web analytics

Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

clockRabu, 23 Juni 2021 08:00 WIB user-groupNetizen Sam Edy Yuswanto
Netizen, Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Daya Tahan Tubuh,Kesehatan,Tips,Gaya Hidup,Pola Makan

Sejumlah warga berolahraga menggunakan fasilitas di Lapangan Upakarti Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23 September 2020). Olahraga merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mencegah penyakit. (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/Magang)

Sam Edy Yuswanto

Penulis lepas, tulisannya tersebar di berbagai media, lokal hingga nasional.

Setiap makhluk hidup di dunia ini, khususnya manusia, harus memiliki daya tahan tubuh yang baik agar dalam melakukan aktivitas sehari-hari tidak mudah merasa lelah sehingga rentan terhadap serangan beragam virus penyakit. Terlebih di musim pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di berbagai belahan dunia.

Daya tahan, sebagaimana ditulis Sarotun Romlah (di DosenPenjas.com) dapat didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan dalam waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh tinggi terlihat ketika dia menggerakkan sekelompok otot tertentu secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama, sehingga menyebabkan jantung, peredaran darah dan pernapasan yang baik. Semakin tinggi tingkat daya tahan seseorang, maka semakin tinggi pula kebugaran jasmaninya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Misalnya, dengan rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, memperbanyak minum air putih, rajin melakukan olahraga, berusaha mengedepankan pikiran yang positif, dan lain sebagainya. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat mungkin terasa begitu mudah diucapkan. Nyatanya, sebagian dari kita kerap mengabaikan hal ini.

Biasanya, kita baru menyadari bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari itu kurang bahkan tidak sehat ketika kita sedang terserang virus penyakit. Saat dokter memeriksa penyakit kita dan menjelaskan penyebabnya, kita baru tersadar dengan kebiasaan kita dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.

Memperbanyak air putih juga dapat menjadi penangkal bagi datangnya beragam virus penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Penting dipahami di sini bahwa tubuh yang kekurangan cairan maka akan menyebabkan rasa lesu, lemas, malas, dan mudah letih. Bila sudah seperti ini, maka tak hanya aktivitas atau pekerjaan kita yang terganggu, tapi juga tubuh menjadi rentan terserang virus penyakit.

Takaran normal air putih yang mestinya dikonsumsi oleh tubuh kita setiap harinya sebanyak dua liter. Hal ini sebagaimana dikutip Ayobandung.com (14 April 2021) bahwa dalam kondisi normal, tubuh manusia memerlukan asupan air mineral sebanyak dua liter dalam sehari atau setara delapan gelas air putih. Jika asupan cairan ini tidak terpenuhi, salah satu dampak yang sering terjadi adalah dehidrasi atau kekurangan cairan.

Olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Sayangnya, bagi sebagian orang, olahraga bukanlah termasuk aktivitas yang menarik dan penting untuk dijadikan kebiasaan. Padahal saya yakin setiap orang tahu bahwa olahraga dapat membantu menyehatkan tubuh. Sebenarnya bila kita mau, tak begitu sulit untuk membiasakan diri berolahraga. Mulailah dari yang ringan-ringan dulu, misalnya membiasakan diri berjalan kaki bila pergi ke tempat yang tak terlalu jauh. Ketika hendak pergi ke tempat ibadah dan berbelanja ke warung misalnya, biasakanlah untuk berjalan kaki dengan diniatkan berolahraga.

Lari pagi atau jalan kaki usai bangun tidur di pagi hari juga sangat baik dijadikan sebagai olahraga ringan sehari-hari. Adi D. Tilong, dalam buku Dahsyatnya Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berpikir Positif bagi Kehidupan Anda (2015) menjelaskan, lari pagi atau joging merupakan aktivitas yang sangat baik untuk mengawali hari dan menghabiskan waktu sendiri. Selain itu, lari pagi merupakan langkah yang paling baik dalam meningkatkan kesehatan. Secara fisik, lari pagi memberikan kondisi yang jauh lebih baik bagi tubuh, sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Hal tak kalah penting yang juga dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh kita ialah selalu berusaha untuk berpikir positif. Pikiran yang selalu dikondisikan positif terbukti dapat membantu perasaan kita lebih tenang, sabar, legawa, dan ikhlas dalam menjalani kehidupan yang diwarnai dengan ragam ujian ini.  

