web analytics
  

Resmi Dilantik, Pengurus IKA STAI Persis Bandung 2021-2024 Kembangkan Dakwah dan Bina Umat

Sabtu, 5 Juni 2021 16:44 WIB Andri Ridwan Fauzi
Bandung Raya - Bandung, Resmi Dilantik, Pengurus IKA STAI Persis Bandung 2021-2024 Kembangkan Dakwah dan Bina Umat, IKA STAI Persis Bandung,Pengurus IKA STAI Persis Bandung 2021-2024,STAIPI Bandung,persatuan islam (persis)

Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) STAI Persis (STAIPI) Bandung periode 2021-2024 resmi dilantik dan dikukuhkan. Prosesi pengukuhan dan pelantikan dirangkai langsung dengan digelarnya Musyawarah Kerja (Musker) 1 di Hotel Horison Kota Bandung, Sabtu 5 Juni 2021. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) STAI Persis (STAIPI) Bandung periode 2021-2024 resmi dilantik dan dikukuhkan. Prosesi pengukuhan dan pelantikan dirangkai langsung dengan digelarnya Musyawarah Kerja (Musker) 1 di Hotel Horison Kota Bandung, Sabtu 5 Juni 2021.

Sebelum dihelat pelantikan, acara sebelumnya dimulai dengan Orasi Pendidikan yang menghadirkan Direktur Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan & Teknologi, Tatang Muttaqin.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP Persis KH. Aceng Zakaria menandaskan harapannya eksisitensi IKA STAIPI dapat membangun program yang berpijak terkait pengembangan dakwah dan pembinaan umat.

"Perkuat iman dan takwa agar lebih peka terhadap sosial dan umat. Meningkatkan kegiatan dakwah dan pembinaan umat dan masyarakat juga lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas alumni dan lembaga," pesannya.

Sementara Ketua STAIPI Bandung, Nurmawan mengungkapkan rasa syukurnya atas momentum pelantikan sebagai tonggak sejarah bagi IKA dan STAIPI Bandung sendiri.
Dengan momen pelantikan ini, secara moral kepengurusan bertanggungjawab mengembangkan dan membesarkan Persis.

"Kalau sudah dilantik personal pengurus IKA STAIPI seharusnya secara resmi telah menjadi Persis Struktural bukan lagi kultural. Sebab irisannya alumni STAIPI itu adalah di bawah Persis," katanya.

Ditegaskan Nurmawan, pertahankan dalam membangun STAIPI yang akan terus melahirkan peradaban-peradaban positif baik bagi Persis, STAIPI, IKA begitu pula bagi umat.
Pada kesempatan itu pula dihadapan Ketua Umum PP Persis, disampaikan dan dilaporkan Nurmawan, setelah melalui akreditasi BAN-PT bahwa STAIPI salah satu perguruan tinggi swasta yang mendapat predikat baik sekali se Jawa Barat.

Sedang diungkapkan Ketua IKA STAI Persis Bandung periode 2021-2024 yang juga Legislator DPR RI Fraksi PAN, Muhammad Hoerudin Amin mengatakan pelantikan dan Musker sudah sesuai dengan agenda.

”Alhamdulillah sesuai dengan perencanaan para panitia, Sabtu ini akan digelar pelantikan sekaligus Musyker 1 IKA STAI Persis Bandung di Horison,” di sela-sela acara.

Hoerudin yang merupakan anggota Komisi IV juga menggarisbawahi tentang pentingnya kebersamaan dalam membangun sinergitas baik di IKA STAIPI Bandung maupun di Persatuan Islam (Persis).

Lembaga IKA bagian dari STAIPI, sambungnya, dan membangun almamater adalah kewajiban sebagai tanggungjawab disamping melahirkan peradaban keislaman.

Kekuasan dan agama adalah dua sisi yang saling membutuhkan dan saling mengawal, menggaransi dan saling menguatkan satu sama lain. Maka gagasan orientasi ke depan adalah bagaimana melahirkan program dan gerakan tidak hanya berhenti pada narasi semata. Tetapi mampu mewujudkan dan melahirkan peradaban keislaman dari ide dan nalar yang memiliki sisi kebathinan yang berorientasi membangun peradaban dan nilai berbangsa dan bernegara.

"Orientasi identitas, kehormatan tidak akan hilang kalau kiita bersama-sama. Insya allah ini akan menjadi warisan besar bagi ribuan santri STAIPI dan juga para santri-santri di pesantren Persis,” ujarnya.

Jejak Mubes IKA STAIPI Bandung ke-1 ini, sambungnya, juga akan memberikan angin segar bagi Persis.

”Persis menjadi lebih baik karena mampu mewujudkan perguruan tinggi yang mampu membuat orientasi yang bagi para santri yang menimba ilmu, juga mampu mengambil ruang dan menancapkan identitas sebagai pribadi yang kuat, dan juga mampu menaikkan marwah pribadi, marwah kampus, marwah Jam’iyyah dan tentunya ini tujuan kita bersama-sama, bissmillahirahmanirrahim,” paparnya.

