web analytics
  

Liga Super Eropa: Pemberontakan dan Pengkhianatan Sepak Bola

Selasa, 20 April 2021 10:32 WIB Aris Abdulsalam
Olahraga - Sepak Bola, Liga Super Eropa: Pemberontakan dan Pengkhianatan Sepak Bola, Liga Super Europa,Sepak Bola,juventus,Inter Milan,Serie A,Liga Italia,UEFA

Liga Super Europa yang sedang jadi polemik dalam dunia sepak bola. (Wikimedia Commons)

ROMA, AYOBANDUNG.COM — Sepak bola adalah sesuatu yang berbeda dari olahraga lainnya. Itu adalah sesuatu yang dalam dan mengakar, ini tidak seperti NBA.

Kalimat tersebut tegas terucapkan dari Ivan Juric Juric, pelatih tim kecil di Serie A Liga Italia, dilansir Football Italia. Seperti kebanyakan pelatih tim kecil ataupun medioker, Juric tahu betul bagaimana rasanya dikhianati oleh tim-tim besar seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan, yang mendukung penyelenggaraan Liga Super Eropa.

Memang, Verona, sebagai tim yang dilatih Juric bukanlah tim langganan masuk ke Liga Champions. Tetapi, keberadaan Liga Super Eropa akan membuat impian klub kecil semakin mustahil untuk bermain di pentas Eropa.

Lebih lanjut, pelatih asal Kroasia itu menambahkan, apabila sepak bola selalu dapat membawa berbagai elemen dalam kehidupan seperti budaya, cinta, pun gairah dari para penggemar.

"Kami menuju bisnis dengan cara ini, melihat penggemar dari negara lain di mana budaya ini tidak mengakar. Tapi, sayang sekali banyak klub kehilangan karena Covid-19, dan mungkin mereka mencoba untuk pulih dari krisis," sambung Juric.

Senada dengan Juric, Presiden Torino, Urbano Cairo, menyinggung keputusan Andrea Agnelli dan Giuseppe Marotta dengan menyebut mereka sebagai pengkhianat Serie A Italia, dan tidak bisa terus mewakili liga domestik Negeri Spagetti.

"Itu adalah serangan terhadap kesehatan Liga (Italia). Jika seseorang seperti CEO Inter, Beppe Marotta, melakukan hal seperti itu, dia harus segera mengundurkan diri dari FIGC dan merasa malu," kata Urbano Cairo dikutip Football Italia, Selasa (20 April 2021).

Pertemuan antarklub Serie A Italia berlangsung hari ini dengan Juventus, Inter Milan, dan AC Milan dilaporkan ikut menghadiri acara tersebut.

Ketiga klub tersebut merupakan pendiri dari Liga Super Europa yang akan memisahkan diri mereka dari ajang Liga Champions milik UEFA.

Akan tetapi, dalam ranah domestik baik Juve, Inter, pun Milan, menegaskan mereka tetap ingin berpartisipasi di kompetisi Serie A.

Namun, keputusan ketiga klub tersebut direspons dengan nada miring oleh presiden Torino, yang menyebut mereka sebagai pengkhianat.

"Klub yang setuju gabung Liga Super Europa tidak bisa mewakili Serie A dan FIGC. Karena Anda mengancam kehidupan asosiasi. Mereka menyerang liga dan menjadi pengkhianat, mereka harus mengundurkan diri," sambung Urbano.

Hal yang sama berlaku untuk Presiden Juventus, Andrea Agnelli, yang dituduh menyabotase kesepakatan untuk menjual 10 persen dari perusahaan media yang dibentuk untuk mengontrol hak TV Serie A atas dana swasta senilai 1,7 miliar euro.

"Bagaimana Anda (Agnelli) bisa pergi dan bernegosiasi untuk operasi ketika Anda sudah bekerja dalam Liga Super Europa? Anda bisa datang kesini untuk bicara solidaritas ketika Anda menyabotase negosiasi dengan dana," kata dia.

Dini hari tadi, Liga Super Eropa resmi diluncurkan. Kompetisi elit antar klub-klub Eropa itu diprakarsai oleh 12 klub top Eropa dan rencananya akan digulirkan pada Agustus 2021 nanti.

Juve dan dua klub asal kota mode Italia masuk dalam 12 klub penggagas Liga Super Europa. Bahkan, Agnelli masuk dalam kepengurusan Liga Super Europa tersebut.

Akan tetapi, kehadiran Liga Super Europa mendapat banyak penolakan. Meski ternyata sentimen dunia ekonomi terhadap keikutsertaan ketiga klub ini tergolong positif.

