web analytics
  

Menikmati Eksotisme Mata Air Sendang Geulis Cikahuripan

Sabtu, 20 Februari 2021 22:58 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Wisata, Menikmati Eksotisme Mata Air Sendang Geulis Cikahuripan, sendang geulis cikahuripan,Pariwisata Bandung Barat,Wisata KBB,cikalongwetan

Sendnag Geulis Cikahuripan (Suara.com)

CIKALONGWETAN, AYOBANDUNG.COM-- Pemandian Sendang Geulis Kahuripan, yang terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Objek wisata wisatanya memang sangatlah tersembunyi sebab berada di pedalaman Bandung Barat yang dikelilingi pepohonan dan kebun teh. Objek wisata itu berada di area Perum Perhutani KPH Bandung Utara.

Sendang Geulis Kahuripan memiliki keunggulan di mana airnya berasal dari mata air pegunungan alami. Airnya sangat sejuk dan jernih, sehingga dasar kolam bisa terlihat dengan mata telanjang.

Ada beberapa kolam yang bisa dinikmati wisatawan untuk berenang di Sendang Geulis Kahuripan.

Ada dua kolam alami yang terbentuk dari bebatuan, dan satu kolam yang dibuat pengelola dengan kedalaman 1-1,5 meter. Sementara disamping kolam tersebut ada satu kolam lagi yang ramah untuk anak-anak.

Selain kolam, panorama alam yang asri dengan pepohonan menambah sejuk ketika berada di Sendang Geulis Kahuripan. Ditambah dengan beberapa undakan air terjun yang juga bisa dinikmati.

Sendang Geulis Kahuripan memiliki arti telaga cantik yang memberikan kehidupan, yang menjadi penunjang bagi kehidupan masyarakat sekitar. Debit airnya tak pernah surut meski kemarau panjang.

Bagi Anda yang butuh kesegaran disela aktivitas perkotaan, tak ada salahnya berkunjung ke objek wisata Sendang Geulis Kahuripan. Ada dua opsi jalur yang bisa dilalui untuk menuju ke sana, yakni melalui perkebunan teh Panglejar dari arah Purwakarta.

Setelah masuk ke area perkebunan, Anda tinggal akan diarahkan menuju Desa Ganjarsari. Jangan takut tersesat, sebab banyak petunjuk untuk menuju kawasan wisata tersebut.

Kemudian akses kedua bisa dilalui dari kawasan Padalarang dan Ngamprah. Tujuannya tetap akan diarahkan ke Desa Ganjarsari. Namun untuk menuju ke sana Anda disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Sebab kedua akses tersebut memiliki jalur bebatuan. Memang tidak semuanya, tapi mendekati area objek wisatanya tepatnya di kawasan perkebunan teh, jalannya belum tersentuh aspal melainkan bebatuan.

Namun dibalik jalan yang terbilang ekstrim, akan sedikit terobati dengan keindahan alam disepanjang perjalanan. Lalu akan semakin terobati ketika sampai ke tempat tujuan.

Tiket menuju kawasan Sendang Geulis Kahuripan pun cukup bersahabat dengan saku, yakni hanya Rp 10.000 per orang. Pengelola pun sudah menyediakan berbagai fasilitas, seperti tempat bilas.

Jika lapar, ada sejumlah warung yang menyediakan berbagai jajanan. Anda juga bisa memesan nasi liwet sesuai keinginan.

Alifia Nuruh Hayati (26), salah seorang wisatawan asal Purwakarta mengakui baru pertama kali datang ke Sendang Geulis Kahuripan. Ia sempat ragu untuk melanjutkan perjalanan lantaran jalannya yang ekstrim.

"Awalnya mau pilang lagi, tapi penasaran soalnya udah jauh dari Purwakarta," ujarnya, Sabtu (20/2/2021).

Namun setelah sampai, baginya cukup membahagiakan. Perjalanan panjang dan jalan ekstrim yang membuat badan sedikit pegal terobati setelah menikmati objek wisatanya.

