web analytics
  

PBSI Nilai Penundaan India Open 2021 Untungkan Hafiz/Gloria

Selasa, 20 April 2021 16:27 WIB Icheiko Ramadhanty
Olahraga - Sport, PBSI Nilai Penundaan India Open 2021 Untungkan Hafiz/Gloria, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Badminton World Federation (BWF),Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja,India Open 2021,Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky,Tim bulu tangkis Indonesia

Hafiz Faizal (PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia))

CIPAYUNG, AYOBANDUNG.COM — Satu lagi ajang bulu tangkis internasional harus ditunda karena pandemi Covid-19. India Open 2021 tidak bisa berjalan sesuai jadwal.

Badminton World Federation (BWF) dan panitia setempat terpaksa mengundurkan turnamen berlevel Super 500 ini, karena lonjakan besar kasus positif Covid-19. Berdasarkan data, India sudah mencatat 15 juta kasus lebih dengan penambahan rata-rata 200 ribu kasus per hari.

Sedianya, India Open 2021 yang masuk dalam penghitungan poin Olimpiade akan bergulir pada 11-16 Mei di New Delhi. Dua ganda campuran Indonesia akan turut serta. Mereka adalah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, mengatakan pihaknya memahami situasi dan kondisi yang terjadi di India.

"Menurut saya ini keputusan yang tepat (menunda India Terbuka 2021) dari BWF. Melihat kasus positif Covid-19 di sana yang sedang tinggi-tingginya," kata Rionny dalam keterangannya di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Selasa 20 April 2021.

"Kami memang cukup waswas melihat perkembangan yang terjadi di India beberapa waktu terakhir. Tetapi di sisi lain, kami pun harus tetap mengirim Hafiz/Gloria ke India Terbuka untuk mengamankan poin Olimpiade. Saya lega akhirnya benar ditunda," lanjutnya.

Penundaan ini, menurut Rionny cukup menguntungkan bagi tim Indonesia, terutama Hafiz/Gloria yang masih berjuang merebut tiket Olimpiade.

"Penundaan ini bagi kami cukup menguntungkan. Selain karena kami tidak harus mengambil resiko dengan kesehatan tim terpapar Covid-19, Hafiz/Gloria juga setidaknya masih aman di peringkat delapan dengan dua turnamen kualifikasi yang tersisa," ungkap Rionny.

"Tapi bukan berarti tugas mereka menjadi mudah. Di dua turnamen sisa itu mereka harus habis-habisan, di latihan juga harus maksimal mumpung waktu persiapan makin panjang," tambah Rionny.

Saat ini, Hafiz/Gloria masih berada di peringkat kedelapan Race to Olympic Tokyo dengan raihan 60.851 poin. Menyusul pasangan Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet di peringkat kesembilan dengan 60.566 poin dan Marcus Ellis/Lauren Smith dari Inggris dengan 59.868 poin di peringkat ke-10. Sementara di peringkat 11 ada pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie yang mengumpulkan 56.792 poin.

Dengan dua turnamen kualifikasi tersisa yaitu Malaysia Terbuka dan Singapura Terbuka, rentan bagi Hafiz/Gloria disalip pesaingnya-pesaingnya itu andai mereka tidak meraih hasil yang maksimal. Mempertahankan peringkat delapan adalah harga mati untuk merebut satu tiket Olimpiade tersisa.

Di saat yang sama, Hafiz Faizal mengaku optimis bisa meraih hasil bagus di Malaysia dan Singapura.

"Kami sebenarnya sedang memulai fokus latihan ke India, tapi karena ditunda sekarang kami punya cukup banyak waktu untuk bersiap ke dua turnamen berikutnya. Sebenarnya ini menguntungkan kami karena semakin sedikit kualifikasinya dan kami masih ada di peringkat delapan. Berbeda kalau kami tidak di posisi sekarang," kata Hafiz.

"Insyaallah saya optimis, dengan latihan yang keras dan konsisten seperti ini nanti bisa meraih hasil bagus. Asal kami bisa terus ngotot dan maksa," kata Hafiz lagi. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

Jadi Sponsor Baru PBSI, Kapal Api Group Merasa Bangga

Sport Kamis, 6 Mei 2021 | 13:30 WIB

Usai menggandeng PT BNI (Persero) Tbk., sebagai sponsor utama, PBSI resmi mengumumkan Kapal Api Group sebagai sponsor pe...

