web analytics
  

Turnamen Roundnet Tingkat Nasional Pertama Digelar di Bandung

Rabu, 24 Februari 2021 15:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Olahraga - Sport, Turnamen Roundnet Tingkat Nasional Pertama Digelar di Bandung, Roundnet

Turnamen Roundnet Tingkat Nasional Pertama Digelar di Bandung (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Untuk pertama kali, perkumpulan olahraga Roundnet Indonesia menggelar turnamen roundnet berskala nasional bertajuk 'Roundnet Indonesia Open Tournament 2021' di lapangan tenis Pelti, Jalan Ambon Kota Bandung, 20-21 Februari 2021. Turnamen yang digelar menjadi rangkaian peringatan Hari Roundnet Nasional (Haronas) pada 26 Februari 2021 sekaligus menjadi catatan sejarah bagi perkumpulan olahraga Roundnet Indonesia.

Pelopor olahraga roundnet Indonesia Genta Fajar mengatakan, pelaksanaan turnamen sebelumnya akan digelar pada 31 Januari 2021. Namun pelaksanaan diundur karena kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Kita gelar turnamen ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Satgas Covid-19 karena masih dalam kondisi pandemi," ujar Genta saat ditemui di kawasan Jalan Panaitan Kota Bandung, Rabu (24/2/2021).

Genta mengatakan, antusiasme pegiat olahraga roundnet menyambut turnamen berskala nasional ini snagat tinggi. Sebanyak 38 tim ikut berkompetisi yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung, Malang, Bogor, Jakarta Barat, Kabupaten Bandung, Cirebon, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Turnamen ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh pegiat olahraga roundnet di Indonesia sehingga banyak peserta dari berbagai kota daftar dan hadir di Bandung. Ini menunjukkan jika roundnet, meski merupakan olahraga baru, tapi sudah mendapatkan hati di masyarakat," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, ajang turnamen tersebut menjadi pembuktian diri sebagian besar komunitas pemain roundnet yang hadir. Pasalnya, mereka sudah berlatih dan bermain olahraga roundnet dalam satu tahun terakhir ini.

"Mereka pun ingin menjadi saksi sejarah sebagai peserta turnamen roundnet tingkat nasional pertama di Indonesia," Genta menambahkan.

Allet Bola Voli Nasional Raih Double Award

Pada gelaran turnamen roundnet tingkat nasional pertama tersebut, atlet bolavoli putri Indonesia, Yolla Yuliana tampil sebagai juara bersama pasangannya Ijan Mandagi yang membela tim Hobavers Bandug. Di babak final, pasangan Yolla/Ijan mengalahkan pasangan Rudy Caffeine/Gantra Kusumah dari Robin Strike Pop Bandung melalui pertarungan ketat rubber set 19-21, 21-19, dan 21-17.

Sedangkan untuk partai eksebisi daerah,  pasangan Attand/Michael dari Bogor Roundnet (Attand & Michael) mengalahkan Aprilia/Kusaeri yang membela Roundnet Jakarta Barat. Attand/Michael menghentikan perlawanan Aprilia/Kusaeri dua set langsung di babak final.

Selain keluar sebagai juara, Yolla Yuliana pun menyabet penghargaan Kartu Biru (Blue Award) sebagai pemain terbaik pada turnamen roundnet pertama di Indonesia tersebut. Penyelenggaran turnamen, perkumpulan Roundnet Indonesia, pun memberikan penghargaan lain bagi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai kampus pelopor roundnet di Jawa Timur serta Argya Raqsha Putra Nugraha (9 tahun) dan M. King Abdul Azis (11 tahun) sebagai pasangan pemain roundnet termuda pada turnamen.

"Dengan suksesnya gelaran turnamen dan mendapatkan apresiasi dari komunitas roundnet di dunia, kita berharap olahraga ini bisa mejadi olahraga resmi dan diakui di Indonesia. Berawal dari Kota Bandung, olahraga roundnet dengan sangat cepat berkembang dan saat ini sudah memiliki banyak pegiat dari seluruh daerah di Indonesia," kata Genta yang juga sebagai pendiri perkumpulan Roundnet Indonesia.

Pelaku olahraga roundnet sekaligus artis nasional Ebith Beat A pun sangat mengapresiasi kegiatan turnamen yang digelar meski dalam kondisi pandemi. Gelaran turnamen roundnet pertama ini pun terbilang sukses dan berhasil karena melibatkan tim dari beberapa kota.

