web analytics
  

Buzzer, Barcagate, dan Bobroknya Bartomeu di Barcelona

Selasa, 2 Maret 2021 10:15 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Buzzer, Barcagate, dan Bobroknya Bartomeu di Barcelona, barcelona,Buzzer,Barcagate,Josep Maria Bartomeu,Lionel Messi,Catalunya

Mantan presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, ditangkap di rumahnya, atas dugaan skandal Barcagate dan penyewaan buzzer. (Wikimmedia Commons (CC)/Roderic Alves)

BARCELONA, AYOBANDUNG.COM — Skandal Barcagate mulai mengemuka lantaran adanya dugaan Barcelona membayar postingan di media sosial, untuk meremehkan para pemain superstar Barca yang menentang rezim Bartomeu. 

Singkatnya, mereka menyewa buzzer. Praktik ini ditujukan kepada beberapa pemain, termasuk Lionel Messi dan Gerard Pique.

Sejumlah nama petinggi klub berjuluk Los Azulgrana itu diselidiki atas keterlibatannya dengan skandal Barcagate. CEO Oscar Grau dan pengacara Roman Gomez Ponti ditangkap oleh pihak kepolisian di Camp Nou. Sementara mantan direktur Barca Jaume Masferrer dan mantan presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, ditangkap di rumahnya.

Klub Catalunya itu telah berubah, semenjak ditangani oleh Bartomeu. Dari duduk nyaman di atas singgasana sepak bola Eropa, menjadi sebuah tim yang tengah menghadapi krisis keuangan dan olahraga yang sangat besar. 

Bartomeu terpilih sebagai presiden Barcelona beberapa hari setelah Barcelona mengangkat trofi Liga Champions (2015); dan sejak itu tim tersebut belum berhasil mencapai level tertinggi lagi.

Mulanya, Bartomeu yang berada di kursi atas pimpinan Barca telah menutup perjanjian sponsor dengan Qatar Airways. Didorong oleh kesuksesan Liga Champions, Bartomeu bersedia untuk menegosiasikan kembali kesepakatan tersebut dengan maksud untuk mendapatkan deal yang lebih baik. Bagaimanapun, kesepakatan yang dicapai dan kemitraan antara Barcelona dengan Qatar tidak terjadi ada lagi.

Sementara itu, di level olahraga, Blaugrana menghabiskan jutaan euro untuk mengontrak pemain-pemain seperti Arda Turan, Aleix Vidal, Lucas Digne, Paco Alcacer, Andre Gomes, dan Samuel Umtiti, dengan tidak ada yang berhasil di klub tersebut.

Pada saat yang sama, Bartomeu menawarkan uang besar kepada pemain seperti Jordi Alba, Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Luis Suarez. Alhasil, Barcelona menjadi klub dengan tagihan gaji tertinggi di sepak bola Eropa dan entitas yang mendapat pukulan paling keras selama pandemi Covid-19.

Pukulan paling telak datang pada musim panas 2017 ketika PSG, klub milik Qatar Sports Investments (QSI), merebut Neymar setelah memicu klausul pembelian striker Brasil itu.

Barcelona mendapatkan banyak uang untuk kepindahan Neymar, tetapi sekali lagi gagal berinvestasi dengan benar. Mereka mengontrak Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Tidak ada yang berhasil mengisi kekosongan pemain Brasil itu. 

Sementara itu, Real Madrid memenangkan tiga trofi Liga Champions berturut-turut dan Barcelona menghadapi eliminasi bencana di tangan AS Roma dan Liverpool.

Satu tahun setelah menjadi presiden Barcelona, ​​Bartomeu pun diduga bersalah atas dua kejahatan terhadap badan pajak yang berasal dari penandatanganan Neymar.

Baik mantan presiden Barcelona, Sandro Rosell dan Bartomeu, terbukti tidak bersalah, tetapi citra klub rusak parah. Daftar musuh Bartomeu bertambah saat Barcelona mengadakan pertandingan melawan Las Palmas secara tertutup pada hari referendum Catalunya.

Skandal terakhir yang melibatkannya adalah Barcagate, dengan ia dituduh menyewa perusahaan agensi sosial media untuk merusak reputasi orang dan entitas tertentu dengan dana klub. Sebelum hengkang dari Barcelona, ​​ia juga sempat memperburuk hubungannya dengan beberapa pemain, termasuk Lionel Messi.

