web analytics

Masa Kecil Anak Zaman Now!

clockSabtu, 19 Juni 2021 15:40 WIB user-groupNetizen Nurika Meta Riany
Netizen, Masa Kecil Anak Zaman Now!, Permainan Tradisional,anak zaman now

Sejumlah anak bermain ular tangga yang dilukis oleh warga di Jalan Asep Berlian, Gang Wargaluyu, RT 01 RW 05, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Senin (1/3/2021). Selain permainan ular tangga, warga juga membuat mural dengan berbagai tema seperti permainan tradisional dan mural 3 dimensi. Mural-mural tersebut diharapkan dapat menjadi area bermain baru bagi anak-anak untuk membangun interaksi sosial anak dengan teman sebayanya, juga untuk mengurangi ketergantungan penggunaan gadget saat pandemi Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Nurika Meta Riany

Mahasiswi Jurnalistik UIN SGD Bandung

AYOBANDUNG.COM--Masa kecil merupakan pengalaman atau peristiwa yang terjadi saat masih anak- anak. Masa ini biasanya hanya datang satu kali tentunya, tidak bisa berulang kali di dalam kehidupan seseorang.

Semua orang tentu ingin memiliki kenangan masa kecil yang sangat indah, baik, dan bahagia. Siapa coba yang tidak ingin memiliki masa kecil yang berkesan? tentu, setiap orang ingin mewujudkan masa kecil yang indah dan berkesan sesuai versinya sendiri. 

Masa kecil dari anak ini tentu tidak akan pernah lepas dari peranan orang tua, namun ada faktor lain juga sebagai pendukung terbentuknya masa kecil yang baik itu ,dari segi teman sebaya ketika masih anak- anak.

Kedua faktor ini memang sangat berpengaruh bagi anak kecil 90-an, namun bagaimana dengan anak zaman sekarang ini apakah masih bisa mendapatkan kenangan masa kecil dari teman sebaya ataupun orang tua ?

Mengapa timbul pertanyaan seperti itu, karena jika dilihat teknologi dari tahun ke tahun akan terus mengalami perkembangan, semakin berkembangnya teknologi akan ada beberapa tradisi pada zaman dahulu sedikit demi sedikit akan memudar.

Seperti masa kecil anak di zaman sekarang. Bisa dibilang anak kecil di zaman sekarang ini lebih banyak yang mengandalkan gadget. Ya, karena kemajuan teknologi ini, anak kecil sekarang banyak yang memiliki gadget masing- masing. bahkan semua akan mengerti bagaimana menggunakan gadget. 

Karena adanya gadget ini membuat anak kecil di zaman sekarang lebih mengurangi intensitas bermain bersama teman sebaya. Jika menurut saya adanya pengurangan intensitas bermain ini yang bisa berpengaruh kepada masa kecil anak zaman sekarang.

Jika dilihat dari berbagai aspek gadget ini bagi anak kecil sangat besar memiliki dampak negatif, seperti anak akan lebih fokus ke diri sendiri tanpa memperhatikan orang yang ada di sekitarnya, jadi acuh terhadap sekitar itu tentu merupakan sikap yang sangat buruk.

Dengan adanya gadget ini pula segala permainan tradisional yang dahulu sangat digemari oleh anak- anak ,sekarang mulai ditinggalkan oleh anak kecil di zaman sekarang. Karena jika diibaratkan semua hal bisa digenggam satu genggaman saja, semua ada melalui gadget. 

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan sebanyak 29% anak usia dini di Indonesia pada tahun 2020 menggunakan telepon seluler. Rinciannya, bayi yang berusia kurang dari satu tahun 3,5%, anam balita 1-4 tahun sebesar 25,9%, dan anak prasekolah 5-6 tahun sebesar 47,7%.

Bisa dibayangkan bukan, akan seperti apa kenangan masa kecil anak zaman sekarang? Memang kita harus mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi, tetapi dengan adanya perkembangan itu tidak menjadikan semua hal bisa dilakukan hanya dengan teknologi termasuk masa kecil dari seorang anak.

