web analytics
  

Pemkot Bandung Sebar Internet Gratis di 500 RW, Ini Lokasinya

Senin, 12 April 2021 20:24 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Sebar Internet Gratis di 500 RW, Ini Lokasinya, Internet Gratis Kota Bandung,Pemkot Bandung,Smart City Bandung,WiFi gratis Bandung,RW Net

Ilustrasi -- Internet. (Pixabay)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus menggenjot implementasi konsep smart city, utamanya dari sisi optimalisasi teknologi informasi. Yakni, mulai dari pengintegrasian sistem pemerintahan untuk layanan publik hingga program internet gratis di tingkat RW.

Saat ini Pemkot Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sudah menyebarkan internet gratis di 500 RW. Layanan ini dipasang di sejumlah balai RW, masjid besar kecamatan serta di 30 taman yang tersebar di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menuturkan saat ini pihaknya juga mendorong penggunaan tanda tangan digital bagi seluruh OPD ataupun kewilayahan. Hal ini agar proses penandatanganan untuk keperluan surat ataupun pengadministrasian lebih efektif dan efisien.

Oded menekankan kepada kewilayahan untuk bisa mengoptimalkan penggunaan aplikasi dalam memberikan layanan. Yakni agar bisa memaksimalkan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Sipaku) untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Oded mengatakan, optimalisasi pelayanan pemerintahan berbasis tenologi informasi bukan hanya penerapan konsep smart city saja, tetapi sekaligus pengimplementasian Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“SPBE ini merupakan bagian dari dimensi smart goverment. Karena ini juga sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, ayo kita bersama-sama meningkatkan dan menguatan sistem layanan ini,” ucap Oded saat menutup kegiatan Kick Off Sosialisasi Program Diskominfo Kota Bandung serta Launching RW Net di Bandung Command Center, Senin, 12 April 2021.

Pada kesempatan yang sama turut juga diinformasikan mengenai pengintegrasian semua layanan dan informasi Pemkot Bandung. Kini informasi seluruh OPD dan kewilayahan terhimpun dalam datu laman melaui bandung.go.id.

“Di masing-masing OPD sudah memiliki aplikasi, tapi saya kira kerja yang benar itu tidak parsial. Alhamdulillah hari ini Diskominfo mengajak untuk mengintegrasikan semua aplikasi dalam satu aplikasi,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana memaparkan, untuk program RW Net saat ini lebih banyak menjangkau masyarakat. Proyek pendahulunya kala itu masih uji coba di 50 lokasi.

“Sekarang kita 500 titik di area publik. Kalau dulu itu CSR, sekarang dibiayai oleh APBD. Jadi bisa dibiayai dalam satu tahun anggaran. Gratis, tidak pakai password, cukup masuk pakai SSD-nya bandung smart city,” ujar Yayan.

Lebih lanjut, Yayan menuturkan, perihal penggunaan tanda tangan digital dalam surat elektronik sebetulnya sudah digunakan. Namun, belum semua kepala OPD dan kewilayahan yang menggunakannya lataran tanda tangannya belum tersertifikasi oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE).

Yayan menyebut, sampai saat ini baru sekitar 40 kepala OPD ataupun kewilayahan yang sudah tersertifikasi melalui BSrE. Sisanya kini tengah diurus untuk bisa segera tersertifikasi.

“Dengan adanya surat online ini nanti surat menyurat semakin muda. Seperti disposisi ataupun surat lainnya bisa dikerjakan kapan pun atau dimanapun,” terangnya.

Begitpun dengan aplikasi Sipaku, Yayan menyatakan, saat ini ada 4 kecamatan dan 14 kelurahan yang sudah menjalankannya. Selebihnya akan digenjot agar bisa diaplikasikan di seluruh kewilayahan.

Yayan menegaskan, aplikasi Sipaku ini untuk memberikan kemudahan dan kejelasan pengadministrasian di kewilayahan. Sementara untuk produknya masih tetap dieksekusi secara daring ataupun langsung oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disducapil).

“Sipaku ini menyediaakan sistem administrasinya. Seperti misalkan apa kekurangan persyaratannya atau sampai mana prosesnya, siapa yang mengambilnya, dan lainnya. Tapi layanan onlinenya ada di disdukcapil,” jelas Yayan.

Yayan mengungkapkan perihal multisite yang menjadi inovasi untuk mengintegrasikan semua OPD dan kewilayahan. Multisite ini menjadi kanal yang menjembatani lintas laman online antar OPD dan kewilayahan.

