web analytics
  

Suburkan Kandungan hingga Obat Kolestrol, Ini 10 Khasiat Buah Zuriat

Minggu, 11 April 2021 11:45 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Suburkan Kandungan hingga Obat Kolestrol, Ini 10 Khasiat Buah Zuriat, Khasiat Buah Zuriat,buah zuriat,manfaat buah zuriat,cara mengolah buah zuriat,obat herbal buah zuriat,Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan,Manfaat kesehatan buah zuriat

Buah Zuriat (Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pernahkah Anda mendapatkan buah tangan berupa buah zuriat dari keluarga atau relasi yang baru saja menjalankan Ibadah Haji atau Umrah? Kalau pernah, berarti Anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang tumbuh dengan subur di wilayah timur tengah ini. Ya, buah zuriat adalah buah yang cukup populer dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang dari Arab Saudi atau negara timur tengah lainnya.

Buah yang berasal dari Mesir, atau lebih tepatnya di wilayah hulu sungai Nil ini juga biasa dikenal dengan sebutan pohon palem Afrika. Secara penampilan, buah zuriat berbentuk bulat dengan ukuran sekitar 5 sampai 6 cm, dan berwarna kuning kecoklatan. Agar bisa dikonsumsi, buah ini biasanya akan direbus terlebih dahulu untuk mendapatkan ekstraknya.

Di negara asalnya, buah ini juga sudah banyak diolah ke dalam bentuk serbuk selayaknya teh agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Lalu. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ekstrak buah zuriat ini?

10 Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan

  • Cocok Dikonsumsi oleh Pasutri yang Sedang Menjalani Program Kehamilan

Manfaat kesehatan utama dan paling populer dari buah zuriat adalah mampu meningkatkan kesuburan, baik bagi pria ataupun wanita. Oleh karena itu, bagi pasangan suami istri yang berencana untuk memiliki keturunan dan sedang menjalani program kehamilan, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi.
Bahkan, menurut mitos yang beredar, mengonsumsi buah zuriat kembar mampu meningkatkan potensi Anda untuk melahirkan bayi kembar pula. Namun, tentu saja manfaat buah zuriat yang satu ini masih banyak diperdebatkan dan tak seharusnya dipercaya sepenuhnya begitu saja.

Khasiat buah zuriat untuk meningkatkan kesuburan berasal dari zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, tingkat kesuburan pria dan wanita semakin membaik ketika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat antioksidan.

  • Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Kandungan lainnya yang melimpah adalah aneka jenis vitamin B, termasuk vitamin B9 atau biasa disebut dengan folat. Bagi ibu hamil, vitamin B9 atau folat ini menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk didapatkan karena berguna untuk mencegah calon buah hati terlahir dengan kondisi cacat atau mengidap masalah kesehatan bawaan. 
Tak selalu harus dikonsumsi saat sudah mengandung hamil, buah zuriat juga sebaiknya rutin dikonsumsi saat baru berencana menjalani program hamil. Dengan begitu, risiko untuk bayi terlahir dengan kondisi cacat bawaan dapat diminimalisir dan hampir tak mungkin untuk terjadi.

  • Meminimalisir Dampak Buruk dari Radikal Bebas

Tak hanya itu, zat antioksidan yang terkandung dalam buah zuriat juga sudah lama dipercaya mampu meminimalisir munculnya masalah kesehatan yang dipicu oleh radikal bebas di dalam tubuh. Saat aktivitas radikal bebas dalam tubuh tak terkontrol, hal ini mampu memicu stres oksidatif yang dapat berimbas fatal.
Bahkan, salah satu efek buruk dari radikal bebas ini adalah menyebabkan mutasi pada sel mati dan memicu munculnya tumor atau sel kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi buah zuriat dan mendapatkan kandungan antioksidannya juga mampu memperkecil risiko munculnya penyakit yang disebabkan oleh reaksi radikal bebas di dalam tubuh.

  • Dijauhkan dari Penyakit Katarak 

Bukan hanya vitamin B9, buah dari timur tengah ini juga kaya akan vitamin B2 atau riboflavin yang melimpah. Dengan mendapatkan nutrisi riboflavin alias vitamin B2 yang cukup, Anda akan terhindar dari risiko terserang penyakit mata berupa katarak. 
Katarak sendiri adalah penyakit mata yang cukup tinggi risikonya untuk menyerang orang lanjut usia dan dapat menyebabkan kebutaan secara total. Selain menjalani operasi mata, sulit rasanya seseorang bisa sembuh dari penyakit katarak ini. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 atau riboflavin seperti buah zuriat ini. 