Bisa disimpulkan, berpikir positif itu dapat membantu meningkatkan kesehatan jiwa dan raga kita. Dalam buku Terapi Ampuh Bisa Selalu Berpikir Positif (2013) Muhammad Aulia menguraikan, berpikir positif itu menyehatkan. Ia melandasi uraiannya dengan memaparkan keterangan Donald C. Cole, MD, peneliti senior pada Institute for Work and Health di Toronto. Menurut Donald, berpikir positif dapat membantu kesembuhan seseorang, bahkan yang terkena penyakit kronis. Ini bukan omong kosong, melainkan hal itu (berpikir positif) memang memberikan perasaan memiliki kendali atas kesehatan tubuh dan masa depan Anda.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

Distrik Tasikmalaya Awal Abad ke-19

Netizen Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:30 WIB

Dalam peta awal abad ke-19 yang berjudul D: Tassikmalaya, sudah dengan jelas menggambarkan penyebaran perkampungan denga...

Netizen, Distrik Tasikmalaya Awal Abad ke-19, Distrik,Tasikmalaya,Abad ke-19,Geografis,Sejarah

Hotel Luar Angkasa akan Semakin Menjamur

Netizen Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:30 WIB

Beberapa dekade yang akan datang, wisata luar angkasa diproyeksikan akan kian populer.

Netizen, Hotel Luar Angkasa akan Semakin Menjamur, Hotel Luar Angkasa,wisata luar angkasa,Unik,Masa Depan

Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI

Netizen Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:49 WIB

Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI

Netizen, Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI, Wim Kuik,Olahraga,sepakbola,PSIB,uni,Persib

Nonton Drakor Juga Ada Manfaatnya: Meredakan Stres, Meningkatkan Imun...

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 22:00 WIB

Ya, nonton drama korea. Salah satu alternatif refreshing masa pandemi. Begitu banyak sekali drama bagus yang wajib Anda...

Netizen, Nonton Drakor Juga Ada Manfaatnya: Meredakan Stres, Meningkatkan Imun Tubuh, nonton drakor,Meredakan Stres,Meningkatkan Imun Tubuh,refreshing,Drama Korea,Hiburan

Hustle Culture, Gaya Hidup para Pekerja Keras

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 21:15 WIB

Semakin sibuk, maka semakin cepat untuk meraih kesuksesan. Fenomena ini disebut dengan budaya “Hustle Culture”.

Netizen, Hustle Culture, Gaya Hidup para Pekerja Keras, Hustle Culture, gaya hidup,Pekerja Keras,Pekerjaan,karier,Kesehatan Mental,burnout syndrome,toxic postivity

[Ayo Netizen] 6 Tulisan Terpopuler Netizen Ayobandung.com Edisi Juli 2...

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 16:30 WIB

Selamat untuk 6 netizen yang tulisannya terpopuler di Ayobandung.com edisi Juli 2021.

Netizen, [Ayo Netizen] 6 Tulisan Terpopuler Netizen Ayobandung.com Edisi Juli 2021, Ayo Netizen,6 Tulisan Terpopuler,netizen,Ayobandung.com,Juli 2021

Medali Emas Polii dan Rahayu, Pengorbanan Demi Martabat

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 16:15 WIB

Sungguh perjalanan Polii dan Rahayu menggambarkan perjuangan dengan pengorbanan yang tidak kecil.

Netizen, Medali Emas Polii dan Rahayu, Pengorbanan Demi Martabat, Medali Emas,Greysia Polii,Apriani Rahayu,Olimpiade Tokyo 2020

Tips Menghindari Berita Hoax Yang Sangat Meresahkan Warga

Netizen Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:53 WIB

Berita hoax merupakan suatu berita yang disampaikan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan...

Netizen, Tips Menghindari Berita Hoax Yang Sangat Meresahkan Warga, Tips Menghindari Berita Hoax,Berita hoaks

artikel terkait

dewanpers
arrow-up