web analytics
  

Wagub Jabar Dukung Pengembangan Agrowisata di Sukabumi Utara 

Minggu, 14 Februari 2021 15:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Regional, Wagub Jabar Dukung Pengembangan Agrowisata di Sukabumi Utara , Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum,Agrowisata di Sukabumi Utara,Pemprov Jabar

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara "Bhakti Sosial Petani Kawasan Sukabumi Utara dan Peninjauan Kawasan Wisata Baru" di Area Pemukiman Karyawan PTPN VIII, Desa Perbawati, Kec. Sukabumi, Kab. Sukabumi, Minggu (14/2/2021). (Dok Humas Pemprov Jabar)

SUKABUMI, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara "Bhakti Sosial Petani Kawasan Sukabumi Utara dan Peninjauan Kawasan Wisata Baru" di Area Pemukiman Karyawan PTPN VIII, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/2/2021). 

Dalam sambutannya, Kang Uu mengatakan, pendapatan petani ikut terdampak meski pertanian termasuk salah satu sektor yang tangguh di masa pandemi COVID-19. 

Untuk itu, Kang Uu menegaskan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar terus berupaya mendorong sektor pertanian termasuk di Sukabumi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Apalagi, pertanian menyokong kebutuhan dasar manusia yaitu pangan. 

"(Kabupaten) Sukabumi potensi pertanian dan pariwisata luar biasa. Diharapkan ada inovasi untuk kemajuan Sukabumi," ucap Kang Uu. 

"Dan salah satu kegiatan kali ini adalah bentuk perhatian terhadap petani. Sektor pertanian jangan diabaikan karena berkaitan kebutuhan manusia," katanya. 

Ia menambahkan, di era digital ini, pertanian tidak serta-merta ditinggalkan. Pemda Provinsi Jabar pun terus melahirkan berbagai inovasi dan program unggulan pertanian, termasuk Petani Milenial, agar semangat bertani tetap ada. 

"Pak Gubernur 'ngabret' (ngebut) dalam pembangunan, maka kita harus ada inovasi. Kalau begitu- begitu saja hasilnya juga akan biasa saja," ucap Kang Uu. 

"Terpenting ada gairah petani untuk semangat bertani. Semoga kegiatan kali ini bisa meningkatkan semangat petani," tuturnya. 

Dalam agenda kali ini, Kang Uu juga berujar bahwa tanah lahan mati bisa dimanfaatkan untuk pertanian. 

"Tentu harus (bisa dimanfaatkan) tanpa merusak lingkungan," pesannya. 

Adapun di kawasan Sukabumi Utara, terdapat perkebunan teh, cabai, bawang, bawang daun, kol, sawi, serta tanaman pangan lainnya. 

Selain pertanian, Kang Uu juga mendorong pemanfaatan lahan untuk kawasan wisata mulai dari agrowisata hingga ekowisata. Pemda Provinsi Jabar juga tengah gencar menggali potensi Desa Wisata (Dewi) di berbagai daerah. 

"Tujuannya adalah pemerataan ekonomi. Karena di Jawa Barat ini ekonomi meningkat, tapi kurang merata," kata Kang Uu. 

"Dengan adanya Desa Wisata, maka desa tersebut akan ada ekonomi yang bergerak. Di Sukabumi Utara potensi wisata luar biasa di samping agrowisata, tempat indah, sejuk, pemandangan bagus," tambahnya. 

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Sukabumi Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Dana Budiman, meyakini bahwa di era industri 4.0 dan pandemi COVID-19, bidang pertanian dan agrowisata merupakan sektor yang paling mampu bertahan dengan dukungan teknologi informasi dalam promosi produk. 

Ia berujar, kawasan Sukabumi Utara (Sutra) sendiri merupakan kawasan wisata agro yang pegiatnya adalah para petani. Dengan agrowisata, pengunjung bisa menikmati segala kearifan lokal dan panorama alam. 

"Kegiatan kunjungan Wakil Gubernur Jabar kali ini merupakan momentum para petani lebih semangat meningkatkan produksi pertanian," kata Dana. 

"Kami berharap Pemda Provinsi Jabar memberikan beragam bantuan yang mendorong produktivitas pertanian dan mendorong agrowisata Sukabumi," harapnya.
 

