web analytics
  

Cocok Ditanam di Rumah, Ini 9 Tanaman Obat Murah-Meriah

Jumat, 26 Maret 2021 13:44 WIB Republika.co.id
Gaya Hidup - Sehat, Cocok Ditanam di Rumah, Ini 9 Tanaman Obat Murah-Meriah, Tanaman Obat Murah-Meriah,Tanaman Obat,bercocok tanam,tanaman yang bisa ditanam di depan rumah,Tanaman Hias,memperindah pekarangan rumah,rekomendasi tanaman obat,tanaman obat berkhasiat

Seorang guru merawat tanaman obat di SMP Negeri 7, Jalan Ambon, Kota Bandung, (24/8/2020). Berbagai jenis tanaman obat yang ditanam oleh siswa ini dapat dipakai siswa atau guru jika ada yang sakit. Selain itu, tanaman ini sebagai sarana edukasi bagi siswa tentang tanaman yang mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Berbicara tentang bercocok tanam, ternyata ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di depan rumah. Tidak hanya tanaman hias, daun, atau pohon yang buah maupun daunnya bisa digunakan untuk bumbu dapur saja, tapi juga tanaman obat yang bagus untuk kesehatan.

Selain untuk kesehatan, tanaman obat ini juga dapat memperindah pekarangan rumah Anda. Berikut beberapa rekomendasi tanaman obat yang dapat dijadikan alternatif.

1. Ketumbar

Ketumbar tidak hanya dijadikan bahan penyedap makanan saja, tapi juga berkhasiat untuk mengatasi kanker payudara, prostat, hingga menurunkan gula. Tak heran kenapa tanaman yang satu ini banyak ditemukan di pekarangan rumah orang.

Menanamnya pun terbilang mudah. Cukup beli ketumbar di warung, lalu taburkan bijinya di pot bunga atau tanah kosong. Pastikan tanaman mendapat sinar matahari dan air yang cukup, sehingga ketumbar dapat tumbuh dengan subur.

2. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini juga cocok ditanam di rumah. Apalagi jahe memang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Selain mengobati rasa nyeri, jahe juga ampuh untuk mengobati berbagai masalah perut, seperti sakit perut, mual, muntah, hingga nyeri haid.

JIka tertarik, Anda bisa ambil sepotong jahe, lalu letakkan di atas pot. Biarkan sampai tunasnya tumbuh menjadi banyak sebelum akhirnya jahenya dapat dipanen untuk berbagai kebutuhan.

3. Lengkuas

Tenggorokan sering bermasalah? Selagi tanaman yang satu ini ada di depan rumah, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa ambil beberapa potong lengkuas, geprek, lalu rebus dengan air secukupnya, dan minum agar tenggorokan segera membaik.

Ada dua jenis lengkuas yang biasa ditemukan, yaitu merah dan putih. Sebaiknya tanam lengkuas di dalam sebuah polybag, lalu tunggu sampai usianya 10-11 bulan. Lengkuas pun siap dipanen untuk mengatasi masalah kesehatan Anda!

4. Lidah buaya

Lidah buaya yang bermekaran tentunya akan memperindah tampak pekarangan rumah. Tapi, manfaatnya tidak hanya itu karena lidah buaya ampuh untuk meredakan rasa sakit pada luka, mengademkan kulit, dan bagus untuk rambut.

Anda tidak perlu menyiapkan wadah khusus untuk menanam lidah buaya. Cukup sebuah pot berukuran besar saja, lalu masukkan anak lidah buaya. Dalam beberapa bulan, lidah buaya akan membesar, dagingnya pun ikut menebal.

5. Daun sirih

Sudah bukan rahasia lagi kalau daun sirih banyak diolah untuk mengobati berbagai penyakit. Sebut saja menghentikan darah saat terjadi mimisan, mencegah pendarahan pada gusi, gigi, menghilangkan bau mulut dan badan. 

Untuk menanamnya, Anda bisa mengambil beberapa batang sirih, lalu tanam di pot bunga. Siram secara rutin, nanti kalau akarnya sudah mulai menyulur, sebaiknya pindahkan ke tanah kosong. Dengan begini, sirih dapat tumbuh dengan baik

6. Basil

Tahukah Anda kalau basil juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan? Ya, kandungan anti bakteri yang ada di dalam daunnya membuatnya basil cukup berkhasiat untuk menangkal bakteri di dalam mulut. Selain itu, juga ampuh untuk meredakan rasa nyeri pada sendi.