Sebagai orang dewasa tentu ingin melihat anak kecil di zaman sekarang merasakan apa yang dirasakan anak kecil ketika tahun 90-an.  Dimana tahun itu semua anak kecil belum mengenal gadget, bahkan tidak ada gadget. 

Sebenarnya, tidak ada yang bisa disalahkan dengan adanya kemajuan teknologi yang mengubah pola bermain anak kecil dahulu dan sekarang.

Namun seharusnya sebagai orang dewasa maupun orang tua anak, bisa mengendalikan soal berapa lama anak bisa menggunakan gadget, jangan segala sesuatunya tergantung di gadget. Karena jika anak menjadi ketergantungan gadget dan nantinya akan timbul kecanduan terhadap gadget, banyak sekali kasus anak kecanduan gadget ini.

Dengan adanya perubahan seperti diatas ini, masyarakat indonesia seharusnya lebih mempertahankan permainan tradisional yang ada di Indonesia, dan lebih mengapresiasi lagu untuk anak- anak, agar nantinya bisa membuat masa anak kecil bisa seperti dahulu lagi.  Mungkin jika kedua hal ini masih dipertahankan di negara ini masa kecil anak di zaman sekarang akan sedikit sama dengan dahulu. 

Jika dilihat dari uraian ini, sudah sangat jelas bahwa masa kecil anak sekarang dan dahulu berbeda dari berbagai aspek, segala hal yang dianggap dahulu menyenangkan jika dilakukan di zaman sekarang itu bisa membosankan.

Sebenarnya masa kecil dari anak di zaman sekarang pun terpenuhi, namun memang banyak dari anak kecil sekarang tidak seberuntung anak tahun 90-an. Karena pada dasarnya generasi y atau anak tahun 90-an memiliki masa kecil yang tidak ada gangguan dari hal apapun termasuk gadget, bahkan ketika dahulu semua barang mainan anak- anak itu masih murah harganya jadi ketika ingin bermain sesuatu itu sangat mudah didapatkan berbeda dengan sekarang. 

Contoh nyata dari perbedaan itu seperti dahulu anak bisa diberi uang Rp3000 untuk sekali jajan, di zaman sekarang anak kecil sekalipun dalam satu hari dapat menghabiskan Rp10.000.  Dan seperti hal ingin mengajak pergi bermain dengan teman jika dahulu harus mendatangi rumah teman, sekarang bisa melalui chat untuk mengajak teman sebaya bermain. Banyak hal yang berubah dari masa anak kecil zaman dahulu ke zaman sekarang. 

Semua perubahan yang ada di dunia tentunya tidak bisa dikehendaki oleh kita sebagai manusia, maka dari itu sebagai manusia pula harus bisa menerima adanya perbedaan dari tahun ke tahun nya.  Begitu pula dengan perbedaan masa kecil ini, terpenuhi atau tidak terpenuhi masa kecil dari setiap orang itu tergantung dari diri masing- masing.

Mungkin sebagian anak di zaman sekarang dengan adanya gadget atau memiliki merupakan sesuatu kebahagian yang sangat besar, jadi mengukur kebahagiaan masa kecil seseorang tentu tidak bisa dilihat dari persepsi orang lain.

Jadi dapat disimpulkan bahwa zaman anak sekarang dan dahulu masa kecilnya sama- sama menyenangkan, yang sangat membedakan di sini dari segi perilaku dan pola bermain saja. Tetapi jika kalian memiliki adik atau saudara yang masih kecil hendaknya diberi arahan untuk mengetahui bahwa bermain tidak harus selalu dengan gadget juga sangat menyenangkan, sebarkan berbagai kegiatan permainan tradisional kepada saudara terdekat yang masih kecil. Biasakan dari diri  sendiri untuk mempertahankan dan melestarikan permainan tradisional agar semua anak kecil merasakan permainan tradisional di masa kecilnya. 

Ayo selalu perkenalkan semua pengalaman bermain yang pernah dialami anak tahun 90-an kepada anak kecil zaman sekarang, agar nantinya bisa mempunyai masa kecil yang hampir sama dengan dahulu, bukan berarti anak zaman sekarang masa kecilnya jelek, namun ada baiknya selalu memberikan pengetahuan terhadap anak kecil zaman sekarang untuk jangan merasa ketinggalan zaman, ketika kalian hanya mengetahui permainan di tahun 90-an.