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Pesantren Darussalam di Kabupaten Tasikmalaya, Berawal dari Kandang Ay...

Regional Senin, 12 April 2021 | 19:47 WIB

Pendirian Pondok Pesantren Darussalam yang berada di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya bersam...

Umum - Regional, Pesantren Darussalam di Kabupaten Tasikmalaya, Berawal dari Kandang Ayam, Pesantren Darussalam Tasikmalaya,Profil Pesantren,Pesantren di Tasik

Terminal Indihiang Berikan Tes Genose Gratis bagi Calon Penumpang

Regional Senin, 12 April 2021 | 18:05 WIB

Pemeriksaan Covid-19 dengan Genose di Terminal Tipe A Indihiang ini masih terbatas, hanya melayani untuk 10 orang calon...

Umum - Regional, Terminal Indihiang Berikan Tes Genose Gratis bagi Calon Penumpang, Tes GeNose,Terminal Indihiang,Tes Genose Gratis bagi Calon Penumpang,Kota Tasikmalaya

Dua Remaja Tanggung Pekerjakan Dua PSK di Bawah Umur

Regional Senin, 12 April 2021 | 17:51 WIB

Kedua pelaku tersebut memiliki peran yang berbeda. DAP bertugas sebagai mucikari, sementara FY sebagai pemilik kamar.

Umum - Regional, Dua Remaja Tanggung Pekerjakan Dua PSK di Bawah Umur, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bogor Kota,Apartemen Bogor Valley,Kota Bogor,Mucikari,pekerja seks komersial (PSK)

Antisipasi Lebaran, Dishub Purwakarta Rencanakan Penyekatan Kendaraan...

Regional Senin, 12 April 2021 | 17:40 WIB

Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta rencanakan penyekatan kendaraan di empat titik pada momen Lebaran nanti.

Umum - Regional, Antisipasi Lebaran, Dishub Purwakarta Rencanakan Penyekatan Kendaraan di 4 Titik, Antisipasi Lebaran,Penyekatan Kendaraan,Dishub Purwakarta,Kabupaten Purwakarta

Test Drive Motor Listrik Anubis, Wagub Uu: Keren dan Nyaman

Regional Senin, 12 April 2021 | 16:15 WIB

Test Drive Motor Listrik Anubis, Wagub Uu: Keren dan Nyaman

Umum - Regional, Test Drive Motor Listrik Anubis, Wagub Uu: Keren dan Nyaman, motor listrik Anubis,Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum,Uu Ruzhanul Ulum,Motor Listrik,Anubis

Munggahan di Tasikmalaya, Tukang Bakso Laris Manis Diserbu

Regional Senin, 12 April 2021 | 15:16 WIB

Di Kota Tasikmalaya, salah satu kuliner yang banyak diserbu warga adalah bakso.

Umum - Regional, Munggahan di Tasikmalaya, Tukang Bakso Laris Manis Diserbu, Bakso Tasikmalaya,Munggahan,Tradisi Munggahan,Munggahan Ramadan,Munggahan Tasikmalaya,kuliner tasikmalaya

Demi Beli Baju Lebaran, Anak-Anak TPU Cieunteung Bersihkan Makam

Regional Senin, 12 April 2021 | 15:12 WIB

Sembari menenteng sapu lidi, mereka dengan sigap mengikuti peziarah yang datang dan menawarkan jasanya.

Umum - Regional, Demi Beli Baju Lebaran, Anak-Anak TPU Cieunteung Bersihkan Makam, Baju Lebaran,TPU Cieunteung,Pembersih Makam,Kota Tasikmalaya,Anak-anak Bersihkan Makam

Ridwan Kamil Sebut Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Picu Kemacetan R...

Regional Senin, 12 April 2021 | 13:50 WIB

Konsorsium proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi memulai pembangunan stasiun di Padalarang, Kabupaten Bandung...

Umum - Regional, Ridwan Kamil Sebut Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Picu Kemacetan Regional, KCIC,stasiun kereta cepat bandung jakarta,Stasiun kereta Cepat Padalarang,Stasiun Padalarang,Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC),Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB),Kemacetan KCIC,Ridwan Kamil

artikel terkait

dewanpers