web analytics
  

Virus Corona Baru Ancam Wisata Bandung Barat

Minggu, 7 Maret 2021 09:18 WIB
Gaya Hidup - Wisata, Virus Corona Baru Ancam Wisata Bandung Barat, wisata bandung barat,Wisata Lembang,virus corona B117,Virus Corona Baru

Wisatawan mengunjungi tempat wisata The Great Asia Afrika, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (12/2/2021). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat pesimistis kunjungan wisata ke Kabupaten Bandung Barat (KBB) bisa bangkit dalam waktu dekat ini. Apalagi setelah munculnya Covid-19 varian B117 dari Inggris.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, David Oot mengatakan, munculnya virus varian baru sedikitnya bakal mempengaruhi wisatawan yang datang ke Bandung Barat. Kondisi ini menurutnya terjadi di semua daerah.

"Perjalanan sebuah wisata itu tentunya menimbulkan pergerakan manusai. Jadi kita di masa pandemi dengan pembatsan PPKM mikro dan sebagainya otomatis belum bisa (normal)," kata David, Sabtu (6/3/2021).

Sepanjang 2020, kunjungan wisatawan ke kawasan wisata di Bandung Barat sangat turun drastis hingga 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2019, jumlah kunjungan terdata mencapai sekitar 6,7 juta.

Namun pada 2020, kunjungan hanya sekitar 4 juta saja. Angka wisatawan yang tercatat selama 2020 adalah mereka yang berkunjung ke-78 destinasi wisata. Tersebar di Kecamatan Cisarua, Lembang, Parongpong, Padalarang, Cipatat, Cililin, Rongga, Gununghalu, Saguling, Cikalongwetan, Batujajar, dan Cipeundeuy.

"Paling banyak destinasi wisata di Lembang ada 43 tempat," ujarnya.

Diketahui, sejak munculnya wabah Covid-19 pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan. Dari mulai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang membuat objek wisata sempat diwajibkan ditutup selama beberapa bulan.

Kebijakan tersebut otomatis objek wisata sempat mengalami nol kunjungan selama beberapa bulan. Kemudian setelah dibuka dengan protokol kesehatan Covid-19, pengunjung lantas tidak pulih seperti sebelumnya karena memang ada aturan pembatasan kapasitas.

Minat masyarakat untuk berwisata juga menurun akibat kondisi ekonomi yang kurang mendukung. Sehingga meski objek wisata telah kembali beroperasi tapi angka kunjungan masih minim. Termasuk di wilayah Lembang yang menjadi destinasi favorit.

Keterpurukan objek wisata masih berlanjut awal tahun ini seiring adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kunjungan hanya sekitar 20% dari carrying capacity yang diperbolehkan 50%.

Harapan untuk membangkitkan kembali kunjungan wisata ke Bandung Barat, kata David, adalah dengan vaksin yang rencnananya mulai disuntikan kepada para pelaku pariwisata. Ada sekitar 850 para pelaku pariwisata yang rencananya akan disuntik vaksin Covid-19.

"Mudah-mudahan salah satunya dengan vaksin. Kemudian tetap dengan penerapan protokol kesehatan," ungkapnya.

Kepala Seksi Pembinaan Industri Pariwisata pada Disparbud KBB Agus Nurul mengatakan, jumlah calon penerima vaksin di kalangan pariwisata langsung melalui PHRI untuk kemudian disampaikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Untuk saat ini, kita kunci di 850 orang yang akan menjadi penerima vaksinasi. Karena datanya juga sudah disetor ke PHRI Jabar dan Kemenkes," katanya.

Setiap pelaku wisata yang mengajukan diri menjadi penerima vaksinasi mendaftar melalui link yang sudah disediakan. Namun hingga hari terakhir penutupan jumlahnya tak bertambah.

"Daftar melalui link yang disediakan, jadi bukan kita yang mendata. Tapi memang kami koordinasi untuk meminta datanya juga," jelasnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!

Wisata Senin, 12 April 2021 | 05:53 WIB

Sejak dulu, wisata kota Jalan Braga kesohor dan tak pernah sepi menarik perhatian. Bahkan kini, jantung Kota Bandung itu...

Gaya Hidup - Wisata, 4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!, destinasi wisata di kota Bandung,Jalan Braga,Kuliner di Jalan Braga,wisata kota Jalan Braga,wisatawan Jalan Braga,jantung Kota Bandung,pesona wisata kota Jalan Braga,wisata Braga

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujua...

Wisata Minggu, 11 April 2021 | 18:51 WIB

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan

Gaya Hidup - Wisata, Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan, Wisata Ciwidey,Ramadan

Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh

Wisata Senin, 5 April 2021 | 15:32 WIB

Keunikan objek wisata Bukit Kacapi ini yakni adanya kolam renang yang berada di tengah hamparan perkebunan teh.

Gaya Hidup - Wisata, Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh, Bukit Kacapi,Wisata Tasikmalaya,Wisata kolam renang kebun teh Tasikmalaya,wisata murah Tasikmalaya,wisata alam Tasikmalaya

Berlibur di Kepulauan Seribu Bakal Lebih Enak Pakai Sepeda

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 15:02 WIB

Untuk meningkatkan daya tarik pariwisata, Kabupaten Kepulauan Seribu akan membangun jalur sepeda lingkar pulau.

Gaya Hidup - Wisata, Berlibur di Kepulauan Seribu Bakal Lebih Enak Pakai Sepeda, Kepulauan Seribu,pariwisata,jalur sepeda lingkar pulau,Bupati Kepulauan Seribu Junaedi,Sepeda,Berlibur

Berlibur ke Kawah Darajat, Wisata Eksotis di Garut

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 14:14 WIB

Dengan keindahan alam yang memanjakan mata, Garut memang menawarkan beragam wisata yang bisa dikunjugi saat libur tiba....

Gaya Hidup - Wisata, Berlibur ke Kawah Darajat, Wisata Eksotis di Garut, Wisata Garut,Garut,Wisata Kawah Darajat,Wisata alam kawah Darajat Garut,tiket Kawah Darajat Garut,lokasi kawah Darajat Garut

Kiara Artha Park Terapkan Prokes Ketat untuk Wisatawan

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 13:46 WIB

Di taman yang memiliki luas 2,6 hektare ini, pengunjung bisa leluasa untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Gaya Hidup - Wisata, Kiara Artha Park Terapkan Prokes Ketat untuk Wisatawan, Taman Kiara Artha Park,Wisata Kiara Artha Park,harga tiket Kiara Artha Park,Wisata Bandung

Hutan Bambu Bekasi, Wisata Gratis di Tengah Kota

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 07:15 WIB

Lokasi Hutan Bambu ini sendiri berada di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Gaya Hidup - Wisata, Hutan Bambu Bekasi, Wisata Gratis di Tengah Kota, Hutan Bambu,Hutan Bambu Bekasi,Wisata Bekasi,tiket masuk Hutan Bambu,Lokasi Hutan Bambu bekasi

Objek Wisata Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Wisata Sabtu, 3 April 2021 | 17:30 WIB

Objek Wisata Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Gaya Hidup - Wisata, Objek Wisata Lembang Mulai Diserbu Wisatawan, lembang,Wisata Lembang,kondisi wisata lembang,Kota Mini Lembang,floating market,wisata lembang buka,COVID-19

artikel terkait

dewanpers