web analytics
  

Kisah Pengamen Bandung, Pandemi Memaksa Mereka Kembali ke Jalanan

Jumat, 5 Maret 2021 17:18 WIB Idham Nur Indrajaya
Bandung Raya - Bandung, Kisah Pengamen Bandung, Pandemi Memaksa Mereka Kembali ke Jalanan, pengamen Bandung,Pengamen Suara Merdu,pengamen berhijab Bandung,Cerita Orang Bandung,Dampak Pandemi Covid-19,Covid-19 Bandung

Para musisi jalanan Bandung yang ikut terdampak pandemi. (Ayobandung.com/Idham Nur Indrajaya)

BOJONGLOA KIDUL, AYOBANDUNG.COM --Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah merayakan 'ulang tahunnya' yang pertama. Selama setahun keberadaannya, virus Covid-19 pun memberikan dampak yang cukup besar kepada masyarakat, khususnya di sektor ekonomi. 

Pemecatan atau peliburan pegawai yang lumrah terjadi pun mendorong sejumlah orang untuk mencari jalan alternatif demi menyambung hidup. 

Di sudut-sudut lampu merah, keberadaan sekelompok musisi jalanan yang mencoba menjajal keberuntungannya saat situasi normal saja sudah tidak menjadi pemandangan yang asing. Ketika pandemi mulai menggoyang stabilitas ekonomi, jumlah musisi jalanan yang mengadu nasib di jalan pun kian bertambah. 

Seorang pengamen yang ditemui Ayobandung.com, Gugun (25), mengaku sebelumnya bekerja di sebuah restoran. Namun, restoran tempat dia bekerja terpaksa memecatnya sebagai imbas dari pandemi.

Akhirnya Gugun terpaksa kembali ke jalan sebagai pengamen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengamen merupakan pekerjaan yang pernah digelutinya selama 4 tahun, sebelum menjadi pekerja restoran.

Bersama Adi (32), rekan sesama musisi jalanan yang baru mengamen selama setahun, Gugun menghiasi jalanan dengan nada-nada yang mengalir indah dari sebuah biola yang disambungkan ke sebuah perangkat pengeras suara sederhana.

Gugun dan Adi menggantungkan harapan kepada apresiasi para pengendara yang melintasi lampu merah perempatan Jalan Karasak Lama-Soekarno Hatta.  

Sebagai pengamen yang sudah cukup lama hidup dari musik jalanan, Gugun menyadari bahwa jumlah pengamen di jalan semakin meningkat selama pandemi berlangsung. Kondisi itu pun cukup berdampak kepada penghasilannya. 

Untuk mengatasi persaingan yang kian meningkat, Gugun dan Adi pun memilih untuk menggunakan instrumen yang tidak terlalu umum digunakan oleh para musisi jalanan. Selain itu, pengeras suara yang mereka bawa pun memang sengaja disiapkan supaya sajian musik mereka bisa lebih menarik perhatian. 

"Kalau yang pakai gitar kan banyak. Kalau yang pakai biola kan jarang," ujar Gugun saat diwawancarai pada hari Jumat (5/3/2021). 

Meski jumlah orang yang mencari peruntungan di jalan terus meningkat, Gugun mengaku bahwa dirinya tidak pernah mengalami bentrok dengan pengamen lainnya. 

Hal itu pun turut dibenarkan oleh Rita (28), pengamen wanita yang memutuskan untuk menjadi musisi jalanan karena adanya desakan ekonomi. Meski hanya sendirian, Rita bersaksi bahwa dia tidak pernah menemui masalah dengan pengamen lain. 

