web analytics
  

"Masjid Nabawi" di Cimahi Ini Siap Gelar Salat Tarawih

Selasa, 6 April 2021 15:33 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Cimahi, "Masjid Nabawi" di Cimahi Ini Siap Gelar Salat Tarawih, Masjid Nabawi,Masjid Nabawi Cimahi,MAsjid Agung Cimahi,Salat Tarawih,Ramadan,Puasa,Berita Cimahi

Masjid Agung Cimahi didekorasi mirip Masjid Nabawi (Suara.com)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Masjid Agung Cimahi didekorasi mirip Masjid Nabawi di Madinah dan siap digunakan untuk salat tarawih saat Ramadan.

Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, pihaknya saat ini tengah melengkapi sarana dan prasarana protokol kesehatan guna mendukung pelaksanaan ibadah salat Tarawih nanti.

"Insya Allah salat Tarawih bisa dilaksanakan di Masjid Agung," ujar Dadan, Selasa, 6 April 2021).

Tahun 2020, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar salat Tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing lantaran adanya pandemi Covid-19. Namun tahun ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama, masjid-masjid diperbolehkan untuk melaksanakan salat tarawih.

Menurut Dadan, beberapa hal yang sudah disiapkan, di antaranya petugas yang akan memantau prokes, maupun sarana prasarana penunjang prokes.

"Petugas sudah kita arahkan. Jadi tetap menjaga prokes dan mengawasi tata pelaksanaan ibadahnya. Petugas juga mengawasi jemaah dalam penggunaan masker," ujarnya.

Apabila ada jemaah yang tidak menggunakan masker 1-2 kali, sambung Dadan, pihaknya akan memberikan masker. Namun jika memang berulang atau jemaah sekitar yang sering tidak menggunakan masker, maka pihaknya akan meminta jemaah tersebut untuk kembali.

"Ya itu tadi kita pun antisipasi siapkan masker di masjid. Manakala ada jemaah yang kebetulan lewat, dan salat di Masjid Agung atau buka disana, kita siapkan masker kalau memang tidak bawa masker," terangnya.

Sementara sarana penunjang prokes yang disiapkan pengurus DKM Masjid Agung Cimahi, diantaranya memperbanyak titik penyimpanan hand sanitizer, dan memperbanyak tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun, terutama di tempat-tempat wudhu.

"Kita juga akan rubah pola pembersihannya, misalnya selesai tarawih kita langsung bersihkan. Sehingga saat subuh tidak terburu-buru lagi. Dan banyak hal lainnya," sebut Dadan.

Sejarah Masjid Agung Cimahi

Masjid Agung Cimahi mulai berdiri tahun 1817 Masehi atau sekitar 8 tahun setelah Jalan Raya Pos rampung dibangun. Mulanya hanya bangunan panggung seluas 200 meter persegi yang dibangun di atas tanah wakaf RH. M. Nasir (Abu Nasir) melalui ahli warisnya, Rd. Hj. Halimah Basyah.

"Kalau menurut keluarga pewakaf tanah, masjid itu dibangun pada 1817 Masehi. 7 atau 8 tahun setelah Jalan Raya Pos selesai dibangun," terang pegiat sejarah, Machmud Mubarok.

Tahun 1962-an, masjid yang berdampingan dengan Alun-alun Cimahi itu mulai direnovasi lebih besar.
Perombakan besar-besaran pun dimulai lalu bangunan baru masjid diresmikan pada 1 Juni 1979 oleh Bupati KDH Tk II Bandung, Lily Sumantri.

Seiring perubahan satus dari Kota Administratif Cimahi menjadi Kota Cimahi pada tahun 2001, ada perubahan dimana tahun 2004 tempat wudlu dipindahkan ke tempat asal dibawah Gedung Dakwah sedangkan tempat wudlu yang lama dibangun menjadi gedung dua lantai untuk perkantoran MUI, DMI, BAZ dan aula MUI serta ruang belajar TKA/TPA dan RA.

Kini Masjid Agung Kota Cimahi dapat menampung jamaah sebanyak 5000 jamaah. Bangunan masjid yang sekarang masih menampilkan kesan masjid tradisional Indonesia dengan atap tumpang bersusun tiga.

Salah satu yang menarik dari arsitektur masjid adalah ruang utamanya yang terhampar tampa tiang tengah berkat struktur atap yang kokoh.

Atapnya ditopang oleh susunan batang baja sehingga menjadi rangkaian rangka atap yang solid dan unik.

Bahkan, kini tampilannya semakin cantik dengan penambahan serambi payung. Bak seperti di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, serambi payung tersebut tepat berada di bagian depan area masjid.

