web analytics

Trend Minum Kopi di Indonesia dan Manfaat Gizinya

clockRabu, 23 Juni 2021 15:39 WIB user-groupNetizen Netizen
Netizen, Trend Minum Kopi di Indonesia dan Manfaat Gizinya, Minum Kopi,manfaat  minum kopi,sejarah kopi,trend minum kopi

Ilustrasi wanita meminu kopi. (Shutterstock)

oleh

Dr. Dewi Turgarini., S.S., MM.Par

Pakar Wisata Gastronomi Indonesia dan Ketua Program Studi Manajemen Industri Katering Universitas Pendidikan Indonesia

Sejarah Kopi

Eksistensi kopi di Indonesia bermula dari budaya minum kopi pada masa kedatangan bangsa  Belanda pada abad ke-17, ke Indonesia. Kopi pertama kali di tanam di Pondok Kopi Batavia (Jakarta), sedangkan untuk di Jawa Barat sendiri kopi pertama kali ditanam di Manglayang Priangan Timur Jawa Barat yaitu kopi arabica.

Jenis kopi yang ada di Indonesia adalah Liberica, Arabica, Robusta. JNamun kopi yang paling banyak tumbuh di Indonesia adalah arabica (sumatera Utara, Aceh, Lampung, Sulawesi, Jawa Bali)  dan robusta (lebih luas karena bisa tumbuh di dataran rendah), hanya saja masa panen raya lebih sering arabica. Maka dari itu harga Arabica lebih murah dibandingkan robusta. Banyak perbedaan diantara keduanya, untuk Arabica tumbuh didataran tinggi (1000-2000 dpl) dan untuk robusta tumbuh didataran rendah.

Jenis kopi arabica terdiri dari varietas typica, bourbon, tekesik, kona, mundo Novo, Mountain, kent, India, K7, Sl28, SL34, Kp423, N39, Jimma, Harar, Gimbi, Yirga Chefe, Caturra, Catuai, Villa Sarchi, Pacas. Tanaman kopi paling tahan serangan hama dan penyakit Catimor, Sarchimor, Colombia, S 795, Ruiru, Ababuna, Icatu, S 2828, Hibrido de Timor, Rame Sudan. Sedangkan Jenis vaerietas kopi Robusta adalah BP dan SA untuk varietas lain yang dikembangkan negara lain adalah Klon 274, BR, IF, Kouilou, Apoata, Arabusta, CxR.

Perkembangan Industri Kopi di Indonesia

Masyarakat Indonesia mulai mengkonsumsi es kopi juga seiring dengan masuknya es di Indonesia pada tahun 1848 pada pemerintahan hindia Belanda. Es kopi dikenal di negara Perancis dengan nama Mazagran,  kemudian menyebar ke Belanda dan akhirnya menyebar ke Indonesia. Di Indonesia terdapat kedai legend Es Kopi Tak Kie yang berdiri pada tahun 1927, di Jakarta).

Bisnis kopi di Indonesia mulai berkembang sejak tahun tahun 1980 hingga awal tahun 1990, dan mulai tahun 2010 sekitar 90 % hasil produksi kopi di Indonesia berasal dari perkebunan kopi rakyat. Sedangkan pada di Kota Bandung di level industri muncul dan dipelopori pada tahun 1999 dengan munculnya menu es kopi di Cafe Halaman di Jalan Taman Sari, serta munculnya franchise dengan produk utama kopi seperti franchise Starbuck  dengan produk kopi dari Amerika yang berdiri sejak tahun 1971 mewarnai industri kopi di Indonesia saat mereka masuk ke Indonesia pada tahun 2002.

Saat ini penggunaan trend kopi bubuk didukung oleh industri kopi dengan tumbuhnya usaha kopi bubuk yang berjumlah 547 di Indonesia. Pada tahun 2003 yang leading adalah PT. Nestle Indonesia, PT.Sari Incofood Corporation, PT Torabika Eka Semesta.

Kopi adalah sebuah perjalanan terdiri dari  30% budidaya, 30% proses pasca panen. 30% roaster, dan 10% Brew.Pengolahan kopi dari hulu setelah panen, lalu dilakukan sortasi buah, pengupasan kulit buah,  fermentasi, pencucian, pengeringan, pengukuran kadar air, pengupasan kulit kopi.
Kemudian pengolahan kopi dari hilir adalah penyangraian, dilakukan pendinginan,  penghalusan, pengemasan, penyeduhan. Kemudian proses pengelohan fully wash, Honey, Semi wash, Naturan process.  Level roasting ada yang dilakukan light, light-medium, medium, medium-dark, dan dark. Kemudian teknik brewing dengan cara kopi tubruk, Vietnam drip, V60, aeropress, siphon, frenchpress, moccapot, rocpresso, chemex, dan calita wave. Terdapat pula espreso base ada yang murni dan juga campuran dengan jenis  Americano, latte, cappucinno, affogato, dan macchiato.

