web analytics
  

Yuk Kenali 5 Obat Asam Urat Alami di Sini, Banyak di Rumah!

Jumat, 11 Juni 2021 08:44 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Yuk Kenali 5 Obat Asam Urat Alami di Sini, Banyak di Rumah!, Asam Urat,Obat Asam Urat,Obat asam urat alami,obat asam urat mudah,obat alami Asam Urat,cara mengobati Asam Urat,Cara Meredakan Asam Urat,cara mengurangi kadar asam urat,cara menangani asam urat,cara mencegah asam urat kambuh

Kopi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi. Penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa nyeri serta pembengkakan pada sendi.

Asam urat tinggi memang memerlukan pengobatan dari dokter, namun untuk mendukung pengobatan tersebut, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba di rumah. Obat asam urat alami tersebut diyakini dapat membantu meringankan gejala, sekaligus mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat dapat menyerang bagian sendi mana pun pada tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut.

Dikutip dari Alodokter.com, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh, mulai dari konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, dan makanan laut, gangguan metabolisme, pengaruh penyakit, seperti penyakit ginjal dan penyakit tiroid, efek samping pengobatan jangka panjang, hingga kecanduan alkohol.

Obat Asam Urat yang Disarankan Dokter
Meski tidak dapat disembuhkan secara total, namun penyakit asam urat dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Cara utama untuk menangani asam urat adalah dengan obat-obatan.

Pemberian obat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Selain itu, dokter juga dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi kadar asam urat tinggi. Contoh obat-obatan penurun kadar asam urat ini adalah allopurinol, rasburicase, dan probenecid.

Penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup, seperti rutin berolahraga dan menurunkan berat badan bila mengalami obesitas.

Berbagai Obat Asam Urat Alami
Selain dengan obat-obatan dari dokter dan menjalani pola hidup sehat, ada beberapa pilihan obat alami untuk mengobati asam urat, di antaranya:

1. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C
Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayur yang kaya vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat tinggi. Jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka.

Sementara itu, sayuran untuk penderita asam urat yang kaya vitamin C adalah bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

2. Kopi
Obat asam urat alami berikutnya adalah kopi. Meski masih terus diteliti khasiatnya, namun kopi diketahui memiliki kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine.

Hal ini juga dapat mencegah asam urat untuk mengendap dan merusak tulang dan sendi. Oleh karena itu, konsumsi kopi bisa menjadi salah satu obat alami untuk membantu mengurangi kadar asam urat.

Hanya saja, bila Anda memiliki riwayat sakit maag atau penyakit asam lambung, cara ini mungkin tidak dapat Anda lakukan karena konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Jahe
Jahe merupakan tanaman yang banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaat jahe adalah sebagai obat asam urat alami.

Karena memiliki efek antiradang, jahe dipercaya dapat meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat.

Untuk mengatasi asam urat Anda dapat mencampurkan satu sendok makan jahe parut ke dalam air hangat. Selanjutnya, kompres bagian tubuh Anda yang mengalami gejala asam urat dengan handuk atau kain yang sudah direndam dengan air tersebut selama 15–30 menit.

Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe sebanyak 2–3 gelas per hari untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

4. Kunyit
Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti asam urat. Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

5. Air putih
Selain baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga baik untuk membuang asam urat berlebih dari tubuh.

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan menghasilkan lebih banyak urine. Hal ini akan membuat asam urat lebih banyak terbuang melalui urine, sehingga ia tidak menumpuk di dalam tubuh.

Selain beberapa obat alami di atas, asam urat juga bisa dicegah dengan mengonsumsi susu atau produk susu, seperti yoghurt, yang rendah lemak.

Nah, kini Anda sudah mengetahui apa saja obat alami untuk asam urat. Meski diyakini dapat mengatasi asam urat, namun berbagai obat alami ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya secara umum.

Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan ini sebagai obat alami untuk asam urat dan ingat bahwa obat asam urat alami ini tidak dapat mengganti terapi medis untuk mengatasi asam urat. Untuk mengobati asam urat, Anda tetap membutuhkan pengobatan dari dokter.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Hati-hati Bun, Sering Menakuti Anak Berbahaya bagi Psikologisnya

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 12:22 WIB

Menakut-nakuti anak merupakan cara ampuh supaya anak menjadi penurut atau menghentikan tangisan rewelnya. Namun dibalik...

