web analytics
  

Daur Ulang Sampah Jadi Cuan, Bank bjb Jalin Kerja Sama dengan Octopus

Jumat, 7 Mei 2021 12:54 WIB Administrator
Bisnis - Finansial, Daur Ulang Sampah Jadi Cuan, Bank bjb Jalin Kerja Sama dengan Octopus, bank bjb,Octopus,bank bjb peduli lingkungan,Daur Ulang Sampah

Daur Ulang Sampah jadi Cuan, Bank bjb Jalin Kerja Sama dengan Octopus. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam setahun terakhir aplikasi Octopus menjadi perhatian warga terutama yang peduli lingkungan karena aplikasi tersebut dapat memberdayagunakan sampah secara sistematis sehingga memiliki nilai lebih. 

Octopus adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya menyetorkan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang. Penggunanya dengan target utama anak muda yang sudah peduli lingkungan. 

Octopus memiliki 3 mobile apps, yaitu untuk pengguna (consumers), pelestari (waste collectors), dan pebisnis produksi sampah (checkpoints). 

Ketiga aplikasi bersinergi dengan baik, hingga selama 6 bulan terakhir, Octopus berhasil mengumpulkan 9,9 juta produk sampah dari pengguna. Bahkan salah satu pelestari Octopus dapat meraih penghasilan sejumlah Rp10,4 juta rupiah dalam satu bulan pada Oktober 2020.

Octopus dibesut oleh tujuh orang dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Mereka adalah lulusan kampus dari Amerika Serikat seperti Harvard Business School dan MIT, dan UC Berkeley.  

CEO sekaligus co-founder Octopus, Moehammad Ichsan, mengatakan Octopus melakukan proyek pilot pertama di Makassar pada 2020. Sedangkan Hamish Daud Wylie yang merupakan suami penyanyi Raisa kini menjadi Chief Marketing Officer Octopus.

Saat ini Octopus Indonesia memiliki lebih dari 75.000 pengguna aplikasi, 9000 lebih mitra pengepul dan 2065 bank sampah tempat Pelestari menyetorkan sampah untuk diangkut. Aplikasi Octopus hadir di kota Makassar, Badung, Gianyar, Denpasar, dan Bandung.

Octopus Indonesia yang berada di Bandung ini dimanfaatkan dalam proses daur ulang sampah plastik oleh PT Namasindo Plas Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. 

Pusat daur ulang sampah plastik tersebut menerima setidaknya 60 ton sampah plastik dari Bali setiap pekannya. Menurut catatan Dinas Lingkungan Hidup Jabar, jumlah sampah plastik yang dapat didaur ulang mencapai 6.400 ton di seluruh Jawa Barat.

Saat ini, mekanisme yang ada di aplikasi Octopus yaitu sampah yang dikumpulkan akan dikonversikan menjadi poin yang bisa ditukar menjadi uang tunai melalui proses tarik tunai di dalam aplikasi Octopus. Tak cuma menjadi poin, sampah juga bisa ditukar dengan voucher yang dapat digunakan sebagai discount di coffee shop yang bekerja sama dengan Octopus.

Bank bjb Peduli Lingkungan

Apa yang dilakukan oleh Octopus selaras dengan nilai go spirit Bank bjb pada poin respect, yakni peduli lingkungan. Oleh karena itu, Bank bjb hadir untuk memberikan opsi sebagai media transaksi pembayaran dari pihak pelestari yang mengangkut sampah ke pihak customer (warga) dengan menggunakan produk Digicash. 

Untuk fase selanjutnya, tidak menutup kemungkinan juga dikembangkan untuk transaksi pembayaran dari pihak bank sampah sebagai pihak akhir penerima sampah warga ke pihak pelestari di aplikasi pelestari, serta integrasi fitur pembayaran pajak dan pembelian pulsa yang ada di dalam Digicash ke dalam aplikasi Octopus ini.

Dengan kerja sama ini, Bank bjb akan menambah fee based income melalui integrasi dengan aplikasi Octopus. Sementara di pihak Octopus akan mempermudah pengguna dalam memanfaatkan pengumpulan sampah rumah tangga dan bisa memanfaatkan fitur-fitur Digicash seperti pembayaran pajak dan pembelian pulsa hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, mengatakan pihaknya akan proaktif mengembangkan sistem transaksi pembayaran dari pihak pelestari hingga ke warga.

