web analytics
  

11 Cara Daftar BLT UMKM, Bagaimana Nasib BLT BPJS Ketenagakerjaan?

Selasa, 20 April 2021 11:54 WIB Aini Tartinia
Umum - Nasional, 11 Cara Daftar BLT UMKM, Bagaimana Nasib BLT BPJS Ketenagakerjaan?, BLT BPJS Ketenagakerjaan,blt bpjs ketenagakerjaan 2021,kapan blt bpjs ketenagakerjaan 2021 cair,Jadwal Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan,BLT UMKM,Syarat BLT UMKM,Cara Daftar BLT UMKM,BLT Rp1,2 Juta

Ilustrasi--Uang (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Berbeda dengan BLT BPJS Ketenagakerjaan yang sudah dihentikan, BLT UMKM masih akan disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Meski besarannya sekarang berkurang menjadi hanya Rp1,2 juta, BLT UMKM masih bisa diakses dengan melakukan pendaftaran bagi peserta baru.

Untuk membantu para pelaku UMKM agar usahanya tetap berjalan lancar, pemerintah melalui Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan produktif usaha mikro (BPUM) UMKM 2021.

BLT atau BPUM tersebut dapat digunakan oleh pelaku UMKM sebagai modal usaha yang tengah dijalani saat ini. Besaran dana yang diterima oleh setiap penerima yaitu sebesar Rp1,2 juta yang di mana nominal tersebut turun dari tahun sebelumnya, yaitu Rp2,4 juta.

Bagi para pelaku UMKM yang belum mendaftar dan menerima BLT atau BPUM ini, para pelaku usaha masih bisa untuk mendaftarkan usahanya agar mendapatkan bantuan ini.

Para pelaku usaha UMKM dapat mendaftar melalui website Online Single Submission (OSS). Lewat webstite tersebut, para pelaku UMKM dapat membuat nomor induk berusaha (NIB) dan izin usaha mikro kecil (IUMK) secara online.

Untuk mendapatkan NIB dan IUMK, para pelaku UMKM arus membuat akun lewat website OSS terlebih dahulu, berikut adalah caranya:

1. Membuka website dengan alamat oss.go.id/potal/

2. Pilih Daftar/Masuk pada jajaran atas berwarna hijau.

3. Halaman akan berpindah pada bagian "Form Login", lalu pilih Daftar.

4. Pada halaman pendaftaran, peserta dapat mengisi kolom yang harus diisi. Di antaranya adalah:
- Jenis identitas
- Nomor Induk Kependudukan (NIK)
- Tanggal Lahir
- Nomor Telepon Selular
- Alamat E-mail
- Kode Captha yang muncul pada halaman.

5. Jika telah selesai mendaftar, tandai kolom "saya mengerti dan menerima syarat dan ketentuan penggunaan sistem OSS."

6. Selanjutnya tekan tombol submit.

7. Jika telah selesai, selanjutnya buka email yang telah didaftarkan lalu buka pesan terbaru yang didapatkan dari OSS.

8. Dalam email tersebut akan muncul nama user serta jenis identitas yang didaftarkan, jika sudah benar lalu tekan "aktivasi" yang berwarna biru.

9. Setelah berpindah halaman, kembali ke email dan akan muncul email baru yang berisi username dan password serta nomor identitas.

10. Kembali ke halaman daftar/masuk pada website OSS lalu masukan username dan password yang telah didapatkan dari email terakhir dan tambahkan kode captha yang muncul di halaman OSS.

11. Selesai, selanjutnya dapat membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) dengan akun tersebut.

BLT BPJS Ketenagakerjaan Dihentikan, Apakah Mungkin Akan Permanen ?

Sementara itu pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta masih memiliki kesempatan untuk menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1,2 juta. Kendati demikian, BLT BPJS Ketenagakerjaan yang rencananya cair 2021 ini merupakan lanjutan dari tahun lalu. Di mana, ada beberapa pekerja yang belum menerima subsidi.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah pernah menyebut BLT BPJS Ketenagakerjaan akan dicairkan melalui rekening pekerja secara terbatas mengingat pihaknya sudah melakukan tutup buku anggaran. Ida memastikan tidak akan mengadakan program BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021.

Itu berarti penerima bantuan subsidi gaji 2021 adalah pekerja yang sudah terdaftar pada program di tahun 2020 tetapi baru menerima bantuan di gelombang satu dan belun mendapatkan bantuan gelombang 2. Sebagai gantinya penyaluran bantuan dialihkan melalui program Kartu Prakerja.

