web analytics
  

Penderita Diabetes Boleh Puasa?

Sabtu, 10 April 2021 06:41 WIB
Umum - Ramadhan, Penderita Diabetes Boleh Puasa?, Penderita Diabetes,Diabetes Puasa,puasa ramadan,Ramadan 2021

Ilustrasi -- Penderita Diabetes. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bolehkah penderita diabetes berpuasa? Pertanyaan tersebut terasa menggelitik. Merujuk pada ayat Alquran, orang yang sakit dibebaskan dari kewajiban puasa.

Orang sakit boleh meninggalkan puasa dan menggantinya di lain waktu. Atau membayar fidyah jika memang tak sanggup menggantinya.

Hanya saja tak semua orang bersedia menerima keringanan itu. Penderita Diabetes Mellitus (DM) atau kencing manis sering mempertanyakan masalah ini pada dokternya. Mereka merasa sehat, terutama jika kadar gulanya normal. Karena itu tak sedikit yang bersikeras menjalankan puasa.

"Di negara-negara Islam, penderita kencing manis kerap bertanya, apakah mereka boleh berpuasa?" ujar dokter Fereidoun Azizi dan Behnam Siahkolah dari Pusat Penelitian Endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Shasheed Beheshti Iran dalam tulisannya yang berjudul Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes Mellitus.

Ketika dijawab mereka boleh tidak puasa, pasien ngotot menjelaskan mereka merasa baik-baik saja. Dalam kondisi normal, kadar gula dalam darah akan turun setelah beberapa jam puasa.

Sebab, tak ada asupan makanan yang berarti tak ada energi. Sore hari pada waktu puasa adalah saat di mana kadar gula berada dalam posisi paling rendah.

Ukuran normal gula dalam darah adalah 120-140 g/dl. Sedang kadar gula penderita diabetes umumnya di atas 200 g/ml.

Namun dalam kondisi hipoglikemi, kadar gula dalam darahnya bisa merosot hingga 20 g/ml. Naik atau turunnya kadar gula itu bisa terjadi akibat salah mengatur makanan, aktivitas fisik berlebihan atau tidak teratur mengonsumsi obat.

Jika pada orang normal setelah beberapa jam puasa kadar gula bisa turun hingga 60 g/ml, maka kondisi serupa bisa terjadi pada penderita DM. Namun dikhawatirkan kadar gula pasien DM yang puasa akan merosot jauh hingga mengalami hipoglikemi atau melonjak hingga terjadi hiperglikemi hingga pasien koma.

Itu terjadi karena organ yang mengatur kadar gula mereka tak bekerja optimal. Bahkan pada penderita diabetes tergantung insulin, organnya tak mampu menghasilkan insulin hingga harus disuntikkan dari luar.

Sedang saat puasa tak boleh ada makanan atau minuman yang masuk. Obat yang dikonsumsi secara oral juga terlarang. Bagi penderita diabetes tergantung insulin sulit mengaturnya karena mereka harus menyuntikkan insulin bahkan hingga tiga kali sehari.

Dari hasil penelitian di lembaganya, pasien DM yang menjalankan puasa Ramadhan tak mengalami perubahan berarti baik dari segi berat badan, elektrolit darah, dan kolesterol. Sedang perubahan kadar gulanya sebagian besar masih dalam tahap bisa ditoleransi.

Dalam hal puasa, Azizi membagi penderita diabetes ke dalam tiga kategori, yakni mereka yang dilarang, boleh, dan dianjurkan. Mereka yang dilarang puasa, antara lain penderita diabetes tingkat I atau yang tergolong parah, pasien diabetes yang tidak terkontrol, penderita diabetes dengan komplikasi, pasien diabetes dengan sejarah diabetes ketoasidosis, dan pasien diabetes yang sedang hamil. Pasien diabetes yang selama menjalankan puasa mengalami dua hingga tiga kali hipoglikemi atau hiperglikemi juga tak dibolehkan puasa.

Pasien diabetes di luar kategori di atas boleh puasa. Namun, untuk menentukan sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Sedang penderita diabetes --jenis tidak tergantung insulin-- yang kondisinya stabil, namun memiliki berat badan berlebih justru dianjurkan puasa. Puasa aman bagi penderita diabetes yang tidak tergantung insulin (NIDDM).

Hanya saja mereka harus ketat mengelola diri sendiri. Mereka harus rajin mengontrol kadar gula.

Penderita diabetes tergantung insulin juga masih bisa puasa asal ketat mengontrol diet, mengatur kegiatan fisik sehari-hari, dan mengubah pola minum obat. Untuk sukses puasa, menurut Azizi, ada satu program yang disebut 3M.

