web analytics
  

Ini Kuliner Bandung yang Masuk 10 Besar Makanan Tradisional Terbaik Dunia

Jumat, 19 Februari 2021 13:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Kuliner, Ini Kuliner Bandung yang Masuk 10 Besar Makanan Tradisional Terbaik Dunia, Kuliner khas Bandung,Kuliner legendaris Bandung,Cireng Cipaganti,Kupat Tahu Gempol,Mie Kocok Bandung,surabi Cihapit,Batagor Bandung

10 Besar Makanan Tradisional Terbaik Dunia dari Bandung. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Benarlah ungkapan Kota Bandung “surganya kuliner”. Kabar terbaru, Kota Bandung masuk ke dalam jajaran 10 besar peringkat tertinggi kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia di 2020. Kota Bandung berada di peringkat ketujuh, mengalahkan Napoli, Melbourne, dan Lisbon.

Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh TasteAtlas, situs asal Kroasia yang melakukan kurasi makanan tradisional, makanan khas daerah, dan berbagai resep asli berbagai daerah di dunia.

Di laman situs TasteAtlas, beberapa makanan khas yang diasosiasikan dengan Kota Bandung di antaranya adalah mie kocok, batagor, dan kupat tahu. Selain itu, situs tersebut juga menyebut Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit, dan Cireng Cipaganti ke dalam restoran autentik terbaik di Kota Bandung.

"Selamat! untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se ASEAN, dari Taste Atlas Award 2020," ungkap Ridwan Kamil di akun Instagram @ridwankamil, Kamis (18/2/2021).

"Kepada Om Tutug Oncom tolong pertahankan. Kepada Bang Tigor Batagor tolong tingkatkan. Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan. Kepada ‘Ratu Elizabeth’, Cendolnya tolong dipopulerkan. Salam Seuhah," tulisnya.

Berikut kuliner bahasan sekilas kuliner Bandung yang disebut oleh TasteAtlas:

Mie kocok Mang Dadeng (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

1. Mie Kocok

Wajar jika mie kocok masuk dalam salah satu daftar kuliner yang disebut. Sebab, mie kocok merupakan salah satu makanan khas Kota Bandung. Campuran dari mie, tauge, kikil sapi, dan bumbu lainnya memang sudah melegenda dan menjadi ciri khas kuliner Bandung.

Di Bandung, banyak sekali penjual mie kocok legendaris, sebut saja Mie Kocok Mang Dadeng, Jl. Banteng atau Jl. Pelajar Pejuang;  Mie Kocok SKM, Jl. Sunda 38; Mie kocok Cepay Jl. Samiadji No. 2; dan tak ketinggalan Mie Kocok Persib, Stadion Persib, Jl. A. Yani, Bandung.

Batagor Kingsley (Instagram/@batagorkingsley.id)

2. Batagor

Batagor alias bakso tahu goreng ini juga merupakan kuliner khas Bandung. Batagor terbuat dari adonan tepung dan ikan tenggiri lalu digoreng, bisa dimakan kering pake bumbu kacang atau diberi kuah layaknya bakso.

Salah satu yang terkenal adalah Batagor H. Isan yang sudah ada sejak tahun 1968. Bisa dikatakan Haji Isan merupakan pelopor dari batagor ini.

Gerai Batagor H. Isan tersebar di beberapa titik, seperti di Jalan Cikawao dan Jalan Ciateul. Bila pengunjung penasaran dengan gerai pusatnya bisa datang ke Jalan Bojongloa No 38, Kota Bandung.

Batagor Kingsley salah satu yang disebut oleh TasteAtlas. Kedai Batagor Kingsley terletak di Jalan Veteran No. 5 Kota Bandung. Batagor ini sudah ada di Bandung sejak 1982. Keunikan Batagor Kingsley adalah ukurannya yang superbesar. Rasanya pun patut diacungi jempol karena sangat berasa ikan tenggirinya.

