorial Download Dan Menggunakan WhatsApp Pada Laptop

WhatsApp telah memberikan kemudahan banyak orang untuk berkomunikasi jarak jauh. Salah satunya adalah adanya aplikasi WA Web. Aplikasi ini ternyata bisa dipasang pada perangkat laptop atau komputer.

Sehingga Anda yang ingin menggunakan WhatsApp web tidak perlu lagi membuka link pada browser. Untuk cara pasangnya sangat mudah, berikut di bawah ini ada beberapa tahapan tutorialnya:

  • Pertama-tama, carilah aplikasi WhatsApp web pada browser yang ada pada laptop. Setelah itu, download aplikasi yang sudah Anda temukan tersebut. Tunggu hingga proses download selesai.

Proses download ini tidak memerlukan proses install pada laptop yang dipasang. Secara otomatis aplikasi yang didownload bisa langsung dibuka dan digunakan. Inilah praktisnya penggunaan WhatsApp web.

  • Pada menu download yang ada di laptop, buka folder hasil download aplikasi WA. Dalam folder akan ada banyak file yang merupakan paket dari data WA yang sudah terpasang. Pastikan semua data tersebut sudah terletak pada satu folder khusus.

Selanjutnya cari icon WA dengan nama jenis file 'aplikasi', klik dua kali atau klik kanan. Lalu pilih ‘buka’. Maka secara otomatis aplikasi web WhatsApp akan terbuka dengan tampilan barcode untuk menghubungkan ke akun WA pada smartphone.

  • Langkah selanjutnya, Anda harus menghubungkan akun WA yang aktif ke perangkat laptop. Nyalakan hp dan buka aplikasi WA di dalamnya. Jika Anda adalah pengguna iPhone, Anda bisa buka pengaturan yang ada di kanan bawah aplikasi.

Sedangkan jika Anda pengguna android, maka fitur WhatsApp web ini berada pada pojok kanan atas di dalam fitur titik tiga.

  • Setelah itu, lakukan pemindaian barcode, agar akun WA bisa digunakan pada layar laptop. Saat Anda sudah memilih menu WhatsApp web pada fitur pengaturan WA, maka otomatis WA pada hp akan menampilkan kamera khusus scan barcode.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempatkan kamera tepat di tengah tanda barcode. Aplikasi akan membaca kecocokan barcode, lantas Anda bisa melihat layar laptop sudah menampilkan riwayat chat dal aplikasi WA.

  • Langkah terakhir adalah proses logout. Sama halnya dengan cara buka WA melalui link web, pada cara ini Anda juga diminta untuk logout demi kemanan akun. Ada dua langkah mudah yang bisa dipilih untuk melakukan logout akun WhatsApp web.

Yang pertama ada cara logout dengan menggunakan perangkat laptop. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka fitur logout pada simbol titik tiga yang ada di aplikasi WhatsApp web, kemudian proses logout akan berjalan dengan sendirinya.

Kedua ada proses logout melalui perangkat hp. Mula-mula buka aplikasi WA pada hp yang sudah terkoneksi dengan WhatsApp web yang ada di laptop. Kemudian carilah titik tiga yang ada di pojok kanan atas (berlaku untuk android).

Sedangkan untuk pengguna iPhone, carilah menu pengaturan yang ada di pojok kanan bawah. Setelah itu pilih menu WhatsApp web. Nantinya Anda akan diberi pilihan untuk logout dari semua perangkat ‘logout from all devices’.

Pilih menu bertuliskan logout tersebut dan tunggu hingga proses logout selesai. Secara otomatis aplikasi WhatsApp web yang ada di laptop Anda juga akan tertutup dengan sendirinya.

WA Web kini semakin banyak digunakan. Hal ini juga karena saat bekerja kerap kali orang membutuhkan akses pengiriman data langsung dari laptop.

Sehingga penggunaan WhatsApp web jadi lebih praktis dan fleksibel. Namun perlu diingat, demi kemanan pastikan Anda selalu logout dari akun WhatsApp web.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Sasar Gaming Lancar di 1080p, AMD Radeon RX 6600 XT Resmi Diluncurkan

Gadget Jumat, 30 Juli 2021 | 15:31 WIB

AMD resmi meluncurkan seri kartu grafis baru mereka yang mengincar kelas mainstream, gamer yang menginginkan di 1080p. Y...

