web analytics
  

Pengamen Maksa Minta Uang di Alun-alun Bandung Bikin Warga Resah

Selasa, 18 Mei 2021 21:42 WIB Idham Nur Indrajaya
Bandung Raya - Bandung, Pengamen Maksa Minta Uang di Alun-alun Bandung Bikin Warga Resah, Pengamen Maksa Minta Uang,pengamen Bandung,Pengamen di Alun alun Bandung,Pengamen Jalan Braga

Video pengamen memaksa minta uang di salah satu minimarket di Jalan Braga, Selasa, 11 Mei 2021. (instagram@infojawabarat)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Beberapa waktu lalu, sempat viral sebuah video yang memperlihatkan bentrokan antara dua pengamen dan seorang warga yang terjadi di salah satu minimarket Jalan Braga Kota Bandung, Selasa, 11 Mei 2021. Rupanya kejadian semacam itu sudah sering terjadi di wilayah Alun-Alun Kota Bandung dan banyak warga yang merasa resah dengan para pengamen yang meminta uang dengan memaksa. 

Dalam video CCTV, telihat seorang pemuda yang sedang duduk sendirian. Lalu, ada dua pengamen yang mendekatinya dan mempersembahkan lagu. Namun, pemuda itu beranjak dari duduknya tanpa memberi uang. 

Pengamen yang tampak tidak terima dengan penolakan itu pun menghampiri pemuda itu. Setelah memberikan gitar kepada rekannya, pengamen yang mengenakan topi pun menarik kerah pemuda tersebut. 

Seorang disc jokey (DJ) dan pemilik rental mobil di Bandung yang memperkenalkan dirinya dengan nama Lugie, menceritakan pengalaman dirinya yang sampai terlibat baku hantam dengan pengamen di dekat Gedung Asia-Afrika. Pengamen tersebut tidak terima saat diberi uang Rp2 ribu.

"Waktu itu saya lagi makan tahu gejrot berdua dengan teman perempuan. Lalu datang dua pengamen, saya kasih Rp2 ribu. Terus, ada lagi pengemis yang meminta-minta, dikasih lagi Rp2 ribu. Selang sekitar 10 menit, ada tiga orang pengamen yang saya kasih Rp2 ribu juga, tapi malah nyanyi terus dalam keadaan mabuk," ujar Lugie. 

Setelah itu, Lugie pun memutuskan untuk pergi, namun salah seorang pengamen menarik tangan temannya. Emosi Lugie pun tersulut dan dia menegur pengamen tersebut. 

"Saya sudah mau pergi, tahunya teman perempuan saya itu ditarik tangannya dari belakang, dan pengamennya bilang 'nu bener weh piraku merena dua rebu (yang benar saja, masa memberinya Rp2 ribu)'. Saya emosi, dan saya bilang 'emang kudu sabaraha, bos (memangnya harus berapa, bos)' dengan nada tinggi supaya setidaknya orang-orang bisa tahu dan membantu. Tapi, rupanya orang-orang malah diam saja," kata Lugie. 

Para pengamen itu pun mengajak Lugie baku hantam. Akhirnya Lugie pun dikeroyok tiga orang. Setelah dipisahkan keamanan dari Hotel Ibis, Lugie pun menyadari telepon genggam dan dompetnya hilang. 

"Setelah saya dikeroyok, entah bagaimana telepon genggam dan dompet saya hilang," ungkap Lugie. 

Seorang warga bernama Megantara Wildan Triyana, seorang teknisi di Kota Bandung, menceritakan dirinya pernah dipepet ke tembok oleh pengamen di sekitar Alun-alun. Megantara pun mencium bau alkohol dari pengamen yang menyanyikan lagu kepadanya. 

"Saya pernah sampai dipepet ke sisi tembok. Mereka seperti memalak, bukan mengamen. Ditambah lagi mulut mereka juga bau alkohol," ujar Megantara.

Agak jauh sedikit dari pusat keramaian Alun-alun, tepatnya di Jalan Kepatihan, seorang penata rias bernama Herlina Susanti bahkan nyaris dipukul oleh gitar oleh pengamen yang marah saat tidak diberi uang. Pengamen itu pun pergi dan sempat meludah ke arah Herlina yang saat itu sedang berada di atas angkot. 

"Pernah mau dipukul, hampir kena. Tapi akhirnya diludahi. Ludahnya kena tangan saya dan kena bayi di sebelah saya," tutur Herlina. 

Selanjutnya, ada pengalaman dari Rorin Rofil, seorang perantau asal Padang yang menceritakan pengalaman tidak mengenakkan saat dia sedang di sekitar Pasar Baru. Dia dan ibunya sedang duduk di sekitar lokasi saat mereka dihampiri oleh pengamen yang tidak terima diberi uang Rp500. 

"Waktu itu dikasih Rp500 perak, terus pengamennya malah mempelototi ibu saya. Saya pun menegur pengamen itu dan bilang, 'ada apa mempelototi ibu saya'?" ujar Rorin. 

Pengamen itu pun mempelototi Rorin sampai akhirnya ibu Rorin memberi pengamen itu uang Rp2 ribu. Barulah pengamen tersebut pergi. 

"Setelah dikasih Rp2 ribu, akhirnya dia (pengamen) pergi," kata Rorin. 

