web analytics
  

Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Selasa, 8 Juni 2021 12:16 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Gadget, Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis, penyebab baterai HP cepat habis,Tips Merawat Baterai HP,Tips Mengatasi Baterai HP Cepat Habis,Cara menjaga baterai HP tetap awet,penyebab habisnya baterai hp

[Ilustrasi] Baterai smartphone cepat habis. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- HP dengan kapasitas baterai besar menjadi lebih hemat energi, namun masa pakai baterai juga harus menjadi perhatian pemilik HP. 

Jika baterai HP cepat habis lebih cepat dari biasanya, maka harus diteliti lebih dalam terkait penyebabnya dan dicairkan solusinya. 

Dilansir dari Android Authority, ada beberapa penyebab umum baterai menjadi lebih cepat terkuras. Berikut lima penyebab baterai ponsel lebih cepat habis. Berikut beberapa penyebab mengapa baterai hp bisa cepat habis:

1. Layar ponsel

  • Layar adalah salah satu komponen utama smartphone yang menggunakan baterai. Panel ponsel kekinian menjadi lebih besar, lebih cerah, dan lebih berwarna sehingga membutuhkan daya lebih banyak.
  • Pengguna dapat memeriksa penggunaan baterai dengan membuka opsi Settings > Battery > tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas > pilih Battery usage (Penggunaan baterai) > tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas > ketuk bagian Show full device usage (Tampilkan penggunaan perangkat lengkap).
  • Periksa penggunaan baterai akan menunjukkan sebagian besar waktu layar akan menempati posisi teratas. Teknologi tampilan smartphone berkembang jauh lebih cepat daripada teknologi baterai, yang membuat masa pakai baterai menjadi masalah yang lebih besar untuk ditangani di tahun-tahun mendatang.
  • Solusinya bisa merendahkan kecerahan layar, menggunakan kecerahan adaptif, mengurangi kecepatan refresh layar, mengurangi waktu penguncian layar otomatis, dan menggunakan wallpaper hitam.

2. Area dengan penerimaan sinyal buruk

  • Area dengan penerimaan ponsel yang buruk adalah salah satu penyebab mengapa baterai ponsel lebih cepat terkuras. Ponsel terus berkomunikasi dengan menara jaringan terdekat dan mencoba terus terhubung.
  • Jika tinggal di daerah pedesaan, bekerja di gedung besar, atau sering berada di daerah dengan layanan jaringan yang buruk, kemungkinan besar ponsel akan mati lebih cepat dari biasanya.
  • Cara meningkatkan sinyal untuk mengurangi pengurasan baterai adalah mengganti operator yang sesuai dengan penerimaan sinyal di wilayah terkait, mengaktifkan Mode Pesawat, perluasan jaringan, dan menggunakan penguat sinyal.

3. Aplikasi dan layanan latar belakang

  • Selalu periksa aplikasi jika menemukan baterai cepat habis. Beberapa aplikasi bisa menghabiskan daya baterai lebih banyak daripada yang lain, seperti YouTube, Netflix, dan layanan streaming lainnya.
  • Mungkin juga harus menghindari bermain game jika ingin menghemat baterai, terlebih game dengan grafis kelas atas membutuhkan lebih banyak baterai.
  • Selain itu, banyak aplikasi yang menghabiskan baterai tanpa penggunaan aktif. Aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp serta layanan komunikasi lainnya selalu mengusahakan ponsel terus terhubung dan diperbarui setiap saat. Artinya, aplikasi ini terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, menarik lokasi terkait, mengirim pemberitahuan, dan lainnya.
  • Solusinya, jaga unduhan aplikasi seminimal mungkin, hentikan aplikasi agar tidak bekerja di latar belakang, menutup atau memaksa berhenti aplikasi, dan memerhatikan penggunaan.

4. Penggunaan GPS, WiFi, dan Bluetooth

Penggunaan GPS, WiFi, dan Bluetooth bisa menjadi penyebab habisnya baterai hp dengan cepat. Pengguna harus tahu seberapa sering menggunakan ketiga antena ini. GPS, WiFi, dan Bluetooth menggunakan baterai meskipun sedikit, oleh karena itu matikan layanan jika tidak dibutuhkan.

5. Update perangkat lunak

  • Jangan menunda pembaruan perangkat lunak yang diberikan pengembang ponsel. Pembaruan perangkat lunak sering kali disertai peningkatan masa pakai baterai, sehingga sebaiknya selalu perbarui ponsel ke versi perangkat lunak terbaru yang tersedia.
  • Poin-poin di atas merupakan lima penyebab baterai ponsel lebih cepat habis dan beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapai baterai HP kamu cepat habis seperti dinukil dari Hitekno.com, sekarang periksa HP kamu masing-masing ya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Samsung Galaxy A32 5G vs Realme 8 5G, Mana HP 5G Termurah?