Bahkan dengan mengetahui permainan masa kecil dahulu dan dimainkan di zaman sekarang bukankah akan unik ? Jadi ayo selalu bangga dengan masa kecil yang dibuat oleh diri kita, dan selalu kenang masa kecil sampai dewasa, karena percayalah masa kecil itu masa yang paling indah, karena semua terasa bahagia tidak ada yang menyakitkan.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Tren dan Perubahan Nilai Sepeda dalam Industri Budaya

Netizen Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:00 WIB

Bersepeda dapat dikatakan sebagai kegiatan yang cukup populer bagi masyarakat di seluruh dunia sejak awal perkembanganny...

Netizen, Tren dan Perubahan Nilai Sepeda dalam Industri Budaya, Tren,Perubahan Nilai,Sepeda,Industri,Budaya,Olahraga,Gaya Hidup,transportasi

Urgensi Vaksinasi bagi Narapidana

Netizen Rabu, 4 Agustus 2021 | 22:15 WIB

Salah satu kunci utama pengendalian Covid-19 yakni menggenjot program vaksinasi bagi masyarakat luas tak terkecuali bagi...

Netizen, Urgensi Vaksinasi bagi Narapidana, Urgensi,Vaksinasi,Narapidana,Lapas,Lembaga Pemasyarakatan,COVID-19

Distrik Tasikmalaya Awal Abad ke-19

Netizen Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:30 WIB

Dalam peta awal abad ke-19 yang berjudul D: Tassikmalaya, sudah dengan jelas menggambarkan penyebaran perkampungan denga...

Netizen, Distrik Tasikmalaya Awal Abad ke-19, Distrik,Tasikmalaya,Abad ke-19,Geografis,Sejarah

Hotel Luar Angkasa akan Semakin Menjamur

Netizen Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:30 WIB

Beberapa dekade yang akan datang, wisata luar angkasa diproyeksikan akan kian populer.

Netizen, Hotel Luar Angkasa akan Semakin Menjamur, Hotel Luar Angkasa,wisata luar angkasa,Unik,Masa Depan

Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI

Netizen Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:49 WIB

Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI

Netizen, Wim Kuik, Pegawai Kereta Api Pendiri UNI, Wim Kuik,Olahraga,sepakbola,PSIB,uni,Persib

Nonton Drakor Juga Ada Manfaatnya: Meredakan Stres, Meningkatkan Imun...

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 22:00 WIB

Ya, nonton drama korea. Salah satu alternatif refreshing masa pandemi. Begitu banyak sekali drama bagus yang wajib Anda...

Netizen, Nonton Drakor Juga Ada Manfaatnya: Meredakan Stres, Meningkatkan Imun Tubuh, nonton drakor,Meredakan Stres,Meningkatkan Imun Tubuh,refreshing,Drama Korea,Hiburan

Hustle Culture, Gaya Hidup para Pekerja Keras

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 21:15 WIB

Semakin sibuk, maka semakin cepat untuk meraih kesuksesan. Fenomena ini disebut dengan budaya “Hustle Culture”.

Netizen, Hustle Culture, Gaya Hidup para Pekerja Keras, Hustle Culture, gaya hidup,Pekerja Keras,Pekerjaan,karier,Kesehatan Mental,burnout syndrome,toxic postivity

[Ayo Netizen] 6 Tulisan Terpopuler Netizen Ayobandung.com Edisi Juli 2...

Netizen Senin, 2 Agustus 2021 | 16:30 WIB

Selamat untuk 6 netizen yang tulisannya terpopuler di Ayobandung.com edisi Juli 2021.

Netizen, [Ayo Netizen] 6 Tulisan Terpopuler Netizen Ayobandung.com Edisi Juli 2021, Ayo Netizen,6 Tulisan Terpopuler,netizen,Ayobandung.com,Juli 2021

artikel terkait

dewanpers
arrow-up