Pemerintah sementara menghentikan bantuan subsidi upah (BSU) untuk pekerja bergaji Rp5 juta pada 2021 ini dengan alasan kondisi ekonomi diperkirakan akan pulih.
Kendati demikian, pemerintah tetap berkomitmen menyalurkan sejumlah bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat tertentu untuk mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Sejauh ini ada tiga BLT yang cair sejak Februari 2021 ini diantaranya Subsidi Listrik PLN Gratis, Bantuan Sosial Tunai atau Bansos BST Rp300 ribu dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako Rp200 ribu.

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Kunci Lebaran dan Berlibur Aman dari Covid-19

Nasional Senin, 10 Mei 2021 | 03:54 WIB

Euforia terkait momen bersilaturahmi bersama keluarga saat Lebaran rentan membuat orang-orang kendor pada protokol keseh...

Umum - Nasional, Kunci Lebaran dan Berlibur Aman dari Covid-19, Kunci Lebaran Aman dari Covid-19,Kunci Berlibur Aman dari Covid-19,protokol kesehatan saat Lebaran,mencegah diri tertular Covid-19,klaster baru penyebaran Covid-19,lonjakan Covid-19 pascalebaran

Ini Besaran THR yang Diterima Presiden Jokowi

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 23:41 WIB

Ini Besaran THR yang Diterima Presiden Jokowi

Umum - Nasional, Ini Besaran THR yang Diterima Presiden Jokowi, thr jokowi,thr jokowi berapa,besaran thr jokowi,thr presiden jokowi,gaji jokowi,gaji presiden jokowi,jokowi,thr,Tunjangan Hari Raya

Kronologi Kemunculan Kekaisaran Sunda Nusantara

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 21:38 WIB

Baru-baru ini muncul Kekaisaran Sunda Nusantara. Apa itu Sunda Nusantara? Apa kontroversi Kekaisaran Sunda Nusantara?

Umum - Nasional, Kronologi Kemunculan Kekaisaran Sunda Nusantara, kekaisaran sunda nusantara,Negara Kekaisaran Sunda Nusantara,plat nomor kekaisaran sunda nusantara,stnk kekaisaran sunda nusantara,Sunda Nusantara

CEK FAKTA : Viral Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunu...

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 18:50 WIB

CEK FAKTA : Viral Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunungan, Benarkah ?

Umum - Nasional, CEK FAKTA : Viral Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunungan, Benarkah ?, kemacetan di jalan tikus,kemacetan di jalur tikus,cek fakta kemacetan jalan tikus,Cek Fakta,mudik,Larangan Mudik,idulfitri

BLT UMKM atau BPUM Mei 2021 Sudah Cair, Cek di Sini!

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 16:00 WIB

BLT UMKM atau BPUM periode Mei 2021 senilai Rp1,2 juta dikabarkan sudah cair ke rekening penerima.

Umum - Nasional, BLT UMKM atau BPUM Mei 2021 Sudah Cair, Cek di Sini!, BLT UMKM,BPUM BRI,BLT UMKM kapan cair,cara mengecek blt umkm,cek BLT UMKM,pencairan BPUM,eform.bri.co.id/bpum,cek eform.bri.co.id/bpum,cara cek BLT UMKM,update blt umkm

Hore! Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tunggu Verifikasi Kementerian Kope...

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 15:04 WIB

Sebanyak 77.911 calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), dari program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) masih men...

Umum - Nasional, Hore! Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tunggu Verifikasi Kementerian Koperasi, BLT UMKM,Pencairan BLT UMKM,pencairan blt umkm kapan,pencairan BPUM,eform.bri.co.id/bpum

Ketersediaan Pasokan dan Harga Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 05:38 WIB

Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman

Umum - Nasional, Ketersediaan Pasokan dan Harga Daging Sapi untuk Lebaran Aman, Daging Sapi,Harga Daging sapi,Stok Daging Sapi,stok daging sapi nasional,stok daging sapi untuk lebaran

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Idulfitri Kamis 13 Mei 2021

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 04:03 WIB

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Idulfitri Kamis 13 Mei 2021

Umum - Nasional, Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Idulfitri Kamis 13 Mei 2021, muhammadiyah lebaran,lebaran muhammadiyah,Lebaran 2021,Idulfitri 2021,lebaran idulfitri jatuh pada,lebaran jatuh pada,idulfitri jatuh pada,Muhammadiyah

artikel terkait

dewanpers