web analytics
  

Disnakertrans Jabar Tunggu Aduan Mantri BRI Kanwil Bandung soal Pelanggaran Jam Kerja

Jumat, 12 Februari 2021 18:42 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Disnakertrans Jabar Tunggu Aduan Mantri BRI Kanwil Bandung soal Pelanggaran Jam Kerja, bri,kantor wilayah bandung,BRI Kanwil Bandung,BRI Kanwil Bandung protes,Disnakertrans Jabar,Bank BRI,mantri bri,supari bri,BRI Bandung,BRI Bermasalah,BRI Bandung protes

Kantor BRI Kanwil Bandung di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat menunggu aduan marketing dan analis mikro alias mantri Bank BRI Kanwil Bandung terkait dugaan pelanggaran jam kerja.

Pengawas tenaga kerja Disnakertrans Jabar sendiri sudah bertemu dengan perwakilan mantri dan akan segera membahas langkah lebih lanjut.

Kepala Disnakertrans Jabar Taufik Garsadi mengatakan, pihak pengawas telah melakukan kontak dengan perwakilan mantri Bank BRI Kanwil Bandung, Kamis (11/2/2021). Selanjutnya, para mantri diagendakan datang ke Kantor Disnakertrans Jabar untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.

"Kemarin sudah ada kontak dengan karyawan Bank BRI akan datang ke kantor. Mungkin hari Senin (15/2/2021) besok, kita akan tunggu untuk dicarikan solusi terbaiknya," ungkap Taufik kepada Ayobandung.com, Jumat (12/2/2021).

Secara prosedur pihaknya akan menunggu pihak karyawan untuk menyampaikan delik aduan terkait dugaan pelanggaran yang terjadi. Setelah itu, Disnakertrans Jabar akan meninjau kasus untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Secara prosedural untuk menindaklanjutinya, memang kita menunggu pihak-pihak untuk mengajukan delik aduan kepada Disnakertrans. Nanti kita lihat apakah cukup dimediasi atau harus dilakukan pemeriksaaan atau penyidikan oleh pengawas," jelasnya.

Bila terbukti terdapat pelanggaran, dia mengatakan, pihaknya akan menerapkan prosedur dalam tiga tahap. Mulai dari tahap pembinaan hingga pengadilan bila titik temu tak kunjung dihasilkan.

"Prosedur kita ada tiga tahap, preventif edukatif (pembinaan), represif no justicia atau peringatan 1 dan 2, paksa tanpa pengadilan kemudian baru represif projusticia (dengan pengadilan)," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi demonstrasi dilakukan oleh para pegawai BRI kanwil Bandung di depan Gedung BRI di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (10/2/2021). Menurut salah satu pegawai, setiap harinya mereka bekerja di luar ketentuan, yakni pulang pada pukul 22.00 WIB.

"Kita kerja mulai dari jam 07.00 WIB, pulangnya enggak tentu, bahkan sampai jam 22.00 WIB baru pulang," katanya.

Selain itu, mereka juga mengeluhkan pertemuan zoom meeting yang dilaksanakan Senin-Kamis sejak sore pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Mereka pun mengaku tidak mendapat jatah libur akhir pekan.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengungkapkan tahun ini perseroan akan terus fokus untuk melakukan pendampingan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tengah berjuang untuk bangkit di tengah pandemi.

“Selain fokus untuk membangkitkan UMKM, BRI juga akan terus menjadi partner strategis pemerintah dalam kaitannya penyaluran berbagai stimulus dengan tujuan untuk meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat,” tambah Supari sembari berdialog dengan para tenaga pemasar mikro BRI atau biasa disebut mantri di BRI Tower Bandung, Rabu (10/2/2021).

Dalam salah satu upayanya membantu para pelaku usaha mikro, Bank BRI menerjunkan para 'mantri' ke berbagai daerah di Indonesia. Tugas mereka adalah untuk memberikan pendampingan bagi para pelaku wirausaha kecil.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Bantu Vaksinasi di Jabar, IKA Unpad Gandeng Psikolog Kurangi Tensi Lan...

Bandung Senin, 19 April 2021 | 11:42 WIB

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) menggandeng lulusan Fakultas Psikologi untuk menyiapkan psik...

