web analytics
  

Turnamen Roundnet Tingkat Nasional Pertama Digelar di Bandung

Rabu, 24 Februari 2021 15:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Olahraga - Sport, Turnamen Roundnet Tingkat Nasional Pertama Digelar di Bandung, Roundnet

Turnamen Roundnet Tingkat Nasional Pertama Digelar di Bandung (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Untuk pertama kali, perkumpulan olahraga Roundnet Indonesia menggelar turnamen roundnet berskala nasional bertajuk 'Roundnet Indonesia Open Tournament 2021' di lapangan tenis Pelti, Jalan Ambon Kota Bandung, 20-21 Februari 2021. Turnamen yang digelar menjadi rangkaian peringatan Hari Roundnet Nasional (Haronas) pada 26 Februari 2021 sekaligus menjadi catatan sejarah bagi perkumpulan olahraga Roundnet Indonesia.

Pelopor olahraga roundnet Indonesia Genta Fajar mengatakan, pelaksanaan turnamen sebelumnya akan digelar pada 31 Januari 2021. Namun pelaksanaan diundur karena kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Kita gelar turnamen ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Satgas Covid-19 karena masih dalam kondisi pandemi," ujar Genta saat ditemui di kawasan Jalan Panaitan Kota Bandung, Rabu (24/2/2021).

Genta mengatakan, antusiasme pegiat olahraga roundnet menyambut turnamen berskala nasional ini snagat tinggi. Sebanyak 38 tim ikut berkompetisi yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung, Malang, Bogor, Jakarta Barat, Kabupaten Bandung, Cirebon, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Turnamen ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh pegiat olahraga roundnet di Indonesia sehingga banyak peserta dari berbagai kota daftar dan hadir di Bandung. Ini menunjukkan jika roundnet, meski merupakan olahraga baru, tapi sudah mendapatkan hati di masyarakat," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, ajang turnamen tersebut menjadi pembuktian diri sebagian besar komunitas pemain roundnet yang hadir. Pasalnya, mereka sudah berlatih dan bermain olahraga roundnet dalam satu tahun terakhir ini.

"Mereka pun ingin menjadi saksi sejarah sebagai peserta turnamen roundnet tingkat nasional pertama di Indonesia," Genta menambahkan.

Allet Bola Voli Nasional Raih Double Award

Pada gelaran turnamen roundnet tingkat nasional pertama tersebut, atlet bolavoli putri Indonesia, Yolla Yuliana tampil sebagai juara bersama pasangannya Ijan Mandagi yang membela tim Hobavers Bandug. Di babak final, pasangan Yolla/Ijan mengalahkan pasangan Rudy Caffeine/Gantra Kusumah dari Robin Strike Pop Bandung melalui pertarungan ketat rubber set 19-21, 21-19, dan 21-17.

Sedangkan untuk partai eksebisi daerah,  pasangan Attand/Michael dari Bogor Roundnet (Attand & Michael) mengalahkan Aprilia/Kusaeri yang membela Roundnet Jakarta Barat. Attand/Michael menghentikan perlawanan Aprilia/Kusaeri dua set langsung di babak final.

Selain keluar sebagai juara, Yolla Yuliana pun menyabet penghargaan Kartu Biru (Blue Award) sebagai pemain terbaik pada turnamen roundnet pertama di Indonesia tersebut. Penyelenggaran turnamen, perkumpulan Roundnet Indonesia, pun memberikan penghargaan lain bagi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai kampus pelopor roundnet di Jawa Timur serta Argya Raqsha Putra Nugraha (9 tahun) dan M. King Abdul Azis (11 tahun) sebagai pasangan pemain roundnet termuda pada turnamen.

"Dengan suksesnya gelaran turnamen dan mendapatkan apresiasi dari komunitas roundnet di dunia, kita berharap olahraga ini bisa mejadi olahraga resmi dan diakui di Indonesia. Berawal dari Kota Bandung, olahraga roundnet dengan sangat cepat berkembang dan saat ini sudah memiliki banyak pegiat dari seluruh daerah di Indonesia," kata Genta yang juga sebagai pendiri perkumpulan Roundnet Indonesia.

Pelaku olahraga roundnet sekaligus artis nasional Ebith Beat A pun sangat mengapresiasi kegiatan turnamen yang digelar meski dalam kondisi pandemi. Gelaran turnamen roundnet pertama ini pun terbilang sukses dan berhasil karena melibatkan tim dari beberapa kota.

