web analytics
  

Universitas Bhakti Kencana Gelar Lokakarya Penyempurna Kurikulum Psikologi

Senin, 24 Mei 2021 13:18 WIB Gelar Aldi S
Umum - Pendidikan, Universitas Bhakti Kencana Gelar Lokakarya Penyempurna Kurikulum Psikologi, Universitas Bhakti Kencana,Prodi Psikologi UBK Bandung,Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana,Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana (UBK) Bandung menyelenggarakan "Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)", di Shakti Hotel, Senin, 24 Mei 2021. (Ayobandung.com/Gelar Aldi)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana (UBK) Bandung menyelenggarakan "Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)".

Lokakarya tersebut merupakan rangkaian terakhir guna menyempurnakan Kurikulum Prodi Psikologi di UBK, yang sudah dirancang pada tahun sebelumnya.

Kaprodi Psikologi UBK, Myrna Anissaniwaty mengungkapkan, penyempurnaan Kurikulum ini meliputi masukkan-masukkan dari para stakeholder eksternal dan kepakaran, umumnya mengenai target capaian pembelajaran dari Prodi Psikologi UBK.

"Khususnya mengenai harapan jebolan UBK agar dapat bersaing di industri 4.0," ujar Myrna di lokasi Lokakarya, Shakti Hotel, Senin, 24 Mei 2021.

Siapkan Jebolan UBK Berdaya Wirausaha

Untuk menjawab tantangan globalisasi seperti Society 5.0 dan industri 4.0, Myrna menyatakan, pihaknya akan menjalankan visi dan misi yang fokus pada kewirausahaan atau entrepreneurship dengan konten kesehatan.

Jadi, nantinya jebolan UBK ini dapat membuat produk sendiri ataupun dapat memiliki dayanya sendiri ketika terjun ke masyarakat dari apa pun yang diminati di bisang Psikologi Kesehatan.

"Kami sudah bekali komponen-komponen yang dibutuhkan, yaitu dengan proses magang yang dimulai di Semester lima," katanya.

Kaprodi Universitas Bhakti Kencana (UBK), Myrna Annissaniwaty sedang menjelaskan Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Shakti Hotel, Senin, 24 Mei 2021. (Ayobandung.com/Gelar Aldi)

"Lalu, ketika mahasisa dalam proses penelitian atau pengabdian pada masyarakat, maka kami akan fasilitasi kebutuhannya," sambungnya.

Myrna melanjutkan, UBK memliki inkubator bisnis. Nantinya inkubator bisnis itu bisa menampung ide dan gagasan yang akan direalisasikan oleh mahasiswa.

Bila kemudian mahasiswa telah mengetahui akan dibuatkan seperti apa dari ide tersebut, tambah Myrna, maka UBK siap mewadahi ide itu agar terealisasikan.

"Jadi jantungnya itu ada di program merdeka belajar," katanya yang juga sebagai Psikologi ini.

Respons Positif

Asep Lili Mulyana, perwakilan orang tua mahasiswa yang hadir di lokakarya mengatakan, lokakarya tersebut adalah jawaban atas aspirasi-aspirasi orangt ua yang juga membutuhkan, agar ke depannya Prodi Psikologi bisa memberikan output yang positif untuk mahasiswa.

"Insyaallah dengan adanya lokakarya ini, keluaran mahasiswa juga menjadi jebolan yang berkualitas," ujar Asep.

Asep Lili Mulyana, perwakilan orang tua mahasiswa sedang menyampaikan aspirasinya kepada Kaprodi. (Ayobandung.com/Gelar Aldi)

Asep menilai, program-program yang ditawarkan oleh Prodi Psikologi ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswanya.

Sebab, menurutnya, Lokakarya ini meliputi masukan dari mahasiswa, orangtua mahasiswa, dan stakeholder eksternal, agar nantinya jebolan UBK ini dapat diandalkan ketika terjun ke lapangan.

"Saya mendukung sekali Lokakarya ini," katanya.

Di tempat yang sama, Yadi Setiadi, Mahasiswa semester 2 Psikologi ini menyambut baik Lokakarya ini demi perkembangan dan kemajuan untuk Prodi Psikologi ke depannya.

