web analytics
  

Masjid Lautze 2, Rumah Bagi Para Mualaf di Bandung

Kamis, 15 April 2021 18:44 WIB
Bandung Raya - Bandung, Masjid Lautze 2, Rumah Bagi Para Mualaf di Bandung, mualaf Kota Bandung,Masjid Lautze 2,Masjid Lautze Bandung,Masjid Mualaf Bandung,Masjid di Kota Bandung,Lautze

Masjid Lautze 2 Kota Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Belasan relawan dengan cekatan menyiapkan bungkusan takjil dan makanan berat dalam satu wadah untuk dibagikan kepada kaum duafa jelang berbuka puasa, Kamis, 15 April 2021, di ruang pertemuan Masjid Lautze 2 Bandung. Beberapa di antara mereka merupakan mualaf yang kini terlibat dalam kegiatan berbagi di bulan puasa.

Sekitar pukul 14.30 WIB, Hendratno yang memutuskan menjadi mualaf pada 2018 terlihat bercengkrama santai dengan para relawan yang sedang menyiapkan makanan jelang berbuka.

Ia ditemani Ketua DKM Masjid Lautze 2 Bandung, Rachmat Nugraha yang akrab disapa Koko Rachmat turut mengatur pembagian makanan untuk berbuka tersebut.

Hendratno, pria yang sehari-hari berwiraswasta mengaku senang dan merasa nyaman dengan kegiatan menyiapkan makanan bagi kaum duafa jelang berbuka puasa. Baginya, kegiatan berbagi merupakan bagian dari upaya silaturahmi dan bertemu dengan jemaah masjid serta rekan-rekan para mualaf.

"Saya senang karena kita ada kumpul silaturahmi, membantu, berbagi iftar. Insyallah bisa menjadi pahala," ujarnya saat ditemui di Masjid Lautze 2 Bandung, Kamis, 15 April 2021.

Usai memutuskan mualaf di Masjid Istiqomah Bandung, ia mengaku terlibat dalam kajian-kajian dan kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Masjid Lautze 2 Bandung. Hendra merasa Masjid Lautze 2 menjadi ruang silaturahmi khususnya bagi ia sebagai mualaf.

"Cari-cari saya mau belajar Islam yang benar, ada yang memberi tahu ke Masjid Lautze terkenal masjid komunitas Cina," katanya.

Perlahan, ia mengaku turut mendalami tentang Islam di Masjid Lautze bersama-sama dengan para mualaf. Selain itu, suasana di Masjid Lautze dinilai sangat membantu para mualaf untuk memahami Islam.

"Iklimnya benar-benar merasa enak, terus terang saya ke masjid lain merasa sendiri mungkin sayanya yang begitu. Tapi saya ke sini lebih nyaman mungkin karena frekuensi sama," katanya.

Ketua DKM Masjid Lautze 2 Bandung, Rachmat Nugraha mengatakan pembagian takjil dan makanan berat sejak pandemi Covid-19 terjadi tahun lalu dilakukan dengan menyebarkan ke titik-titik yang sudah ditentukan.

amun, untuk tahun ini pihaknya pun menyiapkan takjil di area masjid untuk jemaah yang akan berbuka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia menuturkan, penyebaran makanan dilakukan oleh ojek online yang merupakan warga sekitar masjid. Pihaknya memberdayakan warga sekitar termasuk turut memberikan ongkos operasional yang sesuai.

"Tahun kemarin karena ada pandemi Covid-19 dan jalan ditutup kita tetap iftar tapi tidak ditempat tapi menyebar ke 6 titik di Kota Bandung diantar oleh ojol-ojol. Kita tunjuk ojol ini yang kita sebar binaan karang taruna sekitar, kita berdayakan," ujar pria yang juga berprofesi mengajar di lapas-lapas di Kota Bandung.

Koko Rachmat mengatakan donatur takjil dan makanan berat untuk berbuka berasal dari kalangan masyarakat muslim, organisasi lintas agama, dan lembaga-lembaga kemanusiaan. Pihaknya berencana akan membagikan iftar hingga hari ke 20 puasa Ramadan.

"Kita rencana berbagai iftar di 20 Ramadan pertama, di hari ke 21 Ramadan sampai akhir mengumpulkan donasi sembako untuk warga sekitar, mualaf dan yatim piatu," katanya.

Selain berbagi iftar, pihaknya juga menyelenggarakan salat tarawih, tadarus, menerima zakat, infak dan sedekah, salat idulfitri. Para imam tarawih yang akan mengisi ceramah direncanakan para mualaf, imam muda Salman dan warga sekitar.

Selama pandemi Covid-19, ia mengatakan Masjid Lautze kurang lebih dapat menampung 100 jemaah dengan sudah menjaga jarak. Koko Rachmat menambahkan, sejak 2017 hingga 2021 terdapat 148 orang mualaf yang mengucapkan syahadat di Masjid Lautze 2 Bandung.

"Yang menarik dari beberapa teman kita kawan mualaf, mengapa memilih di Lautze karena ada pembinaan dan komunitas," katanya.

Ia menjelaskan bagi mereka yang berniat menjadi mualaf terlebih dahulu akan dibina termasuk diberikan pemahaman dasar tentang Islam.