"Meski turnamen roundnet ini yang pertama digelar, tapi sudah cukup banyak sponsor juga yang mensupport kegiatan. Ini sih bersejarah, ditambah animo penonton yang hadir pun cukup bagus meski penerapan standar prokes cukup ketat," Ebieth yang tampil berpasangan dengan Denny Kuburan di turnamen roundnet pertama tersebut.

Tag
Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Comeback di MotoGP Portugal, Marc Marquez Masih Garang

Sport Jumat, 16 April 2021 | 23:18 WIB

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez terbukti tidak kehilangan kegarangannya meski vakum membalap kurang lebih sembilan bu...

Olahraga - Sport, Comeback di MotoGP Portugal, Marc Marquez Masih Garang, Marc Marquez,Repsol Honda,MotoGP Portugal,Sirkuit Internasional Algarve

Bagaimana Nutrisi Atlet Selama Puasa Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi PBSI

Sport Jumat, 16 April 2021 | 16:53 WIB

Terkait bulan Ramadan, ahli gizi memberikan pesan kepada atlet yang akan menjalankan puasa di tengah padatnya jadwal lat...

Olahraga - Sport, Bagaimana Nutrisi Atlet Selama Puasa Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi PBSI, Badminton,Bulu Tangkis,Ahli Gizi baru pelatnas,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Atlet,Puasa,Ramadan,Ahli Gizi PBSI,Nutrisi Atlet Selama Puasa Ramadan

Pebulu Tangkis Indonesia Ini Mengaku Takut Jarum Suntik

Sport Kamis, 15 April 2021 | 16:25 WIB

Sedari kecil dirinya memang takut jarum suntik.

Olahraga - Sport, Pebulu Tangkis Indonesia Ini Mengaku Takut Jarum Suntik, Pebulu Tangkis Indonesia,jarum suntik,Leo Rolly Carnando,Pelatnas Cipayung Jakarta Timur,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

Belum Divaksin, Kevin Sanjaya Akan Disuntik Sinovac

Sport Rabu, 14 April 2021 | 11:17 WIB

Sejauh ini, mayoritas atlet bulu tangkis Indonesia telah mendapatkan dua suntikan dari vaksin Sinovac.

Olahraga - Sport, Belum Divaksin, Kevin Sanjaya Akan Disuntik Sinovac, Kevin Sanjaya,Pebulu Tangkis Indonesia,Badminton,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

Suka Duka Atlet PBSI Jalani Puasa Demi Professionalitas Jelang Turname...

Sport Selasa, 13 April 2021 | 11:59 WIB

Seluruh umat Muslim di dunia menyambutnya dengan suka cita. Tidak terkecuali oleh pebulu tangkis yang berada di Pelatnas...

Olahraga - Sport, Suka Duka Atlet PBSI Jalani Puasa Demi Professionalitas Jelang Turnamen, Pelatnas PBSI Cipayung,Fajar Alfian,Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto,Ramadan,Puasa

Umumkan Promosi Atlet, PBSI Gelar Tes Kesehatan

Sport Sabtu, 10 April 2021 | 07:48 WIB

Bertempat di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, sebanyak 67 atlet pelatnas menjalani serangkaian tes kesehatan pada...

Olahraga - Sport, Umumkan Promosi Atlet, PBSI Gelar Tes Kesehatan, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Pelatnas PBSI Cipayung,Tes Kesehatan Atlet Bulutangkis

Performa Jeblok, Valentino Rossi Diminta Segera Pensiun dari MotoGP

Sport Jumat, 9 April 2021 | 22:13 WIB

Performa Valentino Rossi di 2 seri perdana MotoGP 2021 masih belum menunjukkan performa maksimal.

Olahraga - Sport, Performa Jeblok, Valentino Rossi Diminta Segera Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi,Valentino Rossi pensiun,MotoGP

PBSI Buka Kerjasama Seluas-luasnya dengan Korporasi

Sport Jumat, 9 April 2021 | 18:45 WIB

Agung Firman Sampurna mengajak para kelompok usaha dan korporasi untuk bekerja sama dengan PBSI.

Olahraga - Sport, PBSI Buka Kerjasama Seluas-luasnya dengan Korporasi, PBSI,Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna,Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bapak Erick Thohir
dewanpers