web analytics
  

Hina Nabi Muhammad, Jozeph Paul Zhang Diburu Polri dan Interpol

Minggu, 18 April 2021 13:14 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Nasional, Hina Nabi Muhammad, Jozeph Paul Zhang Diburu Polri dan Interpol, Jozeph Paul Zhang,Menghina Nabi Muhammad,penistaan agama,Kasus Ujaran Kebencian dan Penistaan Agama

Jozeph Paul Zhang yang menghina Islam dan Nabi Muhammad. (YouTube)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kepolisian Indonesia dan Interpol memburu Jozeph Paul Zhang, penghina Nabi Muhammad. Hal itu dipastikan Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto.

Polisi sejak awal menduga Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia. Polisi berkoordinasi dengan pihak imigrasi yang mengetahui data perlintasan Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

"Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri," kata Agus, seperti dilaporkan Suara.com, jaringan Ayobandung.com.

Agus mengatakan bahwa Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

"Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan," kata Agus.

Jozeph Paul Zhang mengetahui banyak warga Indonesia yang gampang marah sehingga membuat konten video yang memancing emosi masyarakat.

"Dia tahu akhir-akhir ini banyak warga Indonesia gampang sekali marah. Ngomong-lah seperti di video yang viral. Semoga hari kemarin enggak banyak yang batal puasanya," kata Agus.

Terkait dengan video tersebut, Agus memastikan kepolisian akan turun tangan menjalankan tugas pokok kepolisian.

YouTuber penghina nabi Muhammad itu dilaporkan ke Bareskrim Polri. Jozeph Paul Zhang juga mengaku nabi ke-26 setelah Nabi Muhammad. Pelaporan ini dilakukan Ketua Cyber Indonesia Husin Shihab.

Pelaporan terhadap YouTuber Jozeph Paul Zhang disampaikan Husin Shihab lewat cuitannya di Twitter pribadinya, pada Sabtu, 17 April 2021. Selain diduga menistakan agama, kata Husin, Jozeph Paul Zhang juga menantang polisi dengan meminta agar ia ditangkap.

“Hari ini sudah kita laporkan pemilik akun YouTube Jozeph Paul Zhang yang diduga menistakan agama dan menantang polisi minta ditangkap,” cuit Husin Shihab.

Husin Shihab pun berharap dengan adanya pelaporan itu, sentimen antar beragama di Indonesia bisa diredam. “Semoga dengan laporan ini kita bisa meredam sentimen antar beragama,” ujar Husin.

Jozeph membagikan video rekaman dalam sebuah forum diskusi virtual atau daring dengan tema pembahasan bertajuk ‘Puasa Lalim Islam’. Video tersebut berdurasi cukup panjang, yakni tiga jam lebih dua menit.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep Fauzan Zhang, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabululllah. Kalo Anda bisa laporan atas penistaan agama, gua kasih loh satu laporan Rp1 juta, maksimum 5 laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan. jadi kan 5 juta, di wilayah polres berbeda,” tutur Jozeph dalam video tersebut, dikuti Hops pada Minggu, 18 April 2021.

Jozeph Paul Zhang menantang kepada publik dengan membuat sayembara yang bisa melaporkannya ke polisi terkait penisataan agama.

Kemudian yang membuat publik kesal dan mengecam Jozeph ialah pernyataan dirinyayang mengaku sebagai nabi ke-26 setelah Rasulullah SAW.

Sontak pernyataannya itu mendapat kecaman publik, bahkan videonya sudah tersebar di berbagai jejaring media sosial.

 

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Ini Besaran THR yang Diterima Presiden Jokowi

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 23:41 WIB

Ini Besaran THR yang Diterima Presiden Jokowi

Umum - Nasional, Ini Besaran THR yang Diterima Presiden Jokowi, thr jokowi,thr jokowi berapa,besaran thr jokowi,thr presiden jokowi,gaji jokowi,gaji presiden jokowi,jokowi,thr,Tunjangan Hari Raya

Kronologi Kemunculan Kekaisaran Sunda Nusantara

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 21:38 WIB

Baru-baru ini muncul Kekaisaran Sunda Nusantara. Apa itu Sunda Nusantara? Apa kontroversi Kekaisaran Sunda Nusantara?

Umum - Nasional, Kronologi Kemunculan Kekaisaran Sunda Nusantara, kekaisaran sunda nusantara,Negara Kekaisaran Sunda Nusantara,plat nomor kekaisaran sunda nusantara,stnk kekaisaran sunda nusantara,Sunda Nusantara

CEK FAKTA : Viral Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunu...

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 18:50 WIB

CEK FAKTA : Viral Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunungan, Benarkah ?

Umum - Nasional, CEK FAKTA : Viral Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunungan, Benarkah ?, kemacetan di jalan tikus,kemacetan di jalur tikus,cek fakta kemacetan jalan tikus,Cek Fakta,mudik,Larangan Mudik,idulfitri

BLT UMKM atau BPUM Mei 2021 Sudah Cair, Cek di Sini!

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 16:00 WIB

BLT UMKM atau BPUM periode Mei 2021 senilai Rp1,2 juta dikabarkan sudah cair ke rekening penerima.

Umum - Nasional, BLT UMKM atau BPUM Mei 2021 Sudah Cair, Cek di Sini!, BLT UMKM,BPUM BRI,BLT UMKM kapan cair,cara mengecek blt umkm,cek BLT UMKM,pencairan BPUM,eform.bri.co.id/bpum,cek eform.bri.co.id/bpum,cara cek BLT UMKM,update blt umkm

Hore! Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tunggu Verifikasi Kementerian Kope...

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 15:04 WIB

Sebanyak 77.911 calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), dari program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) masih men...

Umum - Nasional, Hore! Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tunggu Verifikasi Kementerian Koperasi, BLT UMKM,Pencairan BLT UMKM,pencairan blt umkm kapan,pencairan BPUM,eform.bri.co.id/bpum

Ketersediaan Pasokan dan Harga Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 05:38 WIB

Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman

Umum - Nasional, Ketersediaan Pasokan dan Harga Daging Sapi untuk Lebaran Aman, Daging Sapi,Harga Daging sapi,Stok Daging Sapi,stok daging sapi nasional,stok daging sapi untuk lebaran

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Idulfitri Kamis 13 Mei 2021

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 04:03 WIB

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Idulfitri Kamis 13 Mei 2021

Umum - Nasional, Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Idulfitri Kamis 13 Mei 2021, muhammadiyah lebaran,lebaran muhammadiyah,Lebaran 2021,Idulfitri 2021,lebaran idulfitri jatuh pada,lebaran jatuh pada,idulfitri jatuh pada,Muhammadiyah

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka, Catat Jadwalnya

Nasional Minggu, 9 Mei 2021 | 03:37 WIB

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka, Catat Jadwalnya

Umum - Nasional, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Segera Dibuka, Catat Jadwalnya, Pendaftaran CPNS,Pendaftaran CPNS 2021,CPNS,rekrutmen PPPK,pendaftaran PPPK 2021,cpns guru,pppk guru,kemenpan rb cpns

artikel terkait

dewanpers