web analytics
  

3 Bangunan Sejarah di Bandung yang Ikonik

Sabtu, 13 Maret 2021 20:17 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Baheula - Baheula, 3 Bangunan Sejarah di Bandung yang Ikonik, Sejarah Bandung,bangunan sejarah bandung, bandung baheula,Gedung Sate,Museum Konferensi Asia-Afrika,monumen bandung lautan api

Gedung Sate (Ayobandung.com/Irfan Alfaritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM-- Sebuah bangunan selain unik juga yang perlu diperhatikan adalah fungsinya untuk apa, tentu akan lebih memiliki nilai jika bangunan tersebut memiliki jejak sejarah yang melekat bersamanya. 

Biasanya bangunan yang bersejarah memiliki kesan tertentu, selain itu bangunan bersejarah juga selalu dirawat dan dipelihara dengan baik untuk menjadi sebuah warisan bagi generasi selanjutnya. 

Bangunan bersejarah biasanya dijadikan ikon suatu kota atau tempat, yang membuat kota tersebut terkenal. Selain itu, hal tersebut juga mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah untuk melihat lebih dekat bangunan tersebut. 

Nah Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak bangunan sejarah yang ikonik, berikut daftar beberapa di antaranya. 

Gedung Sate

Siapa yang tidak mengenal gedung yang berada di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung ini? Gedung yang dipakai sebagai kantor gubernur Jawa Barat ini merupakan Gedung yang seringkali digunakan sebagai ikon Kota Bandung bahkan Jawa Barat.

Ornament Gedung yang berupa tusuk sate pada bagian atas atapnya merupakan ciri khas yang melekat pada Gedung ini, arsitekturnya merupakan perpaduan antara gaya Eropa dan gaya nusantara atau disebut juga arsitektur Indo-Eropa. 

Kini Gedung Sate telah memasuki usia 100 tahun. Gedung ini mulai dibangun pertama kali pada 27 Juli 1920. Awalnya pembangunan Gedung ini bermula saat Gubernur Jenderal Van Limburg Stirum pada 1918 menetapkan Bandung sebagai ibu kota Hindia Belanda. 

Kini, sejak 1980 Gedung sate telah digunakan sebagai kantor gubernur dan sebagai sentra acara pemerintah Provinisi Jawa Barat. Setiap harinya, sebelum pandemi, halaman Gedung ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai tempat untuk melihat lebih dekat Gedung ikonik ini. 

Monumen Bandung Lautan Api 

Monumen ini terletak di BKR, Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah Bandung lautan api yang terjadi pada tahun 1946. 

Monumen Bandung Lautan Api ini memiliki tinggi 45 meter, tugu ini memiliki bentuk kobaran api diatasnya. Di sekeliling tugu ini terdapat kolam dan jalan melingkar yang bisa dimanfaatkan untuk jogging kala libur tiba. 

Monument ini adalah sebuah pengingat sekaligus simbol pengorbanan rakyat Bandung terhadap penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia 75 tahun silam. 

Dibangun pada tahun1981, monumen ini didesain oleh Sunaryo seniman kontemporer sekaligus Dosen seni rupa ITB. 

Gedung Merdeka 

Gedung Merdeka merupakan tempat bersejarah di mana pada tanggal 18-24 April 1955 terjadi pertemuan para pemimpin negara Asia-Afrika yang berjumlah 29 negara melakukan konferensi yang membahas hubungan Kerjasama dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh negara-negara di dua benua itu. 

Gedung merdeka berada di dekat alun-alun Bandung, yakni di Jalan Asia Afrika, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. 

Gedung merdeka pertama kali dibangun pada tahun 1895 dengan insinyur dibaliknya adalah Van Gallen Last dan CP Wolff Schoemaker. Selain sebagai tempat yang bersejarah, Gedung merdeka juga merupakan bangunan yang menawan. 

Gedung ini dihias dengan marmer dari Italia dan memiliki dinding yang terbuat dari beton cor yang kokoh, lampu-lampu kristal yang terdapat di setiap sudut Gedung makin menambah kemegahan arsitektural Gedung ini.(Iis Muslimah)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Sejarah Masjid Cipaganti dan Jejak Wolff Schoemaker di Bandung

Baheula Kamis, 10 Juni 2021 | 13:45 WIB

Sebenarnya, sejarah Masjid Cipaganti dan jejak Wolff Schoemaker di Bandung, sama-sama kompleks. Deskripsi keduanya berke...

