web analytics
  

Lama Pakai Masker Bikin Jerawatan ? Ini Cara Mengatasinya

Rabu, 3 Maret 2021 18:52 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Sehat, Lama Pakai Masker Bikin Jerawatan ? Ini Cara Mengatasinya, iritasi kulit,Memakai masker yang benar,Cara Memakai Masker yang Benar,masker,Penularan Covid-19,COVID-19,jerawat,mitos jerawat,mask acne,Obat jerawat

[ilustrasi] Perawatan kulit berjerawat di klinik Kecantikan. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM – Memakai masker saat ini menjadi keharusan. Demi mencegah penularan virus corona SARS-CoV-2, setiap orang yang beraktivitas di luar rumah wajib mengenakan masker. Pasalnya hal itu menjadi salah satu cara menekan angka penularan Covid-19.

Sayangnya, penggunaan masker sebagai alat pelindung diri dapat menyebabkan jerawat dan berbagai iritasi kulit wajah. Terlebih lagi bagi orang yang terus-menerus menggunakan masker sepanjang hari.

Meski efektif untuk mencegah penularan Covid-19, tapi sering menggunakan masker dapat memicu tumbuhnya jerawat. Tentunya munculnya jerawat pada daerah wajah akan membuat risih dan memengaruhi penampilan seseorang. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Rini Hastuti, SpKK mengatakan, penyebab utama iritasi kulit wajah karena masker ini disebabkan minimnya sirkulasi udara ke area wajah. Orang dengan kondisi kulit rentan berjerawat jamak panen jerawat setelah menggunakan masker.

Kondisi ini disebabkan mikroorganisme atau bakteri di kulit wajah terperangkap ke dalam masker. Ketika menggunakan masker, sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker dapat memicu lembap. Kondisi lembap inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

“Keluhan jerawatan karena lama pakai atau yang dinamakan mask acne. Keluhan masalah jerawat itu termasuk yang sering dikeluhkan selama pandemi. Karena di masa pandemi gini, penggunaan masker memang diwajibkan, jadi banyak yang konsultasi dan mengeluhkan masalah jerawat itu,” kata Rini, di Bandung, Rabu (3/3/2021).

Selain lembap, Rini mengatakan, tekstur masker dan penutup wajah juga rentan mengiritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Dia juga menyebut, mask acne biasa terjadi kepada orang yang sebelumnya tidak pernah berjerawat. Akan tetapi tiba-tiba timbul jerawat di area yang tertutup masker.

Mask Acne itu timbul karena sering ada gesekan masker ke muka. Semua jenis masker bisa menyebabkan jerawat ini muncul,” ungkapnya.

Rini mengatakan untuk mengatasi jerawat karena masker, penggunaan obat jerawat standar seperti benzoil peroksida dan perawatan retinoid membutuhkan waktu untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, kandungan antibacterial atau Keratolytic bisa membatasi masalah mask acne sekaligus mengangkat kotoran atau kulit mati dari epidermis.

“Penanganannya juga jelas harus menjaga kebersihan terutama masker, jangan terlalu sering naik-turunin masker karena kuman yang dari tangan bisa berpindah ke masker,” katanya.

Untuk mengatasi jerawat, Rini menyebut, pemilik kulit berjerawat disarankan membersihkan wajah dengan sabun yang lembut dua kali sehari. Solusi lainnya, untuk mencegah tertular virus corona sekaligus mencegah jerawat adalah sebisa mungkin tinggal di rumah saja.

“Kalau masalah jerawatnya ringan, biasanya pakai obat oles, sabun muka, atau skincare di rumah saja untuk treatment home care. Tapi kalau tingkatnya sedang atau berat, bisa ditambah feeling atau laser untuk jerawat.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 14:21 WIB

Siapapun pasti menginginkan kulit sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kulit sehat selama Ramadan?

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan, menjaga kulit sehat,Kulit Sehat,cara menjaga kulit sehat ramadan,cara menjaga kulit sehat

Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 13:22 WIB

'Picky Eater' membuat anak bisa kekurangan nutrisi lengkap.

Gaya Hidup - Sehat, Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan, makanan sehat,Anak susah makan,picky eater

Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 09:08 WIB

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. 

Gaya Hidup - Sehat, Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya, Kopi,bahaya kopi,minum kopi saat sahur,Dr Tirta

Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:48 WIB

Berpuasa dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes tipe II, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter

Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli, Diabetes,diabetes puasa,Puasa,Ramadan

Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:21 WIB

10 persen orang yang alami migrain dipicu oleh kesalahan pola makan.

Gaya Hidup - Sehat, Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain, mencegah migrain,migrain,makanan penyebab migrain

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 01:34 WIB

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah? , Alpukat,Manfaat Alpukat,Bahaya Alpukat,Konsumsi Alpukat,Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:20 WIB

Warga di Cirebon Raya atau diakrabi pula dengan sebutan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) m...

Gaya Hidup - Sehat, Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal, Penyekatan Mudik,Cirebon Raya,mudik lokal,Warga Cirebon Raya,Mudik Cirebon Raya

4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:15 WIB

Masyarakat diingatkan bahwa ada empat area yang kemungkinan menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak selama Ramadan. 

Gaya Hidup - Sehat, 4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan, Area Rawan Penularan Covid-19,tempat penularan covid-19,Ngabuburit Ramadan,Tempat Ngabuburit

artikel terkait

dewanpers