Secara umum masyarakat menikmati kopi dari tingkat keasaman, dan rasa secara intensitasnya baik tajam atau penuh. Terdapat pula peningkatan kemampuan dalam penyajian kopi, secara tradisional  dengan cara ibrik, ceret, dan open pot. Terdapat penyajian  berdasarkan suhu yaitu minuman kopi dingin dan kopi panas menggunakan teknik penyajian secara modern adalah plunger, Brewer Coffe, Expresso Machine.    

Hal ini memerlukan keahlian peracik kopi yakni cara membuat espresso regular, extra strenght dan double strength. Khususnya dalam mengolah kopi yang terdiri dari beberapa jenis yaitu :

1.    Hot coffee terdiri dari beberapa jenis yaitu Spazio Cappucino, cafe au lait, cafe moca
2.    Icy cold coffee juga terdiri dari beragam jenis ice coffe seperti old fashioned coffe soda, ice spazio cappucino, calypso cooler, cofee sauce, turkish cola float. Serta kopi frappe (campuran essence powder, kopi, es dan pemanis) yang memiliki variasi rasa essence vanilla, karamel, cokelat, mocca dan hazelnut.
3.    Coffee liquer (menggunakan alkohol) irish coffee, italian coffee.

Pahami Manfaat Gizi dalam Mengikuti Trend Minum Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan stamina tubuh, secara psikologis pun bagi orang yang memiliki kondisi emosi membutuhkan kepercayaan lebih (stress) untuk berkonsentrasi secara baik akan memilih minuman kopi sebagai upaya memenuhi kebutuhan fisiologis dan fisiknya. Kopi saat ini jadi gaya hidup salah satunya menghilangkan stress. Saat ini terdapat trend meminum kopi diberbagai kedai kopi memang menjadi pilihan yang menarik bagi kalangan anak muda yang memiliki aktivitas dan kebutuhan mereka bersosialisasi.

Kopi adalah minuman yang memerlukan proses meminum yang cukup memakan waktu sehingga tepat bila disajikan sebagai pendamping saat bersosialisasi atau meeting. Tentunya untuk menjaga kesehatan kita perlu mengatur porsi minum dalam sehari agar tidak berdampak negatif  pada kesehatan. Kedepannya tentunya trend  coffe kedepannya akan menyesuaikan dengan teknologi gastronomi molekular.

Huri Mega Insani ahli gizi dari Program Studi Manajemen Industri Katering menyampaikan bahwa Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah kantuk karena kadar kafein yang tinggi didalamnya. Kafein bekerja dengan cara merangsang otak dan sistem saraf pusat tetap terjaga. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kesulitan tidur, peningkatan frekuensi urinasi, mual dan muntah, peningkatan mood dan energi, tremor dan lain sebagainya.

Maka, baiknya konsumsi kafein tidak dilakukan secara berkala jika telah menimbulkan gejala yang tidak baik pada tubuh. Selain kafein, kopi juga mengandung asam klorogenat. Kopi robusta Lampung mengandung 0,08-2,19% kafein sesuai dengan standar SNI 01-3542-2004 dan 0,08-1,31% asam klorogenat yang berfungsi sebagai antivirus hepatitis B, antioksidan, antihipertensi, antidiabetes dan hepatoprotektor (pelindung hati dari kerusakan akibat obat, racun dan lain sebagainya) jika dikonsumsi dengan fekuensi yang tepat.

Pada Tabel Kebutuhan Bahan Makanan tahun 2017, 100 gr kopi bubuk instan mengandung 129 Kkal. Jika kebutuhan kalori remaja putri 2100 Kkal, maka kopi dapat memenuhi setengah kebutuhan kalori makanan selingan bagi remaja putri tersebut. Namun perbandingannya akan berbeda jika kopi ditambahkan susu dan cream yang dapat meningkatkan kandungan kalorinya. Susu dan cream mengandung lemak dan gula yang memiliki nilai kalori tinggi.

Kejadian obesitas pada remaja, selain diakibatkan oleh natrium pada makanan cepat saji, juga diakibatkan karena konsumsi lemak dan gula yang berlebihan pada makanan yang banyak dikonsumsi oleh remaja. Selain kalori yang bertambah, penambahan kopi pada susu pasteurisasi dapat meningkatkan kadar protein dan kalsium serta dapat meningkatkan cita rasa dan aroma pada kopi tersebut. Kopi dengan campuran susu dan cream dikenal dengan sebutan capucino dan mocacino.

