web analytics

Tak hanya Lezatkan Makanan, Bawang Ini Obat Diabetes, Osteoporosis, hingga Jantung

clockKamis, 24 Juni 2021 10:27 WIB userRedaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Tak hanya Lezatkan Makanan, Bawang Ini Obat Diabetes, Osteoporosis, hingga Jantung, Bawang Bombai,Manfaat Bawang Bombai,Kandungan Nutrisi Bawang Bombai,Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan,Cara Mengolah Bawang Bombai,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,obat Osteoporosis,Obat penyakit jantung

Bawang Bombai. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak hanya melezatkan masakan, manfaat bawang bombai untuk kesehatan juga tidaklah sedikit. Beragam kandungan nutrisi di dalamnya dikenal baik untuk mencegah osteoporosis dan kanker, juga menjaga kesehatan jantung.

Bawang bombai adalah salah satu jenis bawang yang mudah ditemukan di Indonesia. Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombai juga kerap digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa pada masakan.

Kandungan Nutrisi dalam Bawang Bombai
Manfaat yang dapat diberikan bawang bombai tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam bawang bombai:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Vitamin C
  • Vitamin B6

Tak hanya itu, bawang bombai juga mengandung senyawa sulfur organik dan berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, asam fenolik, antosianin, dan quercetin.

Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan
Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi bawang bombai, di antaranya:

1. Menyehatkan pencernaan
Bawang bombai merupakan salah satu tanaman yang kaya akan serat. Berkat kandungan ini, bawang bombai baik dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

Kandungan serat dalam bawang bombai juga memiliki sifat prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna.

2. Menjaga kesehatan jantung
Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi di dalam bawang bombai mampu mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah.

Tak hanya itu, bawang bombai juga kaya akan kandungan quercetin, salah satu jenis antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan bawang bombai baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Mengontrol kadar gula darah
Tak hanya menurukan risiko terkena penyakit jantung, bawang bombai juga diyakini dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh. Manfaat ini membuat bawang bombai baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan tulang
Manfaat bawang bombai selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi bawang bombai secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Bahkan, ada pula penelitian yang menunjukkan bawang bombai dapat mengurangi risiko terjadinya patah tulang pinggul pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Dengan demikian, bawang bombai dapat dikonsumsi untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Menangkal efek radikal bebas
Beragam jenis kandungan antioksidan di dalam bawang bombai diketahui mampu melindung sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas pemicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kanker.

Selain itu, beberapa riset juga menyebutkan bahwa bawang bombai berpotensi untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Namun, efektivitas dan keamanan bawang bombai untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Melawan infeksi bakteri dalam tubuh
Tak hanya menangkal efek radikal bebas, kandungan antioksidan di dalam bawang bombai juga diyakini berpotensi untuk melawan berbagai macam bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri E.coli, S. aureus, dan B. aureus.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi bawang bombai untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tersebut.

Selain menawarkan berbagai manfaat di atas, bawang bombai juga dipercaya bermanfaat untuk meredakan demam, mengobati gejala flu dan batuk, mengobati sariawan, dan mengatasi asma.

Untuk memperoleh manfaat bawang bombai secara maksimal, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi berbagai jenis masakan, atau ditambahkan ke dalam sup dan salad.

Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang bombai dengan cara digoreng, karena cara ini dapat menghilangkan kandungan nutrisi bawang bombai yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein dan serat.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat bawang bombai atau ingin mengetahui pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Hipertensi Kolesterol, hingga Diabetes Lenyap dengan Bahan Ini, Obat A...

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 11:14 WIB

Walaupun mempunyai rasa yang pahit, namun brotowali ternyata dapat memberi manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Ap...

Gaya Hidup - Sehat, Hipertensi Kolesterol, hingga Diabetes Lenyap dengan Bahan Ini, Obat Alami Turun-temurun!, Brotowali,Manfaat Brotowali,Khasiat brotowali,obat hipertensi,obat alami hipertensi,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,obat alami turun-temurun,cara mengolah Brotowali

Bulu Hidung Dipercaya Lindungi Diri dari Virus, ini Penjelasan Ahli!

