web analytics
  

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Lapar

Rabu, 21 April 2021 09:14 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Lapar, Lapar,hal yang tak boleh dilakukan saat lapar,Kelaparan,agar tidak lapar,tidur saat lapar

Jika Anda sering makan karena lapar berlebihan, mungkin Anda memiliki sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes hingga gula darah rendah. Hal ini pun bisa menggagalkan diet Anda. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Perut lapar sering membuat kita tak fokus. Maka itu ada beberapa hal penting yang tidak boleh kita lakukan saat dalam kondisi lapar.

Oleh karenanya, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan saat kita sedang sangat lapar. Salah satunya yang berdasarkan penelitian, kita lebih baik tidak berbelanja bahan makanan saat lapar. Sains menunjukan, hal itu dapat membuat kita membeli makanan yang kurang sehat, daripada jika kita berbelanja bahan makanan pada saat kenyang.

Dalam jurnal ilmiah Farmakologi, sebuah studi menghubungkan kadar glukosa rendah yang disebabkan rasa lapar dengan tingkat kemarahan. Oleh karenanya, lebih baik menghindari percakapan yang berpotensi menimbulkan pertengkaran dengan orang yang kita cintai jika perut kita tengah menggerutu.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya tak kita lakukan saat kita sedang lapar, dilansir laman Eat This, Selasa (20/4).

1. Membuat keputusan keuangan

Jangan membuat keputusan finansial apa pun dengan perut kosong, terlebih mempertimbangkan investasi besar dengan segera. Penelitian baru oleh The Endocrine Society melaporkan, ghrelin "hormon kelaparan" mendorong untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai lebih kecil dan mengesampingkan keuntungan lebih besar yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Ketika peserta penelitian merasa lapar, mereka jauh lebih mungkin untuk mengambil 20 dollar di hari itu daripada 80 dollar dalam dua pekan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa ghrelin mungkin memainkan peran yang lebih luas daripada yang sebelumnya diakui dalam perilaku terkait penghargaan manusia dan pengambilan keputusan, seperti pilihan moneter," ujar rekan penulis studi yang juga asisten profesor kedokteran di Massachusetts Rumah Sakit Umum dan Sekolah Kedokteran Harvard, Franziska Plessow, Ph.D.

2. Minum kopi

Menuangkan secangkir kopi tak dimungkiri merupakan bagian favorit semua orang di pagi hari. Meskipun secangkir kopi dengan perut kosong dapat menambah semangat pada hari itu, namun itu juga dapat merusak perut.

Saat pagi kopi itu mengenai lapisan lambung, ternyata akan mempercepat produksi asam lambung. Jika tidak ada makanan di perut Anda yang dapat membantu menyerap asam tersebut, hal itu dapat merusak lapisan lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas. Kopi tanpa makanan juga lebih mungkin memukul Anda secara negatif, menyebabkan kegugupan, getar, dan bahkan peningkatan detak jantung pada beberapa peminum.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada 2019 menemukan, minum kopi kental setelah tidur yang terganggu pada malam hari dengan perut kosong dapat mengganggu kontrol gula darah. Hal itu menjadi faktor risiko utama untuk diabetes dan penyakit jantung.

Jadi, sangat penting untuk makan sesuatu sebelum minum kopi setelah malam tanpa tidur. Dan menurut setidaknya satu dokter, ada tepat dua waktu dalam sehari ketika Anda harus minum kopi,  dan keduanya tidak sebelum sarapan.

3. Pergi Berbelanja

Untuk amannya kita mungkin harus menghindari toko, mal, dan pusat perbelanjaan dari segala jenis saat lapar. Saat kita dalam keadaan kelaparan, otak kita tidak bisa tidak fokus untuk mencari dan mendapatkan makanan. Pikiran mencari sesuatu yang berharga tersebut dapat secara tidak sengaja menyebabkan pembelian impulsif.

Satu proyek penelitian dari 2015 menemukan, pembeli mal yang lapar akhirnya menghabiskan 64 persen lebih banyak uang daripada orang lain yang pergi berbelanja dengan perut kenyang. Jika mulai merasa perut keroncongan saat melihat TV layar lebar dan sepatu kets mahal di mal lokal, pikirkan dua kali sebelum mengeluarkan dompet.

4. Mengunyah permen karet

Banyak orang suka meraih permen karet untuk membantu mencegah rasa lapar mereka selama jam-jam yang menyebalkan di antara waktu makan. Namun demikian, mengunyah permen karet saat lapar bisa lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Ketika permen karet dikunyah saat perut kosong, kita menipu tubuh kita dengan berpikir bahwa kita sedang makan. Sebagai tanggapan, lambung memulai produksi asam untuk mengantisipasi beberapa nutrisi untuk dicerna.

Ketika tidak ada makanan yang datang, semua asam lambung ekstra itu dibiarkan berputar-putar tanpa ada yang bisa dilakukan. Selain berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan, terlalu banyak asam lambung juga dapat meningkatkan risiko sakit maag.

5. Tidur

Meskipun benar, makan hingga larut malam adalah cara yang hampir pasti untuk menambah berat badan, pergi makan dalam keadaan kelaparan juga bukan ide yang baik. Tak hanya akan merasa lebih sulit untuk tidur dan lebih mungkin untuk terbangun secara berkala, tetapi kita juga akan bangun keesokan harinya dengan tingkat energi yang sangat rendah.

Ironisnya, memaksa diri untuk tidur setiap malam saat kelaparan justru bisa menyebabkan penambahan berat badan. Jika Anda bolak-balik sepanjang malam karena rasa lapar, Anda akan bangun keesokan harinya dengan perasaan lelah.