Selanjutnya, apabila sudah kuat maka dilanjutkan untuk membaca syahadat dan kembali dilakukan pembinaan. Tiap pekan, pihaknya mengadakan kajian akidah bagi para mualaf termasuk memantau kondisi perekonomian mualaf.

"Cerita mualaf karena bingung setelah menjadi muslim ngapain, mereka juga butuh teman curhat, teman seperjuangan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya bisa lebih dekat dengan para mualaf salah satunya dengan membentuk grup termasuk rumah singgah untuk memonitor perkembangan mualaf.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Wali Kota Bandung Minta Warga Tahan Diri Belanja Baju Lebaran

Bandung Senin, 10 Mei 2021 | 04:39 WIB

sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan pusat Kota Bandung kerap dikunjungi masyarakat yang akan berbelanja menjelang Leb...

Bandung Raya - Bandung, Wali Kota Bandung Minta Warga Tahan Diri Belanja Baju Lebaran, Wali Kota Bandung, Oded M Danial,Belanja Baju Lebaran,pusat perbelanjaan,Pusat Perbelanjaan di Kabupaten Bandung,kawasan pusat Kota Bandung,kerumunan masyarakat

Waktu Imsak dan Salat Kota Bandung 10 Mei 2021

Bandung Senin, 10 Mei 2021 | 03:16 WIB

Sebagai panduan untuk bisa menunaikan salat tepat waktu, berikut jadwal imsak dan salat untuk wilayah Kota Bandung dan s...

Bandung Raya - Bandung, Waktu Imsak dan Salat Kota Bandung 10 Mei 2021, Waktu Imsak dan Salat Kota Bandung,Waktu imsak Bandung,Waktu imsak hari ini,jadwal imsak Bandung dan sekitarnya,jadwal imsak bandung hari ini,jadwal imsak,jadwal salat Kota Bandung hari ini,Waktu Salat,Waktu salat Bandung,waktu salat di Bandung

Jalur Keluar Setiap GT di Bandung Dibagi Jadi 2 Lajur

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 19:40 WIB

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung membeberkan alasan jalur keluar dari tiap GT dibagi menjadi dua lajur.

Bandung Raya - Bandung, Jalur Keluar Setiap GT di Bandung Dibagi Jadi 2 Lajur, Gerban Tol di Bandung,Gerbang tol,gerbang tol dibagi 2 lajur,Larangan Mudik 2021,Mudik 2021,Mudik Lebaran

Mobil yang Diputarbalikkan di GT Moh Toha Didominasi Plat B

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 19:04 WIB

Hari ketiga penyekatan larangan mudik di Mohammad Toha pada Minggu, 9 Mei 2021 sore hari terpantau ramai lancar.

Bandung Raya - Bandung, Mobil yang Diputarbalikkan di GT Moh Toha Didominasi Plat B, mobil diputarbalikkan di GT Moh Toha,GT Moh Toha,mobil plat B,Mudik 2021,Larangan Mudik 2021

Pengunjung Mal Plaza Parahyangan Abai Prokes Saat Berbelanja

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 18:33 WIB

Perayaan Idulfitri 1442 Hijriah tinggal menghitun hari. Masyarakat pun berbondong-bondong berbelanja baju lebaran di mal...

Bandung Raya - Bandung, Pengunjung Mal Plaza Parahyangan Abai Prokes Saat Berbelanja, Belanja Lebaran,mal plaz parahyangan,Disdagin Kota Bandung,kerumunan pusat perbelanjaan bandung,Pelanggaran Prokes,kerumunan mal di bandung,kerumunan bandung,COVID-19

Luput dari Pantauan Dishub, Parkir Liar Belanja Lebaran Merajalela

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 14:14 WIB

Puluhan kendaraan motor dua sedang terpakir di kawasan Jalan Kautamaan Istri, dekat dengan gedung SMPN 43 Kota Bandung....

Bandung Raya - Bandung,  Luput dari Pantauan Dishub, Parkir Liar Belanja Lebaran Merajalela, Parkir Liar,parkir liar kota bandung,Kota Bandung,Belanja Lebaran,pusat perbelanjaan bandung,Dishub Kota Bandung

Penjagaan Ketat di Exit Tol Cileunyi, Bikin Pemudik Putar Otak

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 05:27 WIB

Petugas gabungan di gerbang terus melakukan pemeriksaan kepada setiap kendaraan yang lewat bahkan ketika jam sudah menun...

Bandung Raya - Bandung, Penjagaan Ketat di Exit Tol Cileunyi, Bikin Pemudik Putar Otak  , gerbang tol Cileunyi,Gubernur Jabar Ridwan Kamil,Operasi Ketupat Lodaya 2021,Mudik Lebaran,penyekatan jalan di cileunyi

Jadwal Imsak dan Salat 5 Waktu untuk Kota Bandung Minggu, 9 Mei 2021

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 03:40 WIB

Jadwal Imsak dan Salat 5 Waktu untuk Kota Bandung Minggu, 9 Mei 2021

Bandung Raya - Bandung, Jadwal Imsak dan Salat 5 Waktu untuk Kota Bandung Minggu, 9 Mei 2021, Jadwal Salat Bandung,Jadwal Salat,jadwal salat di Bandung,Jadwal Salat Kota Bandung,jadwal imsak bandung hari ini
dewanpers