"Meski turnamen roundnet ini yang pertama digelar, tapi sudah cukup banyak sponsor juga yang mensupport kegiatan. Ini sih bersejarah, ditambah animo penonton yang hadir pun cukup bagus meski penerapan standar prokes cukup ketat," Ebieth yang tampil berpasangan dengan Denny Kuburan di turnamen roundnet pertama tersebut.

Tag
Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Malaysia Open 2021 Ditunda, PBSI Siapkan Pertandingan Simulasi Ke Olim...

Sport Jumat, 7 Mei 2021 | 17:36 WIB

Kabar mengejutkan datang dari Negeri Jiran. Ajang bulutangkis Malaysia Terbuka 2021 resmi ditunda tiga pekan sebelum pen...

Olahraga - Sport, Malaysia Open 2021 Ditunda, PBSI Siapkan Pertandingan Simulasi Ke Olimpiade, Malaysia Open 2021,Federasi Bulutangkis Dunia (BWF),PBSI

Jadi Sponsor Baru PBSI, Kapal Api Group Merasa Bangga

Sport Kamis, 6 Mei 2021 | 13:30 WIB

Usai menggandeng PT BNI (Persero) Tbk., sebagai sponsor utama, PBSI resmi mengumumkan Kapal Api Group sebagai sponsor pe...

Olahraga - Sport, Jadi Sponsor Baru PBSI, Kapal Api Group Merasa Bangga, Kapal Api Group,Bulu Tangkis,PT BNI (Persero) Tbk,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

Mengintip Besar Bonus Atlet Indonesia di SEA Games dan Olimpiade

Sport Rabu, 5 Mei 2021 | 11:50 WIB

Bonus untuk para atlet tidak pernah turun, bahkan kerap naik nilainya.

Olahraga - Sport, Mengintip Besar Bonus Atlet Indonesia di SEA Games dan Olimpiade, Besar Bonus Atlet Indonesia,atlet Indonesia,SEA Games,Asian Games,Olimpiade,Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

Dijamin Bonus Rp5 Miliar, Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade

Sport Rabu, 5 Mei 2021 | 11:33 WIB

Presiden Joko Widodo memiliki komitmen yang besar untuk prestasi olahraga di Indonesia.

Olahraga - Sport, Dijamin Bonus Rp5 Miliar, Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade, Bonus Rp5 Miliar,atlet Indonesia,Peraih Medali Emas,Medali Emas Olimpiade,Olimpiade Tokyo

Sengit! Head to Head Ganda Putra Indonesia di Malaysia Open 2021

Sport Rabu, 5 Mei 2021 | 10:35 WIB

Salah satu turnamen bulu tangkis yang akan menjadi kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 akan kembali bergulir.

Olahraga - Sport, Sengit! Head to Head Ganda Putra Indonesia di Malaysia Open 2021, Malaysia Open 2021,turnamen bulu tangkis,Olimpiade Tokyo 2020,Tim bulu tangkis Indonesia,Badminton

Pupus Impian, Pebulu Tangkis Wanita Ini Mundur dari Pelatnas

Sport Selasa, 4 Mei 2021 | 04:40 WIB

Putri Larasati, pemain spesialis ganda putri, memutuskan mundur dari Pelatnas PBSI.

Olahraga - Sport, Pupus Impian, Pebulu Tangkis Wanita Ini Mundur dari Pelatnas, Pebulu Tangkis Wanita,Indonesia,Pemusatan Latihan Nasional,Pelatnas,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Putri Larasati,Cedera,lutut

Franco Morbidelli Naik Podium Pakai Motor Lawas, Ternyata Ini Rahasian...

Sport Senin, 3 Mei 2021 | 23:29 WIB

Franco Morbidelli kembali membuat kejutan. Akhir pekan lalu, ia berhasil meraih podium ketiga di MotoGP Spanyol 2021.

Olahraga - Sport, Franco Morbidelli Naik Podium Pakai Motor Lawas, Ternyata Ini Rahasianya, Franco Morbidelli,MotoGP Spanyol 2021,pembalap Yamaha

Lolos ke Denmark, PSSI Bangga akan Kualitas Gamers FIFA Indonesia

Sport Jumat, 30 April 2021 | 20:10 WIB

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersyukur dengan hasil yang ditorehkan oleh eNational Squad pertama Indonesia.

Olahraga - Sport, Lolos ke Denmark, PSSI Bangga akan Kualitas Gamers FIFA Indonesia, Gamers FIFA Indonesia,Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan,Moehamad Zulisar dan Fahmi Husaeni,eNational Squad Indonesia,Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita,FIFAe Nations Online Qualifiers 2021
dewanpers