Saat lampu sudah merah, Rita bahkan mempersilahkan pengamen yang beraksi dengan menggunakan kostum badut untuk lebih dulu mempertunjukkan kebolehannya kepada para pengendara.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Prakiraan Cuaca Bandung 19 April 2021, Turun Hujan Siang hingga Malam

Bandung Senin, 19 April 2021 | 07:00 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan turun di siang hingga malam hari

Bandung Raya - Bandung, Prakiraan Cuaca Bandung 19 April 2021, Turun Hujan Siang hingga Malam, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,BMKG

Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung 19 April 2021

Bandung Senin, 19 April 2021 | 05:45 WIB

Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung 19 April 2021

Bandung Raya - Bandung, Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung 19 April 2021, SIM Bandung,perpanjangan sim bandung,Syarat permohonan SIM Bandung,Cara Buat SIM Bandung,SIM Kota Bandung,Perpanjangan SIM Kota Bandung,Jadwal SIM Kota Bandung,SIM Keliling Bandung,Jadwal SIM Keliling Bandung,SIM Online Polrestabes Bandung,SIM Online Keli

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung 19 April 2021

Bandung Senin, 19 April 2021 | 03:00 WIB

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung 19 April 2021

Bandung Raya - Bandung, Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung 19 April 2021, Waktu imsak Bandung,jadwal imsak Bandung dan sekitarnya,jadwal imsak bandung hari ini,Jadwal imsak bandung,jadwal buka puasa Bandung,Jadwal Salat Bandung

Tips Sederhana Hindari Hoaks, Agar Pahala Ramadan Makin Lancar

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 17:05 WIB

Salah satu hoaks yang sering muncul saat Ramadan dan menjelang Idulfitri berkaitan dengan Tunjangan Hari Raya (THR).

Bandung Raya - Bandung, Tips Sederhana Hindari Hoaks, Agar Pahala Ramadan Makin Lancar, Hoaks,Pahala Ramadan,Ramadan,Lebaran,Tunjangan Hari Raya (THR),Idulfitri,Pemeriksa Fakta Senior Jabar Saber Hoaks (JSH) Alfianto Yustinova,Jabar Saber Hoaks (JSH)

Waspada! Ini Hoaks yang Kerap Muncul Saat Bulan Ramadan

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 14:02 WIB

Berbagai macam hoaks kerap kali muncul dan jadi langganan viral saat Ramadan.

Bandung Raya - Bandung, Waspada! Ini Hoaks yang Kerap Muncul Saat Bulan Ramadan, Hoaks,Ramadan,Vaksin,Halal-Haram,Halal-Haram Vaksin Covid-19,Pandemi Covid-19,Lebaran,Tunjangan Hari Raya (THR)

Terbanyak di Bandung, Covid-19 Antapani Capai 900 Kasus

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 10:30 WIB

Merujuk situs covid19.bandung.go.id, diakses Minggu, 18 April 2021, pukul 11.00 WIB, masih ada 75 kasus dalam perawatan...

Bandung Raya - Bandung, Terbanyak di Bandung, Covid-19 Antapani Capai 900 Kasus, Covid-19 Bandung,Update Covid-19 Kota Bandung,Kasus Covid-19 Antapani,Covid-19 Antapani,Antapani,kecamatan terbanyak kasus Covid-19 Bandung,Kecamatan kasus Covid-19 terbanyak Bandung

Prakiraan Cuaca Bandung 18 April, Hujan Ringan Siang Hari

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 07:15 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan turun di siang hingga sore hari.

Bandung Raya - Bandung, Prakiraan Cuaca Bandung 18 April, Hujan Ringan Siang Hari, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,BMKG

Dokter yang Buat Video Pelecehan Perempuan Meminta Maaf

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 04:00 WIB

dr. Kevin Samuel Marpaung, dokter yang mencuat namanya pada Sabtu, 17 April 2021, karena video Tiktok yang mereka adegan...

Bandung Raya - Bandung, Dokter yang Buat Video Pelecehan Perempuan Meminta Maaf, Dokter lulusan Terbaik Universitas Maranatha,Dokter lulusan terbaik maranatha,Dokter tiktok bersalin,Dokter Maranatha,dokter tiktok melahirkan,dokter Tiktok,Dokter kevin samuel,kevin samuel

artikel terkait

dewanpers