web analytics
  

De Jayagiri Padjadjaran, Wisata Kebudayaan dan Edukasi Dalam Satu Kemasan

Minggu, 25 April 2021 06:50 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Wisata, De Jayagiri Padjadjaran, Wisata Kebudayaan dan Edukasi Dalam Satu Kemasan, jayagiri,obyek wisata jayagiri,jayagiri lembang,desa jayagiri lembang,de jayagiri padjadjaran

Obyek Wisata de Jayagiri Padjadjaran (Taupik Saepuloh)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Desa Jayagiri telah dikenal sebagai objek wisata alam yang berlokasi di kaki Gunung Tangkuban Parahu menjadi primadona wisata utama di daerah Bandung Utara sejak tahun 1960 hingga 1990-an.

Pengelola objek wisata De Jayagiri Padjadjaran, Deden Heksaputera Sanusi menuturkan, objek wisata ini digagas untuk mengenalkan kembali ciri khas kebudayaan Sunda dan mengenalkan kembali Jayagiri sebagai wisata alam yang asri.

“Dulu, Jayagiri masih berjaya zaman Presiden Soekarno dan Soeharto sebagai awal tempat wisata yang terkemuka di daerah Bandung Utara sampai ada lagunya, yaitu ‘Melati dari Jayagiri’ yang dinyanyikan Sam Bimbo. Sekarang kita akan mengembalikan kejayaan itu yang sekarang tergerus oleh tempat wisata lain,” tuturnya kepada Ayobandung.com di Desa Jayagiri Lembang, Sabtu, 24 April 2021.

Deden menjelaskan, pihaknya membangun objek wisata ini dengan mengusung konsep wisata alam yang dibalut dengan kebudayaan Padjadjaran, dan pemberdayaan anak yatim piatu dengan menggerakakn warga sekitar dari RW 08 dan RW 16 dalam membantu operasional ke depannya.

“Dengan membuat konsep kebudayaan, contohnya sedang dibangun sekarang yaitu Masjid kuno, pondok kayu, dan nanti juga akan dibangun komplek pondok suku Baduy. Serta nanti kita pun akan membuat pondok yatim yang nantinya akan menampung para anak yatim piatu sekitar Desa Jayagiri untuk diberdayakan secara agamis dan softskill. Warga dekat area (hutan) yaitu RW 8 dan RW 16 pun diberdayakan salah satunya membangun 48 warung yang menyediakan makanan khas Sunda tempo dulu,” jelasnya.

Selain itu, ia memaparkan proyek kedepannya akan ada beberapa wahana edukasi pertanian seperti edukasi kopi, susu murni, dan buah. Serta akan dibangun beberapa wahana yaitu area ATV anak-anak dan dewasa, mobil remote kontrol, Paint Ball, taman labirin obor bambu, arena musik kecapi, kuda lumping, dan memanah.

“Untuk kopi di sini sudah ada pohonnya. Nanti pengolahannya akan dibangun di atas dengan buah seperti strawberry, blueberry, dan lainnya. Jadi, pengunjung dapat menikmati langsung dan bisa menjadi oleh-oleh juga hasilnya,” paparnya.

Objek wisata yang mengusung kebudayaan Padjadjaran kuno di atas lahan 10,11 hektare ini pun mulai beroperasi sesudah hari raya Idulfitri.

“Tinggal menunggu beberapa bangunan awal jadi dulu seperti masjid tradisional, pondok rumah kayu, dan toilet sekarang sedang dibangun bersama warga. Kalau warung sudah jadi, insyaallah kalau tidak ada hambatan sesudah lebaran kita mulai soft opening,” jelas Deden.

Dari sisi perizinan dan lingkungan pun, pihaknya sudah bekerja dengan perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Huta (LMDH) Jayagiri, Pemerintah Desa dan warga sekitar. Serta, tengah membahas konsep untuk pelestarian lingkungan agar tidak tercemar.

“Untuk legalitas PKS dengan Perhutani sudah sejak Oktober 2019. Namun, tahun kemarin terkendala pandemi untuk proses pembangunan,” ungkapnya.

Hal ini pun diungkapkan Sekretaris LMDH Desa Jayagiri, Dede Sukmara, yang berupaya mengatur aliran air beserta serapan limbah. Serta melakukan reboisasi pohon di sekitar hutan sebelum melakukan pembangunan objek wisata.