Bandung Baheula - Baheula, Sejarah Masjid Cipaganti dan Jejak Wolff Schoemaker di Bandung, Sejarah Masjid Cipaganti,Wolff Schoemaker,Bandung,Masjid Cipaganti

Dari Bambu ke Menara, Kronologi Perubahan Masjid Raya Bandung

Baheula Jumat, 21 Mei 2021 | 20:00 WIB

Keberadaan alun-alun senantiasa jadi satu kesatuan dengan masjid raya dan bangunan pemerintahan lainnya.

Bandung Baheula - Baheula, Dari Bambu ke Menara, Kronologi Perubahan Masjid Raya Bandung, Kronologi Perubahan Masjid Raya Bandung,Masjid Raya Bandung,Alun-alun,Kota Bandung,Sejarah

Nostalgia: Perubahan Jalan Braga dari Masa ke Masa

Baheula Kamis, 20 Mei 2021 | 19:05 WIB

Jalan Braga memang tidak terlalu panjang secara fisik, tetapi uraian sejarahnya sama sekali tidak pendek.

Bandung Baheula - Baheula, Nostalgia: Perubahan Jalan Braga dari Masa ke Masa, Perubahan Jalan Braga dari Masa ke Masa,Jalan Braga,Sejarah,Kota Bandung,Jalan Culik,Jalan Pedati,Jalan Wanayasa,Karrenweg,Bragaweg

Mengintip Lagi Kelamnya Penjara Banceuy di Bandung Tahun 1930-an

Baheula Senin, 10 Mei 2021 | 17:35 WIB

Tak jauh dari keramaian Jalan Braga dan Asia Arfrika, di pusat Kota Bandung, tersisa situs sejarah terpencil.

Bandung Baheula - Baheula, Mengintip Lagi Kelamnya Penjara Banceuy di Bandung Tahun 1930-an, penjara banceuy,Bandung,Tahun 1930-an,Soekarno,Sejarah

Tewasnya Laksda Udara dalam Kecelakaan Pesawat di Tegalega

Baheula Kamis, 6 Mei 2021 | 16:25 WIB

Sang jenius berusaha untuk mendarat darurat di Lapangan Tegalega, Bandung, namun gagal.

Bandung Baheula - Baheula, Tewasnya Laksda Udara dalam Kecelakaan Pesawat di Tegalega, Nurtanio Pringgoadisuryo,Tegalega,Kota Bandung,Pesawat,Kecelakaan,Kerusakan Mesin,Jokowi

Dari Rebocco Sampai Red Fox, Urat Nadi Sejarah Bisbol Bandung 

Baheula Rabu, 5 Mei 2021 | 16:40 WIB

Di samping kultur sepak bola yang sudah mendarah daging, Bandung sebetulnya punya klub bisbol legendaris yang layak diba...

Bandung Baheula - Baheula, Dari Rebocco Sampai Red Fox, Urat Nadi Sejarah Bisbol Bandung , Sejarah Bisbol Bandung,Rebocco,Red Fox,Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia,Perbasasi Bandung

Hilangnya Insulindepark dan Sejarah Taman Lalu Lintas di Bandung

Baheula Selasa, 4 Mei 2021 | 15:00 WIB

Namanya berubah-ubah, dari Insulindepark sampai Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, begitu pula fungsinya.

Bandung Baheula - Baheula, Hilangnya Insulindepark dan Sejarah Taman Lalu Lintas di Bandung, Taman Insulinde,Insulindepark,Taman Lalu Lintas,Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution,Taman Nusantara,Bandung,Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger (KNIL),Hindia Belanda

Di Bandung 1961, Debut Perdana Indonesia dalam Piala Davis

Baheula Senin, 3 Mei 2021 | 15:20 WIB

Ini merupakan debut perdana Indonesia di Piala Davis bersama dengan Maroko dan Ekuador.

Bandung Baheula - Baheula, Di Bandung 1961, Debut Perdana Indonesia dalam Piala Davis, Bandung,1961,Piala Davis,Tenis,Indonesia,Petenis Indonesia,Tan Liep Tjiauw,Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PELTI)

artikel terkait

dewanpers