web analytics
  

7 Obat Tradisional untuk Meredakan Asam Urat

Rabu, 24 Februari 2021 11:30 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 7 Obat Tradisional untuk Meredakan Asam Urat , Asam Urat,Penderita asam urat,meredakan asam urat,obat asam urat,obat alami asam urat,penyebab asam urat,penyebab asam urat,Makanan penyebab asam urat tinggi

Ilustrasi kaki penderita asam urat. (cnick dari Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Asam urat merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Tapi, tahukah Anda jika obat asam urat sangat mudah didapatkan.

Asam urat sendiri merupakan sebuah kondisi di mana adanya gejala seperti nyeri yang tidak tertahankan. Biasanya orang yang menderitanya akan sangat merasakan kesakitan. 

Akan timbul adanya pembengkakan serta adanya rasa panas pada bagian persendian dari para penderitanya. Hampir semua bagian dari persendiannya akan merasakan sakit. 

Perlu diketahui ada banyak obat penyakit asam urat yang sebenarnya bisa dikonsumsi khususnya untuk Anda para penderita penyakit asam urat

Sering ditemui orang yang kena serangan penyakit asam urat akan merasa perkembangan yang sangat cepat pada beberapa jam pertama setelah mengonsumsi obat. Namun setelahnya, rasa sakitnya akan dirasakan kembali kurang lebih 3 sampai dengan 10 hari. 
Umumnya untuk pembengakakannya sendri tidak hanya akan terjadi pada bagian sendi, tetapi juga ada di bagian sekitar sendi dan juga akan disertai dengan adanya warna dari kulit yang memerah. Pada tahapan tersebut, si penderita tidak akan mempu untuk bergerak dengan leluasa. Ada banyak obat untuk asam urat yang bisa Anda konsumsi demi mengurangi rasa sakit.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Biasanya gejala nyeri serta pembengkakan yang dikarenakan dari asam urat disebabkan dari tusukan kritsal-krital yang tajam yang ada di sekitaran sendi, kristal-kristal itu terbentuk dari adanya penumpukan zat buruk bagi tubuh. 

Penderita asam urat diketahui mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa menyebabkan adanya peningkatan dari asam urat misalnya seperti jeroan, daging merah, hidangan laut. 
Dan asam urat bisa terjadi juga dikarenakan penderitanya sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol yang memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit asam urat

Penyakit tersebut juga rawan dialami oleh orang penderita dari obesitas, hipertensi, diabetes atau juga penyakit dari ginjal yang sudah kronis. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang yang mempunyai keluarga yang mempunyai asam urat akan memiliki penyakit yang sama. 

Di mana bisa dikatakan bahwa penyakit tersebut akan bersifat genetik. Yang bisa Anda lakukan pada saat Anda terkena penyakit asam urat tersebut adalah meringankan dari gejalanya serta mencegah dari serangannya terulang kembali. pada saat Anda sedang merasakan nyeri pada saat terjadi serangan asam urat maka Anda bisa menaruh kantong yang berisi es pada sendi yang sedang dirasa sakit.

Berbagai Jenis Obat Asam Urat Tradisional

Sekarang ini ada banyak sekali jenis obat yang bisa dipilih untuk bisa mengatasi asam urat. Dengan memahami khasiat setiap obat yang ada, maka Anda bisa mengatasi sakit asam urat tersebut dengan baik. 

Karena asam urat sendiri biasanya sangat menganggu bagi para penderitanya, maka akan susah untuk membedakan nyeri pada bagian persendian, akan sulit membedakannya dengan penyakit sendi lainnya.

Kebanyakan orang saat ini yang menderita penyakit asam urat akan lebih mencari solusi sebagai obat asam urat dengan jenis obat tradisional karena dianggap jauh lebih mudah untuk ditemukan dan sangat aman untuk dikonsumsi.

Karena jika Anda hanya bergantung pada berbagai obat yang dijual di apotek maka Anda bisa ketergantungan dan akan kurang baik bagi ginjal Anda. Ini juga beresiko terkena berbagai jenis penyakit lainnya yang tidak kalah membahayakan bagi kesehatan tubuh. 

