web analytics

Waspada! Lonjakan Kasus Covid-19 Mengintai

clockSenin, 17 Mei 2021 20:34 WIB userGelar Aldi S
Bandung Raya - Bandung, Waspada! Lonjakan Kasus Covid-19 Mengintai , Lonjakan Kasus COVID-19,Kasus COVID-19 Usai Libur Lebaran,Kasus Covid-19 Kota Bandung,COVID-19,berita bandung hari ini,lebaran,Wisata Lebaran,Wisata Bandung

Penanganan pasien positif covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Libur Lebaran 1442 Hijriah begitu singkat, terhitung mulai 13 - 16 Mei 2021.

Meski kilat, bukan berarti hal tersebut tak dimanfaatkan oleh warga untuk piknik ke tempat wisata, terlebih adanya larangan mudik dari 6 -17 Mei 2021 sehingga diprediksi objek wisata lokal akan jadi sasaran warga.

Hal tersebut terbukti ketika ayobandung.com mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Bandung.

Bandung Zoological Garden (Bazooga), misalnya. Ketika ke sana pada Minggu, 16 Mei 2021, Marketing Communication Bazooga, Sulhan Syafi'i menyebut pengunjung mencapai 8.000 orang. Angka itu turun 20 persen dibandingkan hari sebelumnya, Sabtu (15 Mei 2021) yang mencapai 10.000-an pengunjung. 

Lalu di Taman Lalu Lintas (TLL). Pejabat sementara Administratur TLL, Hadi Purwanto mencatat sekitar 3.000-an pengunjung yang piknik ke TLL pada Minggu, 16 Mei 2021.

Wisata Dibuka Tentu dengan Protokol Kesehatan Ketat

Sulhan Syafi'i mengatakan, pihaknya melakukan buka tutup pintu masuk di gerbang Kebun Binatang demi mengantisipasi kerumunan pengunjung.

Ia melakukan demikian selain karena menerapkan protokol kesehatan terkait 50 persen kapasitas, juga demi ketertiban di kawasan Kebun Binatang.

"Antisipasinya seperti kemarin, kita akan lakukan tiga kali buka tutup gebang. Jadi, (pengunjung) yang sudah keluar sekian puluh, nanti yang antre bisa masuk," katanya ketika ditemui di Kebun Binatang, Minggu 16 Mei 2021.

Demi menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Sulhan Syafi'i menyatakan pihaknya menempatkan 11 petugas Satgas Covid-19  di Kebun Binatang. 

"Tiga petugas keliling di area dalam, untuk mengingatkan pengunjung akan prokes," ujarnya.

Sedangkan di TLL, Hadi Purwanto menjelaskan pihaknya memberlakukan semprot disinfektan terhadap wahana dan fasilitas yang telah digunakan oleh pengunjung.

Tak hanya itu, di pintu gerbang masuk TLL pun, pengunjung harus dicek suhu terlebih dahulu, mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan, serta antre dengan tetap menjaga jarak dan selalu mengenakan masker ketika di lokasi.

"Semua wahana disemprot disinfektan setelah digunakan," ucapnya.

Tak hanya terapkan prokes, TLL juga dijaga oleh Satpol PP dalam menegakkan prokes. Hadi menyatakan, Satpol PP itu ditugaskan dalam mengantisipasi kerumunan yang akan terjadi ketika mengantre di luar bahkan di dalam TLL.

Potensi Lonjakan Kasus COVID-19 Pascalibur Lebaran

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dalam melakukan tes rapid antigen acak di sejumlah tempat wisata di Kota Bandung.

Tes rapid antigen acak itu bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan khususnya dari wilayah aglomerasi Bandung Raya, pada libur Lebaran 2021.

Hasilnya, ketika diadakan tes rapid antigen untuk pengunjung di Bazooga pada Minggu, 16 Mei 2021, tercatat sebanyak enam orang yang hasilnya positif dari tes tersebut.

"Sudah dilakukan sebanyak 324 tes kepada pengunjung, dan ada enam orang yang positif," ujar Girindra, Kasie Survailance dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung kepada Ayobandung.com di lokasi, Minggu, 16 Mei 2021.

Sedangkan di TLL, Hadi Purwanto mendapatkan data bahwa pengunjung TLL terdapat satu orang yang positif pada Senin, 17 Mei 2021.

Namun, bila merujuk data covid19.bandung.go.id angka kasus COVID-19 di Kota Bandung bertambah hingga 176 kasus dari rentang 13 -15 Mei 2021.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana mengatakan, siklus kenaikan kasus COVID-19 akan terlihat jelas pada dua minggu setelah libur Lebaran.

"Siklus kenaikan kita ketahui itu 2 minggu setelah libur," katanya.

Demi mengantisipasi lonjakan, Pemkot Bandung akan memastikan fasilitas kesehatan bisa digunakan sepenuhnya. Ia menyatakan, untuk libur Lebaran ia memprediksi puncak membludaknya wisatawan pada Sabtu dan Minggu, 15 - 16 Mei 2021.

"Tentunya fasilitas kesehatan akan kita siapkan, penyekatan juga diperpanjang, nanti kita akan tes rapid antigen acak lagi," jelasnya.

Berkaca pada tahun sebelumnya, efek dari mobilitas warga pada waktu libur Lebaran pada 22 - 25 Mei 2020, tepatnya pada 6 Juni sampai akhir Juni 2020, terjadinya peningkatan kasus COVID-19 sampai 70-90 persen. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, Dewi Nur Aisyah.