  • Meredakan Sakit Kepala Akibat Migrain

Sakit kepala akibat migrain mampu mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Nah, saat masalah kesehatan ini muncul, Anda dapat meredakan rasa nyerinya dengan mengonsumsi air rebusan buah zuriat. Manfaat buah zuriat ini berasal dari efek vitamin B2 atau riboflavin yang banyak terkandung dalam buah tersebut.

  • Membantu Turunkan Kolesterol

Sungguh sayang jika tak membawa buah zuriat saat pulang dari wisata ke negara timur tengah, atau baru saja menjalani ibadah di Tanah Suci. Sebab, Anda jadi tak bisa merasakan manfaat menyehatkan dari buah tersebut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Karena mengandung zat antioksidan, buah zuriat dikenal mampu membantu tubuh turunkan kadar kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Melalui zat antioksidan pula tubuh mampu mengontrol tingkat trigliserida tubuh sehingga mampu menjaga total kadar kolesterol berada di level 200 mg per dL atau di bawahnya. Untuk itu, bagi penderita kolesterol tinggi atau ingin terhindar dari masalah kesehatan tersebut, mengonsumsi buah zuriat ini bisa jadi salah satu alternatif yang bisa dipilih. 

  • Menjaga Jantung agar Tetap Sehat

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, kadar kolesterol yang terkontrol akan secara otomatis membuat kesehatan organ jantung terjaga. Hal ini disebabkan kolesterol tak akan lagi menempel dan mengendap pada dinding pembuluh darah atau arteri dan menyumbat aliran darah. 
Saat pergerakan darah dalam tubuh lancar, jantung pun akan lebih mampu menjalankan tugasnya dengan lebih optimal. Dalam kata lain, Anda akan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular mematikan. Seperti, penyakit jantung dan stroke, saat menjadikan air rebusan dari buah zuriat ini sebagai konsumsi rutin. 

  • Mengatasi Keputihan dan Memperlancar Haid

Menjadi agenda bulanan bagi kaum hawa, siklus kewanitaan atau haid umumnya datang setiap satu bulan sekali. Namun, bagi sebagian wanita, tak jarang siklus haid ini terjadi di waktu yang tak menentu, kadang lebih cepat, kadang pula terlambat. 
Kondisi haid yang tidak lancar ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan buah zuriat. Pasalnya, ekstrak buah zuriat yang terkandung dalam air rebusannya dipercaya mampu membantu tubuh untuk melancarkan aliran darah dan siklus menstruasi. Tidak hanya itu, bagi Anda yang mengalami masalah keputihan, mengonsumsi buah zuriat juga bisa menjadi solusinya.

  • Mampu Mencegah Osteoporosis

Mengonsumsi buah zuriat secara teratur dan rutin juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tulang. Mengandung kalsium yang tinggi, buah yang juga disebut dengan buah doum ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit osteoporosis. 

  • Andal Menjaga Kesehatan Organ Hati

Sebuah jurnal medis mengungkapkan jika buah zuriat adalah salah satu dari sejumlah jenis tumbuhan yang memiliki kandungan flavonoid di dalamnya. Karena kandungannya tersebut, buah zuriat mampu memberikan manfaat kesehatan berupa memberikan efek baik bagi organ hati serta mencegah terjadinya kerusakan pada organ tersebut. 
Dengan begitu, organ hati akan tetap mampu menjalankan tugasnya dengan optimal dan menyaring racun berbahaya yang mungkin ikut terbawa ke dalam tubuh. 

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat
Berasal dari kawasan timur tengah, buah zuriat memang sudah lama dikenal sebagai tumbuhan yang menyimpan segudang manfaat hebat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut, Anda dapat mengolah buah zuriat dengan amat mudah. 
Cukup dengan membelah buah tersebut menjadi dua bagian dan direbus, manfaat kesehatan di atas bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusannya. Cara mengonsumsi buah zuriat lainnya adalah dengan merebus bagian kulit, biji, ataupun keduanya dan meminum air rebusannya. 

