web analytics
  

5 Aplikasi Video Call yang Cocok untuk Silaturahmi Idulfitri

Rabu, 12 Mei 2021 11:11 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Gadget, 5 Aplikasi Video Call yang Cocok untuk Silaturahmi Idulfitri, aplikasi silaturahmi idulfitri,aplikasi video call,silaturahmi idulfitri,lebaran,WhatsApp,Google Meet,Google Duo,line,FaceTime

Google Meet (Google)

LEMGKONG, AYOBANDUNG.COM--Silaturahmi secara virtual menjadi kebiasaan saat Idulfitri di saat pandemi Covid-19.

Menggunakan aplikasi video call bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi orang tua yang tidak terbiasa menggunakan ponsel dan teknologi digital.

Berikut ini beberapa aplikasi video call untuk silaturhami Idulfitri:

1. WhatsApp

Aplikasi ini paling familiar bagi warganet Indonesia, baik untuk pesan singkat, pesan suara (voice call) dan panggilan video (video call).

Panggilan video lewat WhatsApp bisa digunakan untuk delapan orang, sangat cocok jika anggota keluarga berjumlah kurang dari delapan orang.

Untuk menggunakan panggilan video, buka obrolan atau chat dengan orang yang ingin diajak pertemuan virtual, kemudian ketuk ikon kamera untuk mulai video call.

Jika ingin panggilan video dengan delapan orang, cara paling mudah adalah dengan membuat grup berisi orang-orang yang ingin dihubungi, kemudian ketuk ikon video call.

Cara lainnya, bukan tab panggilan atau Call, kemudian pilih ikon untuk membuat panggilan baru, tambahkan kontak orang-orang yang ingin dihubungi.

Penerima akan mendapat notifikasi panggilan video dan cukup menggeser tombol hijau untuk memulai.

2. LINE

Aplikasi LINE juga populer di mata pengguna internet Indonesia dan cukup mudah digunakan, yang bisa menampung hingga 20 orang.

Panggilan video di LINE bisa dilakukan lewat grup, cukup ketuk ikon telepon, kemudian pilih video call untuk memulai pertemuan.

Jika tidak punya grup, kunjungi tab obrolan atau chat, ketuk ikon kamera video di layar atas.

Ketuk undang atau invite untuk memasukkan kontak yang ingin diajak Lebaran virtual. Jika sudah, ketuk "start" untuk memulai panggilan video.

3. Google Meet

Platform konferensi video dari Google ini sebenarnya sering digunakan untuk rapat virtual atau sekolah online, namun, cukup mudah digunakan sehingga cocok juga untuk pertemuan virtual saat Lebaran nanti.

Google Meet sangat cocok digunakan jika ingin Lebaran virtual dengan keluarga besar karena bisa menampung hingga 100 peserta.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, hingga Juni nanti, pengguna akun gratis bisa menggunakan Meet selama 60 menit per pertemuan.

Google Meet terasa mudah digunakan terutama oleh pengguna Android karena kini terintegrasi dengan Gmail. Cukup buka akun Gmail dan pilih "Meet" di bagian kanan bawah layar, kemudian ketuk "New Meeting" untuk membuat pertemuan baru.

Bagikan tautan pertemuan lewat aplikasi pesan instan, penerima cukup mengetuk tautan tersebut atau buka Gmail, pilih Meet kemudian masukkan kode pertemuan.

4. Google Duo

Aplikasi bawaan dari Google Android ini juga bisa dimanfaatkan untuk silaturahmi saat Lebaran nanti, meski pun peserta tidak sebanyak Google Meet.

Google Duo bisa digunakan untuk pertemuan virtual berisi maksimal 32 orang, syaratnya, setiap orang sudah memasang aplikasi ini di ponsel.

Ketuk "create group" untuk membuat grup konferensi video, kemudian tambahkan kontak orang-orang yang ingin diajak panggilan video.

Aplikasi Google Duo dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menambah keseruan saat berkomunikasi, salah satunya filter berbasis augmented reality.

5. FaceTime

Aplikasi FaceTime hanya tersedia untuk pengguna perangkat Apple, yakni iPhone, iPad, Mac dan MacBook.

Buka aplikasi FaceTime dan cari kontak orang yang ingin dihubungi, kemudian ketuk ikon kamera untuk mulai panggilan video.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Tamagotchi Kembali Hadir, Dulu Telur Kini Bentuknya Smartwatch

Gadget Minggu, 20 Juni 2021 | 16:37 WIB

Anak generasi 90-an sudah tak asing dengan permainan Tamagochi.