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:55 WIB

Semua orang pasti memiliki bulu hidung. Bulu hidung ini berfungsi menyaring udara yang dihirup untuk melindungi kita dar...

Gaya Hidup - Sehat, Bulu Hidung Dipercaya Lindungi Diri dari Virus, ini Penjelasan Ahli!, Bulu Hidung,Manfaat Bulu Hidung,Bulu Hidung Lindungi Diri dari Virus,fungsi penyaringan bulu hidung,Fungsi  Bulu Hidung,Kegunaan Bulu Hidung

Daun Ini Obat Alami Diabetes hingga Kolesterol, Banyak di Pekarangan!

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:39 WIB

Katanya, daun pecah beling ini berguna untuk mengobati diabetes dan luka gores. Apa benar begitu?

Gaya Hidup - Sehat, Daun Ini Obat Alami Diabetes hingga Kolesterol, Banyak di Pekarangan!, Daun Keji Beling,Manfaat Daun Keji Beling,Khasiat Daun Keji Beling,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,herbal obat kolesterol,herbal obat diabetes

Moms! Ini Panduan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Berdasarkan AKG

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:28 WIB

AKG adalah kecukupan rata-rata gizi harian yang dianjurkan untuk sekelompok orang setiap harinya.

Gaya Hidup - Sehat, Moms! Ini Panduan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Berdasarkan AKG, panduan nutrisi anak,Kesehatan Anak,AKG,AKG adalah,Angka kecukupan gizi

Kolesterol Jahat hingga Diabetes Musnah dengan Makanan Ini, Jarang Dis...

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:25 WIB

Banyak orang mungkin sudah akrab dengan labu siam dan labu kuning, tapi pernahkah Anda mengonsumsi labu air? Rasanya yan...

Gaya Hidup - Sehat, Kolesterol Jahat hingga Diabetes Musnah dengan Makanan Ini, Jarang Disadari!, Labu Air,Manfaat Labu Air,Khasiat Labu Air,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,Makanan penderita diabetes,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,makanan penderita kolesterol,Obat Kanker,Obat Alami Kanker,makanan antikanker

Buah Ini Usir Kolesterol hingga Penyakit Jantung, Boleh Dikonsumsi Tia...

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:36 WIB

Sebagian orang mungkin mengenal pepaya hanya sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan saja. Padahal, sebenarnya ad...

Gaya Hidup - Sehat, Buah Ini Usir Kolesterol hingga Penyakit Jantung, Boleh Dikonsumsi Tiap Hari!, Pepaya,Manfaat Pepaya,Khasiat Pepaya,Obat Kolesterol,obat alami kolesterol,buah penderita kolesterol,daftar buah penderita kolesterol,Obat penyakit jantung,obat alami penyakit jantung,buah obat penyakit kronis,buah penderita penyakit jantung

Nutrisi Lengkap untuk Anak yang Harus Dipenuhi Selama Pandemi, Perhati...

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:22 WIB

Kesehatan anak menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat ini, khususnya di saat pandemi. Lalu berapa nutrisi anak y...

Gaya Hidup - Sehat, Nutrisi Lengkap untuk Anak yang Harus Dipenuhi Selama Pandemi, Perhatikan Daftarnya!, nutrisi anak,nutrisi anak yang harus dipenuhi,Kesehatan Anak, tips kesehatan anak

Varian Baru Covid-19 Mulai Ditemukan di Indonesia, Kenali Gejala dan R...

Sehat Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:22 WIB

Varian Delta memang terbukti lebih mudah menular dan menimbulkan gejala lebih parah dibanding jenis aslinya. Tak berhent...

Gaya Hidup - Sehat, Varian Baru Covid-19 Mulai Ditemukan di Indonesia, Kenali Gejala dan Risikonya!, varian baru Covid-19,Varian Baru Covid-19 Indonesia,Mutasi Varian Baru Covid-19 Indonesia,varian Delta Plus COVID-19,Covid-19 varian delta,gejala Covid-19 varian delta,COVID-19 varian Delta Plus,persebaran varian Delta Plus,perbedaan varian Delta dan Delt
dewanpers
arrow-up