web analytics
  

9 Gejala Covid-19 yang Tidak Disadari

Senin, 1 Maret 2021 05:45 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 9 Gejala Covid-19 yang Tidak Disadari, Gejala Covid-19,orang tanpa gejala covid-19,Tanda kena corona,COVID-19,Virus Corona,Gejala Corona,gejala covid tanpa disadari

Penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Covid-19 bisa memunculkan gejala yang beragam pada tiap penderitanya. Pada sebagian kasus bahkan tidak menunjukkan gejala. Hal ini membuat sebagian orang mungkin tak menyadari bila sudah terkena Covid-19.

Kepala penasehat kesehatan untuk Presiden AS, Dr Anthony Fauci, juga menyoroti tentang gejala sisa akut pasca Covid-19 (PASC). Dr Fauci mengatakan setelah tubuh bersih dari virus, gejala baru mungkin saja muncul dan bertahan cukup lama, hingga hitungan bulan. Gejala-gejala sisa ini bisa berupa gejala ringan hingga gejala yang cukup memberatkan.

Setidaknya ada sembilan gejala yang mungkin menunjukkan bahwa seseorang sudah pernah terkena Covid-19 dan sedang berada pada fase PASC. Berikut ini adalah kesembilan gejala tersebut, seperti dilansir Eat This, Ahad (28/2).

1. Kelelahan

Dr Fauci mengatakan salah satu gejala yang mungkin terjadi pada fase PASC adalah kelelahan ekstrim. Studi yang dipublikasikan oleh University of Washington dalam JAMA menunjukkan bahwa lebih dari 30 persen orang dengan PASC memiliki gejala kelelahan ini.

2. Kehilangan Indera Perasa atau Penciuman

Gejala lain yang juga umum dialami oleh orang-orang dengan PASC adalah kehilangan indra penciuman atau perasa. Belum benar-benar diketahui mengapa gejala ini bisa terjadi pada kasus Covid-19. Sebagian memperkirakan bahwa kondisi ini mungkin derjadi karena SARS-CoV-2 menyebabkan kerusakan langsung pad asaraf olfactory atau karena ada inflamasi dan obstruksi hidung.

3. Sesak Napas

Covid-19 yang ringan pun dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Kerusakan ini dapat menyebabkan terjadinya sesak napas yang bertahan lama. Gejala ini diperkirakan terjadi sekitar 25-35 persen atau bahkan lebih pada orang-orang yang mengalami gejala sisa Covid-19.

4. Gangguan Tidur

Insomnia, mimpi yang terasa jelas, mimpi buruk, dan sindrom kaki gelisah dapat menjadi gejala sisa pasca Covid-19. Hal ini mungkin terjadi karena SARS-CoV-2 mempengaruhi sistem saraf tubuh sehingga menganggu kualitas tidur.

5. Demam atau Fluktuasi Suhu Tubuh

Suhu tubuh yang naik-turun juga bisa terjadi pada orang dengan PASC. Kondisi ini terjadi karena tubuh mungkin masi mencoba melawan infeksi secara konsisten, meski virus penyebab Covid-19 sebenarnya sudah tidak ada di tubuh.

6. Gejala Pencernaan

Gejala lain yang mungkin terjadi pada kasus PASC adalah muntah, diare, dan mual. Untuk menghindari atau meredakan gejala ini, dokter menganjurkan agar orang-orang menerapkan pola makan yang sehat.

7. Kecemasan atau Depresi

Kecemasan atau depresi juga mungkin teradi pada orang-orang dengan PASC. Kondisi ini bahkan bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami gejala ringan Covid-19.

8. Brain Fog

Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang sulit berkonsentrasi dan fokus. Gejala ini mungkin dirasakan pada orang-orang yang mengalami gejala sisa Covid-19, khususnya pada kelompok usia tua.

Ahli patologi dari Johns Hopkins Medicine di Baltimore dan Brigham serta Women’s Hospital di Boston menemukan bahwa sel sumsum tulang besar yang dikenal sebagai megakariosit bertanggung jawab terhadap terjadinya brain fog ini. Ahli patologi menilai megakariosit ini bermigrasi ke otak karena dipicu oleh aktivitas SARS-CoV-2 yang merusak.

9. Ragam Gejala

Pasien-pasien Covid-19 melaporkan hingga 98 gejala yang berbeda. Dr Fauci mengatakan saat ini para ahli dari berbagai keahlian sedang mencari tahu lebih jauh tentang keragaman gejala ini.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 14:21 WIB

Siapapun pasti menginginkan kulit sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kulit sehat selama Ramadan?

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan, menjaga kulit sehat,Kulit Sehat,cara menjaga kulit sehat ramadan,cara menjaga kulit sehat

Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 13:22 WIB

'Picky Eater' membuat anak bisa kekurangan nutrisi lengkap.

Gaya Hidup - Sehat, Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan, makanan sehat,Anak susah makan,picky eater

Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 09:08 WIB

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. 

Gaya Hidup - Sehat, Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya, Kopi,bahaya kopi,minum kopi saat sahur,Dr Tirta

Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:48 WIB

Berpuasa dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes tipe II, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter

Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli, Diabetes,diabetes puasa,Puasa,Ramadan

Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:21 WIB

10 persen orang yang alami migrain dipicu oleh kesalahan pola makan.

Gaya Hidup - Sehat, Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain, mencegah migrain,migrain,makanan penyebab migrain

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 01:34 WIB

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah? , Alpukat,Manfaat Alpukat,Bahaya Alpukat,Konsumsi Alpukat,Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:20 WIB

Warga di Cirebon Raya atau diakrabi pula dengan sebutan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) m...

Gaya Hidup - Sehat, Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal, Penyekatan Mudik,Cirebon Raya,mudik lokal,Warga Cirebon Raya,Mudik Cirebon Raya

4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:15 WIB

Masyarakat diingatkan bahwa ada empat area yang kemungkinan menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak selama Ramadan. 

Gaya Hidup - Sehat, 4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan, Area Rawan Penularan Covid-19,tempat penularan covid-19,Ngabuburit Ramadan,Tempat Ngabuburit

artikel terkait

dewanpers