Kopi yang diolah secara langsung dari bijinya memiliki citarasa asam dan mengandung gizi yang lebih baik ketimbang kopi instan. Hal tersebut dikarenakan komposisi kopi instan yang telah ditambahkan oleh bahan lain serta kualitas kopi yang digunakan. Pengolahan dan dosis yang sesuai serta Teknik filter dan konsumsi kopi dalam jumlah yang sedang dapat memberikan efek yang baik bagi Kesehatan sehingga kopi bisa saja digolongkan kedapam salah satu pangan fungsional.

Namun, persyaratan diatas perlu dipenuhi, karena mengkonsumsi kopi yang berkebilan juga akan mengakibatkan gangguan pada Kesehatan. Sebagai ilustrasi pada atlet sepakbola remaja, konsumsi kopi terkadang dilakukan sebelum latihan dimulai yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan otot.

Kopi dapat memberikan pengaruh pada ketahan dan kekuatan otot jika dikonsumsi sebanyak 2 gram/150 ml oleh atlet sepakbola remaja. Namun, pemberian kopi pada atlet perlu memperhatikan riwayat penyakit dan kebiasaan makan atlet untuk meningkatkan performance atlet tersebut.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI

Netizen Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:49 WIB

Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI

Netizen, Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI, Wim Kuik,Olahraga,sepakbola,PSIB,uni,Persib

Nonton Drakor Juga Ada Manfaatnya: Meredakan Stres, Meningkatkan Imun...

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 22:00 WIB

Ya, nonton drama korea. Salah satu alternatif refreshing masa pandemi. Begitu banyak sekali drama bagus yang wajib Anda...

Netizen, Nonton Drakor Juga Ada Manfaatnya: Meredakan Stres, Meningkatkan Imun Tubuh, nonton drakor,Meredakan Stres,Meningkatkan Imun Tubuh,refreshing,Drama Korea,Hiburan

Hustle Culture, Gaya Hidup para Pekerja Keras

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 21:15 WIB

Semakin sibuk, maka semakin cepat untuk meraih kesuksesan. Fenomena ini disebut dengan budaya “Hustle Culture”.

Netizen, Hustle Culture, Gaya Hidup para Pekerja Keras, Hustle Culture, gaya hidup,Pekerja Keras,Pekerjaan,karier,Kesehatan Mental,burnout syndrome,toxic postivity

[Ayo Netizen] 6 Tulisan Terpopuler Netizen Ayobandung.com Edisi Juli 2...

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 16:30 WIB

Selamat untuk 6 netizen yang tulisannya terpopuler di Ayobandung.com edisi Juli 2021.

Netizen, [Ayo Netizen] 6 Tulisan Terpopuler Netizen Ayobandung.com Edisi Juli 2021, Ayo Netizen,6 Tulisan Terpopuler,netizen,Ayobandung.com,Juli 2021

Medali Emas Polii dan Rahayu, Pengorbanan Demi Martabat

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 16:15 WIB

Sungguh perjalanan Polii dan Rahayu menggambarkan perjuangan dengan pengorbanan yang tidak kecil.

Netizen, Medali Emas Polii dan Rahayu, Pengorbanan Demi Martabat, Medali Emas,Greysia Polii,Apriani Rahayu,Olimpiade Tokyo 2020

Tips Menghindari Berita Hoax Yang Sangat Meresahkan Warga

Netizen Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:53 WIB

Berita hoax merupakan suatu berita yang disampaikan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan...

Netizen, Tips Menghindari Berita Hoax Yang Sangat Meresahkan Warga, Tips Menghindari Berita Hoax,Berita hoaks

Ketika Rumah Sakit Menolak Pasien

Netizen Minggu, 1 Agustus 2021 | 11:00 WIB

Yang paling mirisnya penolakan terhadap pasien Covid-19 dengan alasan bisnis.

Netizen, Ketika Rumah Sakit Menolak Pasien, Rumah Sakit,Menolak Pasien,uang pendahuluan,Pandemi Covid-19

Lansia dan Covid-19

Netizen Minggu, 1 Agustus 2021 | 08:20 WIB

Lansia merupakan kelompok umur yang paling rentan terpapar virus Covid-19.

Netizen, Lansia dan Covid-19, Lansia,COVID-19,terpapar Covid-19,Virus Corona,Lanjut Usia
dewanpers
arrow-up