“Sekarang kan sudah ada toilet dan listrik yang dibangun pengelola, otomatis kita pun akan mengatur salurannya. Sebelum kita melakukan pembangunan pun, kita coba menanam (kembali) pohon di hutan yang roboh oleh bencana alam dan pohon tumbang yang sudah kering,” ungkapnya.

Dia pun memaparkan, Desa Jayagiri yang memiliki luas 676 hektare hingga Gunung Tangkuban Perahu ini harus dimanfaatkan. Namun, tetap bertumpu pada kesehatan lingkungan.

“Kita tetap mementingkan dampak lingkungan, disini lahan hijau telah diatur 90% dan bangunan 10% saja,” pungkasnya. (Taupik Saepuloh)

Editor: Dudung Ridwan

terbaru

Jabar Siapkan Puluhan Ribu Antigen Sasar Destinasi Wisata

Wisata Senin, 10 Mei 2021 | 13:00 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan rapid test antigen secara acak di sejumlah tempat wisata.

Gaya Hidup - Wisata, Jabar Siapkan Puluhan Ribu Antigen Sasar Destinasi Wisata, antigen,wisata,COVID-19,lebaran

Cocok untuk Libur Lebaran, Ini 3 Wisata Air di Alam Purwakarta

Wisata Senin, 3 Mei 2021 | 15:50 WIB

Bermain air bisa menjadi alternatif liburan Lebaran keluarga. Ayopurwakarta.com merekomendasikan 3 wisata air di alam Pu...

Gaya Hidup - Wisata, Cocok untuk Libur Lebaran, Ini 3 Wisata Air di Alam Purwakarta, Taman Batu Cijanun,Pemandian Air Panas Ciracas,Curug Tilu,wisata Purwakarta,Wisata air Purwakarta

3 Wisata Situs Bebatuan Unik di Purwakarta

Wisata Jumat, 30 April 2021 | 14:17 WIB

Wisata alam tentunya bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi karena dinilai lebih aman dari penyebaran Covid-19. Namun, wi...

Gaya Hidup - Wisata, 3 Wisata Situs Bebatuan Unik di Purwakarta, wisata Purwakarta,wisata alam purwakarta,wisata batu Sangkuriang Purwakarta,wisata tebing boyer Purwakarta,Wisata Batu Peti Purwakarta

De Jayagiri Padjadjaran, Wisata Kebudayaan dan Edukasi Dalam Satu Kema...

Wisata Minggu, 25 April 2021 | 06:50 WIB

De Jayagiri Padjadjaran, Wisata Kebudayaan dan Edukasi Dalam Satu Kemasan

Gaya Hidup - Wisata, De Jayagiri Padjadjaran, Wisata Kebudayaan dan Edukasi Dalam Satu Kemasan, jayagiri,obyek wisata jayagiri,jayagiri lembang,desa jayagiri lembang,de jayagiri padjadjaran

Objek Wisata di Lembang Tetap Beroperasi Saat Ramadan

Wisata Rabu, 21 April 2021 | 05:30 WIB

Di objek wisata De Ranch Lembang, penurunan pengunjung mencapai 50% selama Ramadan ini.

Gaya Hidup - Wisata, Objek Wisata di Lembang Tetap Beroperasi Saat Ramadan, Wisata Lembang,de ranch,wisata Lembang buka saat Ramadan,penurunan pengunjung wisata Lembang

4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!

Wisata Senin, 12 April 2021 | 05:53 WIB

Sejak dulu, wisata kota Jalan Braga kesohor dan tak pernah sepi menarik perhatian. Bahkan kini, jantung Kota Bandung itu...

Gaya Hidup - Wisata, 4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!, destinasi wisata di kota Bandung,Jalan Braga,Kuliner di Jalan Braga,wisata kota Jalan Braga,wisatawan Jalan Braga,jantung Kota Bandung,pesona wisata kota Jalan Braga,wisata Braga

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujua...

Wisata Minggu, 11 April 2021 | 18:51 WIB

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan

Gaya Hidup - Wisata, Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan, Wisata Ciwidey,Ramadan

Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh

Wisata Senin, 5 April 2021 | 15:32 WIB

Keunikan objek wisata Bukit Kacapi ini yakni adanya kolam renang yang berada di tengah hamparan perkebunan teh.

Gaya Hidup - Wisata, Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh, Bukit Kacapi,Wisata Tasikmalaya,Wisata kolam renang kebun teh Tasikmalaya,wisata murah Tasikmalaya,wisata alam Tasikmalaya
dewanpers