web analytics
  

Balada Pemulung Musiman di Jalan Pajajaran Bandung

Selasa, 4 Mei 2021 12:59 WIB Idham Nur Indrajaya
Bandung Raya - Bandung, Balada Pemulung Musiman di Jalan Pajajaran Bandung, pemulung Bandung,pemulung musiman Bandung,pengemis Bandung,pemulung Jalan Pajajaran Bandung,gelandangan Bandung,PMKS musiman Bandung,PMKS,Pemulung

Meningkatnya jumlah pemulung dan pengemis di sekitar Jalan Pajajaran, 1-3 Mei 2021. (Ayobandung.com/Idham Nur Indrajaya)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Orang-orang dengan pakaian yang agak sedikit lusuh karena debu jalanan tampak berjejer di sekitar GOR Padjajaran, Minggu, 2 Mei 2021. Tidak sedikit pengendara yang menepi ke arah mereka untuk memberikan makanan berbuka puasa.

Orang-orang itu membawa barang bawaan yang berbeda-beda. Ada yang membawa gerobak, ada yang membawa becak, dan ada yang membawa karung-karung berbagai jenis.

Di antara mereka yang paling banyak adalah pembawa karung sehingga dalam sekejap mata orang lain pasti mengenali mereka sebagai pemulung. 

Namun, ada yang janggal dari keberadaan mereka. Mereka tidak seperti pemulung lainnnya yang sibuk mencari-cari benda di sekitar yang sekiranya bisa ditimbang untuk dijual. Bahkan, dari hasil pantauan Ayobandung.com, sudah tiga hari mereka berada di lokasi yang sama. 

Mereka hanya duduk sambil memperhatikan jalan yang ramai oleh kendaraan. Setiap kali ada sepeda motor yang menepi sambil membawa kantung plastik berisi sejumlah nasi boks, mereka seolah sudah mengerti apa yang harus mereka lakukan, yaitu berdiri untuk menyambut pemberian dari para pengemudi sepeda motor tersebut.

Pengendara mobil yang menepi sembari membuka kaca pintu pun menjadi semacam sinyal rezeki bagi mereka. Dalam gerombolan-gerombolan yang terpisah dengan jarak-jarak tertentu, mereka terus menerima gelombang pemberian yang baru akan berakhir sekitar 20-30 menit setelah azan maghrib berkumandang. 

Salah seorang pemulung yang tampak seperti ibu-ibu berusia 40 tahun ke atas sempat bertanya ke pria berusia sekitar 30 tahunan yang baru saja datang. Ibu-ibu itu pun bertanya, "Tadi kamu dapat amplop, ya? Isinya berapa?"

Pria itu pun tampak mengelak dari ibu-ibu tersebut sambil berkata, "Nggak ah, tahu dari mana." Namun, ibu-ibu itu tampak memaksa dan mencoba menggeledah tubuh pria itu unruk mencari-cari sesuatu yang mungkin disembunyikan oleh pria yang memang terlihat sudah akrab dengannya. 

Gelombang pemberian yang tak kunjung henti, membuat para pemulung tampak memperoleh kotak-kotak makanan yang tidak sedikit. Bahkan, karung yang mereka bawa isinya bukan lagi benda-benda acak yang biasa dipungut oleh para pemulung, melainkan kotak-kotak makanan yang bertumpuk. 

Selain itu, mereka juga menyimpan takjil dalam jumlah yang cukup banyak. Jika diperhatikan, di dalam karung salah satu pemulung ada sekitar 7-10 kotak makanan. 

Sempat terdengar celetukan dari seorang perempuan separuh baya yang bertanya kepada teman sesama pemulung yang baru berhenti duduk di trotoar sisi jalan ketika mereka akan makan, "Sudah dapat barang belum?"

Ketika sudah tiba waktunya makan, gerombolan-gerombolan yang awalnya terpisah-pisah pun berkerumun untuk membuka isi karung mereka dan menyantap makanan yang sudah mereka terima. 

Ayobandung.com pun sempat mewawancarai salah satu dari mereka yang bernama Oco Sumiyati persis di seberang gerbang GOR Padjajaran. Ternyata, beberapa dari mereka yang bergerombol secara terpisah-pisah itu saling mengenal dan bertetangga. 

“Sudah lama, Ibu nyewa kontrakan di sana (sambil menunjuk ke arah barat daya). Di belakang Koramil (kemungkinan yang dimaksud adalah Koramil Kecamatan Andir). Ini tetangga semuanya (sambil menunjuk ke arah pemulung-pemulung yang lain),” ujar Oco, Minggu, 2 Mei 2021. 

Oco pun memperkenalkan dua orang yang pada saat itu posisinya tidak jauh dari dirinya. Yang satu dikenal dengan panggilan Mak Nar, dan yang satu lagi dikenalkan dengan nama Rodiyah.

Mak Nar dan Rodiyah adalah ibu dan anak yang keduanya memiliki jatah masing-masing dari para pengendara yang lewat untuk memberikan makanan.

Oco mengaku berasal dari Sumedang. Dia pun mengatakan saat ini sangat membutuhkan bantuan karena selain memang tidak memiliki penghasilan tetap, dia pun tidak bisa pulang karena adanya pengetatan di jalur-jalur mudik. 

“Namanya juga orang nggak punya. Mau bagaimana lagi. Ibu ngontrak, sebulannya Rp500.000. Kalau sekarang kan nggak boleh pulang (mudik),” ujar Oco saat mengungkapkan alasannya menunggui kebaikan para pengendara di trotoar Jalan Pajajaran. 

Setelah diwawancarai, Oco dan tetangga-tetangganya meninggalkan lokasi. Entah kenapa, saat Ayobandung.com meninggalkan lokasi dan sengaja memutar kembali ke lokasi di mana Oco dan tetangga-tetangganya berdiam di seberang GOR, terpantau bungkus-bungkus makanan yang ditinggalkan begitu saja.