Bisnis - Gadget, Sasar Gaming Lancar di 1080p, AMD Radeon RX 6600 XT Resmi Diluncurkan, AMD Radeon RX 6600 XT,Spesifikasi AMD Radeon RX 6600 XT,Harga AMD Radeon RX 6600 XT,Kecepatan AMD Radeon RX 6600 XT,Performa AMD Radeon RX 6600 XT

Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Z Fold 3 Dibanderol Lebih Murah, Berapa Bo...

Gadget Jumat, 30 Juli 2021 | 13:57 WIB

Jelang perilisannya, sejumlah rumor perlahan membocorkan mengenai harga Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Samsung Galaxy Z Fol...

Bisnis - Gadget, Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Z Fold 3 Dibanderol Lebih Murah, Berapa Bocoran Harganya?, Samsung Galaxy Z Flip 3,Harga Samsung Galaxy Z Flip 3,Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3,Bocoran Samsung Galaxy Z Flip 3,Samsung Galaxy Z Fold 3,Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 3,Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3,Harga Samsung Galaxy Z Fold 3

Cara Download Video di YouTube ke Format Mp3

Gadget Jumat, 30 Juli 2021 | 12:37 WIB

YouTube semakin merajai dunia hiburan online melalui podcast video, Youtube Music, live music, shorts, hingga acara talk...

Bisnis - Gadget, Cara Download Video di YouTube ke Format Mp3, Youtube,Cara Download Video Youtube,cara download video YouTube Mp3,mp3-now.com

8 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Estetik dan Gambar Ilustrasi

Gadget Kamis, 29 Juli 2021 | 14:49 WIB

Foto bisa menjadi lebih estetik dengan sentuhan editing dengan menggunakan aplikasi membuat ilustrasi ini. Ada banyak ap...

Bisnis - Gadget, 8 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Estetik dan Gambar Ilustrasi, Aplikasi Edit Foto,aplikasi bikin gambar ilustrasi,edit foto mudah,cara edit foto estetik

Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harga Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

Gadget Kamis, 29 Juli 2021 | 14:39 WIB

Kehadiran Galaxy Note20 Ultra 5G di Tanah Air, selain mengusung dukungan terhadap teknologi jaringan seluler generasi ke...

Bisnis - Gadget, Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harga Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G, Samsung,Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G,Galaxy Note20 Ultra 5G,Harga Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G,Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G,Jeroan Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G,RAM Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Poco X3 GT

Gadget Kamis, 29 Juli 2021 | 12:32 WIB

Setelah minggu lalu meluncurkan Poco F3 GT, anak perusahaan Xiaomi akhirnya memperkenalkan Poco X3 GT.

Bisnis - Gadget, Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Poco X3 GT, Poco X3 GT,Spesifikasi Poco X3 GT,Harga Poco X3 GT,Jeroan Poco X3 GT,Peluncuran Poco X3 GT,Penjualan Poco X3 GT

Rekomendasi 6 HP Murah Redmi Aman di Kantong, Cuma Rp 1 Jutaan!

Gadget Kamis, 29 Juli 2021 | 12:21 WIB

Perangkat-perangkat dari keluarga Redmi bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari HP murah. Walaupun dibanderol denga...

Bisnis - Gadget, Rekomendasi 6 HP Murah Redmi Aman di Kantong, Cuma Rp 1 Jutaan!, HP Murah,hp murah redmi,rekomendasi hp murah,Rekomendasi HP Murah Redmi,HP murah Rp1 jutaan,HP Redmi murah Rp 1 jutaan,Redmi Note 8,Redmi 9T,Redmi 9,Redmi 9C,Redmi 9A,Redmi 8A Pro

10 HP Murah Memori Internal 128 GB Terbaik Juli 2021, Mulai Rp1 Jutaan...

Gadget Rabu, 28 Juli 2021 | 15:37 WIB

HP dengan memori internal 128 GB dapat digunakan untuk menyimpan banyak file, foto, dan berbagai aplikasi favorit. Deret...

Bisnis - Gadget, 10 HP Murah Memori Internal 128 GB Terbaik Juli 2021, Mulai Rp1 Jutaan!, HP Murah,rekomendasi hp murah,Daftar HP Murah,HP murah memori internal 128 GB,HP Murah Rp 1 Jutaan,HP Murah Terbaru Juli 2021,POCO M3,Infinix HOT 10S,Oppo A54,Redmi 9T,Infinix Hot 10,Realme 7i,Redmi Note 10s,Infinix Note 10 Pro NFC,POCO M3 Pro 5G,realme 8

artikel terkait

dewanpers
arrow-up