Yadi Setiadi (almamater kuning) Mahasiswa Psikologi UBK sedang bertanya soal Lokakarya kepada Kaprodi. (Ayobandung.com/Gelar Aldi)

Tak hanya itu, Yadi juga antusias ketika Prodi Psikologi yang berfokus pada entrepreneurship berbasis teknologi bagi mahasiswanya.

"Itu sangat bagus dan sesuai dengan perkembangan industri 4.0 dan Society 5.0," ungkapnya.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021, Ternyata Mudah!

Pendidikan Selasa, 15 Juni 2021 | 21:49 WIB

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah berlangsung. Hasil nilai UTBK SBMPTN 2021 telah diumum...

Umum - Pendidikan, Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021, Ternyata Mudah!, SBMPTN 2021,UTBK SBMPTN 2021,Cara Download Sertifikat SBMPTN 2021,Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021

SMA Taruna Bakti Raih Prestasi Internasional

Pendidikan Senin, 14 Juni 2021 | 13:08 WIB

Yayasan Taruna Bakti (YTB) senantiasa berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam kemajuan dunia pendidikan dan melahirk...

Umum - Pendidikan, SMA Taruna Bakti Raih Prestasi Internasional, SMA Taruna Bakti,Indonesia di dunia internasional,kemajuan dunia pendidikan,Ajang kompetisi internasional

SD Darul Hikam Lahirkan Puluhan Penghafal Al-Qur'an Setiap Tahun

Pendidikan Minggu, 13 Juni 2021 | 09:40 WIB

SD Darul Hikam Lahirkan Puluhan Penghafal Al-Qur'an Setiap Tahun

Umum - Pendidikan, SD Darul Hikam Lahirkan Puluhan Penghafal Al-Qur'an Setiap Tahun, SD Darul Hikam,Penghafal Alquran,Wisuda Tahfiz SD Darul Hikam

Menarasikan Kisah Sukses Desa Melalui Media Sosial

Pendidikan Jumat, 11 Juni 2021 | 14:24 WIB

 Minimnya narasi keberhasilan dan potensi lebih 5300 desa di Jawa Barat merupakan fenomena yang cukup memrihantinkan. Pa...

Umum - Pendidikan, Menarasikan Kisah Sukses Desa Melalui Media Sosial, Telkom University,Desa Sukses,Media Sosial,Kisah Desa Sukses

UI Masih Terbaik di Indonesia, tapi Masih Kalah dari Kampus Malaysia d...

Pendidikan Minggu, 6 Juni 2021 | 06:18 WIB

UI terbaik di Indonesia, tapi kalah jauh dibandingkan Universiti Brunei Darussalam.

Umum - Pendidikan, UI Masih Terbaik di Indonesia, tapi Masih Kalah dari Kampus Malaysia dan Filipina di Tingkat Asean, kampus indonesia,kampus terbaik indonesia,urutan kampus  terbaik di indonesia,Universitas Indonesia

Tips Memperoleh Beasiswa Kuliah di Perguruan Tinggi

Pendidikan Kamis, 3 Juni 2021 | 15:45 WIB

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Umum - Pendidikan, Tips Memperoleh Beasiswa Kuliah di Perguruan Tinggi, Beasiswa,informasi beasiswa,beasiswa kuliah,kuliah pakai beasiswa

[SASTRA] Mengenang Puisi Sapardi: Hujan Bulan Juni

Pendidikan Kamis, 3 Juni 2021 | 12:05 WIB

Seakan enggan, ia datang tetapi pelan-pelan. Meski kadang pula bergemuruh.

Umum - Pendidikan, [SASTRA] Mengenang Puisi Sapardi: Hujan Bulan Juni, Sastra,Mengenang Puisi Sapardi,Hujan Bulan Juni,Sapardi Djoko Damono

Mulai Merasa Lemot? Awasi 5 Hal yang Bisa Melemahkan Fungsi Otak

Pendidikan Rabu, 2 Juni 2021 | 16:35 WIB

Hati-hati, 5 hal ini bisa membuat kita benar-benar menderita lemot (lemah otak).

Umum - Pendidikan, Mulai Merasa Lemot? Awasi 5 Hal yang Bisa Melemahkan Fungsi Otak, 5 Hal yang Bisa Melemahkan Fungsi Otak,Otak,fungsi otak,Kesehatan,lemot (lemah otak)
dewanpers