web analytics
  

Ini Fungsi Benzodiazepine dan Efek Sampingnya

Selasa, 2 Maret 2021 02:05 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ini Fungsi Benzodiazepine dan Efek Sampingnya, Benzodiazepine,Fungsi Benzodiazepine,Manfaat Benzodiazepine,Efek Benzodiazepine,Bahaya Benzodiazepine

Ilustrasi -- Benzodiazepine. (iStock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penyanyi Lucinta Luna baru saja ditangkap di apartemennya Selasa (11/2/2021) pekan lalu. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, ia diketahui mengonsumsi benzodiazepine untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan dan insomnia. Lalu, apa itu benzodiazepine?

Sejumlah sumber menyebutkan obat benzodiazepine atau banyak dikenal dengan benzo merupakan obat psikoaktif. Untuk mengetahui efek dan bahaya sampingnya, berikut simak informasi apa itu benzodiaspine?

Fungsi Benzodiazepine

Benzodiazepine berperan sebagai obat penenang, anti kecemasan, membuat tidur lebih mudah, hingga melemaskan otot-otot tubuh.

Walau demikian obat benzodiazepine tidak bisa dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter. Pasalnya di dunia medis benzodiazepine digunakan untuk mengatasi masalah psikologis akut, obat penenang saat operasi, mengatasi kejang, dan kecanduan alkohol.

Obat yang termasuk dalam kategori benzodiazepine antara lain adalah alprazolam, diazepam, dan lorazepam.

Benzodiazepine bekerja pada sistem saraf untuk mempengaruhi proses pengiriman sinyal di otak. Otak biasanya menjadi terlalu aktif jika manusia merasa terlalu cemas.

Untuk membuatnya kembali normal, benzodiazepine akan mengirimkan sinyal berupa ketenangan. Benzodiazepine bekerja dengan meningkatkan respons sel saraf yang bertugas memberi respons tenang.

Efek Samping dan Bahaya Benzodiazepine

Melihat dari cara kerjanya, benzodiazepine hanya bisa digunakan dengan aturan resep dokter. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis dan respons terhadap pengobatan.

Untuk mengurangi efek samping, biasanya pengobatan dengan benzodiazepine akan dimulai dengan dosis rendah, dan perlahan-lahan meningkat tergantung kondisi pasien.

Jika tidak, reaksi kecanduan bakal timbul seperti berkeringat, nyeri otot, mual, dan mata berair. Untuk itu, pasien dilarang menakar sendiri obat tersebut. Reaksi berlebihan bahkan bisa membuat pasien koma.

Saat menggunakan benzodiazepine pasien akan mendapati sejumlah efek samping seperti menimbulkan kebingungan, timbul rasa depresi, dan grogi. Penggunaan benzodiazepine dalam dosis tinggi juga bisa menyebabkan kesulitan napas.

Pasien yang akan memulai pengobatan dengan benzodiazepine perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mengurangi efek samping. Pastikan identifikasi alergi yang dimiliki tubuh dan laporkan kepada dokter.

Jenis alergi ini bermacam-macam mulai alergi terhadap obat tertentu atau berbagai jenis makanan. Pastikan pula cara menggunakan obat sehingga pasien tidak menggunakannya dengan inisiatif pribadi yang berlebihan.

Bagi ibu hamil dan menyusui, konsumsi benzodiazepine sangat tidak dianjurkan. Pasalnya obat ini masuk dalam kategori berisiko bagi ibu hamil.
 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 14:21 WIB

Siapapun pasti menginginkan kulit sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kulit sehat selama Ramadan?

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan, menjaga kulit sehat,Kulit Sehat,cara menjaga kulit sehat ramadan,cara menjaga kulit sehat

Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 13:22 WIB

'Picky Eater' membuat anak bisa kekurangan nutrisi lengkap.

Gaya Hidup - Sehat, Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan, makanan sehat,Anak susah makan,picky eater

Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 09:08 WIB

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. 

Gaya Hidup - Sehat, Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya, Kopi,bahaya kopi,minum kopi saat sahur,Dr Tirta

Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:48 WIB

Berpuasa dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes tipe II, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter

Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli, Diabetes,diabetes puasa,Puasa,Ramadan

Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:21 WIB

10 persen orang yang alami migrain dipicu oleh kesalahan pola makan.

Gaya Hidup - Sehat, Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain, mencegah migrain,migrain,makanan penyebab migrain

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 01:34 WIB

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah? , Alpukat,Manfaat Alpukat,Bahaya Alpukat,Konsumsi Alpukat,Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:20 WIB

Warga di Cirebon Raya atau diakrabi pula dengan sebutan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) m...

Gaya Hidup - Sehat, Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal, Penyekatan Mudik,Cirebon Raya,mudik lokal,Warga Cirebon Raya,Mudik Cirebon Raya

4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:15 WIB

Masyarakat diingatkan bahwa ada empat area yang kemungkinan menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak selama Ramadan. 

Gaya Hidup - Sehat, 4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan, Area Rawan Penularan Covid-19,tempat penularan covid-19,Ngabuburit Ramadan,Tempat Ngabuburit
dewanpers