Berikut adalah beberapa obat asam urat tradisional yang bisa Anda konsumsi dan mengurangi rasa sakit yang dikarenakan oleh penyakit asam urat :

• Jahe

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe. Jahe bukan hanya digunakan untuk bahan penyedap makanan tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu obat tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan.

Obat tradisional tersebut bekerja membersihkan adanya tumpukan purin di bagian darah serta di bagian persendian. Anda bisa mengkonsumsi soup yang terbuat dar jahe dan Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan membersihkannya lebih dulu. Jahe dapat Anda konsumsi setiap hari. Dengan begitu Anda bisa merasakan bagaimana khasiat dari jahe tersebut setelah mengkonsumsinya selama beberapa minggu.

• Bunga rosella

Selanjutnya obat tradisional asam urat yang bisa digunakan adalah bunga rosella. Bunga rosella bisa meredakan nyeri di bagian sendi. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk bisa dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit asam urat.

Bunga rosella ternyata mempunyai banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu zat yang dikandung adalah protein esensial dan juga vitamin c. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina di mana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

Dalam penggunaannya, Anda bisa mengonsumsi bunga rosela ini setelah dicuci bersih, kemudian menyeduhnya menggunakan air yang panas dengan jumlah takaran air sekitar 200cc. Kemudian Anda bisa menambahkan madu untuk digunakan sebagai pemanis. Anda bisa mengkonsumsinya dengan teratur dengan jangka waktu selama sebulan agar benar-benar bisa merasakan khasiatnya.

• Daun seledri

Kemudian ada daun seledri yang bisa Anda gunakan sebagai obat asam urat. Seledri yang biasanya digunakan untuk pelengkap dari masakan juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat secara alami tanpa ada efek samping. Kandungan dari daun seledri antara lain klorin, asam lemak essensial, inositol, asam folat, zeng, sulfur, vitamin B1 serta Vitamin A.

Untuk bisa membuatnya maka Anda bisa mengambil kurang lebih tiga gram atau kurang lebih lima helai daun seledri. Selanjutnya cuci dahulu dengan bersih. Setelah itu merebus sampai air rebusan tersebut mendidih, gunakan air sebanyak 100 cc. Kemudian Anda bisa menyaringnya dan menuangkannya ke dalam gelas. Setelah itu Anda bisa meminumnya yaitu satu kali dalam sehari dengan rutin agar khasiatnya cepat dirasakan.

• Daun sirsak

Obat asam urat tradisional alami berikutnya adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan vitamin c serta vitamin A yang cukup tinggi. Di mana manfaatnya adalah untuk bisa mengeluarkan adanya racun atau juga sampah dalam proses metabolisme dari dalam tubuh. Daun sirsak juga memiliki manfaat dalam mengurangi adanya rasa nyeri yang ada di bagian sendi.

Manfaat dari daun sirsak sendiri bisa mengobati penyakit asam urat yang patut untuk Anda coba. Untuk bisa dikonsumsi maka Anda bisa mengambil sebanyak lima lembar dari daun sirsak. Kemudian setelah itu direbus dengan memakai air bersih sampai dengan mendidih. Setelah itu Anda bisa meminum ramuan dari air tersebut pada saat sudah dingin. Anda bisa melakukannya secara rutin selama satu bulan.

• Buah cherry

Dalam mengobati penyakit asam urat yang sedang Anda derita cobalah buah cherry. Buah cherry memiliki kandungan berupa magnesium, di mana bisa dipakai untuk mengobati penyakit asam urat. Selain bisa digunakan dalam meredakan nyeri, kandungan berupa potasium di buah cherry bisa mencegah adanya peradangan atau juga inflamasi.

Dalam penggunannya Anda bisa mengkonsumsi sebanyak tiga sampai dengan tujuh buah cherry untuk setiap harinya. Ada banyak sekali cara untuk bisa mengkonsumsinya, Anda bisa menjadikannya sebagai sirup dengan cara merebus buah cherry tersebut terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari. Obat alami ini telah terbukti sebagai obat yang ampuh dalam meringankan rasa nyeri jika Anda mengkonsumsinya secara rutin setiap harinya.

