web analytics

7 Rekomendasi Tanaman Rumahan yang Digemari saat Pandemi Covid-19

clockSabtu, 12 Juni 2021 13:10 WIB userRedaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Komunitas, 7 Rekomendasi Tanaman Rumahan yang Digemari saat Pandemi Covid-19, tanaman rumahan,Tanaman Hias,Pandemi Covid-19,cabai,Kangkung,tomat,Selada,Bayam,Daun Bawang,Kale

Daun bawang kaya manfaat untuk kesehatan. (Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Selain tanaman hias, di masa pandemi Covid-19, jenis tanaman rumahan diganderungi kaum emak-emak.

Selain menjadi hobi dan mengisi waktu luang, menanam sayur dan buah di rumah tentunya menjadi upaya untuk menghemat pengeluaran belanja bahan makanan yang harganya fluktuatif.

Jika Anda ingin memulai gaya hidup baru ini, Dekoruma punya tujuh rekomendasi tanaman sayur yang bisa dibudidayakan di rumah berikut ini.

1. Cabai

Salah satu bahan makanan yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia adalah cabai. Cabai sudah menjadi bagian integral dalam konsumsi pangan. Cabai pun terdiri dari berbagai jenis dan fungsi.

Cabai rawit hijau untuk dimakan bersama gorengan, cabai rawit merah, dan cabai merah besar untuk sambal. Apapun kebutuhannya, menanam cabai di rumah bisa dikatakan relatif mudah. Ambil biji cabai dan keringkan.

Setelah itu, Anda bisa memilih untuk ditanam di polybag, pot, atau langsung di tanah. Di manapun media tanamnya, pastikan ada ruang yang cukup untuk cabai tumbuh berbuah lebat. Sirami setiap hari untuk pertumbuhan yang optimal.

2. Kangkung

Kangkung termasuk satu dari sekian banyak jenis sayuran favorit masyarakat Indonesia. Kangkung dapat diolah ke dalam berbagai bentuk hidangan, di antaranya yang paling favorit adalah tumis kangkung dengan terasi atau bawang putih.

Harga kangkung memang relatif terjangkau di pasaran, namun bila bisa menanam sendiri, kenapa tidak? Pastikan media tanamnya subur dan tempatkan benih kangkung dalam lubang berkedalaman 5 cm.

Setelah itu, Anda tinggal menyiramnya dengan rutin. Jika menanam lebih dari satu tanaman, berikan jarak yang memadai supaya pertumbuhannya optimal.

Selain melalui media tanah, kangkung juga merupakan salah satu tanaman yang relatif mudah untuk ditanam secara hidroponik. Sebab, kangkung adalah tanaman yang menyukai air.

3. Tomat

Dimakan sebagai pendamping sandwich, jadi bahan untuk membuat sambal, atau dimakan begitu saja, tomat merupakan salah satu sayuran yang bergizi dan bisa diperuntukan untuk banyak hidangan.

Baik selera Anda adalah tomat merah atau tomat hijau, menanam tomat relatif praktis untuk dilakukan. Tomat bisa tumbuh dari polybag atau pot sehingga tidak memerlukan lahan.

Setelah menanam bibitnya, tomat akan tumbuh dengan optimal apabila mendapat sinar matahari yang melimpah. Selanjutnya, Anda tinggal menyiramnya dengan rutin dan juga memupuk untuk menghasilkan tanaman tomat yang berbuah lebat.

4. Selada

Sayuran tipis dan segar ini merupakan pendamping roti lapis dan salad yang tidak boleh absen. Selada sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun yang dibicarakan di sini adalah jenis selada keriting yang dijual per ikat di supermarket.

Penanaman selada dimulai dengan memastikan benih selada berkecambah pada nampan benih setelah kurang lebih 20-30 hari. Setelahnya, pindahkan tanaman selada ke media tanam yang lebih besar seperti polybag, pot, atau lahan dengan tanah yang gembur dan halus.

Kunci dari menanam selada adalah menjaganya tetap lembap, segar, dan berair. Untuk itu, selain rutin menyiramnya, selada juga merupakan tanaman yang cocok untuk ditanam dengan metode hidroponik.

5. Bayam

Sayuran yang dikenal kaya akan zat besi ini juga merupakan salah satu sayuran favorit. Mulai dari sayur bayam bening, sampai campuran krim bayam untuk menjadi pendamping keripik, bayam merupakan sayuran yang lezat dan bermanfaat.

Proses penanaman bayam bisa dibilang cukup mudah, namun memakan waktu yang agak lama. Dimulai dengan penyemaian benih di tanah atau media tanam lain selama satu bulan.

Saat kecambah sudah tumbuh, pindahkan kecambah bayam ke media tanam yang lebih besar, terutama bila ada lebih dari satu tanaman. Bayam yang ditanam terlalu rapat akan menyebabkannya tidak bisa tumbuh lebat.

6. Daun Bawang

Baik dijadikan pendamping saat makan ramen, dimakan bersama lumpia khas Semarang, atau ditumis sebagai bumbu, daun bawang memberikan rasa dan sensasi yang segar dan khas pada hidangan, terutama yang berkuah.