Bandung Raya - Bandung, Bantu Vaksinasi di Jabar, IKA Unpad Gandeng Psikolog Kurangi Tensi Lansia, IKA Unpad,aturan vaksinasi lansia,vaksinasi lansia di Bandung,Vaksinasi Lansia,Psikolog Unpad dampingi vaksinasi lansia

Si Jago Merah Lahap Kafe Chinook Hotel Riau, 7 Orang Berhasil Diselama...

Bandung Senin, 19 April 2021 | 11:26 WIB

Pada pukul 05.45 WIB, kebakaran melalap bangunan Cafe & Resto Chinook di area Hotel Riau, Jalan R.E Martadinata, No.191,...

Bandung Raya - Bandung, Si Jago Merah Lahap Kafe Chinook Hotel Riau, 7 Orang Berhasil Diselamatkan, Kebakaran Hotel Riau,Hotel Riau terbakar,Kebakaran Cafe & Resto Chinook,kebakaran Bandung,kebakaran Bandung Hari ini,Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung,Diskar PB Kota Bandung,Nomor darurat Diskar PB

Hotel Riau Bandung Terbakar Senin Pagi

Bandung Senin, 19 April 2021 | 09:54 WIB

Insiden kebakaran dilaporkan terjadi di Hotel Riau, Jalan R.E Martadinata, No.191, Kelurahan Cihapit, pada Senin, 19 Ap...

Bandung Raya - Bandung, Hotel Riau Bandung Terbakar Senin Pagi, Kebakaran Hotel Riau,Hotel Riau terbakar,kebakaran Bandung,kebakaran Bandung Hari ini,Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung

Prakiraan Cuaca Bandung 19 April 2021, Turun Hujan Siang hingga Malam

Bandung Senin, 19 April 2021 | 07:00 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan turun di siang hingga malam hari

Bandung Raya - Bandung, Prakiraan Cuaca Bandung 19 April 2021, Turun Hujan Siang hingga Malam, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,BMKG

Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung 19 April 2021

Bandung Senin, 19 April 2021 | 05:45 WIB

Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung 19 April 2021

Bandung Raya - Bandung, Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung 19 April 2021, SIM Bandung,perpanjangan sim bandung,Syarat permohonan SIM Bandung,Cara Buat SIM Bandung,SIM Kota Bandung,Perpanjangan SIM Kota Bandung,Jadwal SIM Kota Bandung,SIM Keliling Bandung,Jadwal SIM Keliling Bandung,SIM Online Polrestabes Bandung,SIM Online Keli

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung 19 April 2021

Bandung Senin, 19 April 2021 | 03:00 WIB

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung 19 April 2021

Bandung Raya - Bandung, Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bandung 19 April 2021, Waktu imsak Bandung,jadwal imsak Bandung dan sekitarnya,jadwal imsak bandung hari ini,Jadwal imsak bandung,jadwal buka puasa Bandung,Jadwal Salat Bandung

Tips Sederhana Hindari Hoaks, Agar Pahala Ramadan Makin Lancar

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 17:05 WIB

Salah satu hoaks yang sering muncul saat Ramadan dan menjelang Idulfitri berkaitan dengan Tunjangan Hari Raya (THR).

Bandung Raya - Bandung, Tips Sederhana Hindari Hoaks, Agar Pahala Ramadan Makin Lancar, Hoaks,Pahala Ramadan,Ramadan,Lebaran,Tunjangan Hari Raya (THR),Idulfitri,Pemeriksa Fakta Senior Jabar Saber Hoaks (JSH) Alfianto Yustinova,Jabar Saber Hoaks (JSH)

Waspada! Ini Hoaks yang Kerap Muncul Saat Bulan Ramadan

Bandung Minggu, 18 April 2021 | 14:02 WIB

Berbagai macam hoaks kerap kali muncul dan jadi langganan viral saat Ramadan.

Bandung Raya - Bandung, Waspada! Ini Hoaks yang Kerap Muncul Saat Bulan Ramadan, Hoaks,Ramadan,Vaksin,Halal-Haram,Halal-Haram Vaksin Covid-19,Pandemi Covid-19,Lebaran,Tunjangan Hari Raya (THR)

artikel terkait

dewanpers