"Airnya seger banget. Cocok buat melepas kepenatan dari ramainya kendaraan di kota," ujarnya.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke sana, tetaplah waspada dan berhati-hati mengingat saat ini cuaca masih diprediksi ekstrim dalam beberapa hari ke depan.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Objek Wisata di Lembang Tetap Beroperasi Saat Ramadan

Wisata Rabu, 21 April 2021 | 05:30 WIB

Di objek wisata De Ranch Lembang, penurunan pengunjung mencapai 50% selama Ramadan ini.

Gaya Hidup - Wisata, Objek Wisata di Lembang Tetap Beroperasi Saat Ramadan, Wisata Lembang,de ranch,wisata Lembang buka saat Ramadan,penurunan pengunjung wisata Lembang

4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!

Wisata Senin, 12 April 2021 | 05:53 WIB

Sejak dulu, wisata kota Jalan Braga kesohor dan tak pernah sepi menarik perhatian. Bahkan kini, jantung Kota Bandung itu...

Gaya Hidup - Wisata, 4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!, destinasi wisata di kota Bandung,Jalan Braga,Kuliner di Jalan Braga,wisata kota Jalan Braga,wisatawan Jalan Braga,jantung Kota Bandung,pesona wisata kota Jalan Braga,wisata Braga

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujua...

Wisata Minggu, 11 April 2021 | 18:51 WIB

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan

Gaya Hidup - Wisata, Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan, Wisata Ciwidey,Ramadan

Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh

Wisata Senin, 5 April 2021 | 15:32 WIB

Keunikan objek wisata Bukit Kacapi ini yakni adanya kolam renang yang berada di tengah hamparan perkebunan teh.

Gaya Hidup - Wisata, Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh, Bukit Kacapi,Wisata Tasikmalaya,Wisata kolam renang kebun teh Tasikmalaya,wisata murah Tasikmalaya,wisata alam Tasikmalaya

Berlibur di Kepulauan Seribu Bakal Lebih Enak Pakai Sepeda

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 15:02 WIB

Untuk meningkatkan daya tarik pariwisata, Kabupaten Kepulauan Seribu akan membangun jalur sepeda lingkar pulau.

Gaya Hidup - Wisata, Berlibur di Kepulauan Seribu Bakal Lebih Enak Pakai Sepeda, Kepulauan Seribu,pariwisata,jalur sepeda lingkar pulau,Bupati Kepulauan Seribu Junaedi,Sepeda,Berlibur

Berlibur ke Kawah Darajat, Wisata Eksotis di Garut

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 14:14 WIB

Dengan keindahan alam yang memanjakan mata, Garut memang menawarkan beragam wisata yang bisa dikunjugi saat libur tiba....

Gaya Hidup - Wisata, Berlibur ke Kawah Darajat, Wisata Eksotis di Garut, Wisata Garut,Garut,Wisata Kawah Darajat,Wisata alam kawah Darajat Garut,tiket Kawah Darajat Garut,lokasi kawah Darajat Garut

Kiara Artha Park Terapkan Prokes Ketat untuk Wisatawan

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 13:46 WIB

Di taman yang memiliki luas 2,6 hektare ini, pengunjung bisa leluasa untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Gaya Hidup - Wisata, Kiara Artha Park Terapkan Prokes Ketat untuk Wisatawan, Taman Kiara Artha Park,Wisata Kiara Artha Park,harga tiket Kiara Artha Park,Wisata Bandung

Hutan Bambu Bekasi, Wisata Gratis di Tengah Kota

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 07:15 WIB

Lokasi Hutan Bambu ini sendiri berada di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Gaya Hidup - Wisata, Hutan Bambu Bekasi, Wisata Gratis di Tengah Kota, Hutan Bambu,Hutan Bambu Bekasi,Wisata Bekasi,tiket masuk Hutan Bambu,Lokasi Hutan Bambu bekasi

artikel terkait

dewanpers