web analytics
  

Mural Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan

Kamis, 15 April 2021 18:30 WIB Netizen Joko Awal Suroto
Netizen, Mural Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan, Mural Sebagai Media Pembelajaran Efektif,Media Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan,SDN Mustikajaya VII,Kota Bekasi,Mural,Pendidikan,Sekolah

SDN Mustikajaya VII yang ada di Kota Bekasi mulai menerapkan visual mural sebagai media pembelajaran guna persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan sebentar lagi setelah adanya trend penurunan penderita Covid-19. (Joko Awal Suroto)

Joko Awal Suroto

Guru SD Negeri Mustikajaya VII Kota Bekasi

Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu serta mengembangkan diri. Tidak heran jika setiap orang tua berusaha untuk menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik. Sekolah yang baik tidak hanya memiliki guru yang kompeten, tetapi juga lingkungan sekolah yang baik. Keberhasilan setiap anak dalam mengenyam pendidikan dipengaruhi oleh motivasi belajar yang ada dalam diri mereka sendiri.

Banyak hal yang dapat memicu tumbuhnya motivasi belajar yang besar pada anak, seperti dukungan orang tua serta lingkungan sekolah itu sendiri. Lingkungan sekolah sendiri memiliki banyak makna di dalamnya seperti teman-teman yang ada di sekolah atau orang-orang yang berada disekitar sekolah tersebut serta kondisi lingkungan sekolah yang sebenarnya. Sekolah dengan kondisi lingkungan yang bersih dan rapih dengan yang kotor tentu akan memberikan pengaruh psikologis yang berbeda kepada siswa dalam belajar. Untuk itu lingkungan yang bersih, rapih dan menyenangkan tentu akan mendukung motivasi belajar yang tinggi bagi siswa.

Salah satu yang bisa diaplikasikan di sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yaitu dengan lukisan dinding atau mural. Mural sekolah memberikan suasana yang “segar” dan membuat suasana di sekolah menjadi tidak monoton. Mural yang diaplikasikan pada dinding sekolah juga bisa menjadi contoh bagaimana mengekspresikan sebuah seni dalam diri seseorang. Lukis dinding (mural) dalam konteks pendidikan sudah tentu memiliki peran yang dapat meningkatkan minat belajar melalui metode visual. Banyak sekolah yang sudah menerapkan metode visual sebagai media pembelajaran siswa, terlebih zaman sekarang sudah lebih modern metode ajarnya, bukan harus selalu mendengarkan materi dari guru di kelas.

Sebagai perwujudan dengan adanya visual di sekolah, beberapa pihak sekolah pun tak enggan untuk memilih mural sebagai upaya memperindah sekolahnya. Salah satunya SDN Mustikajaya VII yang ada di Kota Bekasi mulai menerapkan visual mural sebagai media pembelajaran guna persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan sebentar lagi setelah adanya trend penurunan penderita Covid-19. Mengusung konsep yang memadukan antara seni dengan pendidikan, sekolah ini memoles dinding luar sekolah mereka dengan tampilan mural yang eksotis. Lukisan-lukisan gambar pahlawan dengan warna-warna cerah seperti warna merah, putih, hitam yang menjadi warna mural gambar pahlawan menjadi warna dominan, serta warna coklat melatarbelakangi mural yang berada di dinding tersebut.

Dengan konsep sederhana namun berisi pesan bermakna, mural ini di jadikan media sarana pengembangan diri setiap siswa. Mural bergambar para pahlawan atau siswa yang sedang belajar dan bermain dari berbagai tingkatan, seolah tengah menyampaikan pesan, bahwa belajar tanpa bermain adalah penindasan pendidikan yang hanya akan menghancurkan karakter setiap murid. Konsep mural modern dengan warna-warna cerah sesuai dengan dunia anak yang penuh warna. Tujuannya selain menciptakan suasana yang lebih hidup di halaman sekolah juga meciptakan kenyamanan bagi setiap orang tua siswa yang menunggu buah hatinya dalam proses belajar.

Media pendidikan sangat berperan dalam perencanaan dan pelaksanaan secara sistematis. Media sendiri adalah orang, benda atau kejadian yang menciptakan suasana yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, ketrampilan, maupun sikap. Salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah  mural. Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Manfaat gambar bagi anak adalah sebagai  alat untuk mengutarakan (berekspresi) isi hati, pendapat maupun gagasannya, media bermain fantasi, imajinasi dan sekaligus sublimasi, stimulasi bentuk ketika lupa, atau untuk menumbuhkan gagasan baru, dan alat untuk menjelaskan bentuk serta situasi.

Mural sebagai sarana pendidikan di sekolah, memang disarankan agar para murid atau peserta didik ketika melihat lukisan dinding yang dibuat, selain menjadi "terhibur", sekaligus mendapatkan pesan-pesan dari lukisan dinding atau mural yang dilihatnya. Demikian, karena pembuatan mural di lingkungan sekolah, memang tidak hanya memikirkan unsur estetiknya saja, melainkan, dan yang paling utama adalah kandungan dan nilai pesan yang ingin disampaikan kepada peserta didik melalui mural tersebut. Dengan demikian, boleh dikata mural dalam lingkungan sekolah menjadi penting dan sangat mendidik.

Tidak jarang ditemukan mural di lingkungan sekolah dengan pesan-pesan yang hanya berupa tulisan-tulisan formal saja. Metode seperti ini, kini dianggap kurang efektif, karena hanya berupa tulisan saja sehingga kurang mendapat perhatian dari murid. Dengan demikian, maka tidak heran saat ini ketika kita memasuki beberapa lingkungan sekolah, kita akan melihat beberapa lukisan yang terpajang di dinding-dinding gedung sekolah, seolah-olah ada suatu kegiatan pameran lukisan yang diadakan dalam lingkungan sekolah itu. Ada banyak pesan yang ingin dikomunikasikan kepada murid melalui mural dalam lingkungan sekolah, terutama pesan-pesan akan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai moral (etika).