Jika ingin mengembangbiakkan basil, Anda bisa membeli bibitnya terlebih dahulu, lalu campurkan ke pot yang sudah dicampurkan dengan kompos. Pastikan biji basih tertutup tanah, lalu basahi dan letakkan di tempat gelap. Jaga agar kandungan airnya tetap cukup, jadi dalam 1-3 minggu kecambah basil akan terlihat.

7. Lavender

Butuh tanaman obat yang ampuh untuk menenangkan pikiran? Silahkan taman lavender di depan rumah. Caranya dengan menyiapkan media tanam, bibit lavender, dan lakukan penyiraman secara rutin.

Nanti kalau bibitnya sudah tumbuh menjadi kecambah, Anda bisa menyamainya. Satu pot untuk satu kecambah lavender agar bunganya tumbuh tinggi. Selanjutnya, siram kembali lavender dan taruh di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup.

8. Kumis kucing

Bagi yang memiliki masalah asam urat, diabetes, infeksi kantung kemih, dan kencing batu, sebaiknya tanamlah kumis kucing di pekarangan rumah. Ambil beberapa batang kumis kucing, lalu taruh di tanah yang subur. 

Siramlah kumis kucing secara rutin dan tambahkan pupuk. Pastikan kumis kucing mendapat cahaya matahari yang cukup, sehingga pertumbuhannya menjadi subur.

9. Kunyit

Dan tanaman obat yang terakhir adalah kunyit. Si kuning yang sangat bagus untuk meredakan nyeri, mengatasi pertumbuhan sel kanker pada tubuh, dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Taburi rimpang kunyit seperlunya ke dalam tanah yang sudah dicampurkan kompos. Lalu, siram dan tunggu 7-8 bulan. Panen siap dilakukan saat daun kunyit telah layu atau warnanya berubah menjadi kuning.

Pilihlah Tanaman Obat yang Paling Dibutuhkan
Hampir semua tanaman obat berkhasiat menghilangkan berbagai penyakit, apalagi pengelolaannya juga alami. Namun, pilihlah satu tanaman obat yang paling dibutuhkan. Jadi saat penyakit kambuh, Anda bisa langsung olah tanamannya untuk dikonsumsi, sehingga sakitnya dapat berkurang. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 14:21 WIB

Siapapun pasti menginginkan kulit sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kulit sehat selama Ramadan?

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan, menjaga kulit sehat,Kulit Sehat,cara menjaga kulit sehat ramadan,cara menjaga kulit sehat

Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 13:22 WIB

'Picky Eater' membuat anak bisa kekurangan nutrisi lengkap.

Gaya Hidup - Sehat, Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan, makanan sehat,Anak susah makan,picky eater

Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 09:08 WIB

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. 

Gaya Hidup - Sehat, Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya, Kopi,bahaya kopi,minum kopi saat sahur,Dr Tirta

Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:48 WIB

Berpuasa dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes tipe II, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter

Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli, Diabetes,diabetes puasa,Puasa,Ramadan

Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:21 WIB

10 persen orang yang alami migrain dipicu oleh kesalahan pola makan.

Gaya Hidup - Sehat, Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain, mencegah migrain,migrain,makanan penyebab migrain

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 01:34 WIB

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah? , Alpukat,Manfaat Alpukat,Bahaya Alpukat,Konsumsi Alpukat,Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:20 WIB

Warga di Cirebon Raya atau diakrabi pula dengan sebutan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) m...

Gaya Hidup - Sehat, Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal, Penyekatan Mudik,Cirebon Raya,mudik lokal,Warga Cirebon Raya,Mudik Cirebon Raya

4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:15 WIB

Masyarakat diingatkan bahwa ada empat area yang kemungkinan menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak selama Ramadan. 

Gaya Hidup - Sehat, 4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan, Area Rawan Penularan Covid-19,tempat penularan covid-19,Ngabuburit Ramadan,Tempat Ngabuburit

artikel terkait

dewanpers