web analytics
  

Gernas BBI, Momentum Kebangkitan UMKM Jawa Barat

Kamis, 1 April 2021 18:07 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Umum - Regional, Gernas BBI, Momentum Kebangkitan UMKM Jawa Barat, Gernas BBI,Gernas BBI di Jabar,UMKM,Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,Bangga Berwisata Indonesia,BWI,Belanja Adalah Bela Negara,Daya Beli Masyarakat,Pemulihan Ekonomi,Karya Kreatif Jawa Barat,Pekan Kerajinan Jawa Barat

Sebanyak 15.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Barat akan terlibat dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) dengan tagline UMKM Jabar Paten UMKM Juara selama April 2021. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 15.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Barat akan terlibat dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) dengan tagline UMKM Jabar Paten UMKM Juara selama April 2021.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan, akan ada 15.000 UMKM di Jabar yang siap mengikuti Gernas BBI. Pasalnya di April ini, pemerintah pusat akan mempromosikan produk-produk UMKM Jabar dengan maksimal. 

Sebagai Brand Ambasador Gernas BBI Jabar, Ridwan Kamil juga mengaku akan memanfaatkan akun media sosial pribadinya yang memiliki jumlah pengikut belasan juta, untuk mengampanyekan 'Belanja Adalah Bela Negara' secara masif. 

"Slogan khas Jawa Barat itu belanja adalah bela negara, sengaja kampanye ini buat menaikkan patriotisme supaya kelompok menengah atas berbelanja ke UMKM. Apalagi nanti ada hampil 15.000 UMKM yang teregistrasi karena April ini jatahnya Jabar," kata Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam JAPRI (Jabar Punya Informasi) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021) sore. 

Gernas BBI di Jabar mengambil tagline #UMKMJabarPaten. Terlebih, kolaborasi yang kuat antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar (KpW BI Jabar) menjadi kunci keberhasilan Gernas BBI di Jabar.  

“Negeri kita adalah negeri UMKM bukan negeri konglomerasi, satu tumbang tumbuh seribu. Kuncinya cintai produk lokal karena barang-barangnya juga berkualitas,” tutur Ridwan Kamil.

Karenanya, Ridwan Kamil berharap Gernas BBI dapat membangkitkan UMKM sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat Jabar. 

“Kita harus mandiri, ekonomi kita akan luar biasa kalau kita mengandalkan kaki sendiri, kekompakan sendiri, memang kuncinya menggerakkan hati,” katanya.

Urusan kebijakan, Ridwan Kamil menyebutkan, pihaknya sudah menginstruksikan pemerintah kabupaten/kota di Jabar untuk turut menyukseskan Gernas BBI sebagai upaya pemulihan ekonomi lantaran potensi pembeli di Jabar mencapai 21 juta orang. 

"Potensi ini kalau dikalikan sekian rupiah, mungkin akan luar biasa pendapatannya. Saya kira kita harus terus mendukung, yang paling penting transaksinya terjadi secara nyata,”ujarnya.

Bergerak Bersama untuk Bangkitnya UMKM Jabar

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto mengatakan, semua pihak ikut bergerak dan berkolaborasi untuk membangkitkan UMKM di Jabar. 

"April ini sangat spesial bagi Jabar, kolaborasinya sangat luar biasa. Dari semua pihak, perbankan, instansi, semua keroyokan mendukung. 27 pemkab/pemkot bergerak seiring, kantor kami di tiga titik ikut berpartisipasi, dan juga Dekranasda. Event ini selama sebulan penuh acara ini, nanti juga ada showcase pemberian modal oleh perbankan untuk UMKM," katanya.

Herawanto menjelaskan untuk gerakan ini, pihaknya bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Jabar menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Gernas BBI.

Apalagi di masa pandemi saat ini, membeli produk UMKM dan melakukan wisata di Indonesia saja merupakan salah satu kegiatan bela negara karena dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi.