• Madu

Madu merupakan obat asam urat yang sangat berkhasiat. Anda bisa mencampurkan nanas dengan madu untuk bisa mengobati penyakit asam urat. Ramuan tersebut dianggap efisien untuk bisa meredakan serta mengobati penyakit asam urat. Untuk bisa membuatnya maka Anda bisa mengupas kulit dari nanas kemudian memisahkan bagian daging dari kulit nanas. Setelah itu iris nanas menjadi bagian yang tidak tebal. Kemudian meletakkannya pada blender untuk dijus.

Dan menghaluskan buah nanas tersebut sampai dengan halus. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan satu cangkir jus ceri, kemudian menaburinya dengan jahe dan kunyit yang telah Anda siapkan lebih dulu. Selanjutnya Anda bisa mengkonsumsinya dengan teratur setiap harinya agar bisa merasakan khasiat dari ramuan tersebut. Anda bisa menaruhnya ke dalam sebuah wadah kaca, kemudian menutupnya dengan rapat, dan bisa disimpan dalam kulkas.

Pastikan agar tidak mudah busuk. Anda bisa mengkonsumsinya menggunakan madu agar rasanya menjadi lebih baik dan juga jumlah dari jahenya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. obat alami tersebut bisa disimpan selama jangka waktu sampai dengan sebulan di dalam kulkas agar bisa Anda konsumsi dengan teratur. Jika mengkonsumsinya dengan teratur maka Anda bisa merasakan khasiat dari obat herbal ini.

• Terapi menggunakan air hangat

Obat asam urat lainnya adalah dengan melakukan terapi menggunakan air hangat. Hal tersebut telah dikenal dari jaman nenek moyang. Air hangat sendiri akan meredakan rasa nyeri pada bagian persendian di mana air hangat yang digunakan untuk berendam dapat mempelancar sistem dari vaskularisasi atau juga melancarkan aliran dari pembuluh darah.

Jadi kotoran dari purin yang ada di pembuluh darah bisa dengan mudah untuk dikeluarkan. Anda bisa merendam bagian yang terasa nyeri di air hangat setiap harinya untuk bisa meredakan pada saat sedang nyeri karena asam urat. Anda bisa merasakan relaks selama sejenak saat melakukannya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 14:21 WIB

Siapapun pasti menginginkan kulit sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kulit sehat selama Ramadan?

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menjaga Kulit Sehat Selama Ramadan, menjaga kulit sehat,Kulit Sehat,cara menjaga kulit sehat ramadan,cara menjaga kulit sehat

Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 13:22 WIB

'Picky Eater' membuat anak bisa kekurangan nutrisi lengkap.

Gaya Hidup - Sehat, Tips Agar Anak Tak Pilih-pilih Makanan, makanan sehat,Anak susah makan,picky eater

Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 09:08 WIB

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. 

Gaya Hidup - Sehat, Hindari Kopi Saat Sahur, Dokter Tirta Ungkap Risikonya, Kopi,bahaya kopi,minum kopi saat sahur,Dr Tirta

Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:48 WIB

Berpuasa dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes tipe II, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter

Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Tipe II Ingin Berpuasa? Simak Penjelasan Ahli, Diabetes,diabetes puasa,Puasa,Ramadan

Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 08:21 WIB

10 persen orang yang alami migrain dipicu oleh kesalahan pola makan.

Gaya Hidup - Sehat, Waspada, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Migrain, mencegah migrain,migrain,makanan penyebab migrain

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Sehat Sabtu, 17 April 2021 | 01:34 WIB

Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah?

Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi Alpukat Setiap Hari Berbahayakah? , Alpukat,Manfaat Alpukat,Bahaya Alpukat,Konsumsi Alpukat,Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:20 WIB

Warga di Cirebon Raya atau diakrabi pula dengan sebutan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) m...

Gaya Hidup - Sehat, Warga Cirebon Raya Protes, Tak Masuk Aglomerasi Boleh Mudik Lokal, Penyekatan Mudik,Cirebon Raya,mudik lokal,Warga Cirebon Raya,Mudik Cirebon Raya

4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan

Sehat Jumat, 16 April 2021 | 22:15 WIB

Masyarakat diingatkan bahwa ada empat area yang kemungkinan menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak selama Ramadan. 

Gaya Hidup - Sehat, 4 Area Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadan, Area Rawan Penularan Covid-19,tempat penularan covid-19,Ngabuburit Ramadan,Tempat Ngabuburit
dewanpers