Pemain Argentina itu mengkritik Bartomeu melalui wawancaranya, mengeluhkan bahwa mantan presiden Barcelona itu telah membohonginya dalam banyak kesempatan. Musim panas lalu, Messi meminta untuk dibebaskan oleh klub dan dia belum mencapai kesepakatan, dengan kontraknya saat ini berjalan hingga Juni mendatang. [*]

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Aris Abdulsalam

terbaru

Piala FA : Chelsea Bungkam Manchester City 1-0

Sepak Bola Minggu, 18 April 2021 | 04:09 WIB

Piala FA: Chelsea Bungkam Manchester City 1-0

Olahraga - Sepak Bola, Piala FA : Chelsea Bungkam Manchester City 1-0, Piala FA,Hasil Piala FA,Chelsea vs Manchester City,Chelsea,Manchester City

Piala FA: 7 Fakta Menarik Jelang Chelsea vs Manchester City

Sepak Bola Sabtu, 17 April 2021 | 04:14 WIB

Piala FA: 7 Fakta Menarik Jelang Chelsea vs Manchester City

Olahraga - Sepak Bola, Piala FA: 7 Fakta Menarik Jelang Chelsea vs Manchester City, Piala FA,jadwal piala fa,Chelsea vs Manchester City,Chelsea,Manchester City

Liga Utama Inggris: DNA Manchester United Tak Akan Menyerah

Sepak Bola Sabtu, 17 April 2021 | 02:20 WIB

Liga Utama Inggris: DNA Manchester United Tak Akan Menyerah

Olahraga - Sepak Bola, Liga Utama Inggris: DNA Manchester United Tak Akan Menyerah, Liga utama Inggis,Liga Europa,Manchester United,Ole Gunnar Solksjaer

Puji Solskjaer, Pogba Beberkan Borok Mourinho

Sepak Bola Jumat, 16 April 2021 | 20:27 WIB

Sewaktu melatih Manchester United, Jose Mourinho memperlakukan pemain seolah mereka tidak ada, kata Paul Pogba.

Olahraga - Sepak Bola, Puji Solskjaer, Pogba Beberkan Borok Mourinho,  Paul Pogba,Jose Mourinho,Manchester United,Ole Gunnar Solskjaer

Pesepak Bola Muslim Ini Yakin Kalahkan Setan Merah saat Ramadan

Sepak Bola Jumat, 16 April 2021 | 11:50 WIB

Pesepak bola Muslim asal Bosnia-Herzegovina percaya Serigala Roma dapat mengoyak Setan Merah.

Olahraga - Sepak Bola, Pesepak Bola Muslim Ini Yakin Kalahkan Setan Merah saat Ramadan, AS Roma,Manchester United,Liga Europa,semifinal Liga Europa,setan merah,Serigala Roma

PSG VS Manchester City, Peta Kekuatan Tim Tajir Tanpa Trofi UCL

Sepak Bola Jumat, 16 April 2021 | 11:25 WIB

Keduanya tim kaya raya dengan uang belanja yang amat banyak, tetapi sama-sama belum pernah merasakan gelar juara UCL.

Olahraga - Sepak Bola, PSG VS Manchester City, Peta Kekuatan Tim Tajir Tanpa Trofi UCL, Paris Saint-Germain (PSG),Manchester City,Peta Kekuatan Paris Saint-Germain (PSG),Peta Kekuatan Manchester City,UEFA Champions League (UCL),Liga Champions,Semifinal Liga Champions,Semifinal UCL,Kylian Mbappé,Kevin De Bruyne,Pep Guardiola,Mauricio Pochetti

Pelatih Setan Merah Puji Serigala Roma sebagai Lawan yang Pantas

Sepak Bola Jumat, 16 April 2021 | 06:40 WIB

Ole Gunnar Solskjaer antusias karena Manchester United akan menghadapi AS Roma pada semifinal Liga Europa.

Olahraga - Sepak Bola, Pelatih Setan Merah Puji Serigala Roma sebagai Lawan yang Pantas, Manchester United,AS Roma,semifinal Liga Europa,Liga Europa

Villarreal Satu-satunya Wakil Spanyol di Semifinal Liga Europa

Sepak Bola Jumat, 16 April 2021 | 06:15 WIB

Satu-satunya tim tersisa dari Spanyol, Villarreal, menang 2-1 pada leg kedua atas Dinamo Zagreb.

Olahraga - Sepak Bola, Villarreal Satu-satunya Wakil Spanyol di Semifinal Liga Europa, Villarreal,Spanyol,Liga Europa,semifinal Liga Europa,Perempat Final Liga Europa

artikel terkait

dewanpers