web analytics
  

Yuk Kenali 5 Obat Asam Urat Alami di Sini, Banyak di Rumah!

Jumat, 11 Juni 2021 08:44 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Yuk Kenali 5 Obat Asam Urat Alami di Sini, Banyak di Rumah!, Asam Urat,Obat Asam Urat,Obat asam urat alami,obat asam urat mudah,obat alami Asam Urat,cara mengobati Asam Urat,Cara Meredakan Asam Urat,cara mengurangi kadar asam urat,cara menangani asam urat,cara mencegah asam urat kambuh

Kopi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi. Penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa nyeri serta pembengkakan pada sendi.

Asam urat tinggi memang memerlukan pengobatan dari dokter, namun untuk mendukung pengobatan tersebut, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba di rumah. Obat asam urat alami tersebut diyakini dapat membantu meringankan gejala, sekaligus mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat dapat menyerang bagian sendi mana pun pada tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut.

Dikutip dari Alodokter.com, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh, mulai dari konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, dan makanan laut, gangguan metabolisme, pengaruh penyakit, seperti penyakit ginjal dan penyakit tiroid, efek samping pengobatan jangka panjang, hingga kecanduan alkohol.

Obat Asam Urat yang Disarankan Dokter
Meski tidak dapat disembuhkan secara total, namun penyakit asam urat dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Cara utama untuk menangani asam urat adalah dengan obat-obatan.

Pemberian obat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Selain itu, dokter juga dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi kadar asam urat tinggi. Contoh obat-obatan penurun kadar asam urat ini adalah allopurinol, rasburicase, dan probenecid.

Penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup, seperti rutin berolahraga dan menurunkan berat badan bila mengalami obesitas.

Berbagai Obat Asam Urat Alami
Selain dengan obat-obatan dari dokter dan menjalani pola hidup sehat, ada beberapa pilihan obat alami untuk mengobati asam urat, di antaranya:

1. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C
Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayur yang kaya vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat tinggi. Jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka.

Sementara itu, sayuran untuk penderita asam urat yang kaya vitamin C adalah bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

2. Kopi
Obat asam urat alami berikutnya adalah kopi. Meski masih terus diteliti khasiatnya, namun kopi diketahui memiliki kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine.

Hal ini juga dapat mencegah asam urat untuk mengendap dan merusak tulang dan sendi. Oleh karena itu, konsumsi kopi bisa menjadi salah satu obat alami untuk membantu mengurangi kadar asam urat.

Hanya saja, bila Anda memiliki riwayat sakit maag atau penyakit asam lambung, cara ini mungkin tidak dapat Anda lakukan karena konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Jahe
Jahe merupakan tanaman yang banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaat jahe adalah sebagai obat asam urat alami.

Karena memiliki efek antiradang, jahe dipercaya dapat meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat.

Untuk mengatasi asam urat Anda dapat mencampurkan satu sendok makan jahe parut ke dalam air hangat. Selanjutnya, kompres bagian tubuh Anda yang mengalami gejala asam urat dengan handuk atau kain yang sudah direndam dengan air tersebut selama 15–30 menit.

Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe sebanyak 2–3 gelas per hari untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

4. Kunyit
Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti asam urat. Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

5. Air putih
Selain baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga baik untuk membuang asam urat berlebih dari tubuh.

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan menghasilkan lebih banyak urine. Hal ini akan membuat asam urat lebih banyak terbuang melalui urine, sehingga ia tidak menumpuk di dalam tubuh.

Selain beberapa obat alami di atas, asam urat juga bisa dicegah dengan mengonsumsi susu atau produk susu, seperti yoghurt, yang rendah lemak.

Nah, kini Anda sudah mengetahui apa saja obat alami untuk asam urat. Meski diyakini dapat mengatasi asam urat, namun berbagai obat alami ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya secara umum.

Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan ini sebagai obat alami untuk asam urat dan ingat bahwa obat asam urat alami ini tidak dapat mengganti terapi medis untuk mengatasi asam urat. Untuk mengobati asam urat, Anda tetap membutuhkan pengobatan dari dokter.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

5 Jenis Ikan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Berlebihan

Sehat Minggu, 13 Juni 2021 | 09:10 WIB

Ikan salah satu makanan yang bergizi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang enak, ikan yang dIol...

Gaya Hidup - Sehat, 5 Jenis Ikan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Berlebihan, makan ikan,Ikan Laut,Makarel,Tuna,Nila,Lele,Pangasius

5 Makanan/Minuman yang Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sehat Minggu, 13 Juni 2021 | 08:02 WIB

Sistem kekebalan tubuh yang kuat bertindak sebagai garda terdepan untuk melindungi tubuh dari infeksi virus, bakteri dan...

Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan/Minuman yang Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh, makanan melemahkan kekebalan tubuh,Sistem Kekebalan Tubuh,Kekebalan Tubuh,cara meningkatkan kekebalan tubuh

Berkeringat Setiap Tidur Malam Bisa Jadi Gejala Kanker Ginjal

Sehat Minggu, 13 Juni 2021 | 07:38 WIB

Kanker ginjal adalah penyakit serius yang menyerang bagian ginjal sebagai salah satu organ internal tubuh. Orang usia tu...

Gaya Hidup - Sehat, Berkeringat Setiap Tidur Malam Bisa Jadi Gejala Kanker Ginjal, Kanker Ginjal,Gejala Kanker ginjal,penyebab kanker ginjal,cara mengobati kanker ginjal,berkeringat saat malam

Sering Bersin dan Hidung Mampet Setiap Pagi? Ternyata Belum Tentu Flu

Sehat Minggu, 13 Juni 2021 | 05:21 WIB

Gejala mirip flu ini dikenal dengan nama Alergi Rhinitis, atau peradangan pada rongga hidung yang disebabkan oleh alergi...

Gaya Hidup - Sehat, Sering Bersin dan Hidung Mampet Setiap Pagi? Ternyata Belum Tentu Flu, Alergi Rhinitis,bersin pagi hari,Alergi dingin,obat alergi dingin,hidung tersumbat

Sudah Beruban di Usia Muda? Ini Penjelasan Ilmiahnya 

Sehat Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:59 WIB

Apa penyebab uban muncul di usia muda? Seorang ahli kulit bersertifikat, Maisa Garshick, MD mengatakan tingkat stres men...

Gaya Hidup - Sehat,  Sudah Beruban di Usia Muda? Ini Penjelasan Ilmiahnya , Rambut beruban,Rambut Beruban Sebelum Usia 30 Tahun,penyebab rambut beruban,rambut beruban di usia muda,Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Waspada Dampak Buruk Begadang, dari Depresi Hingga Libido Rendah

Sehat Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:44 WIB

Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan ataupun risiko kecelakaan yang patut diwaspadai.

Gaya Hidup - Sehat,  Waspada Dampak Buruk Begadang, dari Depresi Hingga Libido Rendah, dampak begadang,bahaya kurang tidur

Tinju untuk Menurunkan Berat Badan, Begini Caranya

Sehat Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:49 WIB

Tinju termasuk olahraga full body workout yang dapat membantu membangun massa otot, menurunkan berat badan dan meningkat...

Gaya Hidup - Sehat, Tinju untuk Menurunkan Berat Badan, Begini Caranya, Petinju,Tinju,Manfaat Tinju,menurunkan berat badan,Cara Menurunkan Berat Badan,Tips Menurunkan Berat Badan

5 Tanaman Hias Ampuh Mengusir Nyamuk dan Serangga

Sehat Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:01 WIB

Ada beberapa tanaman hias ampuh untuk mengusir nyamuk dan serangga. Kamu bisa menggunakannya di rumahmu.

Gaya Hidup - Sehat, 5 Tanaman Hias Ampuh Mengusir Nyamuk dan Serangga, tanaman ampuh usir nyamuk,tanaman usir nyamuk,Tanaman Pengusir Nyamuk,tanaman hias ampuh usir nyamuk
dewanpers