Padahal, jika mengingat profesi mereka sebagai pemulung, bungkus-bungkus makanan itu kemungkinan bisa dijual lagi ke pengepul. 

Bungkus makanan yang berserakan setelah ditinggalkan oleh para pemulung. (Ayobandung.com/Idham Nur Indrajaya)

Dari pantauan Ayobandung.com, terpantau kira-kira ada 10-12 titik gerombolan pemulung yang berdiam diri di sisi jalan sekitar GOR Pajajaran, termasuk di dekat Stasiun Bandung di Jalan Kebon Kawung.

Dari hasil pantauan, pemulung-pemulung pun bermunculan di sekitar Cilaki dan Jalan Aceh. Namun, jumlah yang paling banyak berada di sekitar GOR Pajajaran. Cukup banyak juga pengendara yang menepi di sekitar lokasi tersebut.

Ada salah satu pemulung di dekat Kimia Farma yang tampak tidak nyaman saat hendak diwawancarai dan diambil gambarnya. Dia pun menyiram sisa air teh kepada Ayobandung.com yang sudah diminumnya sebelum azan Maghrib berkumandang. 

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

SIM Keliling Kota Bandung Tetap Buka di Hari Terakhir Ramadan, Catat L...

Bandung Rabu, 12 Mei 2021 | 05:36 WIB

Layanan SIM keliling online Polrestabes Bandung pada Rabu, 12 Mei 2021, digelar di dua lokasi. 

Bandung Raya - Bandung, SIM Keliling Kota Bandung Tetap Buka di Hari Terakhir Ramadan, Catat Lokasinya, SIM Bandung,perpanjangan sim bandung,Syarat permohonan SIM Bandung,Cara Buat SIM Bandung,SIM Online Polrestabes Bandung,SIM Online Keliling Bandung,Lokasi SIM online Bandung,SIM Keliling Bandung,Jadwal SIM Keliling Bandung,SIM Keliling Polrestabes Bandung

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung di Akhir Ramadan, 12 Mei 2021

Bandung Rabu, 12 Mei 2021 | 03:02 WIB

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung di Akhir Ramadan, 12 Mei 2021

Bandung Raya - Bandung, Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung di Akhir Ramadan, 12 Mei 2021, Waktu imsak Bandung,jadwal imsak Bandung dan sekitarnya,jadwal imsak bandung hari ini,Jadwal imsak bandung,Jadwal Salat Bandung,Waktu salat Bandung,jadwal Salat Bandung hari ini,Waktu salat Bandung dan sekitarnya hari ini,jadwal buka puasa Bandung,waktu b

Hore! Non-ASN Jabar Bakal Terima Tambahan Honor 1 Kali Gaji

Bandung Selasa, 11 Mei 2021 | 23:33 WIB

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengeluarkan kebijakan tambahan honorarium bagi Non-Aparatur Sipil...

Bandung Raya - Bandung, Hore! Non-ASN Jabar Bakal Terima Tambahan Honor 1 Kali Gaji, Non-ASN,Tambahan Honor 1 Kali Gaji,Pemprov Jabar

Survei: Masyarakat Puas Kinerja Pemprov Jabar Tangani Pandemi COVID-19

Bandung Selasa, 11 Mei 2021 | 21:57 WIB

Mayoritas masyarakat Jawa Barat (Jabar) puas dengan kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam menangani pan...

Bandung Raya - Bandung, Survei: Masyarakat Puas Kinerja Pemprov Jabar Tangani Pandemi COVID-19, Pemprov Jabar,Penanganan Pandemi Covid-19,Survei IPRC

Pemkot Bandung Tingkatkan Pengawasan di Pusat Perbelanjaan

Bandung Selasa, 11 Mei 2021 | 17:35 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meningkatkan pengawasan di mal dan pusat perbelanjaan. Hal itu untuk mengantisipasi akt...

Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Tingkatkan Pengawasan di Pusat Perbelanjaan, Pemkot Bandung,Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung,Pengawasan di Pusat Perbelanjaan

Masalah Sampah di Pasar Induk Gedebage Tak Kunjung Usai

Bandung Selasa, 11 Mei 2021 | 17:07 WIB

Ketua Badan Pengawas (BP) Forum Komunkasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat, Dedi Kurniawan mempertanyakan pe...

Bandung Raya - Bandung, Masalah Sampah di Pasar Induk Gedebage Tak Kunjung Usai, Pasar Induk Gedebage,Sampah Pasar Gedebage,Masalah Sampah Kota Bandung,Pemkot Bandung

Mohon Maaf! Takbir Keliling Dilarang

Bandung Selasa, 11 Mei 2021 | 16:43 WIB

Kepala Kementerian Agama Kota Bandung, Tedi Ahmad Junaedi menegaskan larangan akan melakukan takbir keliling pada semala...

Bandung Raya - Bandung, Mohon Maaf! Takbir Keliling Dilarang, Takbir Keliling Dilarang,Dilarang Takbir Keliling,Kemenag Kota Bandung,Takbir Keliling di Kota Bandung

Libur Lebaran, 6 Destinasi Wisata Kota Bandung Jadi Fokus Pantauan Dis...

Bandung Selasa, 11 Mei 2021 | 15:55 WIB

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung akan memfokuskan pemantuan di enam destinasi wisata di Kota Ban...

Bandung Raya - Bandung, Libur Lebaran, 6 Destinasi Wisata Kota Bandung Jadi Fokus Pantauan Disbudpar, Libur Lebaran,Destinasi Wisata Kota Bandung,Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar),Kota Bandung,Idulfitri 1442 Hijriah
dewanpers