Kasus itu berpotensi akan bertambah terutama pada libur Lebaran 2021 terlebih kini Kota Bandung di seluruh Kecataman sedang dalam zona oranye. Zona itu, merujuk pada covid19.go.id, merupakan zona dengan risiko sedang penyebaran COVID-19.

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi mengingatkan risiko lonjakan kasus COVID-19 pasca-Idulfitri, walau Pemerintah telah mengumumkan larangan mudik, dan terlebih kini destinasi wisata lokal akan menjadi santapan masyarakat.

Ia membeberkan, setidaknya ada tiga faktor yang menjadi risiko lonjakan kasus COVID-19. Pertama, adanya sejumlah klaster yang muncul dalam beberapa bulan terakhir.

Kedua, ia melanjutkan, momentum idul fitri, arus mudik dan arus balik. Terakhir, adanya virus corona dengan varian baru yang telah masuk ke Indonesia. Di sisi lain, masyarakat juga masih abai terhadap protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan 5M, yakni memakai Masker, Mencuci Tangsn, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Membatasi Mobilitas tetap wajib dilakukan," kata Adib dalam keterangan pers IDI, Selasa, 11 Mei 2021.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Kondisi Terkini Ketua AKAR Jabar Usai Dilarikan ke RSHS akibat Percoba...

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:45 WIB

Pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menjelaskan kondisi terkini mengenai Ketua Asosiasi Kafe dan Resto (AKAR)...

Bandung Raya - Bandung, Kondisi Terkini Ketua AKAR Jabar Usai Dilarikan ke RSHS akibat Percobaan Bunuh Diri, Ketua AKAR Jabar,Percobaan Bunuh Diri,RSHS,Kondisi Terkini,Gan Bondille,Balai Kota

Isi Rekaman Ketua AKAR Jabar Sebelum Coba Bunuh Diri

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:55 WIB

Sebelum mencoba bunuh diri, Bon-bon, memberikan rekaman suara yang ditujukan kepada sejumlah wartawan.

Bandung Raya - Bandung, Isi Rekaman Ketua AKAR Jabar Sebelum Coba Bunuh Diri, Isi Rekaman,Ketua AKAR Jabar,Bunuh Diri,Gon Bonddilie

Pria Diduga Ketua AKAR Jabar Coba Lakukan Bunuh Diri di Depan Balkot B...

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:24 WIB

Pria tersebut diduga merupakan Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Jawa Barat, Gan Bondille.

Bandung Raya - Bandung, Pria Diduga Ketua AKAR Jabar Coba Lakukan Bunuh Diri di Depan Balkot Bandung, Ketua Harian AKAR Jabar,percobaan bunuh diri Balai Kota Bandung,Balai Kota Bandung,bunuh diri Bandung

Buruh Bandung: Semakin Ngeri Kondisi di Lapangan

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:40 WIB

Perwakilan dari Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (Forkom SP/SB) Kota Bandung, Hermawan mengatakan, kondisi...

Bandung Raya - Bandung, Buruh Bandung: Semakin Ngeri Kondisi di Lapangan, Buruh Bandung,buruh terdampak pandemi,Forkom SP/SB Kota Bandung,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kota Bandung

Alhamdulillah! Ojek Pangkalan hingga Tukang Becak Kini Dapat Bansos Co...

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:00 WIB

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat membagikan bantuan sosial atau...

Bandung Raya - Bandung, Alhamdulillah! Ojek Pangkalan hingga Tukang Becak Kini Dapat Bansos Covid-19, Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi,kemenhub,Ridwan Kamil,Bansos Covid-19

Update Covid-19 Kota Bandung 4 Agustus 2021: Rancasari Tertinggi

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:31 WIB

Saat ini kasus positif Covid-19 di Kota Bandung terus meningkat. Rancasari masih menjadi kecamatan dengan kasus Covid-19...

Bandung Raya - Bandung, Update Covid-19 Kota Bandung 4 Agustus 2021: Rancasari Tertinggi, Update Covid-19 Kota Bandung,covid-19 kota bandung,data covid-19 Kota Bandung,data covid-19 kota bandung terbaru,Data Covid-19 Bandung,data covid-19 kota bandung hari ini

Ingin Berdonasi untuk Satwa Kebun Binatang Bandung? Begini Caranya

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:25 WIB

Sulhan merinci, bantuan pakan bisa berupa daging sapi, daging ayam, buah-buahan, sayur-sayuran, dan pakan lainnya. Warga...

Bandung Raya - Bandung, Ingin Berdonasi untuk Satwa Kebun Binatang Bandung? Begini Caranya, Cara donasi ke Kebun Binatang Bandung,donasi pakan satwa Kebun Binatang Bandung,Pakan Satwa Kebun Binatang Bandung,Kebun Binatang Bandung

Prakiraan Cuaca 4 Agustus 2021, Kota Bandung Hujan Petir

Bandung Rabu, 4 Agustus 2021 | 05:35 WIB

Cuaca Kota Bandung hari ini, Rabu (4/8/2021) diprediksi hujan petir pada siang hingga sore hari.

Bandung Raya - Bandung, Prakiraan Cuaca 4 Agustus 2021, Kota Bandung  Hujan Petir, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,Cuaca Bandung Terkini

artikel terkait

dewanpers
arrow-up