web analytics
  

Sumber Hidangan 'Het Snoephuis', Toko Roti Legendaris Kota Bandung

Jumat, 11 Juni 2021 18:50 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Kuliner, Sumber Hidangan 'Het Snoephuis', Toko Roti Legendaris Kota Bandung, Het Snoephuis,Sumber hidangan,Toko Roti Legendaris,Kota Bandung,Jalan Braga

Toko roti Sumber Hidangan (Het Snoephuis) yang masih mempertahankan gaya jadulnya. ( Ayobandung.com/Jessy Febriani/Magang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sumber Hidangan (Het Snoephuis) bisa jadi titik awal para pelancong yang baru datang dan berniat mengeksplorasi Kota Bandung.

Alasannya sederhana, menjelajahi Kota Bandung belum lengkap jika belum mencicipi kuliner legendaris Kota Bandung. Salah satunya toko roti yang terletak di Jalan Braga itu, yang telah beroperasi sejak tahun 1929.

Toko roti yang sudah berumur 92 tahun ini dikelola oleh generasi keduanya. Sumber Hidangan bukanlah nama awal toko ini, awalnya toko ini bernama Het Snoephuis.

Ketika berjalan memasuki toko, di bagian depan toko terdapat papan informasi yang bertuliskan sejarah toko Sumber Hidangan. Tertuliskan bahwa toko Het Snoephuis ini masih memelihara peralatan dan resep era Belanda.

Peralatan dan resep era Belanda sangat kental telihat di interior bangunan dan menu yang disajikan. Bahkan beberapa menu masih menggunakan nama Belanda, seperti janhagel, kletskoppen, dan lainnya.

Beberapa jenis roti ditawarkan di sana, mulai dari roti tawar yang dibuat tanpa menggunakan zat kimia tambahan selain ragi, roti susu, roti manis, dan jenis roti lainnya.

Selain roti, di Sumber Hidangan juga menyediakan minuman dan es krim. Kopi adalah teman makan roti yang paling digemari oleh Dinda Anindita, salah satu pengunjung Sumber Hidangan.

“Saya favoritnya itu, sama kopinya. Karena kopinya ada lapisan kaya butter-nya, kaya mentega gitu,” ucap Dinda saat ditemui sedang berbincang sambil menyantap roti di Sumber Hidangan (11 Juni 2021).

Desain interior klasik masih kental terliat, mulai dari lampu gantung, kursi, etalase yang memajang roti, hingga mesin kasirnya masih terlihat kuno. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Namun menurut Dinda, yang rutin mengunjungi Sumber Hidangan hampir dua minggu sekali ini, perlu ada sedikit perbaikan yang dilakukan oleh Sumber Hidangan. Seperti mengganti cat dinding yang mulai mengelupas agar penampilannya lebih rapih.

“Maksudnya lebih ke bukan mengganti desain atau mengganti interiornya, tapi lebih dirawat dari segi catnya saja,” ujar Dinda.

Sejak buka pukul 9.30 WIB, Sumber Hidangan selalu ramai dikunjungi pembeli, mulai dari orang tua hingga kaula muda. Beberapa orang terlihat mengantri sambil memandangi etalase roti karena sedang memilih roti yang akan dipesannya.

Menurut Dinda, harga yang ditawarkan pun terjangkau.

“Harganya, menurut saya, untuk daerah Braga sih udah cukup. Nggak terlalu mahal, ga murah juga,” ungkap Dinda.

Sejarah Sumber Hidangan atau Het Snoephuis

Bangunan Sumber Hidangan (Het Snoephuis) di Jalan Braga 22 diperuntukkan para pengunjung yang ingin menyantap langsung di tempat. (Ayobandung.com/Jessy Febriani/Magang)

Berdasarkan cerita yang ditulis oleh Sudarsono Katam dalam bukunya yang berjudul Nostalgia Bragaweg Tempo Doeloe 1930-1950, Het Snoephuis merupakan toko roti dan kue yang terkenal pada masa Hindia Belanda.

Dahulu, Het Snoephuis merupakan salah satu tempat berkumpul orang Belanda di Bandung. mulai dari Preanger Planter (keluarga konglomerat pengusaha perkebunan teh), pengusaha, pegawai pemerintah, hingga warga biasa.

Awalnya Het Snoephuis didirikan di Bragaweg (Jalan Braga) 24, sebagai toko roti dan kue. Kemudian, pindah ke Bragaweg 22.

