web analytics
  

Ada Bobo Kabin di Lembur Cai Rancaupas

Senin, 15 Februari 2021 20:32 WIB Mildan Abdalloh
Gaya Hidup - Wisata, Ada Bobo Kabin di Lembur Cai Rancaupas, Wisata di Kabupaten Bandung,Bobo Kabin,Lembur Cai Rancaupas

Bobo Kabin di Objek Wisata Alam Lembur Cai, Rancaupas, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

RANCABALI, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi covid-19, tidak lantas pengelola Objek Wisata Alam Lembur Cai, Rancaupas di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung berdiam diri. Namun inovasi dilakukan dengan membangun sebuah tempat menginap yang diberi nama bobo kabin.

Bobo kabin merupakan tempat menginap hasil pengembangan dari bobobox yang sedang ngtren di wilayah perkotaan.

General Menejer KBM Ekowisata Perhutani Jabar-Banten Agus Mashudi mengakui jika situasi pandemi memberi sebuah ide bagi pihaknya dalam melakukan inovasi.

Menurutnya pandemi covid-19 yang berlangsung sudah satu tahun ini, mengubah tren wisata masyarakat. Wisatawan menjadi gemar berwisata ke alam terbuka. Baik itu kemping, maupun aktivitas alam terbuka lainnya.

"Lembur Cai Rancaupas, memang memiliki tempat kemping, tapi jika tidak berinovasi masyarakat juga akan jenuh," tutur Agus saat soft launching bobo kabin Lembur Cai Rancaupas, Senin (15/2/2021).

Melihat potensi dan kemungkinan adanya kejenuhan masyarakat terhadap tempat kemping, KBM Ekowisata Perhutani melakukan inovasi dengan cara bekerjasama dengan bobobox untuk membangun sebuah destinasi wisata bermalam gaya baru yang berkonsep kabin.

CEO Bobobox Indra Gunawan mengatakan, bobo kabin merupakan pengembangan dari bobobox yang selama ini dikelolanya sejak 2018.

"Bobo kabin yang dibuat di Rancaupas, konsepnya hampir sama dengan bobobox. Pemesanan melalui aplikasi, Bedanya bentuk dari kapsul ke kabin," ujarnya.

Bobo kabin dibangun secara modular yang memudahkan proses pembangunan. Masing-masing kabin berukuran 3X3 meter dilengkapi dengan sebuah kasur berukuran king.

Setiap kabin memiliki kaca besar yang membuat penghuni bisa leluasa melihat ke luar. Kaca tersebut memiliki teknologi cerdas, yakni hanya bisa tembus pandang satu arah dari dalam ke luar, sementara dari luar hampir tidak bisa melihat situasi di dalam kabin.

Smart kaca juga bisa diseting dari dalam kabin yang memungkinkan pandangan tidak tembus sama sekali sehingga berfungsi seperti tirai penutup.

"Konsep pembangunannya juga mudolar, jadi gampang ketika ingin ada pengembangan atau penambahan unit baru. Dalam beberapa pekan, bisa menambah beberapa kabin," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Andreas Wijanto, mengatakan konsep penginapan bobo kabin bisa diaplikasikan di seluruh objek wisata alam yang ada di jawa barat.

"Bobo kabin merupakan konsep penginapan yang lahir di Jawa Barat. Ini cocok untuk dikembangkan di daerah wisata alam yang ada di Jawa Barat. Jadi saya mengapresiasi dengan bobo kabin di Rancaupas ini," ujarnya.

Sementara Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Fadjar Hutomo, mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dengan konsep penginapan alam terbuka.

"Tentu kami menyambut baik konsep dan ide bobo kabin ini. Masa pandemi ini memang semua pihak harus bisa survive, untuk bisa survive maka harus berinovasi. Bobo kabin ini merupakan sebuah inopvasi untuk meningkatkan kunjungan  wisatawan," ujarnya.