“Jadi lewat multisite ini satu laman di bandung.go.id menyambung ke semua kelurahan, kecamatan, dan OPD. Secara keseluruhan semua OPD dan kewilayahan merespon sangat antusias. Mayoritas mereka ingin semua aplikasi cepat diterapkan,” katanya.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Jadwal Imsak dan Salat 5 Waktu untuk Kota Bandung Minggu, 9 Mei 2021

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 03:40 WIB

Jadwal Imsak dan Salat 5 Waktu untuk Kota Bandung Minggu, 9 Mei 2021

Bandung Raya - Bandung, Jadwal Imsak dan Salat 5 Waktu untuk Kota Bandung Minggu, 9 Mei 2021, Jadwal Salat Bandung,Jadwal Salat,jadwal salat di Bandung,Jadwal Salat Kota Bandung,jadwal imsak bandung hari ini

Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini Minggu, 9 Mei 2021 Berawan Hingga Cer...

Bandung Minggu, 9 Mei 2021 | 03:11 WIB

Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini Minggu, 9 Mei 2021

Bandung Raya - Bandung, Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini Minggu, 9 Mei 2021 Berawan Hingga Cerah Berawan, Cuaca Bandung,Cuaca Bandung Hari Ini,cuaca Bandung BMKG,Cuaca Bandung Terkini

Penyiar Radio Diturunkan di GT Pasteur, Tak Bawa Hasil Tes Rapid Antig...

Bandung Sabtu, 8 Mei 2021 | 20:52 WIB

Selain tidak membawa surat keterangan antigen, Vera dan dua penumpang lainnya pun diberi instruksi untuk turun karena la...

Bandung Raya - Bandung, Penyiar Radio Diturunkan di GT Pasteur, Tak Bawa Hasil Tes Rapid Antigen, larangan berkerumun di dalam kendaraan,Kebijakan larangan mudik,kebijakan penyekatan larangan mudik,uji dokumen perjalanan dan kesehatan,surat keterangan hasil rapid test,Larangan Mudik,wartawan rri bandung diusir,wartawan rri diusir,rri,rri bandung

Viral 85 WNA Cina Masuk Indonesia, Warga Sentil Larangan Mudik

Bandung Sabtu, 8 Mei 2021 | 19:40 WIB

Masuknya puluhan WNA asal Cina itu memicu kritik dari masyarakat, bahkan tidak sedikit yang melontarkan kritik bernada s...

Bandung Raya - Bandung, Viral 85 WNA Cina Masuk Indonesia, Warga Sentil Larangan Mudik, WNA Cina Masuk Indonesia,rombongan WNA Cina,Larangan Mudik,larangan mudik Lebaran,kebijakan penanganan Covid-19,kedatangan warga Cina,periode larangan mudik,WNA asing positif covid-19

Mudik Dilarang tapi Wisata Dibuka Timbulkan Kecemburuan Masyarakat

Bandung Sabtu, 8 Mei 2021 | 14:46 WIB

Pakar menyoroti adanya ketidakkonsistenan pada upaya pemerintah dalam menekan kenaikan kasus Covid-19 dalam momen Idulfi...

Bandung Raya - Bandung, Mudik Dilarang tapi Wisata Dibuka Timbulkan Kecemburuan Masyarakat, Larangan Mudik,Idulfitri 2021,Mudik Dilarang tapi Wisata Dibuka,kecemburuan sosial,tradisi mudik,kelonggaran di sektor pariwisata,problematika larangan mudik

Ketua DPRD Kota Bandung : Tidak Mudik Adalah Ikhtiar Hentikan Covid-1...

Bandung Sabtu, 8 Mei 2021 | 14:15 WIB

Hal tersebut dapat meminimalisasi potensi kerumunan.

Bandung Raya - Bandung,  Ketua DPRD Kota Bandung : Tidak Mudik Adalah Ikhtiar Hentikan Covid-19, Mudik Lebaran,Larangan Mudik 2021,Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan

Mudik Dilarang dan Wisata Dibuka, Pakar Desak Pemerintah Lakukan Ini

Bandung Sabtu, 8 Mei 2021 | 13:43 WIB

Kebijakan ini juga dinilai dapat memicu kecemburuan sosial.

Bandung Raya - Bandung, Mudik Dilarang dan Wisata Dibuka, Pakar Desak Pemerintah Lakukan Ini, Mudik Lebaran,Mudik 2021,Larangan Mudik 2021,mudik kota bandung,Penyekatan mudik ramadan 2021

Kasus Aktif Covid-19 Kota Bandung Naik 41 dalam Sehari

Bandung Sabtu, 8 Mei 2021 | 13:27 WIB

Hal tersebut mejadikan total kasus Covid-19 aktif di Kota Bandung saat ini ada sebanyak 913. 

Bandung Raya - Bandung, Kasus Aktif Covid-19 Kota Bandung Naik 41 dalam Sehari, Update Covid-19 Kota Bandung,Kasus Covid-19 Kota Bandung

artikel terkait

dewanpers