Penggantian nama Het Snoephuis menjadi Sumber hidangan terjadi pada tahun 1960-an.  Meski begitu, masih banyak para orang tua masih menggunakan nama Het Snoephuis hingga saat ini. [Jessy Febriani]

Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

3 Rekomendasi Makanan Ringan Olahan Singkong yang Bisa Dicari di Bandu...

Kuliner Kamis, 24 Juni 2021 | 11:20 WIB

Ada tiga produk makanan ringan olahan singkong yang enak dinikmati saat santai.

Gaya Hidup - Kuliner, 3 Rekomendasi Makanan Ringan Olahan Singkong yang Bisa Dicari di Bandung Raya, Makanan Ringan,Olahan Singkong,Bandung,Emplod,Keripik singkong,comring

Resep dan Cara Membuat Ulen, Makanan Khas Sunda Legendaris

Kuliner Kamis, 24 Juni 2021 | 06:40 WIB

Makanan khas Sunda ini, ulen, walaupun sudah jarang ditemui, tetapi masih ada saja yang membuatnya.

Gaya Hidup - Kuliner, Resep dan Cara Membuat Ulen, Makanan Khas Sunda Legendaris, Resep,Cara Membuat,Ulen,Uli Ketan,Makanan Khas,Makanan Tradisional,Sunda,Kabupaten Bandung Barat

Resep dan Cara Membuat Karedok Khas Sunda yang Mudah Dibuat dan Menyeh...

Kuliner Rabu, 23 Juni 2021 | 20:28 WIB

Hidangan khas Indonesia sangat beragam dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal itulah yang membuat kuliner Indonesi...

Gaya Hidup - Kuliner, Resep dan Cara Membuat Karedok Khas Sunda yang Mudah Dibuat dan Menyehatkan, karedok,cara membuat karedok,Resep Membuat Karedok,Karedok Khas Sunda

Kisah Pembuat Kremes Cianjur, Para Penjaga Cita Rasa Lokal dan Tradisi

Kuliner Rabu, 23 Juni 2021 | 13:30 WIB

Kremes, camilan tradisional Sunda, sempat berkali-kali hilang di pasaran akibat pandemi Covid-19.

Gaya Hidup - Kuliner, Kisah Pembuat Kremes Cianjur, Para Penjaga Cita Rasa Lokal dan Tradisi, Kremes,Camilan,Tradisional,Cianjur,Sunda,Pandemi Covid-19

4 Rekomendasi Dimsum di Cimahi yang Patut Dicoba!

Kuliner Selasa, 22 Juni 2021 | 17:00 WIB

Berikut empat rekomendasi dimsum di Cimahi yang patut dicoba!

Gaya Hidup - Kuliner, 4 Rekomendasi Dimsum di Cimahi yang Patut Dicoba!, Dimsum,Cimahi,Dimsumkeun!,Babakan Dimsum,Dimsum Ken-chi,Dimsum Maminira

Kopidaribroom, Alternatif Pengungkapan Cinta Melalui Kopi

Kuliner Selasa, 22 Juni 2021 | 10:30 WIB

Mengungkapkan cinta hanya lewat chat atau memberikan mengatakan langsung sudah terlalu mainstream, bukan?

Gaya Hidup - Kuliner, Kopidaribroom, Alternatif Pengungkapan Cinta Melalui Kopi, Cinta,Kopi,Kopidaribroom

Menggugah Selera! Ini Resep dan Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri Khas...

Kuliner Minggu, 20 Juni 2021 | 20:25 WIB

Siomay adalah salah satu kudapan nikmat dan bisa disajikan dalam bentuk kuah ataupun gorengan. Siomay ikan dari Bandung...

Gaya Hidup - Kuliner, Menggugah Selera! Ini Resep dan Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri Khas Bandung, Siomay Ikan Tenggiri,Siomay Khas Bandung,Cara Membuat Siomay,Resep Membuat Siomay

Osaka Sushi, Sushi Enak dan Murah di Bandung Timur

Kuliner Minggu, 20 Juni 2021 | 08:40 WIB

Osaka Sushi Bandung Timur menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Jepang yang murah dan tentunya enak.

Gaya Hidup - Kuliner, Osaka Sushi, Sushi Enak dan Murah di Bandung Timur, Osaka Sushi,Sushi,Bandung Timur,Kuliner,Kota Bandung,Cipadung

artikel terkait

dewanpers