Tiga M itu berarti Mengatur pola minum obat, Menjalani diet, dan Mengontrol aktivitas harian. Kegiatan fisik tetap bisa dilakukan. Namun, tak boleh berlebihan agar tidak terjadi dehidrasi dan hipoglikemi. Dengan Tiga M itu, pasien diabetes baik tergantung insulin maupun tidak boleh puasa.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Gagal Pulang Kampung, Ini Kumpulan Ucapan Lebaran Tidak Mudik

Ramadhan Kamis, 6 Mei 2021 | 18:39 WIB

Bagi anda yang tidak pulang kampung tahun ini untuk tetap menjaga tali silaturahmi kirimkan saja ucapan lebaran tidak mu...

Umum - Ramadhan, Gagal Pulang Kampung, Ini Kumpulan Ucapan Lebaran Tidak Mudik, Ucapan Lebaran Tidak Mudik,Kumpulan Ucapan Lebaran Tidak Mudik,Kumpulan Ucapan Lebaran,silaturahmi tanpa harus bertatap muka,momen suci Idulfitri 2021

Anti Bosan, Ini Resep Es Blewah Cocopandan untuk Buka Puasa

Ramadhan Kamis, 6 Mei 2021 | 16:58 WIB

Meski sudah memasuki minggu terakhir Ramadan, berbuka puasa dengan menu pilihan tetap jadi andalan. Minuman segar tetap...

Umum - Ramadhan, Anti Bosan, Ini Resep Es Blewah Cocopandan untuk Buka Puasa, Resep Es Blewah Cocopandan,Resep Takjil untuk Buka Puasa,Resep menu berbuka puasa,Es Blewah Cocopandan

Ucapan Selamat Idulfitri 2021 yang Paling Menyentuh Hati

Ramadhan Kamis, 6 Mei 2021 | 12:17 WIB

Ucapan selamat Idulfitri pada lebaran 2021 menjadi sesuatu yang harus disampaikan di masa pandemi seperti sekarang.

Umum - Ramadhan, Ucapan Selamat Idulfitri 2021 yang Paling Menyentuh Hati, kumpulan ucapan selamat idulfitri,Ucapan selamat idulfitri,ucapan selamat lebaran,ucapan selamat lebaran 2021,ucapan selamat idulfitri 2021

Di Mana Tempat Lahir Nabi Ibrahim dan Makamnya?

Ramadhan Kamis, 6 Mei 2021 | 11:28 WIB

Ada beberapa pendapat tentang tempat lahir Nabi Ibrahim.

Umum - Ramadhan, Di Mana Tempat Lahir Nabi Ibrahim dan Makamnya?, Nabi Ibrahim,Irak,Palestina,Makam

Dari Surga ke Bumi, Nabi Adam Turun di Mana?

Ramadhan Kamis, 6 Mei 2021 | 11:05 WIB

Cukup banyak Sahabat Nabi Muhammad Saw. meriwayatkan bahwa Adam diturunkan di Sri Lanka.

Umum - Ramadhan, Dari Surga ke Bumi, Nabi Adam Turun di Mana?, Nabi Adam,Sri Lanka,hadis,Riwayat,Sahabat Nabi,Turunnya Nabi Adam,Hawa,Surga,Bumi

Usia Nabi Adam Capai 1.000 Tahun?

Ramadhan Kamis, 6 Mei 2021 | 08:50 WIB

Banyak intelektual Muslim dan sejarawan yang mengulas dalam buku mereka soal usia para nabi.

Umum - Ramadhan, Usia Nabi Adam Capai 1.000 Tahun?, Nabi Adam,Usia Nabi Adam,Riwayat,hadis

Tips Dokter Agar Lebaran Aman dari Covid-19

Ramadhan Rabu, 5 Mei 2021 | 19:23 WIB

Covid-19 bukan halangan untuk tetap merayakan Hari Raya Idulfitri. Hanya perlu adaptasi kebiasaan dengan menerapkan prot...

Umum - Ramadhan, Tips Dokter Agar Lebaran Aman dari Covid-19, Lebaran Aman dari Covid-19,Hari Raya Idulfitri,Pandemi Covid-19,tips khusus untuk merayakan Lebaran,Lebaran taat protokol kesehatan,ibadah salat Idulfitri,panduan salat Idulfitri selama pandemi

4 Tradisi Menjelang Hari Raya Idulfitri, Mana yang Bikin Kangen?

Ramadhan Rabu, 5 Mei 2021 | 18:40 WIB

Tidak terasa, sekitar satu minggu lagi Ramadan akan segera berakhir. Kamu akan semakin dekat dengan Idulfitri.

Umum - Ramadhan, 4 Tradisi Menjelang Hari Raya Idulfitri, Mana yang Bikin Kangen?, Tradisi Menjelang Hari Raya Idulfitri,Tradisi Hari Raya Idulfitri,Hari Raya Idulfitri,Tradisi jelang lebaran,Tradisi lebaran Idulfitri

artikel terkait

dewanpers