Gadget Selasa, 22 Juni 2021 | 13:07 WIB

Samsung Galaxy A32 5G vs Realme 8 5G, dua HP 5G yang telah resmi hadir di Indonesia. Dua perangkat ini sama-sama hadir u...

Bisnis - Gadget, Samsung Galaxy A32 5G vs Realme 8 5G, Mana HP 5G Termurah?, Samsung Galaxy A32 5G,Harga Samsung Galaxy A32 5G,Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G,realme 8 5g,harga realme 8 5g,Spesifikasi Realme 8 5G,Jeroan Realme 8 5G,Samsung Galaxy A32 5G vs Realme 8 5G,Hp 5G,hp 5g murah,HP 5G Termurah,Daftar HP 5G Murah

PPKM dan PSBB Bandung Diperketat, Download Film Bisa Jadi Alternatif H...

Gadget Selasa, 22 Juni 2021 | 10:47 WIB

PPKM dan PSBB Bandung Diperketat, Download Film Bisa Jadi Alternatif Hiburan Dirumah. Apa saja link download film yang m...

Bisnis - Gadget, PPKM dan PSBB Bandung Diperketat, Download Film Bisa Jadi Alternatif Hiburan Dirumah, PSBB Bandung Raya,Link Download Film Terbaik,Link Download Film

Samsung Galaxy M32 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Andalannya

Gadget Selasa, 22 Juni 2021 | 10:36 WIB

Samsung Galaxy M32 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Andalannya

Bisnis - Gadget, Samsung Galaxy M32 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Andalannya, samsung galaxy m32,spesifikasi samsung galaxy m32,Samsung

Daftar Aplikasi Android Ini Jadi Incaran Virus Joker, Segera Hapus!

Gadget Senin, 21 Juni 2021 | 16:05 WIB

irus Joker dilaporkan kembali mengincar beberapa aplikasi Android setelah pada Juli 2020 dihapus Google.

Bisnis - Gadget, Daftar Aplikasi Android Ini Jadi Incaran Virus Joker, Segera Hapus!, Virus Joker,Bahaya Virus Joker,Serangan Virus Joker,malware trojan,Ancaman malware trojan,ciri HP diserang malware trojan,cara menagkal malware trojan,aplikasi incaran malware trojan,aplikasi virus joker

Cuma Rp2 Juta, Intip Spesifikasi Gahar Vivo Y12A

Gadget Senin, 21 Juni 2021 | 10:53 WIB

Kehadiannya menambah jajaran keluarga Vivo Y12 yang mencakup Vivo Y12, Vivo Y12i, Vivo Y12s, dan Vivo Y12s 2021.

Bisnis - Gadget, Cuma Rp2 Juta, Intip Spesifikasi Gahar Vivo Y12A, Vivo Y12A,Harga Vivo Y12A,Spesifikasi Vivo Y12A,Prosesor Vivo Y12A,Jeroan Vivo Y12A,RAM Vivo Y12A

Tamagotchi Kembali Hadir, Dulu Telur Kini Bentuknya Smartwatch

Gadget Minggu, 20 Juni 2021 | 16:37 WIB

Anak generasi 90-an sudah tak asing dengan permainan Tamagochi.

Bisnis - Gadget, Tamagotchi Kembali Hadir, Dulu Telur Kini Bentuknya Smartwatch, Tamagotchi,Tamagotchi Smart,Smartwatch

Dirilis 22 Juni, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo V21 Terbaru

Gadget Sabtu, 19 Juni 2021 | 13:24 WIB

Ponsel ini merupakan seri lanjutan dari Vivo V21 5G yang diluncurkan sebulan lalu.

Bisnis - Gadget, Dirilis 22 Juni, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo V21 Terbaru, Vivo V21,Harga Vivo V21,Harga Vivo V21 5G,Spesifikasi Vivo V21,Spesifikasi Vivo V21 5G,Peluncuran Vivo V21,Harga Vivo V21 Terbaru

Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G, Mana HP 5G Termurah?

Gadget Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:40 WIB

Memiliki spesifikasi yang sangat mirip, persaingan Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G akan sangat menarik dilihat. Apalagi ru...

Bisnis - Gadget, Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G, Mana HP 5G Termurah?, Realme 8 5G,Spesifikasi Realme 8 5G,Harga Realme 8 5G,POCO M3 Pro 5G,Harga POCO M3 Pro 5G,Spesifikasi POCO M3 Pro 5G,Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G,HP 5G Termurah,HP 5G Paling Murah
dewanpers