web analytics
  

Mobil Lama Tak Digunakan Usai Libur Panjang, Lakukan 5 Hal Ini

Kamis, 27 Mei 2021 21:20 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Otomotif, Mobil Lama Tak Digunakan Usai Libur Panjang, Lakukan 5 Hal Ini, Perawatan Mobil,Mobil Lama Tak Digunakan,Mobil,Kendaraan

Ilustrasi ban Mobil. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sederet hari libur keagamaan baru saja berlalu dua pekan sampai kemarin. 

Mobil kesayangan di rumah Anda mungkin ada senantiasa sibuk selalu digunakan, meski ada juga yang telah lama tak digunakan. Nah, kini tiba saatnya pemilik mobil melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan agar kondisinya tetap optimal dan nyaman untuk kembali digunakan menemani aktivitas sehari-hari.

"Pemeriksaan kondisi kendaraan perlu dilakukan karena mobilitas di saat itu biasanya cukup tinggi dengan melewati berbagai kondisi jalan sehingga kondisinya harus di cek kembali," jelas Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

"Anda bisa melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara mandiri dengan mudah dan bahkan di waktu-waktu senggang kala di rumah," sarannya.

Sistem Kelistrikan

- Pemilik kendaraan bisa memeriksa sistem kelistrikan dimulai dari kondisi aki di kompartemen mesin. Di bagian aki biasanya terdapat indikator yang menunjukkan kondisi kerjanya.

- Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak, berwarna putih mesti segera diisi ulang, dan warna biru menunjukkan aki masih prima.

- Setelah itu, pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan dengan mengaktifkan sejumlah komponen lainnya, seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper, dan head unit.

Oli Mesin

- Oli mesin memegang peranan penting untuk menunjang kinerja mesin. Setelah digunakan untuk perjalanan yang lama perlu diperiksa.

- Cara paling mudah untuk memeriksa oli mesin, dilakukan dengan cara mengecek odometer. Apabila sudah memasuki waktu untuk pergantian oli mesin, perlu segera diganti.

- Selanjutnya, dengan cara mengecek kondisi oli mesin melalui dipstick. Melalui alat pantau ini bisa dilihat kualitas dan volume oli dari luar mesin.

- Bila volume oli di bawah batas minimal maka bisa ditambahkan oli yang sejenis, dan apabila sudah hitam pekat maka sebaiknya diganti.

Radiator

- Radiator bekerja untuk mendinginkan panas di mesin selama bekerja keras menjalankan mobil. Kondisinya perlu diperhatikan, karena bila diabaikan kendaraan bisa mengalami overheat engine.

- Cara mudah untuk mengecek radiator adalah melalui cairan radiator, apakah masih sesuai dengan standar atau tidak. Apabila sudah berkurang maka bisa ditambahkan, dan pastikan di bagian bawah mobil tidak ada kebocoran cairan radiator.

Kondisi Ban

- Pemilik kendaraan perlu memeriksa kondisi ban, baik dari segi tekanan angin dan ketebalannya.

- Bila dilihat ban kurang angin, maka bisa menambah tekanan angin yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan. Pemilik mobil bisa melihat keterangan soal tekanan dan ukuran ban dari pabrikan di pilar pintu pengemudi.

- Bila sudah tipis atau permukaannya sudah tidak rata, maka disarankan untuk segera diganti dengan ban baru.

Kebersihan Interior dan Eksterior

- Kebersihan di sektor interior dan eksterior memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna kendaraan. Cara membersihkannya dimulai dari mengeluarkan sampah, barang yang tidak digunakan, serta membersihkan kotoran yang ada di interior.

- Setelah itu dilanjutkan mencuci eksterior dengan menggunakan sampo khusus yang diperuntukkan bagi body mobil.

- Semua pengecekan ini bisa dilakukan di rumah secara mandiri sembari mengisi waktu luang. [*]

Sumber: Suara.com
Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

Yamaha Vega Force Warna Baru Meluncur, Tampil Makin Modern

Otomotif Kamis, 24 Juni 2021 | 12:05 WIB

Hadir dengan warna Metallic Black Gold dan Metallic Red yang berkarakter sporty, simpel dan modern. Diperkuat dengan gra...