Gaya Hidup - Sehat, Hati-hati Bun, Sering Menakuti Anak Berbahaya bagi Psikologisnya, menakuti anak,menakuti anak berbahaya,efek menakuti anak,dampak menakuti anak,Mengasuh Anak,Anak sehat,agar mental anak sehat

Tak Hanya Manis, Buah Cantik Ini Sembuhkan Osteoporosis hingga Diabete...

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 11:43 WIB

Buah plum mungkin masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal manfaat buah plum sangat baik untuk m...

Gaya Hidup - Sehat, Tak Hanya Manis, Buah Cantik Ini Sembuhkan Osteoporosis hingga Diabetes, Buah Plum,Manfaat Buah Plum,Khasiat Buah Plum,Nutrisi Buah Plum,Daftar Manfaat Buah Plum,Buah Plum obat Diabetes,Buah Plum Obat Osteoporosis,Obat Sembelit

Tak Hanya Harum, Daun Ini Usir Diabetes dan Nyeri Sendi

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 11:25 WIB

Ekstrak basil diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang. Basil merupakan tanaman yang...

Gaya Hidup - Sehat, Tak Hanya Harum, Daun Ini Usir Diabetes dan Nyeri Sendi, Basil,Manfaat Basil,Khasiat Basil,Nutrisi Basil,Manfaat Daun Basil,Cara mengolah Daun Basil,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,obat nyeri sendi,Obat alami Nyeri Sendi,Obat radang sendi,Obat Kanker

Konsumsi secara Wajar, Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 11:07 WIB

Di balik rasa yang pedas, ada beragam manfaat cabai untuk kesehatan. Manfaat ini dapat diperoleh karena cabai mengandung...

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi secara Wajar, Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur, Cabai,Manfaat Cabai,Khasiat Cabai,Manfaat Cabai untuk Kesehatan,Obat penyakit jantung,Makanan Memperpanjang umur,Obat Kanker

Suami dan Istri Tidur Terpisah, Buruk untuk Kesehatan dan Keromantisan...

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 10:50 WIB

Suami dan istri memang sudah sepantas tidur bersama, dalam kamar dan di ranjang yang sama.

Gaya Hidup - Sehat, Suami dan Istri Tidur Terpisah, Buruk untuk Kesehatan dan Keromantisan?, Suami,Istri,Tidur Terpisah,Kesehatan,Keromantisan

Tak hanya Lezatkan Makanan, Bawang Ini Obat Diabetes, Osteoporosis, hi...

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 10:27 WIB

Beragam kandungan nutrisi di dalam bawang bombai dikenal baik untuk mencegah osteoporosis dan kanker, juga menjaga keseh...

Gaya Hidup - Sehat, Tak hanya Lezatkan Makanan, Bawang Ini Obat Diabetes, Osteoporosis, hingga Jantung, Bawang Bombai,Manfaat Bawang Bombai,Kandungan Nutrisi Bawang Bombai,Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan,Cara Mengolah Bawang Bombai,Obat Diabetes,Obat Alami Diabetes,obat Osteoporosis,Obat penyakit jantung

Fakta tentang Pemberian Air Tajin pada Bayi

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 10:20 WIB

Katanya, air tajin bisa dijadikan sebagai pengganti ASI atau susu formula untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Sebenarny...

Gaya Hidup - Sehat, Fakta tentang Pemberian Air Tajin pada Bayi, Air Tajin,Pemberian Air Tajin pada Bayi,Fakta Pemberian Air Tajin pada Bayi,Bolehkah Bayi Minum Air Tajin,Manfaat Bayi Minum Air Tajin,Manfaat Air Tajin,Kandungan Gizi Air Tajin,Nutrisi Air Tajin

Penyebab Sering Digigit Nyamuk, Salah satunya Warna Baju!

Sehat Kamis, 24 Juni 2021 | 10:08 WIB

Digigit nyamuk tentu menyebalkan karena biasanya meninggalkan bekas bentol atau kemerahan yang gatal.

Gaya Hidup - Sehat, Penyebab Sering Digigit Nyamuk, Salah satunya Warna Baju!, Sering Digigit Nyamuk,Penyebab Sering Digigit Nyamuk,Faktor Sering Digigit Nyamuk,Tanda Sering Digigit Nyamuk,Gejala Sering Digigit Nyamuk,Cara menghindari Gigitan Nyamuk
dewanpers