web analytics
  

Cara Hindari Infeksi Parah Covid-19 bagi Pasien Diabetes

Sabtu, 27 Februari 2021 07:24 WIB Administrator
Gaya Hidup - Sehat, Cara Hindari Infeksi Parah Covid-19 bagi Pasien Diabetes, Pasien diabetes,Cara Hindari Infeksi Parah Covid-19,Penderita Diabetes,COVID-19,virus corona,Kadar gula darah,diabetes yang tidak terkontrol,infeksi virus,Kadar gula darah tinggi,Pasien Covid-19

Ilustrasi--Diabetes (Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Para ahli medis telah memeringatkan bahwa penderita diabetes tipe 2, salah satu kelompok yang berisiko menderita penyakit parah jika terinfeksi virus corona Covid-19.

Diabetes tipe 2 juga akan meningkatkan risiko seseorang menjalani rawat inap dan meninggal dunia akibat virus corona Covid-19.

Dikutip dari Himedik.com, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini, salah satunya penderita diabetes dengan kadar gula darah tak terkontrol memiliki jumlah reseptor ACE2 yang lebih tinggi. Artinya, lebih banyak titik potensial virus masuk ke dalam tubuh.

Pasien dengan gula darah yang tidak terkontrol memiliki tingkat peradangan lebih tinggi dan saturasi oksigen yang lebih rendah saat dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Beberapa percobaan awal juga menunjukkan bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa mempercepat kemampuan virus corona membuat salinan dirinya sendiri di beberapa sel.

Bahkan dilansir dari Times of India, orang dengan diabetes yang tidak terkontrol lebih rentan terhadap beberapa infeksi virus, karena perubahan bahwa respons imun dan interferon yang lebih rendah.

Ada kemungkinan bahwa pasien dengan diabetes tak terkontrol memiliki lebih banyak ACE2R pada permukaan selnya sehingga memudahkan virus masuk.

Penderita diabetes harus kendalikan kadar gula darah

Bukti yang sejauh ini dikumpulkan menunjukkan bahwa seorang pasien Covid-19 dalam kondisi parah dan kadar gula darah tinggi, akan mengalami kondisi parah.

Karena itu, penting bagi penderita diabetes melakukan tindakan pencegahan terbaik untuk mengurangi risiko infeksi dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Kecemasan, jarak sosial dan pembatasan interaksi sosial akibat pandemi telah menimbulkan dalam fisik dan mental pada kebanyakan orang. Hal ini mungkin membuat seseorang lebih sulit untuk fokus pada kontrol glikemik.

Karena itu, para ahli mendorong pasien diabetes untuk mematuhi rangkaian pengobatan yang telah disarankan dokter untuk mengontrol gula darah secara teratur.

Jika penderita mengalami peningkatan kadar gula darah tanpa sebab, mereka harus melaporkannya ke dokter. Sehingga dokter mungkin akan meresepkan perubahan dosis obat jika diperlukan.

Selain itu, para ahli juga menyarankan penderita diabetes untuk rutin olahraga demi kesehatan fisik dan psikologis. Karena, semua orang harus mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi tingkat stresnya.

Mengurangi risiko infeksi virus corona, kontrol gula darah yang tepat, dan manajemen stres yang baik sangat penting bagi penderita diabetes guna menjalani kehidupan terbaiknya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 14:21 WIB

Siapapun pasti menginginkan kulit sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kulit sehat selama Ramadan?

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan, menjaga kulit sehat,Kulit Sehat,cara menjaga kulit sehat ramadan,cara menjaga kulit sehat

Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 13:22 WIB

'Picky Eater' membuat anak bisa kekurangan nutrisi lengkap.

Gaya Hidup - Sehat, Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan, makanan sehat,Anak susah makan,picky eater

Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 09:08 WIB

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. 

Gaya Hidup - Sehat, Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya, Kopi,bahaya kopi,minum kopi saat sahur,Dr Tirta

Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:48 WIB

Berpuasa dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes tipe II, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter

Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli, Diabetes,diabetes puasa,Puasa,Ramadan

Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:21 WIB

10 persen orang yang alami migrain dipicu oleh kesalahan pola makan.

Gaya Hidup - Sehat, Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain, mencegah migrain,migrain,makanan penyebab migrain

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 01:34 WIB

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah? , Alpukat,Manfaat Alpukat,Bahaya Alpukat,Konsumsi Alpukat,Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:20 WIB

Warga di Cirebon Raya atau diakrabi pula dengan sebutan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) m...

Gaya Hidup - Sehat, Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal, Penyekatan Mudik,Cirebon Raya,mudik lokal,Warga Cirebon Raya,Mudik Cirebon Raya

4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:15 WIB

Masyarakat diingatkan bahwa ada empat area yang kemungkinan menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak selama Ramadan. 

Gaya Hidup - Sehat, 4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan, Area Rawan Penularan Covid-19,tempat penularan covid-19,Ngabuburit Ramadan,Tempat Ngabuburit

artikel terkait

dewanpers