Bedanya, payung serambi di Masjid Agung Cimahi dibuat secara terbalik. Total ada 22 tiang serambi payung yang cukup untuk memayungi ratusan jemaah.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Potret Toleransi di Kampung Adat Cireundeu

Cimahi Minggu, 18 April 2021 | 13:42 WIB

Potret Toleransi di Kampung Adat Cireundeu

Bandung Raya - Cimahi, Potret Toleransi di Kampung Adat Cireundeu, Kampung Adat Cireundeu,Penghayat Sunda Wiwitan Cireundeu,Masyarakat Akur Sunda Wiwitan,Sunda Wiwitan,Contoh Toleransi Beragama

Mengintip Sentra Kue Lebaran di Cimahi

Cimahi Sabtu, 17 April 2021 | 15:04 WIB

Sajian kue kering menjadi kuliner yang wajib ada saat bulan Ramadan. Kehadiran kue kering makin dibutuhkan apalagi saat...

Bandung Raya - Cimahi, Mengintip Sentra Kue Lebaran di Cimahi, Sentra kue kering Cimahi,Sentra Kue Kering bandung,kue kering Lebaran,kue kering  Cimahi,kue kering Bandung,Kue Nastar,Kue Putri Salju

Ada Larangan Mudik, Perantau Cimahi Tetap Pulang Kampung

Cimahi Jumat, 16 April 2021 | 17:09 WIB

Ada Larangan Mudik, Perantau Cimahi Tetap Pulang Kampung

Bandung Raya - Cimahi, Ada Larangan Mudik, Perantau Cimahi Tetap Pulang Kampung, Cimahi,pemudik Cimahi,tiket bus Cimahi,larangan mudik Cimahi

Ajay Priatna Terima Suap Rp1,6 Miliar Secara Bertahap

Cimahi Rabu, 14 April 2021 | 19:19 WIB

Wali Kota Cimahi nonaktif itu menjalani sidang perdananya karena menerima gratifikasi yang berkaitan dengan izin pengemb...

Bandung Raya - Cimahi, Ajay Priatna Terima Suap Rp1,6 Miliar Secara Bertahap, Korupsi Ajay Priatna,Suap Wali Kota Cimahi,Korupsi Wali Kota Cimahi,Ajay Priatna ditangkap KPK,Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi,Korupsi RS Kasih Bunda,kpk

Pemkot Cimahi Sediakan Ruang Isolasi Khusus untuk Pemudik Bandel

Cimahi Rabu, 14 April 2021 | 17:59 WIB

Hal itu sebagai upaya pencegahan Covid-19 dan tindak lanjut dari aturan larangan mudik dari pemerintah pusat.

Bandung Raya - Cimahi, Pemkot Cimahi Sediakan Ruang Isolasi Khusus untuk Pemudik Bandel, Pemudik Bandel,Polisi Siap Halau Pemudik Bandel,Pemkot Cimahi,Ruang Isolasi Khusus,Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana

Polisi Siap Halau Pemudik Bandel

Cimahi Rabu, 14 April 2021 | 16:25 WIB

Larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat dipastikan tak akan mulus dalam pelaksanaannya.

Bandung Raya - Cimahi, Polisi Siap Halau Pemudik Bandel, Pemudik Bandel,Larangan Mudik,Polda Jawa Barat,Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri,Polisi Siap Halau Pemudik Bandel

Ajay Priatna Terima Rp1.6 Miliar untuk Muluskan Izin RS Kasih Bunda

Cimahi Rabu, 14 April 2021 | 13:23 WIB

Ajay hadir menggunakan batik lengan pendek berwarna merah dibalut rompi tahanan KPK.

Bandung Raya - Cimahi, Ajay Priatna Terima Rp1.6 Miliar untuk Muluskan Izin RS Kasih Bunda, Korupsi Ajay Priatna,Korupsi Wali Kota Cimahi,Korupsi RS Kasih Bunda,Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi,Ajay

Nasib Buruh Cimahi, Belum Terima THR dan Perusahaan Gulung Tikar

Cimahi Selasa, 13 April 2021 | 16:07 WIB

Sudah jatuh tertimpa tangga. Begitulah nasib 150 buruh PT Kurnia Asta Surya yang terletak di Jalan Cibaligo, Kota Cimahi...

Bandung Raya - Cimahi, Nasib Buruh Cimahi, Belum Terima THR dan Perusahaan Gulung Tikar, 150 buruh PT Kurnia Asta Surya,Belum Terima THR,Perusahaan Gulung Tikar,Tunjangan Hari Raya (THR)

artikel terkait

dewanpers