SDN Mustikajaya VII yang ada di Kota Bekasi mulai menerapkan visual mural sebagai media pembelajaran guna persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan sebentar lagi setelah adanya trend penurunan penderita Covid-19. (Joko Awal Suroto)

Mural di dalam lingkungan sekolah merupakan salah satu model pembelajaran dengan metode visual estetis yang digunakan dalam rangka menanamkan dan melestarikan nilai-nilai sosial-budaya. Demikian, karena berangkat dari suatu keyakinan bahwa, ketika murid atau peserta didik melihat lukisanlukisan yang dibuat di dinding sekolah, akan lebih mudah untuk menarik perhatiannya, dan mereka lebih mudah pula untuk mengaplikasikannya karena tinggal meniru apa yang dilihat dalam lukisan-lukisan tersebut.

Perlu digarisbawahi di sini bahwa bentuk visual mural di lingkungan sekolah harus disesuaikan dengan perkembangan usia peserta didik. Dalam hal ini berkaitan dengan perkembangan kemampuan intelektual, kepekaan rasa (estetis), dan pertumbuhan fisik perserta didik itu sendiri. Hal tersebut penting, agar peserta didik mampu menyerap atau menangkap pesan-pesan yang hendak disampaikan dalam lukisan dinding atau mural yang dibuat.

Di samping itu, pesan-pesan yang ingin disampaikan pun perlu diperhatikan. Dengan kata lain, pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam lukisan dinding di lingkungan sekolah juga harus disesuaikan dengan perkembangan peserta didik. Misalnya, untuk lukisan-lukisan di sekolah TK, maka pesan-pesan yang disampaikan juga lebih bersifat sederhana, mudah dicerna oleh anak-anak TK, dengan bentuk visual berupa gambar kartun atau karikatur.

Begitupun dengan sekolah-sekolah pada tingkat selanjutnya, baik pada tingkat SD, SMP, dan SMA, yang semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan pemahaman dan usia anak atau peserta didik. [*]

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

Hobi Bagaikan Harta Karun

Netizen Jumat, 7 Mei 2021 | 15:40 WIB

Setiap pekerjaan pasti merasakan suka dan duka. Tetapi, dengan dasar hobi, pekerjaan jadi terasa lebih menyamankan.

Netizen, Hobi Bagaikan Harta Karun, Hobi,Harta Karun,Pekerjaan,Menulis

Confident Humility, Hal yang Rumpang pada Masa Kini

Netizen Jumat, 7 Mei 2021 | 15:10 WIB

Jika kita terlalu percaya diri maka akan nampak arogan. Di lain sisi, jika tidak punya kepercayaan diri sama sekali maka...

Netizen, Confident Humility, Hal yang Rumpang pada Masa Kini, Confident Humility,Hal yang Rumpang,Masa Kini,Filosofi  Hidup,Kepercayaan Diri,Kerendahan Hati

Sawahkurung, Sawah Terakhir di Pusat Kota Bandung

Netizen Jumat, 7 Mei 2021 | 14:30 WIB

Bila ditelusuri, nama-nama geografi itu mengabadikan perkembangan kota, seperti halnya yang terjadi di Kota Bandung.

Netizen, Sawahkurung, Sawah Terakhir di Pusat Kota Bandung, Sawahkurung,Sawah Terakhir,Pusat Kota Bandung,Sejarah,Geografis

Pendidikan Seksual Bukan Hanya Tentang Seks dan Kontrasepsi

Netizen Kamis, 6 Mei 2021 | 15:36 WIB

Berbicara soal seks memang selalu menuai kontroversi dan selalu menjadi topik yang sensitif.

Netizen, Pendidikan Seksual Bukan Hanya Tentang Seks dan Kontrasepsi, Pendidikan Seksual,Seks,kontrasepsi,Oran Tua,Anak,Sex education

Ketika Rumahku Bukan Istanaku

Netizen Kamis, 6 Mei 2021 | 15:00 WIB

Apakah rumah memang tempat yang aman?

Netizen, Ketika Rumahku Bukan Istanaku, Rumahku Bukan Istanaku,Catatan Kelam Perempuan,Stress,KDRT,KDRT Secara Seksual,Perceraian

Sony Xperia, 'Limbah Jepang' yang Tak Pernah Sepi Peminat

Netizen Rabu, 5 Mei 2021 | 14:23 WIB

Walaupun secara resmi Sony sudah menarik peredaran ponselnya di tanah air, peminat dari ponsel ini justru tidak pernah s...

Netizen, Sony Xperia, 'Limbah Jepang' yang Tak Pernah Sepi Peminat, Sony Xperia,Ponsel,Teknologi,smartphone,Jepang

Anggota Perhimpunan Batavia Menulis Adat Bengang

Netizen Rabu, 5 Mei 2021 | 10:18 WIB

Apa saja kontribusi yang diberikan oleh Kartawinata selama menjadi anggota Perhimpunan Batavia?

Netizen, Anggota Perhimpunan Batavia Menulis Adat Bengang, Anggota Perhimpunan Batavia,Adat Bengang,Raden Kartawinata,Bataviasch Genootschap voor Kunsten en Wetenschappen (BGKW)

Mengapa Mudik?

Netizen Selasa, 4 Mei 2021 | 12:55 WIB

Meski kini pemerintah melarang mudik. tradisi mudik ini tidak akan pernah berhenti pada satu generasi.

Netizen, Mengapa Mudik?, Mudik,Larangan Mudik,Mengapa Mudik?

artikel terkait

dewanpers