Keuntungan dari daun bawang, mereka bisa tumbuh subur di lahan yang sempit dan terbatas. Mau dimulai dari benih yang disemai ataupun batang daun bawang bagian bawah (yang berakar) yang sudah mulai bertumbuh.

Selanjutnya, Anda tinggal menyiramnya secara rutin setiap 1-2 hari sekali. Daun bawang sendiri tidak butuh terlalu banyak air. Namun, pastikan keadaannya tidak terlalu kering.

7. Kale

Sayuran yang satu ini populer karena jadi salah satu sayur yang dipakai untuk beragam metode diet. Banyak selebriti yang menjadikan kale menu makanannya. Satu miskonsepsi yang sering terjadi, kale bukan salah satu jenis selada tapi lebih merupakan salah satu jenis kubis.

Kale sendiri idealnya tumbuh di udara dingin, namun kale masih bisa untuk tumbuh di area tropis. Pastikan bahwa kale diposisikan pada tempat teduh tanpa sinar matahari langsung.

Lalu, jaga nutrisinya dan kelembaban tanahnya dengan rutin menyirami dan memupuk. Kale yang tumbuh optimal akan berdaun lebar, berwarna hijau tua, dan renyah teksturnya.

Masih banyak sayuran lain yang mampu ditanam mandiri di rumah. Sesuaikan dengan selera dan menu keluarga Anda di rumah. Punya kebun sayur sendiri bisa menjadi realita.

Sumber: Suara.com
Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Komunitas Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB

Budi daya stoberi dengan memanfaatkan kotak kargo bekas merupakan salah satu inovasi perusahaan rintisan asal Prancis, A...

Gaya Hidup - Komunitas, Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas, Inovasi Baru,Budi Daya,stroberi,Peti Kemas,Kargo,cooltainer,Agricool

Berawal dari Hobi, Diorama Iwan Tembus Pasar Mancanegara

Komunitas Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:11 WIB

Bermula dari hobi, Iwan Kustiawan, warga Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, mampu menghasilkan...

Gaya Hidup - Komunitas, Berawal dari Hobi, Diorama Iwan Tembus Pasar Mancanegara, diorama,perajin diorama bandung,pembuat diorama,jual diorama bandung,jual miniatur gedung bandung

Love Bird si Burung Nyentrik, Begini Tips Merawatnya di Rumah

Komunitas Senin, 2 Agustus 2021 | 16:50 WIB

Burung cantik dan mungil asal Afrika, love bird selalu berhasil memikat hati setiap orang, terutama para pecinta burung...

Gaya Hidup - Komunitas, Love Bird si Burung Nyentrik, Begini Tips Merawatnya di Rumah, Love Bird,Burung Nyentrik,Tips Merawat,Burung cantik

Studi: Sibuk Cari Duit, Banyak Milenial Tunda Pernikahan

Komunitas Senin, 2 Agustus 2021 | 07:48 WIB

Sebuah studi mengungkapkan banyak milenial tunda pernikahan karena sibuk cari uang. Mereka ingin menikah dengan kecukupa...

Gaya Hidup - Komunitas, Studi: Sibuk Cari Duit, Banyak Milenial Tunda Pernikahan, milenial tunda pernikahan,Penyebab milenial tunda pernikahan,Alasan milenial tunda pernikahan,menunda pernikahan,Penyebab menunda pernikahan

7 Hama Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya

Komunitas Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:10 WIB

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh para pecinta tanaman hias adalah hama, salah satu jenis tanaman hias ya...

Gaya Hidup - Komunitas, 7 Hama Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya, Aglonema,Tanaman Hias,Hama Aglonema,Hama Tanaman Hias

5 Komunitas Unik yang Hanya Ada di Bandung Raya

Komunitas Minggu, 1 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Di Bandung Raya, ada beragam komunitas unik untuk mewadahi kegiatan-kegiatan warganya.

Gaya Hidup - Komunitas, 5 Komunitas Unik yang Hanya Ada di Bandung Raya, Komunitas,Unik,Bandung Raya,Kota Bandung,Komunitas Aleut,Komunitas Hong,Aksakun,Urban Jedi,Bandung Luak Lieuk

Nasib Industri Film di Tengah Pandemi, Dipaksa Berinovasi Tiada Henti

Komunitas Jumat, 30 Juli 2021 | 18:25 WIB

Banyaknya film berkualitas dan tak terbatas menjadikan layanan streaming pilihan utama hiburan selama pandemi ini.

Gaya Hidup - Komunitas, Nasib Industri Film di Tengah Pandemi, Dipaksa Berinovasi Tiada Henti, Industri Film,Pandemi,Streaming,Film,Online,digital

Rekomendasi Novel Fabel, Wajib Kamu Baca Selama PPKM!

Komunitas Kamis, 29 Juli 2021 | 22:45 WIB

Novel fabel adalah salah satu dari sekian banyak genre novel yang ada.

Gaya Hidup - Komunitas, Rekomendasi Novel Fabel, Wajib Kamu Baca Selama PPKM!, Novel Fabel,Waktu Luang,Membaca,The Hen Who Dreamed She Could Fly,Jika Kucing Lenyap dari Dunia,Animal Farm,Rekomendasi,Novel

artikel terkait

dewanpers
arrow-up