Bisnis - Gadget, Tamagotchi Kembali Hadir, Dulu Telur Kini Bentuknya Smartwatch, Tamagotchi,Tamagotchi Smart,Smartwatch

Dirilis 22 Juni, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo V21 Terbaru

Gadget Sabtu, 19 Juni 2021 | 13:24 WIB

Ponsel ini merupakan seri lanjutan dari Vivo V21 5G yang diluncurkan sebulan lalu.

Bisnis - Gadget, Dirilis 22 Juni, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo V21 Terbaru, Vivo V21,Harga Vivo V21,Harga Vivo V21 5G,Spesifikasi Vivo V21,Spesifikasi Vivo V21 5G,Peluncuran Vivo V21,Harga Vivo V21 Terbaru

Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G, Mana HP 5G Termurah?

Gadget Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:40 WIB

Memiliki spesifikasi yang sangat mirip, persaingan Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G akan sangat menarik dilihat. Apalagi ru...

Bisnis - Gadget, Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G, Mana HP 5G Termurah?, Realme 8 5G,Spesifikasi Realme 8 5G,Harga Realme 8 5G,POCO M3 Pro 5G,Harga POCO M3 Pro 5G,Spesifikasi POCO M3 Pro 5G,Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G,HP 5G Termurah,HP 5G Paling Murah

Leica Rilis HP Pertama Leitz Phone 1, Segini Harganya

Gadget Sabtu, 19 Juni 2021 | 09:54 WIB

Produsen kamera kenamaan, Leica kini melebarkan sayap dan merilis HP pertama dari keluarganya yaitu Leitz Phone 1.

Bisnis - Gadget, Leica Rilis HP Pertama Leitz Phone 1, Segini Harganya, HP Pertama Leica,Leica,HP Leica,Harga HP Leica,Leitz Phone 1,Spesifikasi Leitz Phone 1,Harga Leitz Phone 1,Jeroan Leitz Phone 1,Kamera Leitz Phone 1,kamera selfie Leitz Phone 1

Siap-Siap Upgrade OS ke Windows 11, Gratis!

Gadget Jumat, 18 Juni 2021 | 15:00 WIB

Sistem operasi ini diyakini akan tersedia gratis untuk pengguna Windows 10, Windows 8.1, hingga Windows 7.

Bisnis - Gadget, Siap-Siap Upgrade OS ke Windows 11, Gratis!, Upgrade,OS,Windows 11,Windows 10,Windows 8.1

Daftar Harga HP Android Nokia Terbaik Juni 2021, Mulai Rp400 Ribuan

Gadget Jumat, 18 Juni 2021 | 14:49 WIB

Ada HP Nokia yang menarik untuk dilirik. Terdapat sejumlah seri yang bisa dijadikan andalan sehari-hari.

Bisnis - Gadget, Daftar Harga HP Android Nokia Terbaik Juni 2021, Mulai Rp400 Ribuan, HP Android Nokia,Harga HP Android Nokia,Daftar HP Android Nokia,Daftar Harga HP Android Nokia,daftar harga HP Nokia Juni 2021

Daftar HP NFC hingga 5G Termurah, Harga Mulai Rp1 Jutaan!

Gadget Jumat, 18 Juni 2021 | 08:58 WIB

HP murah rekomendasi ini rata-rata sudah dilengkapi dengan chipset kelas menengah seperti Snapdragon seri 600 (bahkan...

Bisnis - Gadget, Daftar HP NFC hingga 5G Termurah, Harga Mulai Rp1 Jutaan! , Daftar HP Termurah Juni 2021,HP Murah,HP 5G Murah,HP NFC Murah,daftar HP murah spek dewa,HP murah spek dewa terbaik

3 Cara Paling Mudah Download Free Fire di PC atau Laptop

Gadget Kamis, 17 Juni 2021 | 15:59 WIB

Game paling populer saat ini, Free Fire banyak dimainkan para pecinta game nasional. Untuk menghasilkan kualitas games...

Bisnis - Gadget, 3 Cara Paling Mudah Download Free Fire di PC atau Laptop , Free Fire,Game Free Fire,Cara Download Game di PC,Laptop,FF

artikel terkait

dewanpers