Batagor Riri berada di Jalan Burangrang, Kota Bandung. Tak heran, batagor ini juga banyak disebut Batagor Burangrang. Sejak 1985, Batagor Riri menyuguhkan batagor tenggiri bertekstur lembut dan renyah. Penyajiannya tentu saja dengan saus kacang yang diberi sedikit perasan jeruk nipis. Selain untuk camilan, Batagor Riri juga cocok untuk oleh-oleh.

Kupat Tahu Gempol. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

3. Kupat Tahu

Kupat tahu yang mana ya? Memang tak disebutkan secara spesifik. Tapi, juaranya kupat tahu di Bandung tak luput dari 5 tempat ini:

Kupat Tahu Cicendo Bu Yeyet. Tempat makan legendaris yang sudah berdiri sejak 1967 ini tidak pernah sepi pengunjung. Lontong buatan Bu Yeyet memang jadi favorit setiap orang. Tanpa unsur pengawet dan pijer, zat pengenyal, lontong tersebut sering habis serta dipesan oleh berbagai hotel. Satu lontong buatan Bu Yeyet berbentuk balok yang memiliki berat 1 kilogram. Lokasi gerainya berada di Gang Polisi, Cicendo, Bandung.

Kupat Tahu Gempol menjadi salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi karena nama dan cita rasanya yang melegenda. Untuk menuju lokasi Kupat Tahu Gempol di kawasan Pasar Gempol, Anda hanya perlu masuk dari Jalan Bahureksa di belakang kawasan Jalan Riau. Kupat Tahu Gempol masih mempertahankan tampilan asli untuk sejak 1965 silam.

Kupat Tahu Mangunreja sudah ada sejak 1957. Lokasinya di Jalan Pasundan Belakang No 40, Balonggede, Kota Bandung. Kupat tahu ini diburu pelanggan karena rasanya yang khas Tasikmalaya. Kupatnya yang lembut dipadukan dengan tahu dan tauge dan disiram sambal kacang serta kecap.

Kupat Tahu Petis & Sayur Pak Haji sudah ada sejak 1921 ini cukup unik. Menunya ada kupat tahu petis dan ada juga kupat tahu sayur. Seperti namanya, kupat tahu petis menggunakan bumbu petis sedangkan kupat tahu sayur menggunakan kuah kaldu. Jika tertarik membeli, Anda bisa datang ke Jalan Halimun No 2, Burangrang, Kecamatan Lengkong.

Kupat Tahu Pasar Cihapit. Cihapit memang gudangnya kuliner legendaris. Kupat tahu Cihapit terletak di Jalan Cihapit No. 22 Cihapit, Bandung. Bumbu kacang yang digunakan di sini terasa gurih sehingga setiap piringnya selalu menjadi buruan pembeli.

cireng cipaganti (twitter)

4. Cireng Cipaganti

Kuliner khas Kota Bandung ini sudah tersohor ke berbagai daerah, mulai masyarakat biasa hingga pejabat. Abah, sosok pembuat inovasi Cireng Cipaganti sejak 1990 masih bisa bertahan hingga saat ini.

"Kami mengutamakan kualitas bagi konsumen terutama soal bumbu di dalam cireng,” katanya.

Inovasi pengemasan sendiri merupakan hasil masukan dari pelanggan yang selama ini selalu berdatangan. Seperti pengemasan cireng yang cukup modern dengan menggunakan cup.

Hingga saat ini penjualan Cireng Cipaganti sudah merambah pasar mal dan swalayan di Kota Bandung.  "Saat perayaan 200 tahun Kota Bandung kami salah satu kuliner kaki lima yang menjadi ikon kuliner khas yang sudah diresmikan Pemkot Bandung," katanya.

warkop modjok (twitter)

5. Warkop Modjok

Warko Modjok adalah tempat keren di Bandung. Beralamat di Jalan Pinus Raya komplek Perumahan Pondok Hijau Indah (masuk dari Sersan Bajuri), Warkop Modjok benar-benar mengusung tema warung kopi yang berada di pojok jalan, namun dipercantik dengan dekorasi yang stylish dan kreatif.