Lalu, ada juga pengalaman dari seorang pengusaha perawatan sepatu bernama Ecky Permana. Jika tidak diberi uang, biasanya pengamen akan tetap menerima jika diberi rokok. Namun, saat Ecky memberi rokok kepada pengamen di depan Kimia Farma Jalan Braga, rokok itu dilempar balik ke wajah Ecky.

"Saya sedang tidak ada receh, akhirnya pengamen itu saya kasih rokok sebatang, tapi malah dilempar ke wajah saya," ujar Ecky. 

Di sekitar Alun-alun Kota Bandung memang tidak sedikit pengamen yang memaksa para pengunjung untuk memberi uang. Dari kesaksian beberapa orang, para pengamen itu akan melakukan kekerasan dalam berbagai bentuk jika tidak diberi uang sesuai yang diharapkan, entah itu melalui kekerasan verbal, nonverbal, bahkan fisik. 

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Rumah di Astanaanyar Bandung Dilalap Api

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 21:14 WIB

Kebakaran melanda rumah di Jalan Astanaanyar, Gang Etit, Kelurahan Nyengseret, Kota Bandung, Sabtu 19 Juni 2021.

Bandung Raya - Bandung, Rumah di Astanaanyar Bandung Dilalap Api, Informasi Kebakaran Bandung,kebakaran astanaanyar,kebakaran Bandung,Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung

Covid-19 Kecamatan Antapani Tertinggi, Tembus 120 Kasus Aktif

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:33 WIB

Kecamatan Antapani hingga saat ini masih menjadi kecamatan dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi di Kota Bandung.

Bandung Raya - Bandung, Covid-19 Kecamatan Antapani Tertinggi, Tembus 120 Kasus Aktif, Kasus Covid-19 Antapani,Kasus Covid-19 Kota Bandung,covid-19 kota bandung melonjak,Pusicov Kota Bandung,data covid-19 kota bandung terbaru

Melonjak, Kasus Aktif Covid-19 Kota Bandung Naik 190 Dalam Sehari

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:23 WIB

Kota Bandung termasuk salah satu dari sejumlah daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 selepas libur...

Bandung Raya - Bandung, Melonjak, Kasus Aktif Covid-19 Kota Bandung Naik 190 Dalam Sehari, Kasus Covid-19 Bandung,kasus covid-19 bandung hari ini,covid-19 kota bandung melonjak,Pusicov Kota Bandung

Viral! Pengendara Mobil Halangi Ambulans Sambil Acungkan Jempol ke Baw...

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:08 WIB

Menurut keterangan, ambulans tersebut sedang melakukan penjemputan dan pengantaran pasien dari Depok menuju Rumah Sakit...

Bandung Raya - Bandung, Viral! Pengendara Mobil Halangi Ambulans Sambil Acungkan Jempol ke Bawah, video viral,video viral halangi ambulans,video halangi ambulans

Sejumlah Jalan Kota Bandung Ditutup, Polisi: Kafe Hanya Boleh Take Awa...

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:30 WIB

Hal ini dilakukan untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 Kota Kembang.

Bandung Raya - Bandung, Sejumlah Jalan Kota Bandung Ditutup, Polisi: Kafe Hanya Boleh Take Away, penutupan jalan Bandung,Waktu penutupan jalan Bandung,dine in bandung,ppkm mikro kota bandung,aturan wisata kota bandung

Polisi Bubarkan Kerumunan Warga di Pusat Kota Bandung

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:48 WIB

Titik pembubaran kerumunan mayoritas berada di pusat kota.

Bandung Raya - Bandung, Polisi Bubarkan Kerumunan Warga di Pusat Kota Bandung, covid-19 kota bandung,Update Covid-19 Kota Bandung,kerumunan kota bandung,PPKM Mikro Bandung,Polrestabes Bandung

Selama Pandemi, Pedagang di Kecamatan Coblong Tak Pernah Dapat Bantuan

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 07:50 WIB

Bantuan terhadap UMKM, program Kartu Prakerja, ataupun dana bantuan lainnya nyatanya tak sampai kepada para pedagang, kh...

Bandung Raya - Bandung, Selama Pandemi, Pedagang di Kecamatan Coblong Tak Pernah Dapat Bantuan, Pedagang di Kecamatan Coblong,Bantuan masyarakat miskin,Bantuan Covid-19,pedagang kuliner di Coblong,Bantuan UMKM,Program Kartu Prakerja,pedagang kelas bawah,Cerita pedagang kelas bawah Coblong

Masjid Al-Imtizaj, Masjid Indah Bernuansa Tionghoa di Sudut Kota Bandu...

Bandung Sabtu, 19 Juni 2021 | 07:27 WIB

Masjid Al-Imtizaj ini sekilas tidak terlihat seperti Masjid pada umumnya, melainkan seperti sebuah Kelenteng.

Bandung Raya - Bandung, Masjid Al-Imtizaj, Masjid Indah Bernuansa Tionghoa di Sudut Kota Bandung, Masjid Al-Imtizaj,Sejarah Masjid Al-Imtizaj,Fakta Sejarah Masjid Al-Imtizaj,Cerita Masjid Al-Imtizaj,kaum muslim keturunan Tionghoa,komunitas muslim Tionghoa
dewanpers