Dirinya berjanji dan ingin memberikan kontribusi dalam membesarkan almamater serta membangun dialektika-dialektika serta diskusi-diskusi yang menggagas pada pencerahan keumatan.

Hoerudin sendiri ditetapkan dan terpilih sebagai Ketua IKA STAIPI periode 2021-2024 setelah melalui proses Musyawarah Besar (Mubes) IKA STAI Persis Bandung yang digelar pada 28 Maret 2021 di kampus STAIPI Bandung,Jalan Ciganitri No 2, Desa Cipagalo, Kabupaten Bandung. 

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Rumah di Astanaanyar Bandung Dilalap Api

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 21:14 WIB

Kebakaran melanda rumah di Jalan Astanaanyar, Gang Etit, Kelurahan Nyengseret, Kota Bandung, Sabtu 19 Juni 2021.

Bandung Raya - Bandung, Rumah di Astanaanyar Bandung Dilalap Api, Informasi Kebakaran Bandung,kebakaran astanaanyar,kebakaran Bandung,Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung

Covid-19 Kecamatan Antapani Tertinggi, Tembus 120 Kasus Aktif

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:33 WIB

Kecamatan Antapani hingga saat ini masih menjadi kecamatan dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi di Kota Bandung.

Bandung Raya - Bandung, Covid-19 Kecamatan Antapani Tertinggi, Tembus 120 Kasus Aktif, Kasus Covid-19 Antapani,Kasus Covid-19 Kota Bandung,covid-19 kota bandung melonjak,Pusicov Kota Bandung,data covid-19 kota bandung terbaru

Melonjak, Kasus Aktif Covid-19 Kota Bandung Naik 190 Dalam Sehari

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:23 WIB

Kota Bandung termasuk salah satu dari sejumlah daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 selepas libur...

Bandung Raya - Bandung, Melonjak, Kasus Aktif Covid-19 Kota Bandung Naik 190 Dalam Sehari, Kasus Covid-19 Bandung,kasus covid-19 bandung hari ini,covid-19 kota bandung melonjak,Pusicov Kota Bandung

Viral! Pengendara Mobil Halangi Ambulans Sambil Acungkan Jempol ke Baw...

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:08 WIB

Menurut keterangan, ambulans tersebut sedang melakukan penjemputan dan pengantaran pasien dari Depok menuju Rumah Sakit...

Bandung Raya - Bandung, Viral! Pengendara Mobil Halangi Ambulans Sambil Acungkan Jempol ke Bawah, video viral,video viral halangi ambulans,video halangi ambulans

Sejumlah Jalan Kota Bandung Ditutup, Polisi: Kafe Hanya Boleh Take Awa...

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:30 WIB

Hal ini dilakukan untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 Kota Kembang.

Bandung Raya - Bandung, Sejumlah Jalan Kota Bandung Ditutup, Polisi: Kafe Hanya Boleh Take Away, penutupan jalan Bandung,Waktu penutupan jalan Bandung,dine in bandung,ppkm mikro kota bandung,aturan wisata kota bandung

Polisi Bubarkan Kerumunan Warga di Pusat Kota Bandung

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:48 WIB

Titik pembubaran kerumunan mayoritas berada di pusat kota.

Bandung Raya - Bandung, Polisi Bubarkan Kerumunan Warga di Pusat Kota Bandung, covid-19 kota bandung,Update Covid-19 Kota Bandung,kerumunan kota bandung,PPKM Mikro Bandung,Polrestabes Bandung

Selama Pandemi, Pedagang di Kecamatan Coblong Tak Pernah Dapat Bantuan

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 07:50 WIB

Bantuan terhadap UMKM, program Kartu Prakerja, ataupun dana bantuan lainnya nyatanya tak sampai kepada para pedagang, kh...

Bandung Raya - Bandung, Selama Pandemi, Pedagang di Kecamatan Coblong Tak Pernah Dapat Bantuan, Pedagang di Kecamatan Coblong,Bantuan masyarakat miskin,Bantuan Covid-19,pedagang kuliner di Coblong,Bantuan UMKM,Program Kartu Prakerja,pedagang kelas bawah,Cerita pedagang kelas bawah Coblong

Masjid Al-Imtizaj, Masjid Indah Bernuansa Tionghoa di Sudut Kota Bandu...

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 07:27 WIB

Masjid Al-Imtizaj ini sekilas tidak terlihat seperti Masjid pada umumnya, melainkan seperti sebuah Kelenteng.

Bandung Raya - Bandung, Masjid Al-Imtizaj, Masjid Indah Bernuansa Tionghoa di Sudut Kota Bandung, Masjid Al-Imtizaj,Sejarah Masjid Al-Imtizaj,Fakta Sejarah Masjid Al-Imtizaj,Cerita Masjid Al-Imtizaj,kaum muslim keturunan Tionghoa,komunitas muslim Tionghoa
dewanpers