Bisnis - Otomotif, Yamaha Vega Force Warna Baru Meluncur, Tampil Makin Modern, Yamaha Vega Force,Yamaha,Motor baru Yamaha,Vega Force warna baru

Sebelum Beli Helm, Perhatikan 6 Hal Ini

Otomotif Rabu, 23 Juni 2021 | 06:30 WIB

Selain mematuhi aturan berkedara, memakai helm juga penting untuk keamanan dan keselamatan kita.

Bisnis - Otomotif, Sebelum Beli Helm, Perhatikan 6 Hal Ini, Helm,pelindung kepala,Model,Ukuran,Kaca Helm,Kunci Helm,Berat Helm,Sertifikasi,SNI,Tips

Ini Alasan Spion Motor Standar Pabrik Cenderung Berukuran Lebar

Otomotif Selasa, 22 Juni 2021 | 15:35 WIB

Mungkin kamu pernah penasaran, mengapa spion motor bawaan pabrik cenderung selalu berukuran lebar?

Bisnis - Otomotif, Ini Alasan Spion Motor Standar Pabrik Cenderung Berukuran Lebar, Standar Pabrik,Lebar,Spion,Motor

Wheelie Di Jalan Raya Melanggar Aturan Berkendara Lho

Otomotif Selasa, 22 Juni 2021 | 09:43 WIB

Atraksi wheelie di jalan raya ternyata melanggar aturan berkendara. Bahaya wheelie dijalanan tidak hanya mengancam pada...

Bisnis - Otomotif, Wheelie Di Jalan Raya Melanggar Aturan Berkendara Lho, wheelie,aturan berkendara,Aturan Lalu Lintas

3 Cara Aman Gunakan Standar Samping pada Motor

Otomotif Minggu, 20 Juni 2021 | 13:05 WIB

Keberadaan standar pada motor memang sangat membantu di kala pemotor ingin memarkirkan kendaraannya di sebuah tempat.

Bisnis - Otomotif, 3 Cara Aman Gunakan Standar Samping pada Motor, Standar Samping,Motor,Tips

Toyota Land Cruiser 300 Segera Mengaspal di Indonesia, Kapan Rilis?

Otomotif Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:00 WIB

PT Toyota Astra-Motor (TAM) memberikan sinyal untuk mendatangkan Toyota Land Cruiser 300 Series ke Indonesia.

Bisnis - Otomotif, Toyota Land Cruiser 300 Segera Mengaspal di Indonesia, Kapan Rilis?, Toyota Land Cruiser 300 Series,Land Cruiser terbaru,Model Toyota Land Cruiser 300 Series,Peluncuran Toyota Land Cruiser 300 Series,Harga Toyota Land Cruiser 300,Mesin Toyota Land Cruiser 300 Series

Cara Mudah Melepas Stiker pada Motor, Simak!

Otomotif Jumat, 18 Juni 2021 | 15:30 WIB

Bagaimana cara mudah membersihkan stiker pada motor?

Bisnis - Otomotif, Cara Mudah Melepas Stiker pada Motor, Simak!, Melepas Stiker,Cara Mudah,Motor

Toyota Raize 1200 cc Cuma Rp200 Juta, Bisa Pesan Sekarang!

Otomotif Kamis, 17 Juni 2021 | 12:34 WIB

Harga Raize 1200 cc yang ditawarkan setelah diskon PPnBM dari sebelumnya di kisaran Rp 210 juta, kini hanya di kisaran R...

Bisnis - Otomotif, Toyota Raize 1200 cc Cuma Rp200 Juta, Bisa Pesan Sekarang!, Toyota Raize 1200 cc,Harga Toyota Raize 1200 cc,Tenaga Toyota Raize 1200 cc,Cara pesan Toyota Raize 1200 cc,Perilisan Toyota Raize 1200 cc,Kapan Peluncuran Toyota Raize 1200 cc,Harga Terbaru Toyota Raize 1200 cc,Mobil harga Rp 200 Juta,Mobil SUV Murah

artikel terkait

dewanpers