Biasanya cafe atau coffee shop di Bandung yang memiliki gaya modern dan harganya cukup mahal. Namun sesuai namanya, Warkop Modjok ini menawarkan kopi dan cemilan dengan harga warung kopi. Jadi, bisa ngopi sambil mojok gitu deh.

Kopi hitam harganya mulai dari Rp 10.000 dan dengan menambah Rp 5.000 saja sudah bisa dapat paket kopi + banana bread. Kalau mau tambah susu di kopi, tinggal tambah Rp 2.000.

Armor Kopi (Twitter)

6. Armor Kopi

Menikmati secangkir kopi khas Indonesia di tempat yang akan memberikan suasana tenang, udara yang fresh dan pemandangan alam yang masih sangat perawan  serasa berada di tengah hutan pasti itu yang anda inginkan. Tempat ini yang ditawarkan Armor Kopi.

Cafe Armor ini awalnya populer sebagai coffee shop yang menawarkan sensasi ngopi di tengah hutan pinus yang berada di dekat pintu masuk wisata alam Taman Hutan Raya Juanda. Suasana tempatnya yang adem dan udaranya sejuk persis dengan kawasan hutan pinus Bandung.

Karena masalah izin usaha, tempat ngopi Armor Kopi pindah ke tempat baru yang letaknya masih tidak terlalu jauh dari tempat awal sekitar 200 meteran.

Nama Armor Kopi sebenarnya adalah singkatan dari Arabika Multi Origin yang dipakai pemiliknya untuk lebih memberi kesan komersil dan unik. Armor merupakan salah satu pelopor tempat roasting kopi di Kota Bandung.

Surabi Cihapit (twitter)

7. Surabi Cihapit

Warung surabi ini sebenarnya biasa saja. Tapi, jika dibandingkan dengan warung surabi tradisonal lainnya, warung surabi Cihapit ini lebih unggul meskipun tetap tampak sederhana dan seadanya.

Di warung surabi ini ada 1 gerobak yang diisi dengan 16 kompor surabi; 1 gerobak di sampingnya yang isinya adalah berbagai macam topping untuk surabi dan perlengkapan lainnya; 2 meja yang diatur sedemikian rupa sehingga selain untuk tempat menyimpan kinca, lembaran menu dan lainnya juga berfungsi untuk pembatas area karyawan dan pembeli

Menu atau pilihan surabi yang disediakan oleh Surabi Cihapit ini sangat beragam. Jenis Surabi yang ada di menu ada 3 macam:

  • Surabi tradisional yang terdiri dari surabi polos, kinca, oncom, dan oncom spesial
  • Surabi Asin: segala macam yang ada oncom, telur atau ayam, total ada 19 varian dengan harga berkisar antara 8-13 rb rupiah.
  • Surabi Manis: dari cokelat, susu, pisang, kismis dan semua kombinasinya.

Total pilihan surabi manis ada 18 dengan harga berkisar antara 8-12 ribu rupiah.

Editor: Dudung Ridwan

terbaru

Karedok, si 'Salad' Khas Sunda

Kuliner Jumat, 5 Maret 2021 | 15:10 WIB

Bahan-bahan karedok terdiri dari terong, kemangi, leunca, kol, tauge, mentimun, dan kacang panjang.

Gaya Hidup - Kuliner, Karedok, si 'Salad' Khas Sunda, karedok,makanan karedok,cara membuat karedok,karedok Berasal dari mana,perbedaan karedok mentah dan matang

Mengapa Seblak Begitu Populer?

Kuliner Jumat, 5 Maret 2021 | 05:53 WIB

Makanan ini awalnya hanya terdiri dari bahan utama kerupuk dan kuah pedas dengan bumbu kencur.