Dia berharap agar semua pihak bisa terus melakukan inovasi seperti yang dilakukan oleh KBM ekowiswata Jawa Barat-Banten Perhutani.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!

Wisata Senin, 12 April 2021 | 05:53 WIB

Sejak dulu, wisata kota Jalan Braga kesohor dan tak pernah sepi menarik perhatian. Bahkan kini, jantung Kota Bandung itu...

Gaya Hidup - Wisata, 4 Kegiatan Kece Ini Bisa Kamu Lakukan di Braga Lho!, destinasi wisata di kota Bandung,Jalan Braga,Kuliner di Jalan Braga,wisata kota Jalan Braga,wisatawan Jalan Braga,jantung Kota Bandung,pesona wisata kota Jalan Braga,wisata Braga

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujua...

Wisata Minggu, 11 April 2021 | 18:51 WIB

Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan

Gaya Hidup - Wisata, Budaya Papajar Jelang Ramadan, Tempat Wisata Air di Ciwidey Jadi Tujuan, Wisata Ciwidey,Ramadan

Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh

Wisata Senin, 5 April 2021 | 15:32 WIB

Keunikan objek wisata Bukit Kacapi ini yakni adanya kolam renang yang berada di tengah hamparan perkebunan teh.

Gaya Hidup - Wisata, Bukit Kacapi, Berenang di Tengah Hamparan Kebun Teh, Bukit Kacapi,Wisata Tasikmalaya,Wisata kolam renang kebun teh Tasikmalaya,wisata murah Tasikmalaya,wisata alam Tasikmalaya

Berlibur di Kepulauan Seribu Bakal Lebih Enak Pakai Sepeda

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 15:02 WIB

Untuk meningkatkan daya tarik pariwisata, Kabupaten Kepulauan Seribu akan membangun jalur sepeda lingkar pulau.

Gaya Hidup - Wisata, Berlibur di Kepulauan Seribu Bakal Lebih Enak Pakai Sepeda, Kepulauan Seribu,pariwisata,jalur sepeda lingkar pulau,Bupati Kepulauan Seribu Junaedi,Sepeda,Berlibur

Berlibur ke Kawah Darajat, Wisata Eksotis di Garut

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 14:14 WIB

Dengan keindahan alam yang memanjakan mata, Garut memang menawarkan beragam wisata yang bisa dikunjugi saat libur tiba....

Gaya Hidup - Wisata, Berlibur ke Kawah Darajat, Wisata Eksotis di Garut, Wisata Garut,Garut,Wisata Kawah Darajat,Wisata alam kawah Darajat Garut,tiket Kawah Darajat Garut,lokasi kawah Darajat Garut

Kiara Artha Park Terapkan Prokes Ketat untuk Wisatawan

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 13:46 WIB

Di taman yang memiliki luas 2,6 hektare ini, pengunjung bisa leluasa untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Gaya Hidup - Wisata, Kiara Artha Park Terapkan Prokes Ketat untuk Wisatawan, Taman Kiara Artha Park,Wisata Kiara Artha Park,harga tiket Kiara Artha Park,Wisata Bandung

Hutan Bambu Bekasi, Wisata Gratis di Tengah Kota

Wisata Minggu, 4 April 2021 | 07:15 WIB

Lokasi Hutan Bambu ini sendiri berada di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Gaya Hidup - Wisata, Hutan Bambu Bekasi, Wisata Gratis di Tengah Kota, Hutan Bambu,Hutan Bambu Bekasi,Wisata Bekasi,tiket masuk Hutan Bambu,Lokasi Hutan Bambu bekasi

Objek Wisata Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Wisata Sabtu, 3 April 2021 | 17:30 WIB

Objek Wisata Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Gaya Hidup - Wisata, Objek Wisata Lembang Mulai Diserbu Wisatawan, lembang,Wisata Lembang,kondisi wisata lembang,Kota Mini Lembang,floating market,wisata lembang buka,COVID-19
dewanpers