Jika ingin lebih praktis, ada banyak pedagang di timur tengah yang menjajakan buah zuriat dalam bentuk serbuk. Dengan begitu, Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas selayaknya teh dan manfaat dari ekstrak buah zuriat pun bisa langsung didapatkan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Tempe atau Tahu, Sehat Mana?

Sehat Minggu, 9 Mei 2021 | 09:26 WIB

Ahli gizi sendiri sangat menyarankan mengonsumsi keduanya karena sehat, serbaguna, dan sangat murah.

Gaya Hidup - Sehat, Tempe atau Tahu, Sehat Mana?, tahu,tempe,tahu atau tempe,sehat mana tahu atau tempe, makanan sehat

Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 21:37 WIB

Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Gaya Hidup - Sehat, Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Mendapatkan Tubuh Ideal, Menu Diet Sehat,Tips Kesehatan,Sarapan,makan siang,Makan Malam,Cara Menurunkan Berat Badan,Tubuh Ideal

Baik Untuk Usus, 3 Teh Herbal Ini Cocok Diminum Sebelum Tidur

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 21:35 WIB

Tiga jenis teh herbal ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan pencernaan jika diminum sebelum tidur.

Gaya Hidup - Sehat, Baik Untuk Usus, 3 Teh Herbal Ini Cocok Diminum Sebelum Tidur, Teh Herbal,Teh Herbal untuk kesehatan usus,Teh yang Cocok Diminum Sebelum Tidur,cara meningkatkan kesehatan pencernaan,manfaat minum teh herbal sebelum tidur,manfaat minum teh herbal

Jarang Disadari, Ini Cara Bikin Kulit Leher Tampak Awet Muda

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 20:16 WIB

Ketika bicara mengenai perawatan kulit, area kulit di sekitar leher jarang mendapatkan sorotan. Padahal, area kulit di l...

Gaya Hidup - Sehat, Jarang Disadari, Ini Cara Bikin Kulit Leher Tampak Awet Muda, Cara Bikin Kulit Leher Tampak Awet Muda,penuaan kulit,area kulit di leher,kulit leher,penuaan kulit leher,mengatasi penuaan kulit leher

Mudah! Ini Cara Mengatasi Mata Bengkak secara Alami

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 19:25 WIB

Mata bengkak atau retensi kelebihan cairan di area periorbital bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya ad...

Gaya Hidup - Sehat, Mudah! Ini Cara Mengatasi Mata Bengkak secara Alami, Cara Mengatasi Mata Bengkak,Cara Mengobati Mata Bengkak,Mata Bengkak,penyebab mata bengkak,obat mata bengkak

Konsumsi Kacang-kacangan Bisa Turunkan dan Jaga Berat Badan!

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 19:18 WIB

Konsumsi kacang-kacangan disebut tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga dapat membantu menjaga berat ba...

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Kacang-kacangan Bisa Turunkan dan Jaga Berat Badan!, Konsumsi kacang-kacangan,Cara Menurunkan Berat Badan,tips menjaga berat badan,cara mempertahankan berat badan,program pemeliharaan berat badan,makan kacang dapat memelihara berat badan

Simak! Ini 5 Tanda Kehamilan yang Jarang Diperhatikan

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 17:44 WIB

ebagian besar wanita sudah tahu bahwa tanda kehamilan awal umum adalah menstruasi yang terlewat, nyeri payudara, dan mua...

Gaya Hidup - Sehat, Simak! Ini 5 Tanda Kehamilan yang Jarang Diperhatikan, Tanda Kehamilan yang Jarang Diperhatikan,gejala kehamilan yang jarang diketahui

Jangan Asal Makan! Ini Tips Pertahankan Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Sehat Sabtu, 8 Mei 2021 | 17:21 WIB

Kunci utama agar tetap sehat saat merayakan Idulfitri adalah dengan menghidangkan menu makanan serta camilan yang sehat...

Gaya Hidup - Sehat, Jangan Asal Makan! Ini Tips Pertahankan Pola Makan Sehat Saat  Lebaran, Tips Pola Makan Sehat Saat  Lebaran,Hari Raya Idulfitri,Makanan khas Hari Raya Idulfitri,Ragam hidangan Lebaran,kontrol kadar gula darah saat lebaran
dewanpers