Olahraga - Sport, Jadi Sponsor Baru PBSI, Kapal Api Group Merasa Bangga, Kapal Api Group,Bulu Tangkis,PT BNI (Persero) Tbk,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

Mengintip Besar Bonus Atlet Indonesia di SEA Games dan Olimpiade

Sport Rabu, 5 Mei 2021 | 11:50 WIB

Bonus untuk para atlet tidak pernah turun, bahkan kerap naik nilainya.

Olahraga - Sport, Mengintip Besar Bonus Atlet Indonesia di SEA Games dan Olimpiade, Besar Bonus Atlet Indonesia,atlet Indonesia,SEA Games,Asian Games,Olimpiade,Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

Dijamin Bonus Rp5 Miliar, Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade

Sport Rabu, 5 Mei 2021 | 11:33 WIB

Presiden Joko Widodo memiliki komitmen yang besar untuk prestasi olahraga di Indonesia.

Olahraga - Sport, Dijamin Bonus Rp5 Miliar, Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade, Bonus Rp5 Miliar,atlet Indonesia,Peraih Medali Emas,Medali Emas Olimpiade,Olimpiade Tokyo

Sengit! Head to Head Ganda Putra Indonesia di Malaysia Open 2021

Sport Rabu, 5 Mei 2021 | 10:35 WIB

Salah satu turnamen bulu tangkis yang akan menjadi kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 akan kembali bergulir.

Olahraga - Sport, Sengit! Head to Head Ganda Putra Indonesia di Malaysia Open 2021, Malaysia Open 2021,turnamen bulu tangkis,Olimpiade Tokyo 2020,Tim bulu tangkis Indonesia,Badminton

Pupus Impian, Pebulu Tangkis Wanita Ini Mundur dari Pelatnas

Sport Selasa, 4 Mei 2021 | 04:40 WIB

Putri Larasati, pemain spesialis ganda putri, memutuskan mundur dari Pelatnas PBSI.

Olahraga - Sport, Pupus Impian, Pebulu Tangkis Wanita Ini Mundur dari Pelatnas, Pebulu Tangkis Wanita,Indonesia,Pemusatan Latihan Nasional,Pelatnas,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Putri Larasati,Cedera,lutut

Franco Morbidelli Naik Podium Pakai Motor Lawas, Ternyata Ini Rahasian...

Sport Senin, 3 Mei 2021 | 23:29 WIB

Franco Morbidelli kembali membuat kejutan. Akhir pekan lalu, ia berhasil meraih podium ketiga di MotoGP Spanyol 2021.

Olahraga - Sport, Franco Morbidelli Naik Podium Pakai Motor Lawas, Ternyata Ini Rahasianya, Franco Morbidelli,MotoGP Spanyol 2021,pembalap Yamaha

Lolos ke Denmark, PSSI Bangga akan Kualitas Gamers FIFA Indonesia

Sport Jumat, 30 April 2021 | 20:10 WIB

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersyukur dengan hasil yang ditorehkan oleh eNational Squad pertama Indonesia.

Olahraga - Sport, Lolos ke Denmark, PSSI Bangga akan Kualitas Gamers FIFA Indonesia, Gamers FIFA Indonesia,Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan,Moehamad Zulisar dan Fahmi Husaeni,eNational Squad Indonesia,Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita,FIFAe Nations Online Qualifiers 2021

Gamers Jago! Tim eFootball FIFA Indonesia Lolos ke Babak Final

Sport Jumat, 30 April 2021 | 19:50 WIB

Indonesia berhasil mengamankan tiket mewakili Asia & Oceania menuju babak final FIFAe Nations Series 2021.

Olahraga - Sport, Gamers Jago! Tim eFootball FIFA Indonesia Lolos ke Babak Final, eNational Squad pertama Indonesia,eFootball FIFA,Gamers,FIFAe Nations Online Qualifiers 2021 Zona Asia & Oceania,FIFAe Nations Series 2021,xbox,Play Station
dewanpers