“April ini bulan milik Jabar, makanya kami bersama Dekranasda bekerja sama untuk mengkampanyekan bangga belanja produk dalam mendorong kemajuan UMKM. Kami menyelenggarakan KKJB sebagai bagian tak terpisahkan gerakan nasional BBI," ungkapnya.

Momentum UMKM Berkiprah

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar Kusmana Hartadji meminta event Gernas BBI BWI tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Jawa Barat.

"Sebenarnya ini momentum bagi UMKM untuk berkiprah di Jabar dan Nasional," ujar Kusmana.

Menurut Kusmana, 15.000 UMKM yang sudah terkurasi berasal dari binaan Bank Indonesia perwakilan Jabar, Dinas KUK dan juga Dekranasda. Para pelaku UMKM tersebut diharapkan menunjukkan kualitas produk yang mampu berdaya saing nasional bahkan impor.

"Tapi sebetulnya tak hanya dalam event ini saja, UMKM dapat terlibat di tingkat kabupaten kota karena kami sudah mengarahkan ada beberapa pameran yang dilakukan oleh di bawah Koordinasi Dinas Koperasi dan juga BI perwakilan," ujar dia.

Dengan demikian, lanjut dia, ajang tersebut sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Jabar untuk bisa menjadi bagian Gernas BBI dan BWI.

"Alhamdulillah manfaat besar. Bukan hanya ke showcasing tapi bussines matchingnya ada. Bulan ini yang dinilai transaksinya jadi bisa jualan langsung juga," kata dia.

Kusmana juga optimistis kegiatan yang berlangsung selama sebulan penuh di April ini dalam mendongkrak geliat pelaku UMKM di Jabar. 

"Pengalaman di OPOP (one pesantren one product), saat itu digelar pameran virtual yang hanya satu hari, jumlah transaksi yang terjadi hampir Rp21 miliar," kata Kusmana.

Karenanya, menurut Kusmana, gelaran Gernas BBI yanga akan digelar selama satu bulan ini memiliki potensi transaksi yang cukup besar. Potensi nilai transaksi kali ini bahkan diyakini bisa melebihi transaksi ketika gerakan OPOP.

"Yang terpenting ini momentum untuk UMKM bangkit. Dan elihatannya sudah mulai mengubah mindset masyarakat saat ini bahwa produk-produk UMKM tidak murahan. Walaupun murah tapi tidak murahan, tetap berkualitas," pungkasnya.

Sementara itu, pembukaan Gernas BBI dan BWI Jawa Barat akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil. 

Diagendakan hadir baik secara langsung maupun virtual, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Anggota Dewan Gubernur dan Pimpinan Bank Indonesia, Pimpinan OJK, Perbankan, Dekranas dan Dekranasda serta jajaran tokoh-tokoh penting lainnya.

Khusus Pembukaan Gernas BBI dan BWI Jawa Barat akan dirangkaikan dengan Sinergi Event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB), Ciayumajakuning Entrepreneur Festival dan Pagelaran Kreasi Priangan Timur yang merupakan event tahunan bergengsi hasil kolaborasi Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat (termasuk BI Tasikmalaya dan BI Cirebon) bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait di Jawa Barat dan Dekranasda, serta didukung oleh Perbankan dan stakeholders terkait di Jawa Barat. 

Rangkaian kegiatan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat, akan menampilkan showcasing produk kriya, fashion, kuliner (termasuk kopi) dan Industri Kreatif premium dari 64 UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat dan perbankan di Jawa Barat. Showcasing digelar selama 3 hari, mulai tanggal 2-April 2021. Pelaksanaan showcasing digelar di Atrium Trans Studio Mall, Kota Bandung.  

Selain showcasing, acara juga akan dimeriahkan oleh Pemutaran Video Pariwisata, Medley Tarian Jawa Barat, Fashion Show, Belanja Interaktif, Webinar, Talkshow Akses Pembiayaan dan Business Matching, Implementasi QRIS, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Pemprov Jabar Pastikan Selesaikan Pembebasan Lahan Cisumdawu

Regional Rabu, 16 Juni 2021 | 07:06 WIB

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (jabar) memastikan bakal merampungkan pembebasan lahan proyek tol Cisumdawu.