Saat kita kurang tidur, otak kita mencari energi dalam bentuk lain yaitu makanan. Dengan cara ini, tidur dengan perut kosong dapat menciptakan lingkaran setan dari tidur yang buruk dan pilihan makanan yang memanjakan. Jika Anda ingin makan sebelum tidur, jaga agar camilan tengah malam Anda tetap ringan dan mudah dicerna.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Tubuh Tiba-Tiba Alergi Saat Olahraga, Apa Alasannya?

Sehat Jumat, 7 Mei 2021 | 02:15 WIB

Mengapa tubuh tiba-tiba alergi saat olahraga?

Gaya Hidup - Sehat, Tubuh Tiba-Tiba Alergi Saat Olahraga, Apa Alasannya?, alergi saat olahraga,alergi,alergi olahraga,penyebab alergi saat olahraga

Terlalu Banyak Konsumsi Garam Bisa Lemahkan Imunitas

Sehat Jumat, 7 Mei 2021 | 01:45 WIB

Terlalu banyak mengonsumsi garam telah diketahui dapat memicu beberapa masalah kesehatan, termasuk pada imunitas tubuh.

Gaya Hidup - Sehat,  Terlalu Banyak Konsumsi Garam Bisa Lemahkan Imunitas, kelebihan mengonsumsi garam,garam,Imunitas Tubuh,konsumsi garam

Awas, Makan Keripik Kentang dan Cokelat Buruk untuk Ginjal

Sehat Kamis, 6 Mei 2021 | 17:14 WIB

Sebagian besar orang mungkin suka mengonsumsi keripik kentang, roti, dan cokelat sebagai camilan. Sayangnya, camilan yan...

Gaya Hidup - Sehat, Awas, Makan Keripik Kentang dan Cokelat Buruk untuk Ginjal, Risiko Makan Keripik Kentang Berlebihan,Camilan yang buruk untuk kesehatan,Bahaya Makan Cokelat berlebihan,Bahaya konsumsi makanan olahan,risiko penyakit ginjal

Mudah Didapat! 8 Makanan Kaya Kalium Ini Cegah Kerusakan Ginjal hingga...

Sehat Kamis, 6 Mei 2021 | 15:20 WIB

Makanan yang mengandung kalium sangat mudah ditemukan, dan dapat ditambahkan dalam menu makanan sehari-hari.

Gaya Hidup - Sehat, Mudah Didapat! 8 Makanan Kaya Kalium Ini Cegah Kerusakan Ginjal hingga Jantung, Makanan Kaya Kalium,Manfaat Makanan Kaya Kalium,Cegah Kerusakan Ginjal,Makanan Sumber Kalium,Kalium,Makanan yang mengandung kalium,Makanan mengandung kalium mencegah stroke,Makanan Tinggi Kalium

Kontrol Gula Darah hingga Jantung, Ini Manfaat Makan Ikan Sarden

Sehat Kamis, 6 Mei 2021 | 15:08 WIB

Sarden menjadi salah satu jenis ikan favorit bagi banyak orang karena rasanya yang lezat dan mudah dijumpai di pasaran.

Gaya Hidup - Sehat, Kontrol Gula Darah hingga Jantung, Ini Manfaat Makan Ikan Sarden, Manfaat Makan Ikan Sarden,Cata Kontrol Gula Darah,cara mencegah penyakit jantung,mencegah penyakit jantung,tips mencegah penyakit jantung,Mengontrol kadar gula darah,Ikan sarden,Manfaat rutin mengonsumsi ikan sarden

Faktor Genetik Bisa Sebabkan Tak Suka Kopi, Kok Gitu?

Sehat Kamis, 6 Mei 2021 | 14:51 WIB

Kegemaran seseorang dalam meminum kopi bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu faktor yang mungkin mempengaruhinya...

Gaya Hidup - Sehat, Faktor Genetik Bisa Sebabkan Tak Suka Kopi, Kok Gitu?, Kegemaran meminum kopi,Faktor Genetik Bisa Sebabkan Tak Suka Kopi,risiko genetik,penyakit kardiovaskular,gejala kardiovaskular,risiko  minum kopi,gemar meminum kopi

Konsumsi 4 Makanan Ini agar Tetap Sehat di Usia 30-an!

Sehat Kamis, 6 Mei 2021 | 14:36 WIB

Usia 30-an adalah masa kritis, terutama bagi perempuan karena kesehatannya membutuhkan banyak waktu dan perhatian.

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi 4 Makanan Ini agar Tetap Sehat di Usia 30-an!, Kesehatan tubuh,Perubahan hormonal,Makanan yang harus dikonsumsi di usia 30-an,Makanan yang mengandung antioksidan,Makanan untuk memperkuat massa tulang,Makanan agar tidur lebih nyenyak,membantu menjaga tekanan darah

Jarang Disadari, 4 Makanan Ini Mengandung Gula Tinggi

Sehat Kamis, 6 Mei 2021 | 14:23 WIB

Mengonsumsi kandungan gula yang berlebihan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis.

Gaya Hidup - Sehat, Jarang Disadari, 4 Makanan Ini Mengandung Gula Tinggi, Makanan Mengandung Gula Tinggi,kandungan gula tinggi,risiko terkena penyakit kronis,sistem pencernaan tubuh,Mengonsumsi kandungan gula yang berlebihan,bahaya makanan mengandung gula tinggi

artikel terkait

dewanpers