Gaya Hidup - Kuliner, Mengapa Seblak Begitu Populer?, Seblak,Seblak Bandung,Kuliner Bandung,Serba serbi seblak,seblak adalah

4 Tempat Makan Asyik di Cibiru

Kuliner Selasa, 2 Maret 2021 | 15:42 WIB

Untuk kamu yang tengah berkunjung ke bagian Timur Kota Bandung, tepatnya Cibiru, wajib nih untuk mampir ke tempat-tempat...

Gaya Hidup - Kuliner, 4 Tempat Makan Asyik di Cibiru, tempat makan Cibiru,restoran sunda Cibiru,restoran sunda Bandung Timur,tempat makan Bandung Timur,Ayam Penyet Esti,Saung Legit,Saung Manisi,Warung Jadul Cibiru

Cuaca Bandung Cenderung Dingin, Begini Manfaat Teh Jahe

Kuliner Minggu, 28 Februari 2021 | 12:51 WIB

Belakangan ini cuaca di Bandung cenderung dingin, berhubung pula dengan hujan yang masih sering turun.

Gaya Hidup - Kuliner, Cuaca Bandung Cenderung Dingin, Begini Manfaat Teh Jahe, Teh Jahe,manfaat teh jahe,bandung,Mual,Peradangan,pernapasan,darah,Kekebalan Tubuh,stres,musim dingin

Ngopi Asik Sambil Diskusi di Kopi Nusantara Dusun Bambu Lembang

Kuliner Jumat, 26 Februari 2021 | 15:13 WIB

Ngopi di Kopi Nusantara Dusun Bambu, tidak hanya sekedar menikmati secangkir minuman buatan para barista. Di coffee shop...

Gaya Hidup - Kuliner, Ngopi Asik Sambil Diskusi di Kopi Nusantara Dusun Bambu Lembang, Dusun Bambu,Coffee Shop Bandung,Kopi Nusantara Dusun Bambu,Kopi Nusantara Bandung,Dusun Bambu lembang, kuliner bandung,tempat ngopi bandung,nusantara coffee bandung,ngopi di lembang

Odading di Posisi Teratas Resep Paling Dicari Selama 2020

Kuliner Jumat, 26 Februari 2021 | 11:38 WIB

Adapun resep makanan lokal yang paling banyak dicari adalah resep odading dengan peningkatan persentase 700%, resep baks...

Gaya Hidup - Kuliner, Odading di Posisi Teratas Resep Paling Dicari Selama 2020, Resep Odading,Resep paling dicari 2020,Odading viral,Odading Bandung,Odading

Mau Coba Sate Kuda? Sate Kuda Pak Awan Satu-Satunya Sate Kuda di Bandu...

Kuliner Kamis, 25 Februari 2021 | 15:13 WIB

Menurut Awan Rusmanandar (60), pemilik gerai Sate Kuda, daging kuda dapat menyembuhkan penyakit asma, alergi, diabetes,...

Gaya Hidup - Kuliner, Mau Coba Sate Kuda? Sate Kuda Pak Awan Satu-Satunya Sate Kuda di Bandung, sate kuda Pak Awan,sate kuda,sate kuda pak awan bandung,harga sate kuda pak awan,lokasi sate kuda pak awan

“Si Madu” dan Jenis Buah Nanas yang Paling Enak

Kuliner Selasa, 23 Februari 2021 | 11:59 WIB

Banyak sekali para pedagang yang menjajakkan buah nanasnya dengan menyebut “si Madu”. Padahal buah itu adalah nanas bias...

Gaya Hidup - Kuliner, “Si Madu” dan Jenis Buah Nanas yang Paling Enak, macam buah nanas,jenis nanas konsumsi,jenis buah nanas,jenis buah nanas paling enak,Varietas Cayenne,Nanas Queen,si Madu,varietas Spanish
dewanpers