Umum - Regional, Pemprov Jabar Pastikan Selesaikan Pembebasan Lahan Cisumdawu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Pembangunan Tol Cisumdawu,Tol Cisumdawu,Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu,Pemprov Jabar

Satgas Covid-19 Kota Bogor Siaga Hadapi Kenaikan Kasus

Regional Rabu, 16 Juni 2021 | 06:05 WIB

Satgas Covid-19 Kota Bogor diminta untuk siaga dan waspada dengan peningkatan peningkatan kasus Covid-19 yang mencapai 5...

Umum - Regional, Satgas Covid-19 Kota Bogor Siaga Hadapi Kenaikan Kasus, Covid-19 Kota Bogor,covid-19 bogor,Satgas Covid-19 Kota Bogor,Satgas Covid-19,Berita Kota Bogor

10 Orang Pengedar Narkoba Dibekuk Polres Sukabumi

Regional Rabu, 16 Juni 2021 | 05:47 WIB

Polres Sukabumi Kota menangkap sebanyak 10 orang pengedar narkoba jenis sabu dan obat berbahaya dalam dua minggu terakhi...

Umum - Regional, 10 Orang Pengedar Narkoba Dibekuk Polres Sukabumi, narkoba sukabumi,pengedar narkoba sukabumi,kriminal sukabumi,Berita Sukabumi

Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kota Tasik Baru 12 Persen

Regional Selasa, 15 Juni 2021 | 20:50 WIB

Program vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya hingga kini terus dilakukan pihak Dinas Kesehatan. Dari beberapa target a...

Umum - Regional, Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kota Tasik Baru 12 Persen, vaksinasi covid-19 lansia,Vaksinasi Lansia Kota Tasik,Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya,vaksinasi Covid-19 Kota Tasikmalaya

LKM Ahlakul Karimah Temui Wabup Cianjur, Ini Hasilnya

Regional Selasa, 15 Juni 2021 | 19:41 WIB

Jajaran direksi PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Ahlakul Karimah Kabupaten Cianjur, menemui Wakil Bupati Cianjur Tb Mulya...

Umum - Regional, LKM Ahlakul Karimah Temui Wabup Cianjur, Ini Hasilnya, Pemkab Cianjur,Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Syahrudin,LKM Ahlakul Karimah,BUMD Cianjur

Banyaknya Retribusi, Pengunjung Kawasan Wisata Cibodas Pusing

Regional Selasa, 15 Juni 2021 | 19:00 WIB

Sejumlah pengunjung kawasan wisata Cibodas Cipanas Kabupaten Cianjur merasa pusing saat akan masuk. Pasalnya, terlalu ba...

Umum - Regional, Banyaknya Retribusi, Pengunjung Kawasan Wisata Cibodas Pusing, wisata Cibodas Cipanas,wisata Cibodas Cianjur,Restribusi Wisata Cibodas,Pariwisata Cianjur,Kebun Raya Cibodas

Ratusan Tempat Tidur RS se-Kota Cirebon Diisi Pasien Covid-19

Regional Selasa, 15 Juni 2021 | 18:44 WIB

Bed occupancy ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit se-Kota Cirebon yang menangani kasus Covid...

Umum - Regional, Ratusan Tempat Tidur RS se-Kota Cirebon Diisi Pasien Covid-19, BOR di Kota Cirebon,RS di Kota Cirebon,Kasus Covid-19 Kota Cirebon,Dinas Kesehatan Kota Cirebon

Usai Dilantik, Sekda Cianjur Ngebet Jalankan Tugas

Regional Selasa, 15 Juni 2021 | 14:40 WIB

Usai dilansik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah memastikan segera menjalankan tugasnya...

Umum - Regional, Usai Dilantik, Sekda Cianjur Ngebet Jalankan Tugas, Sekda Cianjur,Tugas Sekda Cianjur,Sekda Baru Pemkab Cianjur,Sekda Kabupaten Cianjur,isu geng-gengan ASN

artikel terkait

dewanpers