Sebelumnya, UEFA mengancam akan menjatuhkan sanksi berat bagi tim-tim yang terlibat dalam Liga Super Europa. Badan sepak bola Eropa tersebut segera menggandeng anggota-anggotanya, seperti FA (Inggris), FIGC (Italia), dan RFEF (Spanyol).

Saat meluncurkan pernyataan resminya UEFA juga menggandeng para operator kompetisi dari berbagai negara yakni Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, hingga Serie A Liga Italia.

Di sisi lain, FIFA selaku induk olahraga tertinggi di dunia sepakat dengan keputusan UEFA. Lembaga yang bermarkas di Swiss itu mengaku mendukung setiap upaya penggalangan solidaritas di sepak bola. Hanya saja, FIFA juga tidak setuju bila terdapat liga yang digulirkan tanpa persetujuan dari induk federasi.

Sementara ke-12 tim yang menjadi pendiri utama Liga Super Europa adalah Juventus, Inter Milan, AC Milan, Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Liverpool, Manchester City, pun Manchester United. [*]

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

Fans Manchester United Protes, Solskjaer: Kami Mendengarkan Mereka

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 23:19 WIB

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer menilai protes anti-Glazer yang membuat pertandingan timnya melawan Live...

Olahraga - Sepak Bola, Fans Manchester United Protes, Solskjaer: Kami Mendengarkan Mereka, Fans Manchester United Protes,Pendukung Manchester United Demo,Ole Gunnar Solskjaer

Hanya untuk Kasta Atas, Format Baru Coppa Italia Rugikan Klub Kecil

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 14:03 WIB

Klub-klub Serie C dan Serie D direncakan bakal dilarang ikut Coppa Italia.

Olahraga - Sepak Bola, Hanya untuk Kasta Atas, Format Baru Coppa Italia Rugikan Klub Kecil, Coppa Italia,Serie C,Serie D,Serie A,Serie B,Liga Italia

Ujian Berat Garuda Select, Hadapi Manchester City dan Crystal Palace

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 08:19 WIB

Skuad Garuda Select angkatan ketiga akan siap kembali bermain habis-habisan dalam dua pertandingan terakhir.

Olahraga - Sepak Bola, Ujian Berat Garuda Select, Hadapi Manchester City dan Crystal Palace, Garuda Select,Crystal Palace,Manchester City,Dennis Wise

Shin Tae-yong Panggil Pemain Baru untuk Timnas, Siapa Diganti?

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 07:54 WIB

Mereka dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia jelang menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Olahraga - Sepak Bola, Shin Tae-yong Panggil Pemain Baru untuk Timnas, Siapa Diganti?, Shin Tae-yong,Timnas Indonesia,Sepak Bola,PSSI,Pemusatan Latihan (TC)

Kunci Kemenangan Chelsea atas Madrid: Tembok Pertahanan Berkelas

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 05:20 WIB

Pertahanan kokoh Chelsea, pada leg pertama dan kedua semifinal Liga Champions, memberikan hasil positif dengan menyingki...

Olahraga - Sepak Bola, Kunci Kemenangan Chelsea atas Madrid: Tembok Pertahanan Berkelas, Chelsea,real madrid,Semifinal Liga Champions,Final Liga Champions

Zidane Akui Chelsea Lebih Layak Masuk Final Liga Champions

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 05:00 WIB

Pertahanan Chelsea yang begitu solid jadi faktor utama sulitnya Madrid menciptakan peluang bersih di laga ini.

Olahraga - Sepak Bola, Zidane Akui Chelsea Lebih Layak Masuk Final Liga Champions, real madrid,Zinedine Zidane,Chelsea,Semifinal Liga Champions,Final Liga Champions

Ini Pemain Terbaik dan Terburuk Saat Chelsea Hantam Madrid 2-0

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 04:43 WIB

Di balik hasil itu, ada beberapa pemain yang patut disoroti karena penampilannya, sebagai yang terbaik dan terburuk.

Olahraga - Sepak Bola, Ini Pemain Terbaik dan Terburuk Saat Chelsea Hantam Madrid 2-0, Chelsea,real madrid,Semifinal Liga Champions,Final Liga Champions

Chelsea Lolos ke Final Liga Champions, Bungkam Telak Real Madrid

Sepak Bola Kamis, 6 Mei 2021 | 03:55 WIB

 Chelsea mengejutkan Real Madrid dengan kemenangan 2-0 pada leg kedua semifinal Liga Champions.

Olahraga - Sepak Bola, Chelsea Lolos ke Final Liga Champions, Bungkam Telak Real Madrid, Thomas Tuchel,Chelsea,real madrid,Semifinal Liga Champions,Final Liga Champions

artikel terkait

dewanpers