"Tentunya bank bjb akan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan Octopus ataupun pihak lain yang peduli lingkungan terutama yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat itu sendiri dan menciptakan ruang pertumbuhan usaha baru," kata Widi.

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Berapa Sih Biaya Buat Jadi Fotografer ?

Finansial Rabu, 23 Juni 2021 | 15:30 WIB

berapa biaya yang dibutuhkan jika anda ingin menjadi seorang fotografi dengan peralatan kamera digital.

Bisnis - Finansial, Berapa Sih Biaya Buat Jadi Fotografer ?, Fotografi,Fotografer,Finansial

Realisasikan Proyek Geo Dipa, BNI Biayai 2 PLTP

Finansial Rabu, 23 Juni 2021 | 15:09 WIB

Seiring dengan upaya nasional untuk meningkatkan komposisi energi terbarukan didalam bauran sumber energi pembangkit lis...

Bisnis - Finansial, Realisasikan Proyek Geo Dipa, BNI Biayai 2 PLTP, bni

bank bjb Dukung Kesejahteraan Petani Jagung Lewat KUR Petani Milenial

Finansial Rabu, 23 Juni 2021 | 14:42 WIB

Di tengah perekonomian negara yang merosot akibat pandemi Covid-19, sektor pertanian masih menjadi harapan.

Bisnis - Finansial, bank bjb Dukung Kesejahteraan Petani Jagung Lewat KUR Petani Milenial, Petani Jagung,KUR Petani Milenial,Petani Milenial,bank bjb,Pandemi Covid-19

Harga Emas Antam Bandung 23 Juni 2021 Turun Rp2.000

Finansial Rabu, 23 Juni 2021 | 11:35 WIB

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) berada di angka Rp930.000 per gram pada Rabu, 23 Juni 2021, atau turun Rp2....

Bisnis - Finansial, Harga Emas Antam Bandung 23 Juni 2021 Turun Rp2.000, Harga emas Antam,Harga emas Antam hari ini,emas antam,Emas batangan Antam,Harga Emas,Harga Emas Hari ini

Kasus Dugaan Skiming Bank BNI, Polda Jatim Turun Tangan

Finansial Selasa, 22 Juni 2021 | 20:52 WIB

Kasus dugaan skiming yang dialami nasabah BNI di Kabupaten Gresik membuat Polda Jatim siap turun tangan.

Bisnis - Finansial, Kasus Dugaan Skiming Bank BNI, Polda Jatim Turun Tangan, ATM BNI,Skiming BNI,Dana Nasabah BNI Hilang,Dana Nasabah BNI Raib

Bank BNI Terancam Pasal Berlapis Akibat Lalai Jaga Dana Deposito Nasab...

Finansial Selasa, 22 Juni 2021 | 20:13 WIB

Bank BNI Terancam Pasal Berlapis Akibat Lalai Jaga Dana Deposito Nasabah!

Bisnis - Finansial, Bank BNI Terancam Pasal Berlapis Akibat Lalai Jaga Dana Deposito Nasabah!, Bank BNI,Dana Dana Deposito Nasabah BNI Hilang,Dana Dana Deposito Nasabah BNI Raib,Bank BNI Terancam Pasal Berlapis,BNI Lalai Jaga Dana Deposito Nasabah,bni,bpkn,kasus deposito bni,kasus bni

PT Pos Indonesia Siap Kerja Sama dengan PWI Jabar

Finansial Selasa, 22 Juni 2021 | 17:34 WIB

PT Pos Indonesia siap mempererat komunikasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jawa Barat.

Bisnis - Finansial, PT Pos Indonesia Siap Kerja Sama dengan PWI Jabar, pwi,PWI Jabar,PT POS Indonesia,Hilman Hidayat,PWI Kota Bandung

PT Pos Indonesia Kunjungi Kantor Ayo Media Network

Finansial Selasa, 22 Juni 2021 | 17:16 WIB

PT Pos Indonesia mengunjungi Kantor Ayo Media Network (Ayobandung.com) di Jalan Terusan Halimun Nomor 50 Kota Bandung, S...

Bisnis - Finansial, PT Pos Indonesia Kunjungi Kantor Ayo Media Network, PT POS Indonesia,roberto purba,Hilman Hidayat,PT Ayo Media Network,bismo ariobowo

artikel terkait

dewanpers